3 Cara Investasi Obligasi bagi Investor Bermodal Kecil

Anna 16 May 2019 981
Dibaca Normal 4 Menit

Ada 3 cara investasi obligasi yang dapat dilakukan dengan modal sekecil 1 juta rupiah atau bahkan lebih rendah.



Pernahkah Anda bertanya-tanya, dari mana dana pemerintah yang digunakan untuk membangun jalan raya dan berbagai infrastruktur lainnya? Selain pajak, pemerintah juga mendapatkan dana dari sumber pinjaman (utang). Pinjaman ini bisa bersumber dari luar negeri (asing) maupun warga Indonesia sendiri. Anda juga bisa menjadi kreditor pemerintah dengan cara investasi obligasi. Selain turut berkontribusi dalam pembangunan, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan cukup besar. Namun, bagaimana caranya? Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai 3 cara investasi obligasi yang dapat dilakukan dengan modal sekecil 1 juta rupiah atau bahkan lebih rendah lagi.

3 Cara Investasi Obligasi

 

1. Cara Investasi Obligasi Melalui Perusahaan Sekuritas dan Bank

Apabila Anda sudah memiliki rekening investasi di perusahaan sekuritas yang memiliki divisi fixed income, maka bisa langsung mengajukan request untuk membuka rekening obligasi. Setelah itu, langkah-langkahnya:

  • Perhatikan update dari perusaaan sekuritas mengenai berbagai obligasi yang akan diterbitkan dalam waktu dekat.
  • Apabila ada pemberitahuan mengenai rilis obligasi baru, mintalah prospektusnya kepada manajer akun Anda. Simak tujuan penerbitan obligasi dan skema pembayarannya.
  • Lakukan analisis mengenai kinerja perusahaan, feasibilitas proyek yang didanai oleh obligasi ini, dan seterusnya. Apabila Anda merasa prospeknya bagus, maka catat tenggat masa penawarannya. Masa penawaran obligasi baru biasanya terbatas antara 1-2 minggu saja, dan Anda tak bisa memesannya di luar waktu tersebut.
  • Siapkan dana yang cukup memadai untuk memesan obligasi. Untuk obligasi ritel, perusahaan sekuritas bisa menentukan minimal pemesanan serendah 1 juta rupiah saja. Anda bisa memesan sebesar 1 juta atau lebih, sesuai dengan kelipatannya.
  • Setelah tiba masa penawaran obligasi, segera sampaikan pesanan Anda kepada perusahaan sekuritas atau bank.
  • Pada akhir masa penawaran, Anda akan diberitahu mengenai kesuksesan pesanan obligasi Anda.
  • Diamkan saja investasi obligasi Anda sambil menunggu kiriman imbal hasil berkala hingga tiba waktu jatuh temponya kelak.

Bagaimana jika tidak punya rekening investasi di perusahaan sekuritas? Anda bisa mendaftar untuk membuka rekening semacam itu. Atau, apabila Anda tak tertarik berurusan dengan perusahan sekuritas, maka bisa menghubungi bank.

Bank umum nasional seperti Bank Mandiri, BNI, dan lain sebagainya juga sering berperan sebagai agen penjualan obligasi. Cukup sampaikan keinginan untuk memesan obligasi kepada Customer Service (CS) bank favorit Anda. Niscaya ia akan memberikan petunjuk mengenai prosedur cara investasi obligasi melalui bank-nya.

 

2. Cara Investasi Obligasi Melalui Agen Penjualan Online

Di era internet ini, apa sih yang tidak tersedia secara online? Trading saham bisa online, langganan reksa dana pun sudah online. Demikian pula, cara investasi obligasi tak harus secara offline seperti tertuang pada poin pertama.

