10 Cara Menghasilkan Uang Lewat Kripto

Melati 18 Oct 2021Dibaca Normal 7 Menit
kripto>uang>   #menghasilkan-uang   #kripto
Dengan semakin populer dan besarnya pengaruh mata uang kripto di kehidupan sehari-hari, ada beragam cara menghasilkan uang lewat kripto. Apa sajakah itu?

Harga Bitcoin di tahun 2021 pernah menembus angka Rp800 juta, sementara Ethereum dan Binance Coin yang menduduki posisi selanjutnya sudah dihargai jutaan Rupiah per keping.

Maka tak heran bila kebanyakan orang terjun ke dunia kripto karena mengejar cuan, meski tidak semua berhasil mendapatkannya. Sebagian besar justru menyerah di tengah jalan setelah merebaknya kasus penipuan kripto akhir-akhir ini.

Terlepas dari risiko tersebut, kripto tetap menjadi lahan subur bagi siapa saja yang bisa mencari peluang sekaligus mewaspadai berbagai risikonya. Tak hanya satu, peluang mencari keuntungan di pasar kripto bisa dilakukan dengan berbagai cara legal dan aman. Tanpa basa-basi lagi, yuk simak 10 cara menghasilkan uang lewat kripto berikut ini:

 

1. Beli Dan HODL

Cara ini adalah yang paling umum dilakukan. Anda cukup membeli koin seperti Bitcoin dan menunggu hingga nilainya naik. Begitu harga pasar melesat, segeralah menjualnya. Mudah, bukan?

cara menghasilkan uang lewat kripto

Strategi investasi ini mengharuskan Anda pandai-pandai menganalisa mata uang kripto mana yang stabil dan tidak, serta koin untung yang kira-kira nilainya akan meroket di kemudian hari.

Untuk sekarang, Bitcoin dianggap paling aman karena mampu mempertahankan nilainya di segala kondisi. Selain itu, koin ini merupakan memiliki persediaan terbatas dan tetap, sehingga potensi kenaikan harganya di masa depan sangat menjanjikan.

Selain Bitcoin, Anda bebas memilih ribuan Altcoin di luar sana untuk diinvestasikan asalkan sudah benar-benar melakukan riset tentang harga, karakter, dan potensinya di masa depan. Altcoin seperti Ripple, Cardano, dan Tether juga layak dipertimbangkan untuk HODL, kok.

Baca juga: Cara Tepat HODL Kripto Yang Perlu Kamu Tahu

 

2. Kripto Dividen

Tahukah Anda jika kripto dapat disimpan saja untuk menghasilkan keuntungan? Ya, faktanya ada kripto-kripto tertentu yang bisa menghasilkan dividen, sehingga Anda bisa mendapat cuan hanya dengan membeli dan memegangnya. Beberapa contoh kripto itu termasuk COSS, CEFF, NEO, KUCOIN, dan banyak lagi.

Sama seperti saham, tidak semua koin ini cocok dipilih. Sekali lagi, risetlah secara matang, koin mana yang menjanjikan dan apakah cara menghasilkan uang lewat kripto dividen selaras dengan tipe investor di diri Anda.

 

3. Masternodes Kripto

Pertama-tama, mari kita bahas apa itu masternode kripto. Masternode adalah operator yang meng-handle full node agar blockchain dapat berjalan lancar. Tugas masternode meliputi me-manage wallet yang menyimpan catatan real-time dari berbagai aktivitas dalam blockchain. Beberapa contoh kripto yang membuka lowongan masternode adalah DASH dan PIVX.

Cara kerja masternode cukup mudah. Misalnya, Anda bekerja sebagai masternode DASH yang diharuskan memiliki 1000 DASH di dalam dompet kripto sebagai jaminan. Setiap minggu atau bulan, platform DASH akan memberikan insentif berupa token dari blockchain yang Anda kelola.

Banyak platform aset kripto yang memperkerjakan masternode untuk menyimpan catatan aktivitas mereka. Karena prosesnya rumit dan mengharuskan seseorang mempertahankan jumlah koin dalam minimum tertentu, platform lebih memilih pekerja freelance daripada merekrut karyawan mereka sendiri menjadi masternode.

