10 Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Online

Febrian Surya 28 Dec 2020 252
Dibaca Normal 13 Menit

Siapa bilang hobi tak bisa jadi pundi-pundi penghasilan? Dengan berbekal tips berikut ini, mengubah hobi menjadi bisnis justru bisa jadi peluang nan menjanjikan.

Pandemi Covid yang terjadi setahun belakangan tentu berdampak terhadap semua sektor. Untuk itu, masyarakat mulai "beradaptasi" agar bisa tetap bertahan di tengah kondisi sulit ini. Salah satu caranya adalah dengan melakukan transformasi bisnis; dari yang dulunya konvensional kini merambah ke ranah digital. Perubahan "gaya" ini bahkan dilakukan mulai dari usaha kecil, menengah, hingga besar sekalipun.

Kini ada banyak sekali pebisnis yang "lahir" sejak pandemi mulai singgah di Indonesia. Salah satu jenis usaha yang banyak mereka pilih adalah bisnis online. Selain bisa dijalankan dari rumah, bisnis online juga tak memerlukan banyak modal. Cukup manfaatkan laptop, smartphone, serta koneksi internet, proses transaksi sudah bisa dikantongi.

 

Bagaimana Peluang Bisnis Online Di Tengah Pandemi?

Ketika ingin memulai suatu bisnis, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana kelangsungan usaha tersebut ke depannya; berapa kira-kira usianya, produk atau jasa yang ditawarkan apakah sesuai dengan pangsa pasar, dan sebagainya. Bisnis online tentu bisa jadi satu opsi, mengingat jumlah pengguna internet mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Menurut data yang diterbitkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia selama 2019 – kuartal II 2020 mencapai 196.7 juta jiwa. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 23.5 juta jiwa atau 8.9% dibanding 2018.

Dengan kenaikan jumlah pengguna internet aktif, serta kewajiban untuk di rumah saja, tak heran bila bisnis online menjadi primadona selama pandemi. Keterbatasan masyarakat untuk berbelanja secara langsung di pasar fisik jelas mempengaruhi gaya hidup mereka. Yang awalnya tak biasa berbelanja online, kini mau tak mau turut menjadi online shopper agar kebutuhan hidup tetap terpenuhi.

Online shopping

 

Potensi Bisnis Online Bisa Diperoleh Dari Mana Saja

Ada banyak sekali bisnis online di era digital saat ini, mulai dari kuliner sehat, penawaran jasa, hingga penyalur hobi. Bukankah pernah ada ujaran seperti, "Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar?"

Faktanya, bekerja berdasarkan hobi dapat membuat seseorang jadi lebih fokus, sehingga hasil yang didapatnya juga cenderung lebih maksimal. Pekerjaan yang dilakukan dengan senang hati akan terasa ringan, seberapapun berat dan menantangnya. Apalagi jika pekerjaan yang dilakukan termasuk hobi; tak hanya jadi kesenangan, tetapi juga jadi pundi-pundi penghasilan.

Hobi Jadi Pekerjaan

Inilah alasan mengapa memilih bisnis berdasarkan hobi sangat disarankan untuk Anda yang baru pertama kali berbisnis. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi seorang pengusaha berhasil karena bisnis Anda didasarkan pada passion dan minat.

 

10 Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Online

Dari sekian ide bisnis online, berikut ini penulis rekomendasikan 10 hobi yang bisa Anda jadikan peluang bisnis online menggiurkan, antara lain:

 

1. Copywriter

Bagi Anda yang tidak bekerja di bidang industri kreatif, tentunya hobi satu ini tidak begitu familiar. Copywriter bisa Anda ibaratkan sebagai penulis yang bertangungjawab atas konten promosi atau pemasaran perusahaan.

Media tulis yang digunakan oleh seorang copywriter juga beragam; bisa melalui website, sosial media, dan saluran publikasi lainnya. Jenis pekerjaan ini banyak ditemukan pada digital agency atau perusahaan yang bergerak di bidang media.

Bila Anda memiliki hobi menulis konten-konten promosi yang persuasif, jenis pekerjaan ini bisa dijadikan peluang bisnis online. Apalagi selama pandemi, aktivitas pemasaran secara offline tidak bisa berjalan optimal. Agar materi promosi tetap mendapatkan engagement maksimal dari audiens, banyak perusahaan yang mengalihkan aktivitas pemasarannya lewat media digital. Oleh karena itu, jasa seorang copywriter handal amat dibutuhkan.

 

2. Influencer

Apakah Anda memiliki banyak follower di sosial media? Jika iya, Anda dapat memanfaatkan status tersebut untuk menawarkan jasa influencer. Saat ini, influencer sangat dibutuhkan dalam dunia pemasaran, karena perusahaan membutuhkan seorang figur yang dapat mempengaruhi banyak orang.

Influencer

Seorang influencer akan mempromosikan berbagai produk dari perusahaan yang menggunakan jasanya. Biasanya, jumlah follower minimal seorang influencer ada di angka 10,000. Cantumkan kontak di bio profil agar perusahaan mudah menghubungi Anda dan mengajukan penawaran sebagai seorang influencer.

 

3. Tutor Online

Memiliki prestasi akademik yang sangat baik selama menempuh pendidikan adalah bukti bahwa Anda memang memliki hobi belajar. Nah agar hobi belajar Anda bisa jadi duit, tak ada salahnya untuk memanfaatkan prestasi tersebut dengan menjadi seorang tutor online.

Saat ini, ada banyak sekali lembaga pelatihan atau platform edukasi online yang tersedia di internet. Anda mungkin bisa meng-apply beberapa diantaranya. Apalagi saat pandemi seperti saat ini, masih banyak sekolah hingga universitas yang belum memulai pembelajaran secara tatap muka.

 

4. Dropshipping

Menjadi dropshipper adalah bisnis online yang banyak digandrungi oleh masyarakat pada umumnya. Sebab, menjadi seorang dropshipper tidak memerlukan modal besar, tetapi cukup manfaatkan koneksi internet dan laptop atau smartphone.

Jika Anda memiliki hobi "memainkan" makeup tools dan memiliki pengetahuan tentangnya, maka tak ada salahnya untuk turut berjualan produk tersebut secara online sebagai dropshipper. Tugas seorang dropshipper hanya melanjutkan pesanan dari pihak pembeli ke penyedia barang, atau dapat dikatakan sebagai perantara antara pembeli dan penyedia barang. Untuk memulai bisnis online satu ini, Anda perlu mencari supplier (penyedia barang) terlebih dahulu.

Menjadi dropshipper

 

5. Affliate Marketing

Mungkin Anda tidak begitu familiar dengan istilah affiliate marketing, tapi bagaimana dengan referral? Istilah referral banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasi atau layanan dari perusahaan tersebut, seperti broker forex misalnya.

Jadi, sistem referral ini bisa berupa kode yang nantinya akan diinput oleh orang lain ketika ingin membeli atau menggunakan suatu jasa. Jika transaksi yang dilakukan berhasil, Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan bersangkutan sebagai bentuk imbalan atas bantuan yang telah diberikan kepada customer.

 

6. Jasa Konsultasi Online

Bila Anda memiliki hobi mengumpulkan sertifikat dari berbagai pelatihan -baik itu berskala nasional maupun internasional, Anda bisa membuka jasa konsultasi online. Anda bisa memberikan konsultasi keuangan, marketing, hingga bisnis tergantung kemampuan dan sertifikasi yang dimiliki, serta pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni terkait hal tersebut.

Untuk memulai bisnis ini, Anda sebaiknya memiliki sebuah website yang dapat mengakomodasi layanan support dan chat seperti email, WhatsApp, dan saluran komunikasi lainnya. Tujuannya adalah agar Anda mudah berkomunikasi dengan klien.

 

7. Penulis Review Film

Bagi kebanyakan orang, menonton film di waktu luang sudah menjadi hobi dan kebiasaan yang sering dilakukan. Bila Anda orang yang "anti" ketinggalan film-film baru dan suka kepo sana-sini terkait film tersebut, maka menjadi seorang penulis review film bisa jadi salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda. Cobalah bergabung dengan beberapa situs khusus mengenai review film, baik itu yang akan dirilis maupun film yang sudah pernah tayang sebelumnya.

 

8. Editor Video

Suka memposting editan video di berbagai sosial media dan mendapatkan respon yang baik dari follower adalah bukti bahwa Anda memiliki kemampuan editing video yang amat baik. Kemampuan ini jangan disia-siakan begitu saja. Sebaliknya, coba kembangkan dengan menawarkan jasa edit video secara online.

Menjadi editor video

Saat ini, permintaan editing video cukup banyak, mengingat hampir semua bisnis mulai merambah ke dunia digital. Kebutuhan materi promosi berupa video yang akan dipublikasikan lewat berbagai media digital seperti YouTube, TikTok, dan sosial media lainnya, menjadi alasan mengapa editor video bisa jadi peluang bisnis online yang menjanjikan.

 

9. Ilustrator

Pernahkan Anda melihat sebuah materi iklan yang ditambahkan gambar ilustrasi? Hal ini adalah cara promosi yang dilakukan oleh perusahaan agar pesan dapat lebih mudah dimengerti oleh semua orang. Inilah tugas seorang ilustrator selaku penyedia gambar ilustrasi untuk memperjelas maksud dan tujuan materi promosi.

Jika Anda gemar membuat gambar ilustrasi seperti diagram, statistik, dan lain sebagainya, Anda bisa menawarkan jasa ini secara online kepada perusahaan atau teman. Buatlah portofolio online terlebih dahulu mengenai kumpulan gambar yang pernah dibuat sebelumnya sebagai referensi bagi calon klien.

 

10. Translator (Penerjemah)

Peluang bisnis online terakhir adalah translator alias penerjemah. Jenis bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memang menguasai berbagai bahasa asing. Anda dapat menawarkan jasa penerjemah ini lewat internet dengan mudah.

Translator

Kesepuluh peluang bisnis online di atas adalah ide yang berasal dari hobi sehari-hari. Walau hanya sekedar hobi, bukan tidak mungkin bila hobi tersebut bisa menjadi "kantong duit" bila Anda geluti secara serius.

 

Kiat Sukses Agar Bisnis Online Berhasil

Kesuksesan dalam membangun bisnis online tidak datang semerta-merta begitu saja. Sebaliknya, kerja keras dan ketekunan sangat diperlukan agar target bisa tercapai. Untuk itu, coba intip beberapa kiat sukses memulai bisnis online berikut ini.

 

1. Analisa Kondisi Pasar

Kondisi pasar dapat dikatakan seperti sebuah medan perang. Jika tak menguasai medan, tentu Anda akan kalah -begitu pula dalam bisnis. Ketika memutuskan untuk memulai suatu bisnis, Anda perlu menganalisa kondisi pasar terlebih dahulu misalnya dengan metode SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). Dengan mengetahui empat aspek ini, Anda dapat mengetahui dan mengembangkan strategi bisnis yang tepat untuk dijalankan nantinya.

 

2. Lihat Produk Kompetitor

Dengan membandingkan produk yang Anda miliki dengan produk kompetitor, Anda akan memperoleh gambaran secara garis besar hal-hal apa saja yang perlu dikembangkan agar dapat bersaing di pasar.

 

3. Tentukan Target Pasar Yang Sesuai

Memiliki segmentasi pasar yang jelas adalah poin penting bagi agar bisnis Anda berjalan lancar. Ketika Anda sudah memiliki target audiens dari segi usia, jenis kelamin, hingga informasi lainnya yang lebih spesifik, maka Anda dapat menjangkau audiens secara lebih akurat dan optimal berdasarkan data-data tersebut.

 

4. Bila Perlu, Buat Website Khusus

Kiat sukses menjalankan bisnis online berikutnya adalah memiliki situs agar orang lain dapat mengetahui bisnis apa yang tengah Anda jalankan. Hal ini nantinya juga dapat meningkatkan brand awareness di mata calon pelanggan. Mereka akan menganggap bisnis Anda terlihat begitu profesional karena dapat ditemukan lewat internet.

pentingnya branding(Baca Juga: Cara Ampuh Memperkuat Brand Identity Bisnis Untuk Pemula)

 

5. Pasarkan Produk Dengan Strategi Yang Tepat

Ada tiga strategi pemasaran produk yang bisa Anda terapkan ke dalam bisnis, di antaranya:

 

a. Optimasi SEO

SEO (Search Engine Optimization) berfungsi untuk meningkatkan traffic lewat pencarian visitor organik, dengan melakukan optimasi dari sisi desain website dan konten-konten yang ada di dalamnya. Dengan begitu, situs yang Anda miliki dapat memiliki peringkat lebih baik di mesin pencarian seperti Google.

 

b. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media juga tak kalah penting karena Anda dapat membuat komunitas atau group dengan ketertarikan yang sama terhadap suatu produk. Buatlah materi promosi di sosial media secara rutin, teratur, serta bermanfaat agar mendapatkan lebih banyak interaksi dengan audiens, seperti like, comment, hingga share.

Instagram utk bisnis(Baca Juga: Trik Memanfaatkan Instagram Untuk Berbisnis)

 

c. Gunakan Google Business

Yang terakhir, jangan lupa untuk mendaftarkan bisnis Anda melalui Google Business agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Cantumkan pula lokasi, nomor telepon, jam operasional, hingga website untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis Anda.

 

Jangan Sampai Usaha Gagal Di Tengah Jalan Karena…

1. Hanya Terpaku Pada Modal

Mengalami kebuntuan di tengah jalan saat menjalani bisnis seringkali disebabkan karena Anda hanya terpaku pada modal. Padahal, modal bukanlah satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan. Ada pula pengembangan bisnis yang perlu Anda rencanakan di masa depan. Tanpa adanya pengembangan bisnis dari sisi produk dan pelayanan, sebuah bisnis dapat gulung tikar akibat tidak dapat memenuhi ekspektasi dari pelanggan.

 

2. Tidak Punya Rencana Bisnis

Sebagai pebisnis, Anda perlu memiliki plan A, B, dan C untuk mengatasi tantangan yang sewaktu-waktu bisa menerpa. Oleh karena itu, rencana bisnis sebaiknya disusun untuk jangka pendek, menengah, hingga panjang. Lantas, rencana bisnis seperti apa yang sebaiknya dibuat?

Anda bisa menyusun suatu rencana bisnis dengan merumuskan rencana keuangan, kepegawaian, operasi, dan pemasaran. Bila Anda tidak memiliki rencana bisnis, hal ini dapat diibaratkan Anda berjalan tanpa tujuan yang jelas. Jika demikian yang terjadi, rasanya sulit untuk menggambarkan bagaimana perkembangan bisnis Anda dari waktu ke waktu.

 

3. Tidak Punya Gebrakan Baru Untuk Produk Yang Dijual

Bila Anda menjual produk itu-itu saja tanpa adanya pembaruan, hal ini bisa menjadi masalah besar ke depannya. Mengapa? Perlu diketahui bahwa setiap produk yang dipasarkan memiliki daur hidup; ketika sudah memasuki "fase dewasa", produk-produk yang Anda jual perlu mendapatkan treatment berupa inovasi atau gebrakan baru. Bila tidak, Anda akan semakin tertinggal dengan produk kompetitor yang dinilai lebih trendy dan kekinian.

melakukan inovasi

 

4. Kurang Promosi

Kurangnya promosi juga bisa menjadi faktor mengapa bisnis bisa gagal di tengah jalan. Bagaimana mungkin Anda mendapatkan banyak order bila masyarakat saja belum tahu produk apa yang tengah Anda tawarkan. Jadi, tak heran bila banyak bisnis di luar sana harus gulung tikar karena kurangnya promosi, mengingat produk-produknya tidak mendapatkan tempat di hati masyarakat.

 

5. Tidak Jujur

Mengalami kegagalan usaha di tengah jalan juga seringkali disebabkan bisnis yang Anda geluti tidak jujur. Ketidakjujuran ini bisa berasal dari testimoni palsu, alamat kantor fiktif, foto produk tidak asli atau hasil copy gambar orang, dan sebagainya. Bila sikap tidak jujur ini terus dipelihara, cepat atau lambat Anda akan ditinggal oleh para pelanggan yang lebih memilih produk kompetitor karena menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dalam berbisnis.

 

Sudah Siap Memulai Bisnis Onlinemu Sendiri?

Setelah membaca artikel ini hingga selesai, apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis online saat ini? Bila iya, 10 ide bisnis yang sudah disebutkan di artikel ini bisa Anda jadikan referensi.

Namun yang perlu diingat sebelum memulai bisnis online adalah lakukan riset terlebih dahulu berdasarkan analisa pasar, apakah jenis usaha yang ingin dipilih masih memiliki peminat atau tidak. Selain itu, Anda juga harus lebih aware dengan perubahan tren yang ada di masyarakat dengan terus melakukan inovasi agar bisnis yang Anda jalankan mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat.

Kirim Komentar/Reply Baru

Forum

Irfan (05 Sep 2018)

mau tanya utk scalping tf menit depth brp yang cocok yaa?klo utk tf H keatas udah paham..trims

Selengkapnya

Cara Hedging Pada Cross Pair

bagaimana cara melakukan hedging pada trading dengan cross pair?

Idwan Safii 26 Nov 2014

Reply:

Basir (26 Nov 2014 11:57)

Arti Hedging adalah untuk pengamanan, untuk cross pair coba anda perhatikan gambar dibawah ini,

Antara USD/CHF vs EUR/USD.

Saat USD/CHF naik, maka EUR/USD turun.
Saat USD/CHF turun, maka EUR/USD naik.

untuk latihan, coba lakukan di akun demo.
1. sell EUR/USD buy USD/CHF
2. buy EUR/USD sell USD/CHF
2. buy EUR/USD buy USD/CHF
2. sell EUR/USD sell USD/CHF

Thanks.

Linlindua 94
Saham