3 Cara Industri Kripto Melawan Coronavirus

Febrian Surya 16 May 2020Dibaca Normal 4 Menit
kripto>   #kripto
Coronavirus yang semakin hari semakin meningkat telah membuat banyak pihak berkontribusi untuk memerangi penyebarannya, tak tekecuali industri kripto dengan teknologi Blockchain di baliknya.

Pandemi Coronavirus (Covid-19) telah membuat ribuan pekerja di seluruh dunia harus bekerja dari rumah. Hal ini sepatutnya dimaklumi sebagai imbauan bagi setiap orang untuk menjaga jarak agar mengurangi risiko penyebaran Covid-19 yang terjadi di masyarakat.

3 Cara Industri Kripto Melawan Coronavirus

Akibat pandemi Covid-19, sektor-sektor seperti perhotelan, pariwisata, keuangan, manufaktur, dan perdagangan mengalami kemerosotan yang mengkhawatirkan. Saat ini, setidaknya ada 200 negara di dunia yang telah mencatatkan kasus konfirmasi positif Covid-19. Di mana, industri kripto ternyata memiliki andil yang cukup besar untuk membantu tim medis melawan Covid-19 dengan bantuan teknologi. Bahkan, sejumlah perusahaan cryptocurrency telah terlibat dalam beberapa proyek kemanusiaan untuk membantu rumah sakit dan pasien Covid-19 di seluruh dunia. Berikut 3 cara industri kripto melawan Covid-19:

 

Memberikan Dukungan Teknologi

Kecepatan dan ketepatan adalah hal yang menjadi kunci untuk melawan serangan Covid-19. Salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh tim medis adalah akses informasi dan pengolahan data terkait Coronavirus dengan kapasitas terbaik. Hal inilah yang diberikan oleh perusahaan kripto, yaitu meminjamkan prosesor dengan daya komputasi yang cepat dan besar untuk memproses suatu data.

Sebut saja CoreWeave, perusahaan penambangan Ethereum terbesar di Amerika Serikat. CoreWeave telah meminjamkan prosesor (VGA) miliknya kepada tim peneliti Covid-19, Folding @ Home dari Stanford University. Prosesor tersebut memiliki daya 6,000 GPU dan akan digunakan oleh tim peneliti untuk membuat jaringan komputer dalam upaya mencari pengobatan Covid-19 melalui simulasi protein virus.

 

Memudahkan Transaksi Tanpa Harus Bertatap Muka

Dalam dunia bisnis, kita membutuhkan keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Berkat adanya marketplace berbasis Blockchain saat ini, baik pembeli maupun penjual sama-sama bisa saling diuntungkan. Contohnya saja, ketika tingkat permintaan seperti masker dan peralatan medis semakin meningkat selama pandemi Covid-19, teknologi IBM mempermudah pelacakan dan pemanfaatan suplai bahan baku untuk proses manufaktur alat-alat kesehatan.

Memudahkan Tranksaksi Tanpa Harus Bertatap Muka

Proyek berlabel "IBM's Rapid Supplier Connect Network" ini merupakan sebuah platform yang mempertemukan pihak pembeli dan pemasok. Ketika pihak pembeli (perusahaan manufaktur medis) membutuhkan bahan baku untuk membuat produk medis, mereka dapat melihat melalui platform tersebut untuk mendapatkan informasi sedetail mungkin mengenai pihak perusahaan yang menyediakan bahan bakunya, termasuk untuk harga dan ketersedian barangnya.

Jadi, adanya IBM's Rappid Supplier Connect Network memudahkan pihak pembeli saat ingin mencari pemasok yang sudah teruji kredibilitasnya selama pandemi Covid-19 berlangsung. Tentu saja, hal ini akan menciptakan transparansi bisnis dan tercukupinya permintaan bahan baku peralatan medis lainnya, agar kegiatan distribusi peralatan medis ke rumah sakit juga tidak terganggu.

Terlepas dari manfaat teknologi Blockchain untuk kelancaran suplai dan distribusi, jaringan kripto yang dewasa ini semakin banyak dimanfaatkan dalam sistem pembayaran dengan mata uang digital juga mendukung transaksi online secara global. Para pembeli maupun penjual bisa memilih alternatif pembayaran melalui mata uang kripto untuk transaksi yang lebih cepat, bebas biaya, dan transparan.

 

Melakukan Penggalangan Dana

Perlu diketahui, platform Blockchain saat ini merupakan salah satu jaringan yang paling banyak digunakan oleh perusahaan untuk membantu kegiatan amal. Contohnya, Palang Merah Italia telah menggunakan penggalangan dana berbasis Bitcoin untuk membantu menyediakan pusat pengobatan bagi pasien Covid-19 di Italia.

Selain itu, penggalangan dana berbasis Bitcoin untuk ke depannya akan diproyeksikan untuk hal-hal yang lebih besar lagi seperti memberikan bantuan untuk melakukan scanning paru-paru bagi para pasien yang kemungkinan terjangkit Covid-19. Kegiatan penggalangan dana melalui industri kripto memang sangat membantu sekali bagi siapa saja yang ingin menyalurkan bantuannya dalam bentuk Bitcoin ke Palang Merah Italia. Sebab, Italia termasuk ke dalam salah satu negara dengan jumlah pasien Covid-19 meninggal dunia terbanyak di Eropa.