 

4. Staking Kripto

Cara menghasilkan uang lewat kripto selanjutnya ialah staking. Staking menawarkan potensi cuan melalui validasi transaksi atau segala aktivitas yang terjadi pada sistem blockchain dengan algoritma proof of stake.

Baca juga: Cara Staking Coin untuk Pemula

Anda diharuskan menyimpan dan mengunci aset kripto di dalam dompet agar layak mendapatkan reward. Selanjutnya, Anda berhak menambang atau memvalidasi transaksi aset sesuai jumlah kripto di dalam dompet digital.

Semakin banyak koin terkumpul di dompet, maka Anda semakin berpengaruh di dalam sistem blockchain. Posisi penting ini membuat Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan melimpah pula. Beberapa contoh koin yang dapat di-staking antara lain NAV Coin, PIVX, Neblio, Decred, dan lain-lain.

 

5. Day Trading

Tak hanya di forex, Anda juga bisa menerapkan day trading pada kripto. Peluang risiko day trading kripto memang lebih besar, tetapi sekitar 80% investor kripto percaya bahwa satu-satunya cara menghasilkan uang lewat kripto paling efektif adalah day trading.

Dibutuhkan banyak persiapan sebelum menjadi day trader kripto, seperti keterampilan menganalisa pergerakan chart dan memprediksi kondisi pasar. Day trading kripto memang tak mudah, tapi dari sekian metode, trading kripto dianggap sebagai the most rewarding method you can try.

Jika tertarik, Anda hanya perlu mencari broker penyedia instrumen CFD kripto. Melakukan day trading kripto sebagai CFD jauh lebih mudah dilakukan karena likuiditas pasarnya yang lebih tinggi, sehingga eksekusi trading harian bisa lebih cepat dan lancar.

trading kripto(Baca Juga: Cara Trading CFD Kripto)

 

6. Kerja Mikro

Jika Anda memiliki waktu luang, cobalah cara menghasilkan uang lewat kripto dengan mengerjakan tugas-tugas kecil dari seseorang atau platform kripto. Kerja sampingan ini sangat bervariasi, mulai dari testing aplikasi, melihat iklan, mengikuti survei, menonton video, dan sebagainya. Anda bisa mendapatkan daftar pekerjaan dari situs Bitcoins Rewards, Coinbucks, atau Bituro.

Kerja mikro yang paling populer saat ini adalah kripto faucet, yaitu sistem penghargaan yang diberikan situs web atau aplikasi dalam bentuk Satoshi setelah menyelesaikan tugas-tugas mikro seperti men-screenshot, bermain game, menonton video, melihat iklan, dan lain-lain. Satoshi adalah seperseratus dari sepersejuta BTC.

 

7. Bekerja pada Perusahaan Kripto

Bekerja di perusahaan kripto adalah cara umum mendapatkan penghasilan dari sektor ini. Siapa pun dapat bekerja dengan skill apa pun, seperti menjadi pemasar digital, konten kreator, desainer web, dan lain-lain. Asalkan keahlian Anda cocok dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan, maka bukan tak mungkin Anda bisa memperoleh penghasilan yang menjanjikan dari industri kripto.

Salah satu keunggulan bekerja untuk platform kripto adalah remote working sehingga memungkinkan Anda bekerja penuh fleksibilitas dari rumah Anda sendiri.

Ditambah, sebagian besar perusahaan kripto menawarkan gaji yang sangat kompetitif berupa mata uang kripto. Berikut contoh-contoh perusahaan kripto yang membayar karyawannya dengan kripto:

  • Coinality
  • bitWAGE
  • JobsforBitcoin
  • Angle.co
  • XBTFreelancer
  • Coinworker
  • 21.co

Karena perusahaan-perusahaan di atas mengkompensasi karyawannya menggunakan kripto, maka nilai penghasilan Anda bisa berlipat ketika harga kripto melonjak.

 

8. Arbitrase Kripto

Seperti kita ketahui, regulasi kripto tidak ketat sehingga mengakibatkan banyak variasi harga aset, harga produk, dan sebagainya. Perbedaan harga kripto ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan profit ekstra dengan cara arbitrase kripto.