Banyak perusahaan teknologi finansial (tekfin), perusahaan sekuritas, dan bank yang mulai merambah penjualan obligasi online. Pemesanan bahkan bukan hanya bisa dilakukan melalui website, melainkan juga aplikasi khusus investasi. Sebagai contoh, Anda dapat mengunduh aplikasi Tanamduit di Playstore, lalu mendaftarkan diri secara online. Selanjutnya:



  • Unggahlah dokumen verifikasi seperti KTP, NPWP, dan rekening bank sesuai persyaratan.
  • Klik menu yang tersedia untuk request rekening investasi obligasi.
  • Setelah beberapa waktu (antara beberapa jam hingga beberapa hari kerja), Anda akan menerima konfirmasi bisa mulai memesan obligasi yang diinginkan.
  • Input nominal pesanan (minimal 1 juta dan kelipatannya) pada aplikasi, lalu setor dana sesuai dengan pemesanan tersebut.

Cara investasi obligasi yang satu ini bisa diselesaikan hanya dengan klik-klik ponsel saja. Kelak, imbal hasil berkala dan dana pokok akan dikirim secara otomatis sesuai schedule ke rekening bank yang Anda berikan.

 

3. Cara Investasi Obligasi Tidak Langsung via Reksa Dana

Kedua cara investasi obligasi di atas dapat ditempuh apabila Anda punya persediaan dana minimal 1 juta. Namun, bagaimana jika budget investasi pas-pasan? Solusinya, reksa dana pendapatan tetap.

Reksa dana pendapatan tetap merupakan jenis reksa dana yang menginvestasikan minimal 80 persen asetnya dalam bentuk obligasi. Karena prinsip reksa dana berbasis pada penghimpunan dana masyarakat yang kemudian baru dialokasikan pada aset investasi tertentu, maka seakan-akan Anda melakukan iuran bersama banyak orang lain untuk membeli obligasi tersebut. Modal awal yang dibutuhkan pun tentu lebih rendah. Bahkan, saat ini Anda bisa berinvestasi reksa dana dengan modal minimal hanya 10 ribu rupiah saja.

Bagaimana langkah-langkahnya? Unduh saja aplikasi investasi online seperti Investree, Bareksa, Tanamduit, Ipotgo, dan sejenisnya. Ikuti prosedur pendaftaran yang tercantum di dalamnya. Setelah pendaftaran rekening Anda diverifikasi, Anda bisa langsung memilih diantara belasan hingga puluhan produk reksa dana.

Forum

Vande (26 Jun 2015)

bagaimana cara entry market dengan indikator adx, moving average, bollinger?

Selengkapnya...

BANK 1 Bulan
BANK MEGA 2.50
BANK MAYBANK INDONESIA 4.25
BANK MAYORA 5.00
BANK ANZ INDONESIA 3.00
DEUTSCHE BANK AG 2.72
BANK DANAMON INDONESIA 3.65
BANK HSBC INDONESIA 4.25
STANDARD CHARTERED BANK 3.25
BANK KB BUKOPIN 4.75
BANK PANIN INDONESIA 3.60

Kirim Komentar/Reply Baru


Perbandingan Bunga P2P Lending
Perbandingan Bunga P2P Lending
Sistem   9 Apr 2021   91  
Average market sebagai dasar pivot point

Penghitungan pada average market apa bisa digunakan sebagai pivot point juga?

Nur Salam 21 Nov 2014

Reply:

Basir (21 Nov 2014 10:48)

Selama ini perhitungan level harga dengan rumasan tertentu memunculkan pivot ponit, camarilla dan yang lainnya.

Tentunya perlu ada kajian atas apa yang anda maksudkan. namun demikian anda bisa lakukan uji coba. semoga menjadi gaya trading bagi anda sendiri.

Thanks.

Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Melati   9 Apr 2021   54  
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Linlindua   31 Mar 2021   382  
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Wahyudi   31 Mar 2021   125  
Panduan Lengkap Cara Membaca Candlestick Cryptocurrency
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Linlindua   30 Mar 2021   175  
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
Nandini   30 Mar 2021   108  
Apa Yang Terjadi Jika Saham ARA?
Apa Yang Terjadi Jika Saham ARA?
Anna   30 Mar 2021   101  
Cara Trading Tanpa Indikator Untuk Profit Maksimal
Cara Trading Tanpa Indikator Untuk Profit Maksimal
Linlindua   29 Mar 2021   339