10 Alasan Mengapa Harga Emas Akan Terus Meningkat


SAM 13 Jul 2016 11635Dibaca Normal 6 Menit

Harga emas dunia hingga saat ini telah menunjukkan adanya peningkatan harga hingga sebesar 25 persen. Kondisi tersebut dipicu oleh adanya hasil referendum Inggris yang tak terprediksi sebelumnya.



Harga emas dunia hingga saat ini telah menunjukkan adanya peningkatan harga hingga mencapai 25 persen. Kondisi tersebut dipicu oleh adanya hasil referendum Inggris yang tak terprediksi sebelumnya bahwa mayoritas suara memilih Inggris keluar dari Uni Eropa.

Keadaan ini tentu saja membuat harga emas melambung tinggi sebesar 100 dolar AS per ons ke level harga tingginya selama dua tahun yaitu 1,358 dolar AS pada sesi perdagangan hari Jumat (24/06) beberapa minggu lalu. Sementara ini, logam mulia emas masih duduk manis di level harga tingginya ditengah-tengah kondisi perekonomian global yang tidak jelas.

Emas

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat emas menjadi aset paling diminati oleh hampir seluruh tipe investor, mulai dari pihak retail, institusi atau bahkan bank sentral. Berikut ini merupakan 10 alasan mengapa harga emas akan naik terus dalam beberapa waktu ke depan:

 

1. Mata Uang Pound Sterling Melemah Pasca Brexit

Dengan kondisi poundsterling yang beberapa waktu lalu sangat terpuruk, harga emas justru meroket tajam menyentuh kisaran level harga di atas 1,300 dolar AS. Bahkan emas saat ini kembali terangkat seiring dengan lemahnya Poundsterling. Hal tersebut mengindikasikan bahwa harga logam mulia emas dalam mata uang Poundsterling juga akan meninggi. Sterling atau mata uang Inggris ini masih diperdagangkan di kisaran level harga rendahnya selama tiga dekade.

 

2. Bank Sentral Membatasi Aset Safe Haven Lain

Bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) dan beberapa bank lainnya saat ini terus berupaya mempersiapkan pelonggaran kebijakan moneter mereka guna mencegah terjadinya resesi ataupun krisis, salah satunya dengan cara memangkas suku bunga. Padahal, pemotongan suku bunga biasanya berdampak pada pelemahan nilai tukar. Karena itu, maka penguatan mata uang safe haven lain seperti Yen Jepang, CHF, ataupun Dolar akan terbatas. Menurut World Gold Council dalam laporannya beberapa minggu lalu:

"Langkah-langkah bank sentral telah membatasi kenaikan (harga) pada aset safe haven lainnya (selain emas)."

Ini artinya, emas akan makin berkilau.

 

3. Tren Tingkat Suku Bunga Rendah

Berdasarkan sebuah analisis terkait dampak Brexit oleh S&P Platts, kondisi serta situasi kini mendukung untuk diberlakukannya kebijakan suku bunga rendah dan "keadaan tingkat suku bunga rendah terjadi di balik ketidakpastian dalam perekonomian dan pasar finansial yang tinggi". Adanya sentimen seperti itu kemungkinan akan memberikan dampak mendasar dan positif yang berkelanjutan terhadap harga emas.



Disamping itu, menguatnya dolar AS bisa jadi memberikan angin kencang, sementara peningkatan pada volatilitas dan harga, mungkin akan membuat beberapa investor keluar dari pasar untuk saat ini. Namun, karena ketidakpastian dalam pasar finansial diperkirakan hanya meningkat dalam beberapa bulan mendatang, harga emas diprediksi akan naik secara signifikan dalam jangka waktu menengah.

 

4. Meningkatnya Jumlah Investor Emas 

Jumlah investor institusional yang membeli emas mengalami kenaikan seperti yang tercermin dalam peningkatan terbesar pada ETF SPDR di dunia. Pada akhir bulan Juni lalu, tambahan keuntungan pada ETF tersebut bisa mencapai 18.5 ton, total keseluruhan sebanyak 934.31 ton, padahal di awal bulan Juni hanya sebanyak 868 ton.

Sebagian besar orang meyakini bahwa investor institusional Eropa dan Inggris membeli ETF tersebut menjelang diadakannya referendum Brexit di Inggris. Sementara itu, sekitar enam bulan lalu, SPDR holding juga hanya sekitar 630 ton yaitu pada saat bank sentral AS menaikkan suku bunga untuk pertama kali setelah satu dekade.

Emas

 

5. Lembaga Dana Pensiun Ramai-Ramai Beli Emas  

Lembaga Dana Pensiun adalah suatu lembaga yang berfungsi sebagai penghimpun dana yang sifatnya jangka panjang untuk jaminan pensiun bagi peserta program. Dana terkumpul tersebut akan digunakan lembaga dana pensiun untuk investasi yang tidak beresiko tinggi. Oleh karenanya, di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi saat ini akibat Brexit, lembaga dana pensiun cenderung memilih aset aman seperti emas dan kemudian beramai-ramai membeli logam mulia ini. Kondisi tersebut selanjutnya akan menyebabkan harga emas terdorong untuk naik.  

 

6. Ancaman Ketidakpastian Perekonomian Secara Global

Organisasi WGC tersebut juga mengungkapkan, mata uang Pound Sterling adalah salah satu mata uang cadangan dan bank sentralnya sering membeli emas. Hal ini berlaku bagi seluruh bank-bank sentral negara lain yang ingin melakukan diversifikasi cadangannya untuk hedging resiko terhadap mata uang.

Keputusan untuk Brexit menyebabkan adanya kenaikan pada permintaan untuk keluar dari Uni Eropa oleh negara-negara seperti Italia, Perancis, dan lain-lain. Situasi tersebut juga meningkatkan ketidakpastian perekonomian secara global.

 

7. Saham Perusahaan Tambang Emas Banyak Diminati 

Sejalan dengan naiknya harga emas, harga-harga saham perusahaan pertambangan emas juga menanjak sejalan dengan nilai saham emas yang bersama mereka juga tinggi. Saat ini harga-harga saham pertambangan emas berada di atas biaya produksi. Banyak dari perusahaan-perusahaan tersebut yang bisa jadi akan segera bebas dari hutang dan mulai menghasilkan banyak uang. Hal ini juga berarti bahwa mereka kemungkinan tidak akan terburu-buru menjual emas untuk memenuhi kebutuhan likuiditas.

 

8. Pembatalan Hedging Emas 

Prediksi lain adalah ketika harga berada di level harga 1,200 dolar AS atau lebih tinggi, maka sebagian besar perusahaan tambang emas sudah mulai melakukan hedging pada produksi masa depannya di pasar forward, ini berarti bahwa emas yang akan ditambang di masa depan dijual lebih awal oleh mereka. Sekarang, ketika harga jauh di atas level tersebut, mereka boleh jadi mulai berpikir bahwa akan lebih baik seandainya mereka tidak melakukan hedging. 

Kondisi tersebut bisa menyebabkan de-hedging, atau membeli kembali kontrak-kontrak forward mereka, dimana hal ini mendorong harga emas meningkat. Keadaan tersebut bisa terjadi dalam setiap koreksi harga, ketika profit-taking terjadi, yang aman ini akan terus mendukung persepsi terhadap emas secara umum. 

Emas

 

9. Minat Terhadap Emas Di China Tidak Surut

Data pada Shanghai Gold Exchange menunjukkan bahwa volume perdagangan pada segmen emas spot mereka sudah mengalami kenaikan hingga menjadi 346 ton pada hari pengumuman hasil referendum Inggris yang memicu kecemasan meluas di dunia, padahal biasanya hanya 100 ton per harinya, mengindikasikan bahwa permintaan emas di China masih berlanjut untuk naik.

 

10. Pertumbuhan Ekonomi Global Masih Relatif Lemah

Alasan terakhir adalah selama ketidakpastian dalam perekonomian global terus terjadi dan pertumbuhan ekonomi secara global masih lemah, harga emas akan terus merangkak naik dan berada di level harga tinggi. Bahkan permintaan logam mulia emas akan terdorong naik saat musim hujan meluas dan harapan muncul agar panen di sektor pertanian membaik, lalu selanjutnya akan berdampak pada naiknya pendapatan penduduk desa. Oleh karena itu, kondisi ini bisa jadi mampu mendorong pasar emas dan harga logam mulia emas nantinya juga akan mengalami peningkatan.

 

Kesimpulan

Emas dapat dijadikan sebagai alternatif investasi yang menjanjikan ketika terjadi ketidakpastian dalam sektor perekonomian secara global. Setelah mengetahui alasan mengapa harga emas akan cenderung mengalami peningkatan di masa depan, Anda bisa langsung gunakan ini sebagai dasar untuk berinvestasi. Tapi, jika Anda termasuk orang baru di dunia investasi, maka jangan buru-buru lari ke toko emas. Ada baiknya Anda melengkapi pengetahuan serta informasi baru untuk lebih lanjut mempertimbangkan apakah emas adalah investasi bagus dan cocok untuk ditambahkan di portofolio investasi Anda.

Kemarin1771.10
Minggu Lalu1785.20
1 Bulan Lalu1830.20
2 Bulan Lalu1757.40
3 Bulan Lalu1793.50
6 Bulan Lalu1895.35
Setahun Lalu1851.55
Advertisement

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter
Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 4    

Donita Antashari
17 OCT 2016
Adakah alasan kenapa investasi emas lebih menguntungkan ketimbang investasi forex ?
Admin
17 OCT 2016
Pertanyaan "investasi emas lebih menguntungkan ketimbang investasi forex" itu cukup rancu. Sesungguhnya, investasi emas bisa lebih menguntungkan maupun kurang menguntungkan dibanding forex, tergantung tujuan dan teknik investasinya. Pertama, tujuan investasi emas dan investasi forex berbeda. Investasi emas (fisik) adalah jangka panjang; jika hanya jangka pendek (di bawah 1 tahun), maka justru kemungkinan harga emas jatuh dan akan lebih potensial forex. Sebaliknya, dalam jangka panjang, 5, 10 tahun atau lebih, maka emas lebih potensial karena nilai uang yang dijadikan aset dalam forex digerogoti inflasi dalam jangka panjang. Kedua, dari segi teknik investasi, apabila investor suka teknik "buy and hold" dan investasi berisiko rendah, maka boleh jadi lebih menguntungkan emas fisik. Namun, jika investor suka aktivitas investasi high-risk dan mampu bertrading spekulatif rutin, maka bisa lebih menguntungkan emas. Akan berbeda lagi jika kita berbicara mengenai perbandingan antara trading emas (XAU/USD) dan trading forex. Pergerakan dalam harga emas pada pair XAU/USD itu jauh lebih volatile daripada pair-pair forex, sehingga tentu potensi profitnya jauh lebih besar.
Lisa
19 OCT 2021

emas itu cocoknya untuk investasi jangka panjang atau jangka pendek ya?

Rina
19 OCT 2021

keduanya bisa, namun umunya emas digunakan untuk investasi jangka panjang

Kesalahan Investasi Emas dan Cara Menghindarinya
Kesalahan Investasi Emas dan Cara Menghindarinya
Cahyaning   29 Jul 2021   70  
5 Perusahaan Tambang Emas Terbesar Di Dunia
5 Perusahaan Tambang Emas Terbesar Di Dunia
Tiffany   4 Nov 2019   1556  
Mengenal Investasi Emas Halal Dan Non-Halal
Mengenal Investasi Emas Halal Dan Non-Halal
Ryandy H   22 Oct 2019   3094  
3 Alasan Untuk Investasi Perak Dibandingkan Emas
3 Alasan Untuk Investasi Perak Dibandingkan Emas
SAM   12 Aug 2014   13244  
Hati-Hati Dengan Emas Sepuhan (Imitasi)
Hati-Hati Dengan Emas Sepuhan (Imitasi)
SAM   1 Apr 2013   16665