Melalui penggalangan dana berbasis cryptocurrency, donatur juga bisa mengetahui arus penggunaan dana tersebut secara transparan; sudah disalurkan untuk apa dan ke siapa. Keunggulan ini adalah ciri khas teknologi Blockchain yang membuatnya cukup digemari untuk mendukung berbagai kegiatan penggalangan dana.

 

Manfaat kripto tak hanya berhenti pada transparansi dan dukungannya untuk kelancaran pembayaran online maupun distribusi suplai. Bagi para investor dan trader milenial, kripto juga bisa menjadi aset yang cukup menarik. Seperti apa peluangnya? Dapatkan informasi lengkapnya di "Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial".

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Piyuu |  19 Jul 2021

Mengapa untuk bertransaksi di exchanger kripto, pengguna perlu verifikasi kripto dulu? Bukannya tujuan dibuatnya kripto itu agar anonim ya? Mohon pencerahannya. 

Lihat Reply [1]

 Surya Jatmiko |  23 Jan 2022

Selamat sore kak, saya dengar bahwa analisa dengan Candlestick bisa digunakan untuk menebak kemana harga bergerak selanjutnya? apa ini juga bisa digunakan untuk mencari koin-koin yang akan terbang juga? thx

Lihat Reply [1]

 Eki Safitri |  7 Feb 2022

malam, cara menentukan target profit dari hasil analisa pergerakan harga kalau di kripto bagaimana ya? analisa saya menggunakan pola candlestick seperti doji, pinbar dll.

Lihat Reply [1]

 Muh Dirga |  29 Mar 2022

saat saya analisa kripto di mt5 saya baru sadar kalau harganya ternyata berbeda dengan di exchange? mengapa bisa demikian? candlestick yang terbentuk jg terkadang bisa berbeda. adakah solusi untuk ini? saya menggunakan analisa pola candlestick dan terasa cukup terganggu karena masalah ini.

Lihat Reply [1]

 Firdaus Husein |  14 Apr 2022

Apakah ada bentuk real dari koin kripto atau hanya sebatas transaksi digital saja?

Lihat Reply [3]

 

Komentar @inbizia

Tidak, karena Bank Indonesia telah sejak awal menegaskan bahwa kripto tidak bisa mengantikan posisi Rupiah sebagai mata uang resmi nasional.  Kripto tetaplah akan menjadi sebuah aset layaknya saham. Teknologi dibelakang kripto yaitu Blockchain inilah yang nantinya akan banyak diadopsi oleh bank sentral dalam menciptakan CBDC atau lebih dikenal Rupiah digital. Semoga membantu.
 Crypholic |  27 Apr 2022
Halaman: Indonesia Melejit Di Jajaran Negara Pengguna Kripto
penambangan koin kripto membutuhkan banyak energi listrik.
penggunaan listrik berlebih berdampak negatif pada lingkungan, karena jumlah bahan bakar fosil yang digunakan untuk menghasilkan listrik juga melahirkan gas rumah kaca dan polusi udara, seperti CO2 dll
 Petrus Galih ... |  29 Apr 2022
Halaman: Koin Kripto Ini Bisa Ditambang Dengan Komputer Biasa
Sejauh ini TokoCrypto yang mampu memberikan layanan trading kripto terbaik di Indonesia, dibndingkan dengan exchange sebelah, saya rasa TokoCrypto mampu menghadirkan fitur-fitur menarik. Selain itu, exchange ini juga memiliki Tokennya sendiri yaitu TKO yang bisa jadi pilihan investasi. Saya sendiri saat ini sudah hold beberapa token TKO. Harapannya nanti bisa mencapai new ATH...good job TokoCrypto
 Aliandra |  10 May 2022
Halaman: Review Exchange Kripto Tokocrypto
Saya sempat dengar juga kalau awal mula blundernya $LUNA itu gara-gara si Do Kwon membeli Bitcoin sebanyak $10 juta sebagai cadangan dana TERRA, padahal sudah punya stablecoin sendiri, $UST. Semenjak itu, Do Kwon dapet kritik habis-habisan. Dan mungkin itu juga kenapa $LUNA bisa paling hancur dibanding kripto lainnya ya, karena cadangan dana mereka $BTC juga lagi ambruk. Mohon koreksi kalau ada salah.
 Budi Setiawan |  13 May 2022
Halaman: Pasar Kripto Crash Terra Luna Ambles Nyaris Persen
Koin kripto terbaik saat ini masih tetap Bitcoin dan Ethereum, karena penggunaan dan adopsinya yang paling luas.
Kedua koin kripto ini juga sudah punya rekam jejak yang panjang
 Bagas Kurniawan |  19 May 2022
Halaman: Cara Industri Kripto Melawan Coronavirus
@Wulandari: Banyak negara memberlakukan pajak kripto dengan beragam variasi kebijakannya di samping ada juga yang 100% membebaskannya. Ini beberapa di antaranya, sejauh yang saya temukan referensinya: - Jepang: Pajak kripto di sini tergolong sebagai pajak penghasilan dengan kategori pendapatan lain-lain dan jumlahnya relatif cukup besar, hingga 55%. Pajak kripto juga diberlakukan bagi wajib pajak luar negeri yang mempunyai aset  ini dengan tarif final sebesar 20% dan dibayarkan saat yang bersangkutan meninggalkan Jepang. - Hong Kong: Di sini mata uang kripto yang digunakan untuk transaksi bisnis dikenakan pajak keuntungan. Tapi, kripto milik individu dan dipakai sebagai investasi jangka panjang tidak dikenakan pajak. - China: Kripto tidak diakui sebagai alat bayar yang sah di sini, sama seperti di Indonesia. Negeri Panda ini kabarnya mengenakan Pajak Penghasilan atau PPh atas keuntungan yang diperoleh dari penjualan kripto. - India: Belum ada ketentuan khusus terkait pajak kripto di sini. Namun, sejumlah media lokal menyebut pemerintah mempertimbangkan untuk mengenakan pajak atas semua aset dijital sebesar 30%. - Kazakhstan: Di sini pajak kripto justru dikenakan untuk kalangan penambang aset ini. Pemerintah menganggap  penambangan kripto membuka banyak lapangan kerja plus mendorong konsumsi listrik. Tapi, infrastruktur untuk penambangan kripto bebas pajak. - Rusia: Ada wacana pengenaan pajak kripto di Negeri Beruang Merah ini namun masih pending, belum ada kejelasan. - Amerika Serikat: di Negeri Paman Sam, kripto diperlakukan sama seperti investasi saham, obligasi, dan properti. Apa yang berlaku di aset-aset tersebut, berlaku juga di kripto, termasuk dalam urusan pajak, dalam hal ini adalah pajak atas capital gain. Wajib pajak harus melaporkan transaksi kripto yang dilakukannya, tak peduli apakah statusnya untung atau rugi. Semua laporan harus masuk ke otoritas pajak, IRS (Internal Revenue Service). - Inggris: di sini kripto dianggap sebagai token dan transaksinya dianggap sebagai kegiatan investasi serta dikenakan pajak. - Portugal: di sini kripto dianggap sebagai alat pembayaran yang sah dan bukan tergolong sebagai aset. Dengan demikian, tidak ada pajak kripto di negeri ini alias 0%. Demikian semoga membantu.
 Rida |  19 May 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menghitung Pajak Kripto Di Indonesia
Komentar[17]    
  Zulfikar   |   11 May 2022

koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer biasa apa saja ya?

  Naufal Wahyu   |   11 May 2022

silahkan ke artikel ini kak untuk info lengkapnya

  Sofyan Rahman   |   13 May 2022

ada Monero, Dogecoin dll yg bisa ditambang dengan PC biasa

  Topan Haidir   |   12 May 2022

cara menghindari peretasan uang kripto?

  Mahardhika   |   12 May 2022

bisa dengan mengganti kata sandi secara berkala

  Diky Stenly   |   12 May 2022

simpan koin di penyimpanan dingin, seperti dompet offline
Dengan sistem ini bisa menyimpan kunci pribadi untuk cryptocurrency dari jaringan pada perangkat yang bisa menyerupai USB flash drive

  Ujang Randito   |   13 May 2022

Apa kekurangan dari penyimpanan dingin ini?

  Denny Afdillah   |   17 May 2022

penyimpanan dingin memiliki risiko, seperti kehilangan atau kerusakan perangkat

  Anto Hermanto   |   13 May 2022

bisa simpan di dompet khusus mata uang kripto

  Khairul Anam   |   17 May 2022

mengingat maraknya peretasan, maka pilihlah tempat kripto yang aman

  Ridwan Marpela   |   17 May 2022

aplikasi apa yang bisa digunakan untuk menambang kripto via android?

  Khojon Saputra   |   18 May 2022

Aplikasi untuk Mining Bitcoin di Android :
BTC Safari, Sweatcoin, MinerGate, Crypto Miner, AA Miner, NeonNeon Miner dll

  Ronny Yahya   |   18 May 2022

info detail, kakak bisa ke artikel berikut ini

  Danu Alif Rabbani   |   18 May 2022

koin kripto terbaik saat ini apa ya?

  Bagas Kurniawan   |   19 May 2022

Koin kripto terbaik saat ini masih tetap Bitcoin dan Ethereum, karena penggunaan dan adopsinya yang paling luas.
Kedua koin kripto ini juga sudah punya rekam jejak yang panjang

  Budi Antoro   |   19 May 2022

Litecoin adalah koin pengikut Bitcoin yang paling awal, sehingga adopsinya juga cukup luas dan rekam jejaknya jelas

  Muhammad Hanafi   |   19 May 2022

Cardano berpeluang untuk bersaing dengan Ethereum sebagai platform blockchain, didukung riset dan tim yang lebih unggul.
Saat ini masih dalam pengembangan, namun ada kemungkinan menjadi bagian dari sistem keuangan masa depan

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip