4 Tips Jitu Meningkatkan Nilai Appraisal KPR

Wahyudi 19 Jun 2020 447
Dibaca Normal 4 Menit

Nilai appraisal rumah rupanya sangat berpengaruh pada jumlah pinjaman pada program KPR yang diberikan oleh Bank. Nilai appraisal KPR rumah yang semakin bagus, maka jumlah pinjaman dari Bank juga semakin besar.



Nilai appraisal rumah rupanya sangat berpengaruh pada jumlah pinjaman pada program KPR yang diberikan oleh Bank. Nilai appraisal KPR rumah yang semakin bagus, maka jumlah pinjaman dari Bank juga semakin besar. Umumnya bank hanya dapat memberikan pinjaman/plafon sebesar 60-70 % dari nilai appraisal rumah. Maka sisanya tentu wajib dibayar oleh si pembeli.

4 Tips Jitu Meningkatkan Nilai Appraisal KPR yang Rendah

Tentu adalah hal yang wajar apabila setiap orang ingin nilai appraisal rumah yang diidamkannya tinggi ketika mengurus KPR. Semakin tinggi nilai appraisalnya, maka kemungkinan untuk mendapat plafon yang tinggi semakin besar. Namun yang mengkhawatirkan, nilai appraisal bisa sangat jatuh karena beberapa faktor. Bagaimana cara menghindarinya? 

 

Tips Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah Anda

Jika rumah Anda dibangun atau berada di daerah yang rawan bencana, maka nilai appraisal Anda bisa memburuk. Bank menginginkan adanya jaminan rumah yang rentan dari kerusakan sehingga dapat bertahan dalam waktu lama. Tak heran, jika alasan tersebut menjadikan pihak Bank menolak adanya pengajuan KPR atau malah menurunkan nilai appraisalnya.

Selain itu, penyebab dari nilai appraisal KPR rendah karena berada pada kawasan terbatas. Kemudian alasan lainnya yang bisa menyebabkan nilai appraisal terlalu rendah yaitu rumah dekat dengan pembuangan sampah, terlalu dekat sungai serta terlalu sempit untuk dihuni. Lalu bagaimana caranya meningkatkan nilai appraisal pada rumah? Berikut tips yang perlu Anda lakukan.

1. Merenovasi Rumah

Salah satu yang menjadi alasan nilai appraisal rendah sebab kondisi rumah yang sempit. Maka untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan renovasi terlebih dulu. Apabila rumah layak dan nyaman untuk dihuni dalam jangka waktu lama, maka bank tak segan memberi nilai appraisal yang tinggi. Tak perlu melakukan renovasi berlebihan. Cukup hanya dengan menata ulang furniture di rumah, mengecat dinding serta menambahkan dekorasi menarik, maka rumah akan terlihat nyaman.

renovasi rumah

(Baca Juga: Awas Overbudget Biaya Renovasi Rumah! Ini Triknya)



2. Mengubah Data IMB Sesuai Renovasi Yang Dilakukan

Setelah merenovasi, jangan lupa untuk mengubah data rumah pada IMB atau Izin Membangun Rumah. Hal ini perlu dilakukan apalagi jika Anda memperluas ukuran bangunan atau lahan. Ukuran rumah dari data IMB ini nantinya akan diperiksa oleh Bank sebagai acuan dalam memberikan appraisal KPR. Apabila ukuran rumah semakin luas, nilai appraisalnya semakin tinggi juga.

3. Mengubah Fungsi Guna Rumah

Dalam proses appraisal suatu rumah atau bangunan. Metode perhitungannya akan sama tak perduli bagaimana fungsi rumah tersebut. Meski begitu, terdapat kecenderungan kalau beberapa bank akan memberikan nilai tambah pada suatu bangunan yang dapat menghasilkan uang, misalnya saja sebagai tempat usaha atau suatu toko.

fungsi guna rumah

(Baca Juga: Cara Mudah Memulai Usaha Percetakan Dari Rumah)

Bank pastinya mencari pilihan rumah dengan jaminan yang aman hingga jangka waktu yang lama dan investasi masa depan. Bank seringkali menyetujui rumah-rumah yang juga berfungsi sebagai tempat usaha sendiri, seperti toko. Sebab ada asumsi bahwa pemilik rumah akan selalu mempunyai dana tambahan dan tidak akan lalai membayarkan cicilannya.

4. Memberi Data Nilai Jual Properti Sekitar Rumah Sebagai Pembanding



Jika bisa memberikan data nilai jual properti yang ada di sekitar rumah Anda, maka ada kesempatan untuk Anda bisa menaikkan nilai appraisal rumah. Karena itu, penting untuk Anda  bisa mengumpulkan data pembanding dari properti disekitar rumah sebagai amunisi tambahan. Anda juga bisa meminta bantuan pada beberapa lembaga yang terpercaya.

 

Rumah merupakan salah satu aset investasi berbentuk properti. Dalam mengelola aset properti, memang banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah likuiditasnya yang kurang fleksibel. Jika Anda mencari aset yang likuiditasnya tinggi, maka bisa mencoba untuk investasi emas atau melakukan trading forex

Forum

Ricco (01 Jun 2017)

1. Apakah faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan suku bunga? apakah karena mata uang tersebut membaik / karena mata uang tersebut memburuk ?2. Apa yang terjadi terhadap USD sebelum dan sesudah kenaikan suku bunga? thanks...

Selengkapnya...

BANK1 Bulan
BANK DBS INDONESIA4.25
BANK MAYBANK INDONESIA4.25
BANK MEGA2.50
BANK CENTRAL ASIA 2.85
BANK TABUNGAN NEGARA3.25
BANK MANDIRI2.00
BANK PERMATA 4.00
BANK RAKYAT INDONESIA2.85
STANDARD CHARTERED BANK4.00
BANK ANZ INDONESIA2.75

Kirim Komentar/Reply Baru


Pengaruh Pandemi Pada Bisnis Properti
Pengaruh Pandemi Pada Bisnis Properti
Febrian Surya   31 Dec 2020   337  
Bagaimana cara manage akun demo dan live bersamaan?
Pagi master.. disini sy mau tanyakan soal cara manage trading demo & live. Menurut tips trader2 untuk mengetahui suatu broker curang apa tidak dikatakan lebih baik coba saja jalankan dua-duanya. Tapi sy bingung dengan caranya, apakah harus selalu buka kedua platform itu di PC, kemudian eksekusi trading selalu disamakan pengaturan & waktunya?
Atas penjelasannya sy ucapkan trma kasih

Edi Setiawan 29 Aug 2016

Reply:

Basir (30 Aug 2016 07:48)

Untuk Edi Sertiawan...

Jika anda ingin mencoba akun demo dan Live, maka anda bisa menggunakan 2 PC, untuk memastikan kejujuran broker yang anda harapkan. Dan anda bisa menyimak ulasan mengenai broker jujur dan scam .

Thanks

M Singgih (31 Aug 2016 04:25)

@ Edi Setiawan:
Jika Anda ingin mencoba cara tersebut, Anda bisa coba fasilitas multi terminal untuk Metatrader dari broker Anda. Dengan cara ini Anda bisa mengakses lebih dari satu akun secara simultan dari terminal tunggal (dari 1 PC) dengan sekali klik.

Anda bisa coba dengan yang satu akun demo dan yang lain akun riil. Coba konsultasikan dengan broker Anda karena server demo dan server untuk akun riil berbeda, apakah bisa fasilitas multi terminal ini digunakan pada server yang berbeda, barangkali broker Anda memberikan fasilitas tersebut. Dengan cara ini Anda bisa entry dengan eksekusi pada waktu yang persis sama.
Saya belum pernah coba untuk akun demonya, tetapi untuk beberapa akun riil pernah saya lakukan pada server yang sama.

Kalau cara ini tidak bisa (karena servernya harus sama) maka Anda harus menggunakan 2 PC, tetapi agak sulit mengatur timing eksekusi ordernya karena dilakukan secara manual. Dengan 2 PC Anda bisa coba juga pending order dengan harga yang persis sama untuk akun demo dan akun riil, perhatikan mana yang lebih dulu tereksekusi.

Catatan dari kami: pada setiap broker, baik itu broker yang regulated maupun broker bandar, server untuk demo dan server untuk live trading selalu dibuat terpisah. Dengan demikian pergerakan harga di server demo dan live tidak akan persis sama, selalu ada perbedaan tetapi tidak menyimpang jauh.
Perbedaan yang paling mencolok adalah dalam hal kecepatan eksekusi order dan requote. Kecepatan eksekusi order pada akun live akan lebih lambat dari akun demo, dan requote pada akun live akan lebih sering terjadi dibandingkan pada akun demo, terutama jika volatilitas pasar sedang tinggi.

10 Bank Dengan Pinjaman KPR Terbaik
10 Bank Dengan Pinjaman KPR Terbaik
Nandini   27 Dec 2020   373  
Tips Agar Deposito Bisa Jadi Investasi Masa Depan
Tips Agar Deposito Bisa Jadi Investasi Masa Depan
Wahyudi   23 Dec 2020   669  
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Febrian Surya   25 Aug 2020   1223  
Mengenal FLPP, Program KPR Bersubsidi
Mengenal FLPP, Program KPR Bersubsidi
Febrian Surya   23 Jul 2020   693  
Keuntungan Finansial Memilih Rumah Tusuk Sate
Keuntungan Finansial Memilih Rumah Tusuk Sate
Wahyudi   16 Jul 2020   515  
3 Strategi Jitu Agar Angsuran KPR Cepat Lunas
3 Strategi Jitu Agar Angsuran KPR Cepat Lunas
Jujun Kurniawan   6 Jul 2020   506  
5 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Bekas
5 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Bekas
Febrian Surya   26 Jun 2020   361  
Sebelum Ambil Kredit, Pahami Penyebab Naik Turun Bunga KPR
Sebelum Ambil Kredit, Pahami Penyebab Naik Turun Bunga KPR
Febrian Surya   26 May 2020   728  
Cara Menghindari Penipuan Developer Berkedok Syariah
Cara Menghindari Penipuan Developer Berkedok Syariah
Febrian Surya   24 Apr 2020   606