3 Cara Industri Kripto Melawan Coronavirus


Febrian Surya 16 May 2020 588Dibaca Normal 4 Menit

Coronavirus yang semakin hari semakin meningkat telah membuat banyak pihak berkontribusi untuk memerangi penyebarannya, tak tekecuali industri kripto dengan teknologi Blockchain di baliknya.



Pandemi Coronavirus (Covid-19) telah membuat ribuan pekerja di seluruh dunia harus bekerja dari rumah. Hal ini sepatutnya dimaklumi sebagai imbauan bagi setiap orang untuk menjaga jarak agar mengurangi risiko penyebaran Covid-19 yang terjadi di masyarakat.

3 Cara Industri Kripto Melawan Coronavirus

Akibat pandemi Covid-19, sektor-sektor seperti perhotelan, pariwisata, keuangan, manufaktur, dan perdagangan mengalami kemerosotan yang mengkhawatirkan. Saat ini, setidaknya ada 200 negara di dunia yang telah mencatatkan kasus konfirmasi positif Covid-19. Di mana, industri kripto ternyata memiliki andil yang cukup besar untuk membantu tim medis melawan Covid-19 dengan bantuan teknologi. Bahkan, sejumlah perusahaan cryptocurrency telah terlibat dalam beberapa proyek kemanusiaan untuk membantu rumah sakit dan pasien Covid-19 di seluruh dunia. Berikut 3 cara industri kripto melawan Covid-19:

 

Memberikan Dukungan Teknologi

Kecepatan dan ketepatan adalah hal yang menjadi kunci untuk melawan serangan Covid-19. Salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh tim medis adalah akses informasi dan pengolahan data terkait Coronavirus dengan kapasitas terbaik. Hal inilah yang diberikan oleh perusahaan kripto, yaitu meminjamkan prosesor dengan daya komputasi yang cepat dan besar untuk memproses suatu data.

Sebut saja CoreWeave, perusahaan penambangan Ethereum terbesar di Amerika Serikat. CoreWeave telah meminjamkan prosesor (VGA) miliknya kepada tim peneliti Covid-19, Folding @ Home dari Stanford University. Prosesor tersebut memiliki daya 6,000 GPU dan akan digunakan oleh tim peneliti untuk membuat jaringan komputer dalam upaya mencari pengobatan Covid-19 melalui simulasi protein virus.

 

Memudahkan Transaksi Tanpa Harus Bertatap Muka

Dalam dunia bisnis, kita membutuhkan keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Berkat adanya marketplace berbasis Blockchain saat ini, baik pembeli maupun penjual sama-sama bisa saling diuntungkan. Contohnya saja, ketika tingkat permintaan seperti masker dan peralatan medis semakin meningkat selama pandemi Covid-19, teknologi IBM mempermudah pelacakan dan pemanfaatan suplai bahan baku untuk proses manufaktur alat-alat kesehatan.

Memudahkan Tranksaksi Tanpa Harus Bertatap Muka

Proyek berlabel "IBM's Rapid Supplier Connect Network" ini merupakan sebuah platform yang mempertemukan pihak pembeli dan pemasok. Ketika pihak pembeli (perusahaan manufaktur medis) membutuhkan bahan baku untuk membuat produk medis, mereka dapat melihat melalui platform tersebut untuk mendapatkan informasi sedetail mungkin mengenai pihak perusahaan yang menyediakan bahan bakunya, termasuk untuk harga dan ketersedian barangnya.



Jadi, adanya IBM's Rappid Supplier Connect Network memudahkan pihak pembeli saat ingin mencari pemasok yang sudah teruji kredibilitasnya selama pandemi Covid-19 berlangsung. Tentu saja, hal ini akan menciptakan transparansi bisnis dan tercukupinya permintaan bahan baku peralatan medis lainnya, agar kegiatan distribusi peralatan medis ke rumah sakit juga tidak terganggu.

Terlepas dari manfaat teknologi Blockchain untuk kelancaran suplai dan distribusi, jaringan kripto yang dewasa ini semakin banyak dimanfaatkan dalam sistem pembayaran dengan mata uang digital juga mendukung transaksi online secara global. Para pembeli maupun penjual bisa memilih alternatif pembayaran melalui mata uang kripto untuk transaksi yang lebih cepat, bebas biaya, dan transparan.

 

Melakukan Penggalangan Dana

Perlu diketahui, platform Blockchain saat ini merupakan salah satu jaringan yang paling banyak digunakan oleh perusahaan untuk membantu kegiatan amal. Contohnya, Palang Merah Italia telah menggunakan penggalangan dana berbasis Bitcoin untuk membantu menyediakan pusat pengobatan bagi pasien Covid-19 di Italia.

Selain itu, penggalangan dana berbasis Bitcoin untuk ke depannya akan diproyeksikan untuk hal-hal yang lebih besar lagi seperti memberikan bantuan untuk melakukan scanning paru-paru bagi para pasien yang kemungkinan terjangkit Covid-19. Kegiatan penggalangan dana melalui industri kripto memang sangat membantu sekali bagi siapa saja yang ingin menyalurkan bantuannya dalam bentuk Bitcoin ke Palang Merah Italia. Sebab, Italia termasuk ke dalam salah satu negara dengan jumlah pasien Covid-19 meninggal dunia terbanyak di Eropa.

Melalui penggalangan dana berbasis cryptocurrency, donatur juga bisa mengetahui arus penggunaan dana tersebut secara transparan; sudah disalurkan untuk apa dan ke siapa. Keunggulan ini adalah ciri khas teknologi Blockchain yang membuatnya cukup digemari untuk mendukung berbagai kegiatan penggalangan dana.

 

Manfaat kripto tak hanya berhenti pada transparansi dan dukungannya untuk kelancaran pembayaran online maupun distribusi suplai. Bagi para investor dan trader milenial, kripto juga bisa menjadi aset yang cukup menarik. Seperti apa peluangnya? Dapatkan informasi lengkapnya di "Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial".

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Kirim Komentar/Reply Baru
7 Tips Ampuh Hindari FOMO untuk Trader Kripto
7 Tips Ampuh Hindari FOMO untuk Trader Kripto
Linlindua   26 Jul 2021   13  
Mengenal Stablecoin dan Perannya di Pasar Kripto
Mengenal Stablecoin dan Perannya di Pasar Kripto
Nandini   25 Jul 2021   6  
5 Cara Investasi Ethereum (ETH) Di Tahun 2021
5 Cara Investasi Ethereum (ETH) Di Tahun 2021
Nandini   23 Jul 2021   12  
Cara Staking Coin Untuk Pemula
Cara Staking Coin Untuk Pemula
Cahyaning   16 Jul 2021   15  
Teknik Trading Kripto dengan Price Action
Teknik Trading Kripto dengan Price Action
Nandini   28 Jun 2021   42  
Teknik Trading Kripto Apa Saja yang Menguntungkan?
Teknik Trading Kripto Apa Saja yang Menguntungkan?
Linlindua   15 Jun 2021   71  
Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di Android
Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di Android
Nandini   27 May 2021   96