10 Ide Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga Paling Cuan

Wahyudi 18 Nov 2020 102

Memiliki penghasilan sendiri walau hanya stay di rumah bisa dilakukan oleh siapa saja, tak terkecuali seorang ibu rumah tangga. Apa saja yang perlu diterapkan? Simak artikel berikut ini.

Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan sendiri di rumah? Di jaman sekarang, keinginan tersebut sangat mudah untuk Anda wujudkan. Sebab adanya kecanggihan teknologi saat ini mampu mendukung berbagai jenis bisnis untuk ibu rumah tangga bahkan hanya dengan modal yang kecil bahkan nol. 

Hal ini menjadikan Anda tak perlu risau menjadi ibu rumah tangga saja, sebab mampu menjalankan bisnis sampingan meski dari rumah. Ada banyak ide bisnis yang bisa Anda jalankan baik di bidang jasa maupun produk.

 

6 Manfaat Menjadi Ibu Rumah Tangga

Setelah menikah perempuan dapat memilih untuk menjadi pekerja atau ibu rumah tangga. Anda bisa fokus, belajar, dan tumbuh dalam peran sebagai ibu rumah tangga. Jika suami Anda memiliki waktu cuti, Anda dapat mengatur waktu selama beberapa hari untuk bersama-sama tanpa harus meminta izin atasan.

Ada banyak keuntungan dan kerugian menjadi wanita pekerja setelah menikah, kali ini akan kita ulas beberapa keuntungan menjadi ibu rumah tangga berikut ini.

bisnis ide sampingan ibu rumah tangga

(Baca Juga: Kiat Bisnis Online Saat New Normal)

 

Anda bisa melihat anak-anak Anda tumbuh

Rasa bersalah terbesar yang harus dihadapi wanita pekerja adalah kurangnya waktu yang mereka miliki untuk anak-anak mereka. Mereka terpecah antara bekerja atau bersama anak-anak mereka serta menyaksikan mereka tumbuh. Seorang ibu rumah tangga selalu ada bersama anak-anaknya dan berhasil mengasuh mereka dengan penuh kasih dan menyaksikan momen-momen seperti langkah pertama mereka, kata-kata pertama mereka, dan sebagainya.

Banyak wanita tidak punya pilihan selain bekerja penuh waktu karena mereka membutuhkan uang, jadi Jika Anda cukup beruntung memiliki keluarga, pasangan, atau pasangan yang aman secara finansial, Anda bisa menikmati keuntungan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya.

 

Anda memiliki lebih banyak waktu

Salah satu manfaat paling menarik dan menarik dari menjadi ibu rumah tangga adalah banyaknya waktu ekstra yang Anda miliki dibandingkan dengan wanita yang bekerja 5-9 jam setiap hari.

Anda tidak perlu terburu-buru menjalani hidup karena tidak memiliki kewajiban untuk mematuhi batasan waktu dan melakukan pekerjaan dengan cara tertentu. Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan sesuatu di sekitar rumah dan tidak berada di bawah ketakutan atasan yang marah akibat aktivitas bersama keluarga.

 

Anda memiliki lebih banyak kebebasan dalam melakukan aktivitas

Jika Anda seorang ibu rumah tangga, Anda adalah bos bagi diri sendiri. Rumah juga sekaligus menjadi kantor. Jika ada uang lebih, Anda bahkan dapat mempekerjakan orang untuk membantu seperti pembantu rumah tangga, juru masak, tukang kebun, dan sebagainya.

Anda dapat menonton acara TV, mengobrol dengan teman-teman terbaik untuk makan siang, tidur nyenyak, memanjakan diri di jejaring sosial, dan menikmati lebih banyak kebebasan daripada wanita pekerja yang memiliki lebih sedikit waktu luang.

 

Pelajari keterampilan baru

Sungguh sulit dan bahkan tidak mungkin bagi perempuan pekerja yang mengelola keluarga untuk menemukan waktu untuk mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah ada. Seorang ibu rumah tangga memiliki lebih banyak waktu luang, sehingga dia dapat mengejar hobinya, atau mempelajari beberapa hobi baru dengan mudah.

 

Anda merasa tidak terlalu lelah

Seorang ibu rumah tangga dapat bersantai di tempat tidurnya jika dia sakit atau ingin istirahat, tetapi seorang wanita yang bekerja harus memikirkan alasan untuk memberi tahu bosnya dan takut akan konsekuensi yang mungkin dia hadapi jika dia mengambil cuti lebih dari satu hari. 