Sederhananya, arbitrase kripto berarti membeli mata uang kripto di satu bursa dan menjualnya dengan harga lebih tinggi di bursa lain. Proses ini dimungkinkan karena harga kripto yang sangat fluktuatif dan adanya perbedaan biaya jual-beli antara satu exchange dengan exchange lainnya.

Jika pintar memanfaatkan kesempatan, Anda dapat memanen profit antara 5% - 30%. Arbitrase kripto mungkin tampak seperti prospek yang menarik, namun jika salah langkah, bisa saja Anda malah rugi besar-besaran.

 

9. Menciptakan Konten Kripto

Selama sepuluh tahun terakhir, konten menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengkomunikasikan pesan kepada klien. Jika Anda perlu meluncurkan produk atau layanan baru, konten adalah cara terbaik untuk mempromosikannya.

Kripto sangat bergantung pada pemasaran konten karena sebagian besar proyek bersifat virtual. Di sini, Anda bisa memanfaatkan peluang membuat konten video, infografis, atau artikel kripto yang ingin dipasarkan. Beberapa situs web yang menawarkan pekerjaan membuat konten kripto adalah Yours, Y'alls, dan Steemit.

 

10. Memakai Kripto Sebagai Metode Pembayaran

Sebagai penjual, Anda memiliki peluang cukup besar menghasilkan banyak uang dari menerima pembayaran via kripto. Statistik menunjukkan bahwa beberapa harga kripto dapat meningkat drastis dalam sehari hingga 1000%, dibandingkan aset lain yang butuh beberapa tahun untuk naik 100% saja. Tertarik mengintegrasikan kripto ke bisnis Anda? Berikut adalah beberapa platform pembayaran digital yang menerima pembayaran kripto:

  • CoinBank
  • BitPay
  • CoinGate
  • SpectroCoin

Kini, sudah lebih dari ribuan merchant di seluruh dunia menerima pembayaran kripto, lho

pembayaran kripto(Baca Juga: Tempat Belanja Dengan Bitcoin Di Indonesia)

Mereka yang terjun ke dunia kripto bertujuan untuk menghasilkan uang, tetapi tidak semua sukses mendapatkan profit. Banyak yang menyerah begitu saja karena merugi atau tidak mengerti caranya. Semoga 10 cara menghasilkan uang lewat kripto di atas mampu menjadi inspirasi Anda mendulang pundi-pundi tambahan, ya. Jangan memaksakan diri mengikuti suatu cara apabila tidak sesuai dengan kepribadian Anda, karena tanpa kripto pun, masih banyak cara lain meraup untung via internet.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Dyah Purnama |  25 Jan 2022

Minta pencerahan kak, baru belajar. Kan banyak yg bilang kalau candlestick jauh lebih baik dari line chart, tapi kenapa di platform-platform kripto lebih banyak yg pakai line chart? biasanya harus diganti dlu bahkan beberapa tidak bisa diganti. Mengapa demikian ya?

Lihat Reply [1]

 Randu A |  18 Feb 2022

Di forum-forum kripto biasanya ada yang menyebutkan "Whale", siapa sebenarnya mereka ini? Dan apa peran dan dampak whale pada kripto?

Lihat Reply [5]

 Gilang Ihya |  8 Mar 2022

Perkembangan kripto begitu pesat. Terlebih lagi mulai banyak exchange kripto legal di Indonesia yang mempermudah dalam bertransaksi. Apakah ini sebagai pertanda bahwa kripto mulai diterima sebagai instrumen investasi di Indonesia? 

Lihat Reply [3]

 Idha Kusbiyanto |  11 Apr 2022

Apakah strategi di trading forex bisa digunakan untuk trading kripto?

Lihat Reply [1]

 Sugiyanto Ach |  23 Apr 2022

Selamat malam, ijin bertanya. Mana yang lebih valid dijadikan acuan saat trading di kripto, pola doji atau pinbar untuk hasil yg menguntungkan?

