5 Exchange Kripto Termurah yang Diregulasi Bappebti


Cahyaning 9 Sep 2021 13Dibaca Normal 8 Menit

Trader kripto harus berhati-hati agar modal trading tidak terkikis biaya trading dari platform exchange. Berikut ini daftar exchange kripto termurah yang diregulasi Bappebti.



Minat masyarakat Indonesia terhadap mata uang kripto semakin meroket. Salah satu cara mendapatkan untung paling populer di pasar kripto adalah melalui exchange.

Pada dasarnya, exchange kripto adalah pasar digital yang memfasilitasi pertemuan antara penjual dengan pembeli kripto. Cara kerjanya mirip dengan exchange aset finansial lainnya, hanya saja exchange kripto tidak memiliki batas jam perdagangan. Sehingga, pelaku pasar bisa bebas melakukan transaksi jual beli selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu (24/7).

Baca juga: Waktu Yang Tepat Untuk Trading Bitcoin

Orang yang memanfaatkan exchange disebut sebagai trader, karena mereka adalah pedagang yang melakukan jual beli aset kripto dalam jangka waktu yang singkat. Ada juga investor yang membeli mata uang kripto untuk disimpan dalam waktu lama sebelum akhirnya dijual kembali. Dalam exchange kripto, jenis pelaku pasar yang sering ditemukan adalah trader.

Untuk bertransaksi di exchange, trader bisa memasukkan dana pada wallet mereka. Dana yang dimaksud bisa berupa mata uang atau aset kripto seperti Bitcoin maupun Altcoin yang diterima di wallet dan exchange. Perlu diingat trader akan dikenakan exchange fee ketika melakukan transaksi jual beli di platform. Jadi apabila fee yang dikenakan terlalu tinggi, maka hal itu tentu bisa merugikan trader. Oleh sebab itu, penting untuk memilih exchange kripto termurah yang sudah teregulasi.

 

Fee Dalam Exchange Platform

Ketika Anda trading Bitcoin melalui jasa exchange, akan ada beberapa fee yang menyertai pertukaran ini. Fee biasanya dibebankan pada dua pelaku pasar, yaitu market maker dan market taker. Biaya yang dikenakan pada keduanya berbeda, tergantung dari kebijakan exchange yang berlaku.

Sebagai penjelasan, market maker adalah penyedia likuiditas di sebuah exchange. Biasanya market maker menentukan harga aset sendiri dengan cara menjual atau membeli mata uang kripto melalui limit order. Sebaliknya, market taker adalah pelaku pasar yang mendapatkan aset kripto melalui order beli. Sebagai contoh, seorang pelaku pasar memasukkan order beli ETH dengan harga 50 Juta rupiah. Maka, ia disebut sebagai market maker. Kemudian ada trader yang datang yang menawarkan ETH dengan harga tersebut, trader ini disebut sebagai market taker.

Baca juga: 5 Cara Investasi Ethereum (ETH) Di Tahun 2021

Yang perlu diperhatikan, biasanya platform exchange kripto membebankan biaya pada kedua pelaku pasar. Biaya yang dibebankan kepada market maker lebih kecil dari pada market takers. Untuk itu, trader yang melakukan transaksi jangka pendek perlu memperhitungkan dengan cermat berapa biaya yang ditetapkan platform dan frekuensi transaksi yang ideal agar modalnya tidak tergerus oleh fee exchange.

 

Daftar Exchange Kripto Resmi Termurah

Bagaimana dengan fee exchange kripto yang bisa digunakan di Indonesia? Selain resmi dan teregulasi Bappebti, beberapa perusahaan penyedia jasa di bawah ini mampu menyediakan fee transaksi yang bersaing. Exchange mana sajakah yang dimaksud?



 

1. Indodax

Para pengguna kripto di Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan Indodax. Platform exchange kripto termurah ini merupakan yang terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 4 juta member terverifikasi. Platform ini juga menyediakan puluhan aset kripto untuk ditradingkan.

Indodax menawarkan biaya trading dan presentase penarikan mulai dari 0%, cocok untuk trader yang mencari fee dengan rate rendah. Dari sisi keamanan, Indodax menawarkan perlindungan Autentikasi Multi-faktor dengan kombinasi verifikasi via email dan SMS dari Google Authenticator. 

exchange kripto termurah - Indodax

Baca juga: Strategi Trading Bitcoin dari Perintis Indodax

 

2. Luno

Salah satu exchange crypto termurah yang patut dipertimbangkan adalah Luno. Aplikasi kripto yang ditawarkan oleh Luno dapat diakses melalui smartphone, sehingga cocok untuk penggemar kripto yang memiliki mobilitas tinggi. Saat ini Luno sudah menawarkan beberapa mata uang kripto populer seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan masih banyak lagi.

Biaya trading kripto Luno dibagi dalam beberapa tier, dengan biaya market maker terendah adalah 0%. Sementara itu, biaya market taker terendah ditetapkan di 0.08%. Terkait keamanan, Luno menawarkan Wallet dengan multi-signature untuk menjamin penyimpanan aset digital klien. 

Luno

Baca juga: Cara Memilih Bitcoin Wallet Yang Aman Dan Terpercaya

 

3. Pintu

Pintu merupakan salah satu exchange kripto termurah yang cocok digunakan oleh pemula. Selain memiliki user interface yang sederhana, Pintu tidak mengenakan biaya deposit untuk klien mereka. Selain itu, Pintu juga menjanjikan 0 rupiah buying dan selling fee untuk para trader. Pengiriman kripto kepada sesama pengguna Pintu pun tidak dikenakan biaya. Namun, penarikan aset ke bank akan dikenakan biaya sebesar Rp4,500. Pintu menggunakan Autentikasi Multi-faktor, ditambah dengan fingerprint scanner dan face ID yang didukung oleh teknologi curv.co.

PINTU

 

4. Rekeningku.com

Sebagai salah satu exchange kripto termurah yang telah diregulasi Bappebti, Rekeningku menawarkan keamanan untuk para kliennya. Platform ini menggunakan layanan 2-Factor Authentication agar aset yang tersimpan lebih aman. Hanya dengan 100,000 rupiah, klien sudah bisa trading di Rekeningku. Untuk biaya trading, Rekeningku mengenakan fee sebesar 0.1% dari jumlah transaksi, baik untuk Maker maupun Taker.

Rekeningku.com

 

5. Zipmex

Zipmex sebetulnya merupakan perusahan yang berbasis di Singapura, namun telah mengantongi regulasi Bappebti untuk beroperasi di Indonesia. Biaya trading Zipmex tak terlalu tinggi, yakni hanya 0.2% per transaksi. Platform ini juga menawarkan banyak aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, dan masih banyak lagi. Keaman trading dengan Zipmex tak perlu diragukan lagi, mengingat exchange ini juga memberikan polis asuransi Wallet digital hingga 100 juta dolar AS.

Zipmex

Baca juga: Pro Kontra Investasi Bitcoin IRA

 

Aspek Lain yang Wajib Diperhatikan

Biaya trading memang faktor yang penting untuk diperhatikan ketika memilih exchange kripto terbaik. Tapi, ada beberapa hal lain yang menjadikan sebuah jasa exchange layak dipercaya dan perlu diperhatikan baik-baik, yaitu:

 

1. Legalitas

Sebelum berkomitmen, trader harus mempertimbangkan legalitas exchange kripto termurah terlebih dahulu. Menggunakan bursa resmi yang berada di bawah naungan otoritas tentu lebih aman. Di Indonesia sendiri, exchange kripto yang dinyatakan legal harus mengantongi lisensi dari Bappebti dan dinyatakan telah memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan. Salah satunya perusahaan haruslah memiliki modal minimum sebesar Rp100 Miliar untuk berdagang dan untuk berizin Rp1 Triliun. Tujuannya adalah untuk melindungi trader dan investor yang menggunakan jasa mereka.

Tak jarang aset kripto menjadi korban peretasan yang mengakibatkan kerugian besar untuk trader. Hal ini mungkin bisa diatasi dengan mudah jika aset kripto sudah dilindungi oleh asuransi. Akan tetapi, di Indonesia belum ada asuransi atau dana perlindungan konsumen yang melindungi aset kripto. Sehingga, pemilik aset hanya bisa berharap pada perusahaan exchange untuk menanggung kerugian.

Apabila perusahaan terkait tak memiliki modal yang kuat, belum tentu mereka bisa mengganti kerugian yang ditimbulkan. Selain itu, menciptakan sistem keamanan yang kuat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itulah Bappebti menetapkan modal yang besar sebagai syarat regulasi perusahaan penyedia exchange.

 

2. Keamanan

Selain legalitas, keamanan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh pengguna exchange kripto termurah. Apalagi, saat ini beberapa exchange juga menyediakan fitur wallet. Ini membuat keamanan menjadi hal yang lebih penting lagi. Platform yang menggunakan Two Factor Authentication atau 2FAlebih aman jika dibandingkan dengan exchange yang hanya mengandalkan email dan password saja. Cara ini bisa lebih memastikan bahwa setiap transaksi sudah divalidasi oleh pemilik akun.

 

3. Ragam Uang Kripto

Saat ini ada beragam mata uang kripto yang bisa diperdagangkan. Untuk memperluas pilihan Anda, sebaiknya perhatikan juga jenis koin apa saja yang ditawarkan oleh exchange. Apakah exchange ini mengizinkan Anda untuk trading Bitcoin saja, atau ada opsi yang lain? Apakah Anda bisa exchange Bitcoin dengan mata uang fiat atau aset lain? Informasi mengenai hal ini biasanya tersedia di website resmi exchange tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mencari tahu lebih dalam tentang koin apa saja yang bisa ditransaksikan.

Baca juga: 10 Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer Selain Bitcoin

 

4. Cek Traffic

Jangan lupa untuk cek traffic visitor website exchange platform yang dipilih. Traffic pengunjung ini bisa menjadi tolok ukur seberapa banyak orang yang menggunakan layanan exchange tersebut. Jika banyak pengguna yang mempercayai jasa mereka, maka bisa dipastikan bahwa exchange ini cukup terjamin layanannya. Traffic adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dipalsukan.

 

Akhir Kata

Untuk trading kripto diperlukan jasa exchange resmi yang terpercaya. Perlu diingat bahwa exchange platform biasanya mengenakan biaya trading untuk para penggunanya. Biaya ini dibagi menjadi dua, yaitu biaya Taker dan Maker. Trader harus memperhatikan seberapa besar biaya yang dikenakan agar modal untuk trading tidak termakan biaya tersebut. Di Indonesia sendiri ada beberapa exchange crypto termurah yang aman. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan faktor keamanan, regulasi, ragam aset, dan traffic exchange agar tak salah memilih.

 

Selain memilih daftar exchange kripto termurah, tingkat keuntungan trading juga sangat ditentukan oleh keberhasilan strategi Anda. Untuk mendapatkan info teknik trading kripto yang direkomendasikan, simak Teknik Trading Kripto Apa Saja Yang Menguntungkan?

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%
Advertisement

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz
Kirim Komentar/Reply Baru
5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu
5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu
Wahyudi   31 Dec 2019   915