5 Cara Investasi Ethereum (ETH) Di Tahun 2021


Nandini 23 Jul 2021 57Dibaca Normal 14 Menit

Selain Bitcoin, Ethereum juga menjadi aset investasi yang cukup menarik. Apa saja cara investasi Ethereum saat ini? Simak penjelasannya di artikel berikut.



Investasi dalam bentuk mata uang digital atau Cryptocurrency tengah menjadi trend dalam masyarakat. Saat ini, kaum milenial pun juga banyak yang melirik investasi ini karena terkesan lebih mudah diperjualbelikan dan berpeluang besar. Salah satunya aset kripto yang menarik adalah Ethereum.

Tahukah Anda, jika Ethereum menjadi Cryptocurrency terbesar kedua di dunia setelah Bitcoin? Jika Anda bertanya-tanya dan penasaran pengertian dan bagaimana cara investasi Ethereum, simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa Itu Ethereum Dan Cara Kerjanya

Ethereum diluncurkan tahun 2015 oleh Vitalik Buterin. Sistem ini diciptakan untuk lingkungan yang demokratis yang dimanfaatkan untuk bisnis, berorganisasi hingga mata uang. Buterin dalam proses pengembangannya dibantu oleh developer lainnya, yaitu Gavin Wood dan Joshep Lubin. Mereka membantu Buterin dalam proses crowdfunding.

investasi ethereum

Dana hasil bantuan tersebut berhasil dikumpulkan sebesar 18 juta dolar AS. Tak hanya itu, Buterin juga melontarkan ide ke Thiel Fellowship sehingga ia mendapatkan dana sebesar 100,000 dolar AS untuk membangun dan mengembangkan Ethereum. Jaringan tersebut berhasil dibuat dan dirilis resmi pada tahun 2015, hingga kini Ethereum terus melakukan pengembangan-pengembangan jaringan.

Ethereum merupakan platform Blockchain yang memungkinkan penggembang untuk membuat smart contract dan aplikasi terdesentralisasi (dApp) dan menggunakan Ether (ETH) sebagai mata uangnya.

Dengan menggunakan Ether, platflorm Blockchain Ethereum bisa berjalan. Ketika pengembang ingin membangun sebuah aplikasi desentralisasi (dApp) dan membuat hosting aplikasi di Ethereum, maka harus mengeluarkan biaya produksi.

Disinilah pengembang akan menggunakan mata uang Ether untuk membayar produksi. Makin rumit dan besar pembuatan aplikasinya, makin besar pula Ether yang harus dikeluarkan, begitupun sebaliknya.



Fungsi Ethereum itu sendiri adalah untuk membantu para pengembang yang akan menjalankan proyeknya tanpa mengorbankan informasi pribadi.

 

Alasan Kenapa Harus Investasi Di Ethereum

Banyak ahli Cryptocurrency yang berpendapat positif tentang masa depan Ethereum. Teknologi Blockchain 2.0 yang dimiliki Ethereum dinilai bisa mengembangkan dan merevolusi berbagai bidang industry.

Di zaman sekarang, makin banyak teknologi yang berkembang dalam industri, seperti asuransi, penyiaran, keuangan, properti dan lainnya yang terhubung dengan internet. Dengan teknologi smart contract dan aplikasi desentralisasi Ethereum bisa dibayangkan akan lebih mudah untuk memandu transaksi.

apa itu ethereum

Selain itu, sejak peluncurannya, harga Ethereum mengalami peningkatan hingga mencapai USD 21 M pada 12 November 2018. Harga Ethereum juga pernah mencatat rekor tertingginya sepanjang sejarah, yaitu sebesar USD2,047 per keping. Wow, bukankah angka yang cukup fantastis?

Pada awal tahun 2021, Ethereum hanya di jual dengan harga 10 juta. Walaupun Ethereum menjadi Cryptocurrency terbesar kedua dan sudah memiliki harga tertinggi, kenaikan harga akan masih terjadi di beberapa bulan kedepan.

Kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh keputusan bank terbesar di dunia, yakni Visa yang memfasilitasi fitur berbasis Blockchain dan kripto di dalam jaringan Ethereum. Selain itu, pelelangan berbasis Non Fungible Token (NFT) juga mempengaruhi kenaikan harga Ethereum ini.

Ethereum juga melakukan pengembangan terhadap jaringan Blockchain 2.0. Selain itu, bursa derivatif Chicago Mercantile Excange telah merilis ether futures. Dengan demikian, perilisan ini diharapkan akan memberikan dampak lebih besar tehadap koin ether dan makin besar dibuka peluang untuk investor.

Kelebihan Ethereum dibandingkan dengan Bitcoin, yaitu pertama, tidak ada batasan jumlah Ether yang dibuat (dalam proses mining) sedangkan Bitcoin hanya tersedia 21 juta unit. Kedua, waktu yang dibutuhkan sangat singkat, yaitu hanya butuh waktu beberapa detik sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk transaksi Bitcoin sekitar 10 menit atau lebih.

 

Cara Investasi Ethereum Di Tahun 2021

Cara investasi Ethereum ini sangat mudah dilakukan baik di lingkungan lokal maupun internasional. Untuk ikut serta dalam investasi Ethereum, kita dapat melakukannya dengan berbagai cara, di antaranya sebagai berikut.

 

Token ETH

Token merupakan sebuah aset digital yang diterbitkan oleh suatu project tertentu, yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran agar bisa menikmati layanan yang disediakan oleh project tersebut.

Biasanya token di-hosting di Blockchain seperti Ethereum. Pada umumnya token mempunyai tujuan sebagai alat tukar untuk menjalankan sebuah layanan dari project yang menyediakan token. Token juga bisa berfungsi sebagai aset digital hingga mempresentasikan suatu kepemilikan.

Token dibuat dalam aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang di-hosting oleh Blockchain yang berfungsi pada smart contract, seperti Ethereum. Kontrak pintar dibayar dengan koin asli Blockchain, keudian pengguna akan menerima sejumlah token yang dialokasikan, yang pada gilirannya. Hal itu, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan dApp.

DApp yang menerima koin dengan imbalan token, kemudian akan mengembangkan layanannya dengan menggunakan token tersebut sebagai bagian dari project yang akan dibuat. Token sering mewakili beberapa bentuk nilai untuk digunakan di dalam sebuah project. Sementara itu token Ethereum yang sering dijumpai di berbagai platform adalah ERC 20. 

Baca Juga: Perbedaan Token Vs Koin Kripto Yang Wajib Anda Ketahui

Untuk menyimpan token ERC-20 diperlukan wallet Ethereum seperti Metamask, MyEtherWallet, Trust Wallet, atau wallet Ethereum lainnya. Cara membuat token ini pun sudah tersedia di berbagai website. Contoh token ERC-20 diantaranya, Tether USD (USDT), Binance Coin (BNB), Maker (MKR), Basic Attention Token (BAT), dan masih banyak lagi lainnya.

 

CFD ETH

CFD merupakan produk derivatif dimana sebuah broker setuju untuk membayar kepada trader atas perbedaan atau selisih dalam nilai sebuah sekuritas pokok, saham, obligasi dan aset lainnya yang dimulai dengan penentuan diawal dan di akhir aset. CFD ini merupakan salah satu cara untuk berinvestasi ETH.

Beberapa alasan untuk memilih investasi Ethereum melalui trading CFD adalah:

  • Dapat memperoleh keuntungan baik pembeli maupun penjual;
  • Proteksi pada portofolio investasi;
  • Memperoleh akses pasar global melalui satu platform.

Saat memutuskan untuk melakukan CFD, kita harus memilih broker CFD yang telah teregulasi. Platform yang terlisensi oleh lembaga kelas atas seperti FCA, ASIC, atau CySEC punya nilai plus karena keamanannya. Di samping itu, broker CFD mata uang kripto yang teregulasi sudah selayaknya menerima setoran dan penarikan dengan metode pembayaran dunia nyata seperti kartu debit/kredit, rekening bank, atau dompet elektronik, seperti Paypal.

Ketika melakukan trading CFD Ethereum berarti investor tidak akan memiliki instrumen yang mendasarinya. Meskipun demikian, investor masih bisa memperdagangkan Ethereum dengan mata uang kripto lainnya. Sementara itu, pada waktu yang bersamaan juga akan mendapatkan akses ke pasangan kripto ke fiat seperti ETH/USD.

Dalam proses trading CFD, broker merupakan komponen penting dalam melakukan CFD. Seorang trader harus seksama dalam memilih broker. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir penipuan. Berikut tips untuk memilih broker yaitu;

  • Pertimbangkan spread yang akan dikenakan, karena hal itu akan mempengaruhi besaran keuntungan yang akan diterima
  • Pilih broker yang menyediakan akun demo sebagai sarana latihan
  • Cek apakah customer service broker tersebut responsif, bertanggungjawab, professional
  • Perhatikan ulasan yang diberikan kliennya, mengarah ke hal positif atau negatif

Trading melalui CFD memiliki beberapa kelemahan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pembebanan spread yang terlalu tinggi. Artinya seorang trader akan diminta untuk membayar spread baik saat masuk maupun keluar. Dengan ketentuan itu, maka akan mendapatkan profit dari pasar CFD.
  2. Lemahnya peraturan CFD trading. Artinya peraturang CFD trading tidak diatur secara ketat. Oleh karena itu, perlu kewaspadaan dalam memilih broker yang tepat dan terpercaya.
  3. CFD trading beresiko tinggi. Karena diimplementasikan berdasarkan margin, yang menyebabkan seorang trader bisa menggunakan modal yang minim. Akan tetapi seorang trader bisa mengalami kerugian yang besar akibat leverage yang tinggi dan situasi pasar.

trading ethereum cfdSimak juga: 5 Bursa Kripto Terbaik Yang Wajib Anda Tahu

 

Saham Grayscale ETH Trust

Cara investasi Ethereum berikutnya adalah melalui Grayscale. Grayscale adalah suatu bagian dari produk keuangan tradisional yang mengelola harga Cryptocurrency yang ditawarkan oleh Grayscale Investments.

Grayscale Investments merupakan firma manajemen aset digital terbesar di dunia. Grayscale Investments merupakan bagian dari Digital Currency Group (DGC) yang dipimpin oleh pendiri dan CEO, Barry Silbert. DGC juga merupakan perusahaan induk Coindesk.

Grayscale ETH trust adalah sebuah perusahaan manajemenyang investasi yang bergerak untuk mengelola dana amanah (trust fund) Ethereum di dunia. Perusahaan ini terhitung sebagai sarana investasi pertama dari jenis aset kripto yang melaporkan keuangannya secara teratur ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (Securities and Exchange Commission, SEC). Kini, Grayscale memiliki aset kelolaan sebesar USD27.7 miliar.

Grayscale Ethereum Trust juga merupakan sebuah produk yang berupa dana amanah swasta terbuka yang memberikan akses ETH yang dapat diaudit melalui sebuah sarana investasi. Grayscale Ethereum Trust yang juga diperjualbelikan di OTCQX dan memiliki kode saham ETHE. Aset ini menjadi sarana investasi mata uang digital kedua yang memperoleh status terakreditasi SEC setelah BIT.

ETHE memberikan struktur yang terlindungi bagi publik untuk memperoleh akses ke Ethereum. Dana yang mereka kelola memenuhi syarat OTCQX, pasar teratas yang dioperasikan oleh Pasar OTC dan terdaftar sesuai dengan Bagian 12(g) dari Securities Exchange Act of 1934. 

Pada Desember 2020, Grayscale Ethereum Trust sempat ditutup karena harga saham ETHE turun 18% dalam sehari, meski harga Ethereum hanya turun 3% saja. Penurunan tersebut dikarenakan publik menilai kalau ETHE dijual dengan harga yang mahal melebihi harga aslinya sehingga nilainnya anjlok dalam pasar saham.

Namun pada bulan Februari 2021, Grayscale Investments memberikan kabar baik bahwa telah membuka kembali Ethereum Trust setelah dua bulan ditutup. Adapun ketika dibuka kembali, dana amanah tersebut memiliki kelolaan Ethereum sebesar USD4 miliar.

Grayscale adalah salah satu perusahaan induk yang mendaftarkan lima trust baru untuk aset kripto. Beberapa di antaranya terkait dengan Decentralized Finance (DeFi).

Per 24 Februari 2021, harga penawaran ETHE sebesar USD16.65 dengan peningkatan nilai tahunan sebesar 4.24%. Total keuntungan yang dapat diperoleh investor dalam tahun berjalan selama lima tahun menunjukkan grafik yang fluktuatif, tetapi dalam beberapa bulan terakhir, peningkatannya terbilang signifikan.

 

Ethereum Tracker Certificates

Tracker certificates adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan. Sertifikat pelacak mencerminkan perubahan nilai pergerakan harga aset dasar 1: 1. Aset dasar dapat berupa, misalnya: saham, obligasi, komoditas, mata uang, atau kombinasi berbagai aset dasar.

Sertifikat pelacak biasanya memiliki jatuh tempo yang panjang dan pengembalian simetris yang mengikuti pergerakan harga yang mendasari 1: 1. Sertifikat pelacak memberikan potensi keuntungan di pasar naik (disebut Bull) dan pasar turun (disebut Bear).

 

ETH Futures di CME

Chicago Mercantile Exchange (CME) adalah bursa berjangka terbesar kedua di Amerika Serikat. Awalnya, perusahaan ini dibentuk pada tahun 1874 dengan nama Chicago Produce Exchange. Lalu di tahun 1919, mereka menggantinya menjadi Chicago Mercantile Exchange yang menjadi titik tolak inovator dalam industri tersebut. CME memperdagangkan kontrak berjangka keuangan, opsi, dan kontrak indeks saham berjangka.

Chicago Mercantile Exchange adalah yang bursa terbesar untuk kontrak berjangka komoditas hidup, mata uang asing, dan Eurodollar. Pada tahun 2007, CME merger dengan Chicago Board of Trade membentuk CME Group, salah satu bursa keuangan terbesar di dunia. Kemudian, di tahun 2008, Chicago Mercantile Exchange (CME) mengakuisisi NYMEX Holdings, Inc. yang merupakan induk dari New York Mercantile Exchange (NYMEX) dan Commodity Exchange, Inc (COMEX).

Pada tahun 2010, Chicago Mercantile Exchange (CME) membeli 90% saham di saham Dow Jones dan indeks keuangan. Chicago Mercantile Exchange (CME) tumbuh lagi pada tahun 2012 dengan pembelian Kansas City Board of Trade, pemain dominan gandum musim dingin merah keras. Dan pada akhir 2017, Chicago Mercantile Exchange mulai berdagang di Bitcoin berjangka.

Di bulan Februari 2021, Etherum mulai melakukan penjualan di CME setelah mengalami kemerosotan. CME Ether Futures baru yang dikembangkan oleh pasar derivatif terkemuka, paling beragam, dan teregulasi, rumah bagi futures dan opsi Bitcoin digunakan untuk mengelola risiko Cryptocurrency.

Alhasil, program kerjasama berupa peluncuran ETH futures mendorong ETH ke level tertinggi. Pada bursa utama Binance, ETH menguat sampai menuju level harga 1.830 hanya beberapa jam setelah mereka memulai berdagang di CME.

vitalik buterin ethereumBaca Juga: Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh melalui ETH Future CME, yaitu:

  • Kecepatan informasi soal perkembangan harga ETH
  • Transparansi harga
  • Indeks yang kuat
  • Efisiensi modal

 

Alternatif Investasi Di Mata Uang kripto Lainnya

Investasi berupa mata uang digital memang sedang digemari dan berpeluang profit yang besar. Namun, dengan harga yang fluktuatif juga, mata uang digital ini bisa mengakibatkan kerugian.]Mata uang digital yang poluler di kripto adalah Bitcoin dan ether. Sebenarnya tidak hanya kedua mata uang tersebut karena kripto masih memiliki berbagai jenis mata uang lainnya. Nah, untuk saat ini, mata uang kripto lain yang juga beredar antara lain:

 

EOS

EOS adalah platform Blockchain yang desainnya berguna untuk memfasilitasi kebutuhan aplikasi komersial, baik untuk web-based maupun mobile-based. Pada mata uang ini, sistem keanggotaan sudah otentikasi, basis data, komunikasi asinkron dan penjadwalan disediakan melalui core dan cluster. Struktur sistem didesain untuk memungkinkan dilakukan skalabilitas, memastikan jutaan transaksi dapat dilakukan setiap detiknya.

 

Ripple (XRP)

XRP mulai go public pada tahun 2013 setelah sebelumya digunakan secara tertutup untuk transaksi internal di Ripple Network. Pada tahun 2013, Ripple resmi untuk digunakan sebagai alat tukar dan pembayaran secara luas. Di tahun 2021 ini, kapitalisasi pasar RXP menyentuh angka USD 59 miliar atau sekitar Rp 823.8 triliun. Membeli mata uang kripto Riplle tidak mudah, karena Ripple tidak tersedia di bursa perdagangan Coinbase. Harga Ripple saat ini berada di angka USD 0.5. Harga tersebut masih termasuk harga yang murah.

 

Litecoin

Litecoin dikembangkan oleh Charles Leedi di bursa Cryptocurrency sejak 2011. Litecoin punya waktu transfer yang lebih cepat dan menjadi mata uang digital pertama yang menggunakan sistem keamanan scrypt. Awal tahun 2018, kapitalisasi pasar Litecoin berhasil menyentuh USD 14 miliar (Rp 182 triliun), sedangkan di bulan Mei berada di angka USD 6 miliar. Sementara, 1 LTC saat ini bernilai sekitar USD 107.

 

Stellar

Stellar fungsinya juga mirip dengan Ethereum, dengan keunggulan biaya transaksi yang kecil, yakni 0.00001. Stellar Lumens (XLM) telah menjadi salah satu aset digital yang mulai banyak dilirik. XLM adalah kripto asli (native) yang beroperasi di atas teknologi perangkat lunak Stellar yang diluncurkan pada 2014.

Visi utama platform Stellar adalah menjadi solusi pembayaran lintas batas atau antar-negara yang menghilangkan perantara (middleman). Platform ini menjanjikan kemampuan menyelesaikan transaksi yang sangat singkat, yaitu hanya 5 detik. Ini lebih cepat dibanding Etheruem yang butuh waktu 3.5 menit.

 

NEO

NEO menjadi naik daun juga karena pembaruan teknologi smart contract yang mampu melacak dan mengotomasi proses perjanjian dalam Blockchain. Saat ini, Harga NEO berkisar di harga US$ 42 perkeping. Harga tersebut diprediksi akan naik terus dengan melihat record secara year to date yang mencapai 200%.

 

Cardano (ADA)

Aset kripto cardano ini memiliki valuasi yang mencapai 45,82 miliar dollar AS. Jumlah tersebut setara dengan 2,96 persen dari keseluruhan valuasi pasar mata uang kripto. Cardano sendiri merupakan sebuah platform Blockchain generasi ketiga. Aset kripto ini dikembangkan oleh salah satu pencipta Ethereum, Charles Hoskinson pada tahun 2015 lalu dan mulai diluncurkan pada tahun 2017.

Jaringan Blockchain Cardano diciptakan sebagai alternatif atas Ethereum. Saat ini, harga ADA diperdagangkan di kisaran 1,43 dollar AS. Aset kripto tersebut sempat mencapai harga tertinggi di kisaran 24,5 dollar AS pada pertengahan Mei lalu.

trading kriptoBaca Juga: Koin Alternatif Bitcoin yang Masih Menguntungkan di Tahun 2021

 

Kesimpulan

Di tahun 2021 ini, mata uang kripto yang bisa dijadikan alternatif investasi selain Bitcoin adalah Ethereum. Ethereum yang masih dalam pengembangan-pengembangan jaringan memberikan peluang positif dalam keuntungan investasi.

Keberhasilan investasi Ethereum tergantung cara kita pandai dalam memahami kapan harus membeli atau menjualnya dan memilih cara trading Ethereum ini yang tepat. Di tahun ini, sudah banyak cara untuk ikut serta dalam investasi di Ethereum (ETH).

 

Sudah banyak fitur dan platform di internet yang menayangkan grafik ETH sehingga kita mudah untuk memantaunya. Dari beberapa pilihan yang ada, kami telah merangkum 10 chart analisa gratis terbaik untuk kripto.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%
Advertisement

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros
Kirim Komentar/Reply Baru
Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?
Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?
Linlindua   15 Sep 2021   6  
5 Negara Penambang Kripto Terbesar di Dunia
5 Negara Penambang Kripto Terbesar di Dunia
Cahyaning   14 Sep 2021   7  
Apa Itu Double Spending dalam Transaksi Kripto?
Apa Itu Double Spending dalam Transaksi Kripto?
Nandini   9 Sep 2021   13  
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Linlindua   8 Sep 2021   22  
Trading Bitcoin Dengan EMA dalam 3 Langkah Singkat
Trading Bitcoin Dengan EMA dalam 3 Langkah Singkat
Cahyaning   5 Sep 2021   28  
5 Cara Mencegah Modus Pencurian Bitcoin
5 Cara Mencegah Modus Pencurian Bitcoin
Cahyaning   31 Aug 2021   12  
Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula
Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula
Nandini   29 Aug 2021   21  
Rahasia Trading Bitcoin dengan Pin Bar
Rahasia Trading Bitcoin dengan Pin Bar
Cahyaning   27 Aug 2021   50