10 Cara Menghasilkan Uang Lewat Kripto


Melati 18 Oct 2021 62Dibaca Normal 7 Menit

Dengan semakin populer dan besarnya pengaruh mata uang kripto di kehidupan sehari-hari, ada beragam cara menghasilkan uang lewat kripto. Apa sajakah itu?



Harga Bitcoin di tahun 2021 pernah menembus angka Rp800 juta, sementara Ethereum dan Binance Coin yang menduduki posisi selanjutnya sudah dihargai jutaan Rupiah per keping.

Maka tak heran bila kebanyakan orang terjun ke dunia kripto karena mengejar cuan, meski tidak semua berhasil mendapatkannya. Sebagian besar justru menyerah di tengah jalan setelah merebaknya kasus penipuan kripto akhir-akhir ini.

Terlepas dari risiko tersebut, kripto tetap menjadi lahan subur bagi siapa saja yang bisa mencari peluang sekaligus mewaspadai berbagai risikonya. Tak hanya satu, peluang mencari keuntungan di pasar kripto bisa dilakukan dengan berbagai cara legal dan aman. Tanpa basa-basi lagi, yuk simak 10 cara menghasilkan uang lewat kripto berikut ini:

 

1. Beli Dan HODL

Cara ini adalah yang paling umum dilakukan. Anda cukup membeli koin seperti Bitcoin dan menunggu hingga nilainya naik. Begitu harga pasar melesat, segeralah menjualnya. Mudah, bukan?

cara menghasilkan uang lewat kripto

Strategi investasi ini mengharuskan Anda pandai-pandai menganalisa mata uang kripto mana yang stabil dan tidak, serta koin untung yang kira-kira nilainya akan meroket di kemudian hari.

Untuk sekarang, Bitcoin dianggap paling aman karena mampu mempertahankan nilainya di segala kondisi. Selain itu, koin ini merupakan memiliki persediaan terbatas dan tetap, sehingga potensi kenaikan harganya di masa depan sangat menjanjikan.

Selain Bitcoin, Anda bebas memilih ribuan Altcoin di luar sana untuk diinvestasikan asalkan sudah benar-benar melakukan riset tentang harga, karakter, dan potensinya di masa depan. Altcoin seperti Ripple, Cardano, dan Tether juga layak dipertimbangkan untuk HODL, kok.



Baca juga: Cara Tepat HODL Kripto Yang Perlu Kamu Tahu

 

2. Kripto Dividen

Tahukah Anda jika kripto dapat disimpan saja untuk menghasilkan keuntungan? Ya, faktanya ada kripto-kripto tertentu yang bisa menghasilkan dividen, sehingga Anda bisa mendapat cuan hanya dengan membeli dan memegangnya. Beberapa contoh kripto itu termasuk COSS, CEFF, NEO, KUCOIN, dan banyak lagi.

Sama seperti saham, tidak semua koin ini cocok dipilih. Sekali lagi, risetlah secara matang, koin mana yang menjanjikan dan apakah cara menghasilkan uang lewat kripto dividen selaras dengan tipe investor di diri Anda.

 

3. Masternodes Kripto

Pertama-tama, mari kita bahas apa itu masternode kripto. Masternode adalah operator yang meng-handle full node agar blockchain dapat berjalan lancar. Tugas masternode meliputi me-manage wallet yang menyimpan catatan real-time dari berbagai aktivitas dalam blockchain. Beberapa contoh kripto yang membuka lowongan masternode adalah DASH dan PIVX.

Cara kerja masternode cukup mudah. Misalnya, Anda bekerja sebagai masternode DASH yang diharuskan memiliki 1000 DASH di dalam dompet kripto sebagai jaminan. Setiap minggu atau bulan, platform DASH akan memberikan insentif berupa token dari blockchain yang Anda kelola.

Banyak platform aset kripto yang memperkerjakan masternode untuk menyimpan catatan aktivitas mereka. Karena prosesnya rumit dan mengharuskan seseorang mempertahankan jumlah koin dalam minimum tertentu, platform lebih memilih pekerja freelance daripada merekrut karyawan mereka sendiri menjadi masternode.

 

4. Staking Kripto

Cara menghasilkan uang lewat kripto selanjutnya ialah staking. Staking menawarkan potensi cuan melalui validasi transaksi atau segala aktivitas yang terjadi pada sistem blockchain dengan algoritma proof of stake.

Baca juga: Cara Staking Coin untuk Pemula

Anda diharuskan menyimpan dan mengunci aset kripto di dalam dompet agar layak mendapatkan reward. Selanjutnya, Anda berhak menambang atau memvalidasi transaksi aset sesuai jumlah kripto di dalam dompet digital.

Semakin banyak koin terkumpul di dompet, maka Anda semakin berpengaruh di dalam sistem blockchain. Posisi penting ini membuat Anda berkesempatan mendapatkan keuntungan melimpah pula. Beberapa contoh koin yang dapat di-staking antara lain NAV Coin, PIVX, Neblio, Decred, dan lain-lain.

 

5. Day Trading

Tak hanya di forex, Anda juga bisa menerapkan day trading pada kripto. Peluang risiko day trading kripto memang lebih besar, tetapi sekitar 80% investor kripto percaya bahwa satu-satunya cara menghasilkan uang lewat kripto paling efektif adalah day trading.

Dibutuhkan banyak persiapan sebelum menjadi day trader kripto, seperti keterampilan menganalisa pergerakan chart dan memprediksi kondisi pasar. Day trading kripto memang tak mudah, tapi dari sekian metode, trading kripto dianggap sebagai the most rewarding method you can try.

Jika tertarik, Anda hanya perlu mencari broker penyedia instrumen CFD kripto. Melakukan day trading kripto sebagai CFD jauh lebih mudah dilakukan karena likuiditas pasarnya yang lebih tinggi, sehingga eksekusi trading harian bisa lebih cepat dan lancar.

trading kripto(Baca Juga: Cara Trading CFD Kripto)

 

6. Kerja Mikro

Jika Anda memiliki waktu luang, cobalah cara menghasilkan uang lewat kripto dengan mengerjakan tugas-tugas kecil dari seseorang atau platform kripto. Kerja sampingan ini sangat bervariasi, mulai dari testing aplikasi, melihat iklan, mengikuti survei, menonton video, dan sebagainya. Anda bisa mendapatkan daftar pekerjaan dari situs Bitcoins Rewards, Coinbucks, atau Bituro.

Kerja mikro yang paling populer saat ini adalah kripto faucet, yaitu sistem penghargaan yang diberikan situs web atau aplikasi dalam bentuk Satoshi setelah menyelesaikan tugas-tugas mikro seperti men-screenshot, bermain game, menonton video, melihat iklan, dan lain-lain. Satoshi adalah seperseratus dari sepersejuta BTC.

 

7. Bekerja pada Perusahaan Kripto

Bekerja di perusahaan kripto adalah cara umum mendapatkan penghasilan dari sektor ini. Siapa pun dapat bekerja dengan skill apa pun, seperti menjadi pemasar digital, konten kreator, desainer web, dan lain-lain. Asalkan keahlian Anda cocok dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan, maka bukan tak mungkin Anda bisa memperoleh penghasilan yang menjanjikan dari industri kripto.

Salah satu keunggulan bekerja untuk platform kripto adalah remote working sehingga memungkinkan Anda bekerja penuh fleksibilitas dari rumah Anda sendiri.

Ditambah, sebagian besar perusahaan kripto menawarkan gaji yang sangat kompetitif berupa mata uang kripto. Berikut contoh-contoh perusahaan kripto yang membayar karyawannya dengan kripto:

  • Coinality
  • bitWAGE
  • JobsforBitcoin
  • Angle.co
  • XBTFreelancer
  • Coinworker
  • 21.co

Karena perusahaan-perusahaan di atas mengkompensasi karyawannya menggunakan kripto, maka nilai penghasilan Anda bisa berlipat ketika harga kripto melonjak.

 

8. Arbitrase Kripto

Seperti kita ketahui, regulasi kripto tidak ketat sehingga mengakibatkan banyak variasi harga aset, harga produk, dan sebagainya. Perbedaan harga kripto ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan profit ekstra dengan cara arbitrase kripto.

Sederhananya, arbitrase kripto berarti membeli mata uang kripto di satu bursa dan menjualnya dengan harga lebih tinggi di bursa lain. Proses ini dimungkinkan karena harga kripto yang sangat fluktuatif dan adanya perbedaan biaya jual-beli antara satu exchange dengan exchange lainnya.

Jika pintar memanfaatkan kesempatan, Anda dapat memanen profit antara 5% - 30%. Arbitrase kripto mungkin tampak seperti prospek yang menarik, namun jika salah langkah, bisa saja Anda malah rugi besar-besaran.

 

9. Menciptakan Konten Kripto

Selama sepuluh tahun terakhir, konten menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengkomunikasikan pesan kepada klien. Jika Anda perlu meluncurkan produk atau layanan baru, konten adalah cara terbaik untuk mempromosikannya.

Kripto sangat bergantung pada pemasaran konten karena sebagian besar proyek bersifat virtual. Di sini, Anda bisa memanfaatkan peluang membuat konten video, infografis, atau artikel kripto yang ingin dipasarkan. Beberapa situs web yang menawarkan pekerjaan membuat konten kripto adalah Yours, Y'alls, dan Steemit.

 

10. Memakai Kripto Sebagai Metode Pembayaran

Sebagai penjual, Anda memiliki peluang cukup besar menghasilkan banyak uang dari menerima pembayaran via kripto. Statistik menunjukkan bahwa beberapa harga kripto dapat meningkat drastis dalam sehari hingga 1000%, dibandingkan aset lain yang butuh beberapa tahun untuk naik 100% saja. Tertarik mengintegrasikan kripto ke bisnis Anda? Berikut adalah beberapa platform pembayaran digital yang menerima pembayaran kripto:

  • CoinBank
  • BitPay
  • CoinGate
  • SpectroCoin

Kini, sudah lebih dari ribuan merchant di seluruh dunia menerima pembayaran kripto, lho

pembayaran kripto(Baca Juga: Tempat Belanja Dengan Bitcoin Di Indonesia)

Mereka yang terjun ke dunia kripto bertujuan untuk menghasilkan uang, tetapi tidak semua sukses mendapatkan profit. Banyak yang menyerah begitu saja karena merugi atau tidak mengerti caranya. Semoga 10 cara menghasilkan uang lewat kripto di atas mampu menjadi inspirasi Anda mendulang pundi-pundi tambahan, ya. Jangan memaksakan diri mengikuti suatu cara apabila tidak sesuai dengan kepribadian Anda, karena tanpa kripto pun, masih banyak cara lain meraup untung via internet.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller
Kirim Komentar/Reply Baru
ETH vs ETC, Mana Yang Lebih Baik?
ETH vs ETC, Mana Yang Lebih Baik?
Nandini   28 Nov 2021   7  
4 Cara Trading Tim Draper untuk Pemula
4 Cara Trading Tim Draper untuk Pemula
Cahyaning   24 Nov 2021   14  
Apa Itu Ethereum Killer?
Apa Itu Ethereum Killer?
Yuvita   22 Nov 2021   17  
Mengenal Smart Contract dan Manfaatnya
Mengenal Smart Contract dan Manfaatnya
Cahyaning   22 Nov 2021   16  
4 Siklus Pasar Kripto Yang Perlu Anda Tahu
4 Siklus Pasar Kripto Yang Perlu Anda Tahu
Yuvita   19 Nov 2021   33  
Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya
Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya
Cahyaning   17 Nov 2021   21  
Strategi Trading Kripto dengan Marubozu Candlestick
Strategi Trading Kripto dengan Marubozu Candlestick
Jujun Kurniawan   28 Oct 2021   63