Rasa bersalah memprioritaskan pekerjaan di atas keluarga, memenuhi tenggat waktu, stres kerja, dan pulang pergi kantor setiap hari menjadi faktor yang harus ditanggung oleh seorang wanita pekerja, tidak seperti seorang ibu rumah tangga.

 

Waktu untuk keluarga dan uang saat bekerja dari rumah

Jika Anda seorang ibu rumah tangga dan Anda merasa perlu untuk memberdayakan diri secara ekonomi, Anda bisa bekerja dari rumah. Dengan cara ini, Anda tidak terjebak dalam rutinitas lingkungan kantor yang sibuk, dan Anda juga mendapatkan uang sambil mengurus rumah.

Ketika Anda seorang ibu rumah tangga, Anda mendapatkan yang terbaik dari kedua sisi pilihan hidup tersebut, mendapatkan uang dari rumah, dan tetap bisa banyak waktu untuk keluarga.

ibu bekerja dari rumah

(Baca Juga: Cara Jitu Mempromosikan Usaha Secara Online)

 

Perlukah Anda Menjadi IRT Yang Kerja Di Rumah?

Meski Anda senang mendengar tentang istri yang menjadi ibu rumah tangga penuh waktu, namun sejatinya panggilan menjadi ibu rumah tangga ini bukan untuk semua orang. Jadi, bagaimana Anda tahu apakah itu tepat untuk Anda? Berikut adalah beberapa alasan berbeda mengapa menjadi istri yang tinggal di rumah mungkin tidak cocok untuk Anda (saat ini):

 

Suami tidak bekerja atau gaji tak cukup

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika memutuskan apakah akan menjadi istri yang tinggal di rumah adalah membicarakannya dengan suami Anda. Beralih dari dua pendapatan menjadi satu sumber pendapatan adalah keputusan besar dan tidak boleh dibuat begitu saja. Jika suami Anda tidak setuju dengan pemikiran Anda menjadi ibu rumah tangga penuh waktu saat ini, berikan waktu dan coba diskusikan lagi dalam beberapa bulan jika itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi Anda.

 

Anda belum siap untuk mengubah gaya hidup

Seperti disebutkan di atas, ketika Anda menjadi istri yang tinggal di rumah, Anda kemungkinan besar akan meninggalkan satu sumber penghasilan. Beralih dari dua pendapatan menjadi satu bukanlah hal yang mustahil, tetapi itu adalah sesuatu yang harus dipikirkan jauh hari sebelumnya dan Anda harus siap untuk melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Anda tidak bisa menjalani kondisi berkurangnya satu sumber penghasilan tanpa mengubah kebiasaan belanja Anda. Jadi untuk membantu Anda memulai, saya akan SANGAT, SANGAT menyarankan agar Anda dan suami Anda meluangkan waktu untuk diskusi panjang lebar dan membuat berbagai simulasi kondisi terburuk yang bisa saja dialami sebelum membuat keputusan penting ini.

 

Menghabiskan terlalu banyak waktu di rumah membuat Anda stress

Ketika Anda menjadi istri yang tinggal di rumah, kemungkinan besar akan ada hari-hari (cukup sering) ketika Anda bahkan tidak meninggalkan rumah. Jadi, jika Anda tidak tahan membayangkan menghabiskan seluruh uang dari suami tanpa meninggalkan rumah, maka menjadi istri yang tinggal di rumah mungkin bukan langkah terbaik untuk Anda - saat ini.

Tentu saja, Anda dapat atau bahkan harus keluar rumah setiap hari dan berjalan-jalan, tetapi jika Anda terbiasa banyak melakukan sesuatu di luar rumah, penyesuaian untuk tinggal di rumah akan sulit.

 

Anda tidak terbiasa bekerja tanpa pengawasan alias mudah putus asa atau suntuk

Jika Anda kesulitan menyelesaikan sesuatu tanpa ada orang lain (atasa Anda) yang biasanya memberi tahu apa yang harus Anda lakukan atau menetapkan tenggat waktu, Anda beresiko akan kesulitan beradaptasi di rumah.

keinginan IRT bekerja di rumah

 

Jika Menjadi Ibu Rumah Tangga, Ini Yang Bisa Anda Lakukan

Memilih menjadi istri yang tinggal di rumah (dengan atau tanpa anak) tidak berarti Anda bersantai dengan selalu memakai piyama sepanjang hari dan makan es krim sambil menghabiskan 5 jam menonton sinetron favorit Anda. Pilihan menjadi ibu rumah tangga idealnya diikuti dengan produktivitas yang tetap terjaga.