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

Keren, gamer pun gak boleh dipandang sebelah mata. Pantes aja anak jaman sekarang kalo ditanya cita2nya apa, pengen jadi yutuber gaming. Semoga saja karir menjadi konten kreator seperti ini semakin diakui, kan yang penting menghasilkan uang.
 Alucard |  22 Apr 2022
Halaman: Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Tidak, karena Bank Indonesia telah sejak awal menegaskan bahwa kripto tidak bisa mengantikan posisi Rupiah sebagai mata uang resmi nasional.  Kripto tetaplah akan menjadi sebuah aset layaknya saham. Teknologi dibelakang kripto yaitu Blockchain inilah yang nantinya akan banyak diadopsi oleh bank sentral dalam menciptakan CBDC atau lebih dikenal Rupiah digital. Semoga membantu.
 Crypholic |  27 Apr 2022
Halaman: Indonesia Melejit Di Jajaran Negara Pengguna Kripto
penambangan koin kripto membutuhkan banyak energi listrik.
penggunaan listrik berlebih berdampak negatif pada lingkungan, karena jumlah bahan bakar fosil yang digunakan untuk menghasilkan listrik juga melahirkan gas rumah kaca dan polusi udara, seperti CO2 dll
 Petrus Galih ... |  29 Apr 2022
Halaman: Koin Kripto Ini Bisa Ditambang Dengan Komputer Biasa
Sejauh ini TokoCrypto yang mampu memberikan layanan trading kripto terbaik di Indonesia, dibndingkan dengan exchange sebelah, saya rasa TokoCrypto mampu menghadirkan fitur-fitur menarik. Selain itu, exchange ini juga memiliki Tokennya sendiri yaitu TKO yang bisa jadi pilihan investasi. Saya sendiri saat ini sudah hold beberapa token TKO. Harapannya nanti bisa mencapai new ATH...good job TokoCrypto
 Aliandra |  10 May 2022
Halaman: Review Exchange Kripto Tokocrypto
Saya sempat dengar juga kalau awal mula blundernya $LUNA itu gara-gara si Do Kwon membeli Bitcoin sebanyak $10 juta sebagai cadangan dana TERRA, padahal sudah punya stablecoin sendiri, $UST. Semenjak itu, Do Kwon dapet kritik habis-habisan. Dan mungkin itu juga kenapa $LUNA bisa paling hancur dibanding kripto lainnya ya, karena cadangan dana mereka $BTC juga lagi ambruk. Mohon koreksi kalau ada salah.
 Budi Setiawan |  13 May 2022
Halaman: Pasar Kripto Crash Terra Luna Ambles Nyaris Persen
Koin kripto terbaik saat ini masih tetap Bitcoin dan Ethereum, karena penggunaan dan adopsinya yang paling luas.
Kedua koin kripto ini juga sudah punya rekam jejak yang panjang
 Bagas Kurniawan |  19 May 2022
Halaman: Cara Industri Kripto Melawan Coronavirus
Suku Bunga Deposito
BANK12 bulan12 bulan
 RupiahUSD
CENTRAL ASIA 1.90%0.090%
CIMB NIAGA3.00%0.150%
TABUNGAN NEGARA2.75%0.200%
PANIN2.85%0.100%
RAKYAT INDONESIA2.30%0.200%
OCBC NISP3.15%0.450%
STANDARD CHARTERED BANK2.35%0.100%
DANAMON INDONESIA3.15%0.250%
MANDIRI2.25%0.300%
NEGARA INDONESIA2.25%0.200%
Lihat Bank Lain
Suku Bunga Kredit
BANKKorporasiRitelKPR
Central Asia 9.75% 9.90% -
Cimb Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
Danamon Indonesia 10.00% 10.50% 17.00%
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
Mega 11.50% 11.50% 11.50%
Negara Indonesia 9.95% 9.95% -
Ocbc Nisp 10.50% 11.50% 10.20%
Panin Indonesia 10.25% 10.35% 10.35%
Rakyat Indonesia 9.95% 9.90% 9.90%
Rakyat Indonesia Agroniaga 11.05% 12.05% 12.05%
Lihat Bank Lain
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip