4 Cara Trading Tim Draper untuk Pemula


Cahyaning 24 Nov 2021 14Dibaca Normal 9 Menit

Cara trading Tim Draper melibatkan teknik HODL dan analisa potensi Bitcoin. Bagaimana penerapannya untuk pemula?



Banyak trader yang mendambakan sukses trading Bitcoin. Hal ini tak mengherankan mengingat keuntungan yang ditawarkan mata uang kripto memang sangat menggiurkan. Namun, tak semua orang bisa sukses meraup profit di pasar digital. Kurangnya pengalaman seringkali membuat trader pemula harus gigit jari lantaran hasil trading tak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk memperkaya pengalaman, trader bisa belajar dari investor sukses lainnya seperti Tim Draper.

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara trading Tim Draper, ada baiknya berkenalan lebih dulu dengan sosok investor sukses ini.

 

Mengenal Tim Draper dan Sepak Terjangnya

Timothy Cook Draper adalah seorang investor yang lahir pada 11 Juni 1958 di East Chicago, Indiana, Amerika Serikat. Ayahnya, William Henry Draper III, adalah pendiri Draper & Johnson Investment Company, sekaligus mantan presiden Bank Ekspor-Impor Amerika Serikat.

Tim Draper mengenyam pendidikan di Phillips Academy Andover sebelum diterima di Universitas Stanford. Ia pun berhasil lulus dari bidang teknik elektro pada tahun 1980. Draper pernah mengisi berita utama nasional karena menciptakan permainan populer bernama Stanford - The Game bersama seorang temannya yang bernama Heidi Roizen. Setelah itu, Draper melanjutkan pendidikannya ke Harvard Business School, dimana ia berhasil memperoleh gelar MBA pada tahun 1984.

cara trading Tim Draper

Kini, Draper dikenal sebagai mitra pendiri dari Firma Penanaman Modal Draper Fisher Jurvetson. Ia juga dikenal karena berinvestasi di Silicon Valley dan beberapa perusahaan, termasuk Tesla dan SpaceX. Karena kesuksesannya, Draper pun berhasil menempati posisi kelima di Forbes Crypto Rich List 2021. Tak lupa, ia ikut melebarkan sayap dan berinvestasi ke dunia cryptocurrency. Per bulan April 2021 lalu, kekayaan Draper disebut mencapai $1.5 miliar.

Pada tahun 2014, Draper sempat memprediksi bahwa nilai Bitcoin dapat mencapai $10,000 dalam 3 tahun, dan tebakannya itu tepat. Pada Mei 2018, Draper kembali memprediksi bahwa harga Bitcoin akan naik dan mencapai $250,000 di tahun 2022 nanti. Mungkin inilah alasan Draper berani berinvestasi pada aset digital populer tersebut.

Kunjungi juga: Harga Bitcoin Terkini

Sayangnya, saat ini tak diketahui berapa jumlah Bitcoin ataupun mata uang kripto lain yang dimiliki oleh investor sukses ini. Meski demikian, Draper yakin bahwa cryptocurrency nantinya bisa menggantikan peran kartu kredit dan dapat diakses melalui smartphone di masa depan.

 

Tips Sukses dari Tim Draper

Kesuksesan fenomenal yang diraihnya membuat banyak trader penasaran dengan cara trading Tim Draper. Beberapa trader mungkin mengira bahwa strategi Tim Draper melibatkan cara-cara rumit yang susah dimengerti oleh pemula. Padahal sebetulnya, cara trading Tim Draper sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, diperlukan kesabaran dan kehati-hatian agar bisa sukses seperti Tim Draper. Berikut adalah 4 cara trading ala Tim Draper yang bisa dipelajari:



 

1. HODL

Dalam sebuah wawancara, Draper mengatakan bahwa strategi suksesnya yang paling utama adalah melakukan HODL. Menurutnya, seorang HODLer yang baik harus bisa berkorban dalam jangka pendek untuk bisa mendapatkan profit jangka panjang. Malsudnya, tidak perlu terburu-buru menjual aset Bitcoin ataupun mata uang kripto lainnya ketika harga turun drastis atau naik pesat. Tunggu hingga ada kesempatan untuk bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Istilah HODL mungkin terdengar sedikit aneh untuk pemula. Istilah ini berasal dari tahun 2013 di forum Bitcoin Talk. Hanya dalam waktu 24 jam, Bitcoin amblas dari $716 menjadi $438. Anjloknya harga ini membuat banyak trader kalang kabut. Di tengah keributan itu, sebuah akun bernama GameKyuubi menulis "I AM HODLING".

Saat itu, ia bermaksud menulis "holding", namun salah ketik. Istilah tersebut kemudian menjadi populer dan malah diplesetkan sebagai singkatan "Hold On for Dear Life", yang sedikit banyak merepresentasikan perjuangan investor jangka panjang dalam mempertahankan aset di tengah penurunan harga. Siapa sangka jika hal ini justru menjadi strategi andalan investor ternama seperti Tim Draper.

Baca juga: Cara Tepat HODL Kripto Yang Perlu Kamu Tahu

Umumnya, trader yang menganut strategi HODL cenderung menghindari perdagangan berdasarkan fluktuasi jangka pendek. Mereka yakin bahwa trader pemula seringkali gagal mendapatkan keuntungan karena tak bisa mengikuti waktu perdagangan.

Meskipun begitu, HODL juga memiliki beberapa tantangan. Ada dua kondisi psikologis yang harus dihindari jika ingin menerapkan cara trading Tim Draper ini, yakni FOMO (Fear Of Missing Out) dan FUD (Fear, Uncertainty, and Doubt). FOMO mengacu pada kondisi dimana trader takut ketinggalan tren dan akhirnya membeli koin hanya karena semua orang sedang melakukannya. Sedangkan FUD adalah kondisi saat trader merasa tidak yakin pada kemampuan aset yang dimilikinya, sehingga mereka menjualnya pada harga rendah.

 

2. Mulai Dari Jumlah Kecil

Cara trading Tim Draper yang tak kalah penting adalah memulai trading Bitcoin dalam jumlah kecil. Cara ini sangat cocok digunakan oleh para pemula yang umumnya belum berani menghabiskan banyak dana untuk trading di pasar digital. Dengan demikian, ketika mereka salah mengambil langkah saat trading, modal yang hilang tak terlalu besar. Namun, mengingat harga Bitcoin yang sudah tinggi, mungkinkah membeli koin tersebut dalam jumlah yang sedikit? Jawabnnya bisa saja.

Baca juga: Cara Trading Bitcoin dengan Modal Kecil

Salah satu kesalahan pandangan yang paling umum di kalangan pemula adalah bahwa seorang trader harus membeli satu Bitcoin utuh untuk bisa mulai trading. Faktanya, ada banyak bursa kripto yang memperbolehkan trader membeli kurang dari satu koin. Analogi sederhananya, ketika seseorang membeli Pizza, restoran yang menjual bisa saja mengizinkan mereka membeli satu porsi utuh atau membeli satu-dua potongan kecil. Hal ini juga bisa diaplikasikan saat membeli Bitcoin.

Beberapa bursa atau exchange memperbolehkan klien mereka untuk membeli aset kripto seperti Bitcoin dengan jumlah sesuai mata uang lokal klien yang bersangkutan. Lalu bagaimana dengan harganya? Anggaplah harga 1 BTC setara dengan $10,000, lalu seorang trader ingin membeli koin tersebut. Namun, setelah ditimbang-timbang ia hanya memiliki dana sebesar $1,000, itu berarti trader tersebut bisa mendapatkan 0.1 Bitcoin. Dengan demikian, ia tetap bisa memiliki aset Bitcoin sesuai dengan dana yang dimilikinya.

 

3. Memahami Potensi Bitcoin

Draper memiliki gambaran yang lebih besar pada set-asetnya investasinya, tak terkecuali Bitcoin. Saat pertama kali trading Bitcoin, Draper hanya mengandalkan kepercayaannya pada instrumen digital tersebut. Draper berpendapat bahwa internet memang bisa berpengaruh pada ekonomi dunia, tetapi sistem blockchain memiliki potensi lebih besar untuk mengubah sektor perekonomian, mulai dari perbankan, asuransi, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana dengan prospek Bitcoin sendiri? Saat ini sudah ada banyak kegunaan Bitcoin di berbagai industri. Fungsi yang paling sering ditemui adalah dalam kegiatan trading di exchange. Bahkan, di Indonesia sendiri sudah ada banyak bursa teregulasi yang memfasilitasi kegiatan jual beli Bitcoin.

Bukan hanya itu, Bitcoin juga bisa digunakan untuk berdonasi. Sudah ada banyak organisasi kemanusiaan seperti Save the Children, The Water Project, Red Cross, dan Unicef yang menerima Bitcoin untuk mendukung aksi mereka. Bitcoin juga bisa digunakan untuk membeli barang-barang dari beberapa marketplace international seperti Amazon. Bahkan, tak sedikit layanan online seperti VPN yang menerima pembayaran subscription menggunakan Bitcoin.

Baca juga: Apakah Mining Bitcoin Masih Menguntungkan Di 2021?

 

4. Rajin Membaca Buku Trading

Selain mempelajari cara trading Tim Draper di atas, penting juga untuk belajar lebih lanjut tentang strateginya melalui buku yang ditulis oleh investor sukses itu. Saat ini, Tim Draper ikut berkontribusi dalam beberapa buku mengenai investasi yang layak dijadikan bekal trading untuk para pemula. Di bawah ini adalah contoh dua buku yang bisa menjadi acuan:

 

1. Master of Blockchain

Buku ini memiliki judul lengkap Masters of Blockchain, Digital Assets & the New Capital Markets: The Rise of Cryptocurrencies, Token Economies and What That Means for Startups, Corporations and Investors. Tim Draper menulis kalimat pembukaan untuk buku yang ditulis oleh Andrew Romans ini.

Melalui buku ini, Romans membahas lebih dalam tentang dasar-dasar teknologi blockchain, Bitcoin, dan Ethereum. Selain itu, buku ini juga mengulas strategi investasi dan trading pada berbagai macam aset digital. Cara penulisan yang tak rumit dan mudah dimengerti membuat buku ini cocok dijadikan materi belajar untuk trader yang ingin terjun lebih dalam di dunia cryptocurrency.

Master of Blockchain

 

2. Bitcoin: Down the Rabbit Hole

Secara teknis, sebetulnya Tim Draper tidak menulis buku ini. Akan tetapi, Draper ikut membuat kata pengantar khusus di dalamnya. Ia pun ikut menyelipkan beberapa materi tips trading miliknya. Meski hanya dibahas secara singkat, namun tulisan Draper dalam buku ini bisa digunakan sebagai bekal untuk trader yang tertarik pada cryptocurrency.

Rachel Wolfson, sang penulis sendiri, membuat buku ini sebagai acuan untuk para trader pemula yang ingin tahu bagaimana cara trading kripto yang tepat. Ada tiga bagian dalam buku ini, di mana bagian pertama fokus membahas sejarah Bitcoin dan bagaimana aset kripto lainnya memiliki nilai yang sangat tinggi sebagai mata uang. Sedangkan di bagian kedua, ia mengungkap cara jual beli dan holding Bitcoin di PayPal. Pada bagian ketiga, Wolfson mengajarkan pembaca tentang cara menyimpan Bitcoin dengan aman dan informasi terkait pajaknya.

Down the rabbit hole

 

Kesimpulan

Trading Bitcoin bisa membawa keuntungan yang lumayan jika dilakukan dengan benar. Untuk trader pemula, hal ini bisa menjadi sebuah tantangan yang tidak mudah. Melalui 4 cara trading Tim Draper di atas, Anda bisa mengambil inspirasi untuk mulai trading dengan modal kecil, memahami potensi Bitcoin, belajar strategi HODL, dan rutin menggali ilmu kripto sebagai langkah awal menjadi trader Bitcoin sukses.

 

Tim Draper bukan satu-satunya sosok trader yang berhasil mendulang untung di pasar kripto. Tak sedikit trader yang berhasil meraih kekayaan di usia muda berkat langkah tepat mereka di awal popularitas Bitcoin. Simak kisah para tokoh kripto tersebut di sini.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%
Advertisement

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira
Kirim Komentar/Reply Baru
ETH vs ETC, Mana Yang Lebih Baik?
ETH vs ETC, Mana Yang Lebih Baik?
Nandini   28 Nov 2021   7  
Apa Itu Ethereum Killer?
Apa Itu Ethereum Killer?
Yuvita   22 Nov 2021   17  
Mengenal Smart Contract dan Manfaatnya
Mengenal Smart Contract dan Manfaatnya
Cahyaning   22 Nov 2021   16  
4 Siklus Pasar Kripto Yang Perlu Anda Tahu
4 Siklus Pasar Kripto Yang Perlu Anda Tahu
Yuvita   19 Nov 2021   33  
Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya
Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya
Cahyaning   17 Nov 2021   21  
Strategi Trading Kripto dengan Marubozu Candlestick
Strategi Trading Kripto dengan Marubozu Candlestick
Jujun Kurniawan   28 Oct 2021   63  
Belajar Trading Cryptocurrency di Pasar Bearish
Belajar Trading Cryptocurrency di Pasar Bearish
Cahyaning   28 Oct 2021   40