Jika ini tercapai, maka semboyan bijak, rumahku adalah surgaku akan terlaksana. Beberapa aktivitas berikut ini bisa Anda lakukan saat memilih untuk menjadi ibu rumah tangga:

 

Ibu rumah tangga bisa bangun pagi setiap hari

Karena Anda bisa tidur lebih awal berarti Anda harus bangun lebih awal dan memulai hari Anda sebelum kesibukan lain tiba. Hal ini akan membantu Anda merasa lebih rileks dan nyaman selama seharian penuh. Anda bahkan bisa membiasakan diri untuk bangun bersama suami (atau lebih pagi sebelumnya) dan membuatkan dia bisa sarapan yang enak sebelum dia berangkat kerja.

 

Ibu rumah tangga tetap harus rutin menjaga diri

Jika istri memilih untuk tinggal di rumah, atau istri bekerja di rumah, maka merawat rumah adalah pekerjaan mereka. Artinya, hari demi hari, sepanjang hari mereka bekerja, yang dapat mengakibatkan kelelahan.

Untuk menghindari kelelahan dan terus mencintai peran Anda sebagai ibu rumah tangga dan tinggal di rumah, Anda perlu memastikan bahwa Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri. Manjakan diri Anda sesekali. Buatlah diri Anda terlihat bagus  dan cantik sepanjang hari.

Mengupayakan penampilan Anda tetap bugar dan meluangkan waktu untuk memanjakan diri (dengan perlengkapan spa di rumah misalnya) - atau sekadar melakukan sesuatu yang Anda sukai - setiap hari akan membuat Anda segar dan siap menghadapi hari baru.

 

Ide Bisnis Sampingan untuk IRY Yang Bisa Dijalankan Dari Rumah

Setelah menikah, banyak ibu rumah tangga yang memutuskan untuk tidak kembali bekerja sebab ingin lebih fokus dalam merawat keluarga. Namun tak jarang pula, banyak ibu rumah tangga yang ingin juga memiliki bisnis sampingan di rumah untuk sekedar mencari kesibukan maupun menambah penghasilan keluarga atau sekedar mencari uang jajan.

Jika Anda berkeinginan untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan, Anda bisa memulainya dengan sebuah perencanaan bisnis supaya lebih tertata. Misalnya saja menentukan produk apa yang hendak dijual, target usaha, modal hingga target pembeli. Jika Anda tak memiliki modal sedikitpun, maka tak perlu bingung. Sebab saat ini ada banyak jenis bisnis yang bisa Anda jalankan hanya dengan modal kecil bahkan hampir tanpa modal.

ide bisnis Rumah Tangga Tanpa Modal

(Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal)

Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang luar biasa dan bermanfaat dan Anda dapat bermanfaat bagi banyak orang dengan peran yang Anda miliki, tetapi saat Anda memutuskan apa yang harus ANDA lakukan, ingatlah bahwa ini bukan untuk semua orang. Jadi hanya khusus buat ibu rumah tangga yang ingin tetap produktif.

Apakah Anda yakin dan mulai tertarik serta senang menjadi ibu rumah tangga? Bagaimana agar bisa menjadi ibu rumah tangga namun tetap produktif? Simak ulasan beberapa ide bisnis sampingan berikut ini:

 

Menjadi penulis lepas

Jika Anda memiliki hobi menulis, maka menjadi seorang penulis lepas bisa menjadi peluang cuan yang cukup mengiurkan. Apalagi di zaman digital seperti saat ini, peran penulis cukup penting untuk mendukung berbagai konten bisnis. Baik untuk website, konten media sosial hingga aplikasi.

Kemampuan menulis tentunya tak dimiliki oleh semua orang, maka hal ini tentu bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda yang hobi menulis. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan menulis iklan. Kemampuan untuk mengajak orang lain membeli suatu produk bisa mendapatkan harga yang cukup tinggi.

Untuk menawarkan jasa penulisan Anda, maka Anda bisa membuat portofolio tulisan. Kemudian tawarkanlah jasa Anda pada situs-situs freelance yang saat ini ada banyak di internet. Maka Anda bisa mulai bekerja dari rumah saja.

 

Membuat berbagai kerajinan tangan

Jika Anda orang yang kreatif dalam mengolah berbagai macam kerajinan tangan, maka hal ini juga bisa menjadi peluang yang menguntungkan. Permintaan pasar terhadap berbagai macam kerajinan tangan saat ini semakin tinggi. Mulai dari souvenir, seserahan pengantin, hingga parcel untuk acara spesial.

Modal utama yang Anda butuhkan tentunya sebuah kreatifitas yang mampu mengolah berbagai macam barang menjadi hasil yang indah. Keuntungan dari bisnis kerajinan tangan ini juga cukup besar.

 

Membuka jasa katering

Hobi memasak selain mampu menyenangkan keluarga, juga bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan meski dilakukan di rumah saja. Apalagi bisnis kuliner tak pernah kehabisan pelanggannya, terutama jika masakan Anda rasanya enak.

Anda tak perlu berpikir rumit harus membuka restaurant terlebih dulu. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan menjual makanan dengan promosi secara online lebih dulu. Bisnis kuliner yang bisa Anda jalankan misalnya saja katering anak kosan, pesanan kue, hantaran dan lainnya.

ibu rumah tangga jasa katering

(Baca Juga: Tips Pemasaran Online Bisnis Kuliner Paling Ampuh)

 

Menjadi dropshipper dan reseller

Tidak punya modal untuk memulai usaha? Tak ada salahnya untuk mencoba jadi dropshipper. Dropshipper menjadi salah satu peluang bisnis yang banyak digemari oleh orang-orang yang ingin mencoba memulai usaha. Disini, Anda tidak perlu melakukan stock barang. Jadi cukup menjualkan saja sedangkan packing dan pengiriman barang dilakukan oleh seller.

Anda bisa memulai usaha ini dengan menggunakan e-commerce atau melalui media sosial. Selain lebih mudah dilakukan, cara ini juga memungkinkan Anda untuk menjangkau konsumen lebih luas.

 

Bisnis fashion

Bisa dibilang bisnis fashion tidak pernah ada habisnya sebab selalu berkembang seiring perkembangan zaman. Hal ini bisa menjadi peluang bagus untuk Anda yang bingung hendak menjalankan bisnis apa. Salah satu jenis fashion yang sedang banyak digandrungi adalah bisnis hijab.

Fashion hijab sendiri meliputi kerudung, gamis, outer dan masih banyak lagi. Anda bisa melakukan riset lebih dulu untuk tahu preferensi masyarakat terhadap produk yang hendak Anda jual.

 

Usaha bumbu siap pakai

Saat ini banyak orang lebih menyukai hal yang cepat dan praktis, termasuk dalam hal makanan. Bisa Anda lihat saat ini ada begitu banyak makanan cepat saji atau instant yang umumnya banyak mengandung zat pengawet.

Namun untuk konsumen yang tidak menyukai makanan instant dengan banyak kandungan pengawet, maka bisnis dalam bidang food preparation bisa Anda coba. Salah satunya dengan menyediakan bumbu siap pakai sehingga memudahkan ibu-ibu untukmemasak dengan cepat dan praktis.

Bumbu siap pakai tentunya dipakai untuk menambah citarasa masakan serta tidak menggunakan bahan pengawet. Selain itu, bumbu siap pakai juga lebih fungsional dan bisa menjadi peluang bsinis yang menguntungkan hanya dengan modal kecil. Sebab Anda hanya perlu menyediakan bumbu-bumbu masakan/ rempah-rempah sebagai bahan bakunya.

 

Bisnis aneka tanaman hias

Di masa pandemi ini, banyak orang jadi lebih suka bercocok tanam di rumah. Selain menambah keasrian, merawat tanaman juga menjadikan rumah terlihat lebih indah. Tanaman hias saat ini lebih banyak dipilih oleh masyarakat yang ingin coba mulai menanam.

Sejak saat itu, kini ada banyak bisnis tanaman yang bermunculan baik secara offline maupun online. Tanaman yang biasa dijual misalnya saja kaktus, lidah buaya, bunga mawar dan masih banyak lagi. Melihat minat pasar yang semakin tingi terhadap tanaman, maka tak ada salahnya Anda membuka bisnis tanamn di rumah.

Apalagi untuk Anda yang juga hobi memelihara tanaman. Apabila bisnis tanaman ini bisa diurus dengan baik, Anda tak hanya mendapatkan pesanan ecer saja. Tetapi bisa juga hingga partai besar. Sangat menguntungkan bukan

 

Membuka usaha bimbingan belajar

Merasa pendidikan tinggi yang Anda miliki sia-sia karena tidak bekerja? Tak perlu khawatir. Meski dari rumah, Anda juga bisa membuka bisnis sampingan yang memiliki keuntungan besar dengan modal kecil. Salah satunya yaitu dengan membuka usaha bimbingan belajar. Mengingat kebutuhan masyarakat terhadap guru les privat semakin tinggi karena anak-anak sekolah dari rumah.

Bisnis bimbingan belajar juga cukup praktis untuk dijalankan. Sebab tidak akan banyak menyita waktu Anda. Jadwal les bisa Anda atur sendiri, sehingga tak perlu khawatir jika urusan rumah jadi terbengkalai.

 

Usaha camilan kemasan

Peluang bisnis yang tak kalah menjanjikan lainnya adalah bisnis camilan kemasan. Hal ini disebabkan karena setiap orang pasti sangat suka cemilan. Baik saat menonton televisi, belajar hingga saat bekerja. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa membeli camilan dalam kemasan besar, kemudian dikemas kembali dalam ukuran kecil-kecil.

Camilan kemasan ini bisa Anda titipkan di warung-warung atau melalui online sehingga jangkauan pasar menjadi lebih luas. Agar terlihat lebih oke, Anda juga bisa menambahkan branding pada kemasan snack yang Anda jual.

 

Konten kreator (vlogger, blogger, sosial media influencer)

Jika Anda suka sekali bermain sosial media, maka ide bisnis yang satu ini bisa juga Anda coba yaitu menjadi seorang konten kreator. Perkembangan media sosial yang begiu pesat menjadikan banyak orang sangat suka membagikan pengalamannya mengenai makanan, liburan atau barang yang ia beli melalui sosial media.

Jika cerita Anda banyak disukai pengguna sosial media lainnya dan menjadi punya banyak pengikut, maka kesempatan menjadi konten kreator bisa juga untuk Anda coba. Baik menjadi vlogger, blogger maupun sosial media influencer. Ide bisnis ini selain bisa dilakukan tanpa modal, juga menjadi peluang yang sangat menggiurkan.

konten kreator

(Baca Juga: Cara Membuat Video Marketing Yang Efektif Dan Tepat Sasaran)

 

Pesan Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Bekerja Dari Rumah

Sebagai istri yang tinggal di rumah, Anda memiliki kesempatan untuk menjalani hidup lebih banyak waktu untuk keluarga. Pagi hari, Anda tak perlu buru-buru keluar dari tempat tidur, cepat-cepat membuat sarapan dan secangkir kopi lalu kembali buru-buru berlari keluar agar Anda tidak terlambat ke kantor.

Dengan menjadi ibu rumah tangga, Anda dapat fokus mempersiapkan kebutuhan suami di pagi hari dan membantunya menjadi sedikit lebih rileks saat berangkat kerja. Kemudian setelah suami berangkat kerja, Anda dapat fokus pada pekerjaan yang telah disiapkan. Jika Anda tertarik dengan pekerjaan di pasar finansial, Anda juga bisa mempelajari seputar trading forex yang bisa dikerjakan dari rumah. 

Kirim Komentar/Reply Baru
Slippage pada akun demo

Pak mau tanya, apakah pada saat kita melakukan FT di akun demo ada slippagenya atau tidak, dibandingkan dengan akun real?

Edwin 10 Nov 2018

Reply:

M Singgih (13 Nov 2018 00:31)

@ Edwin:

Mungkin maksud pertanyaannya kalau trading di akun demo ada slippage atau tidak?
Baik di akun demo maupun di akun real ada slippage. Perbedaan trading di akun demo dan akun real adalah pada kecepatan eksekusi order. Di akun real eksekusi order lebih lambat, dan kadang bisa terjadi requote (atau penawaran ulang).

Slippage adalah loncatan harga akibat permintaan dan penawaran di pasar tidak seimbang. Biasanya terjadi ketika ada rilis data berdampak tinggi, pidato pejabat bank sentral, atau peristiwa yang tidak terduga. Dalam hal terjadi slippage, pergerakan harga di akun demo dan akun real sama.

Anda bisa coba lihat pergerakan harga di akun demo dan real ketika ada rilis data berdampak tinggi atau konperensi pers bank sentral. Kalau di akun demo ada slippage, di akun real juga akan ada slippage.

Kiat Bisnis Online Saat New Normal
Wahyudi 140
Bisnis