5 Kesalahan Umum Trader Kripto Pemula

Jujun Kurniawan 16 Jan 2020 716
Dibaca Normal 3 Menit

Trader pemula seringkali melakukan kesalahan yang membuat kerugian. Apa saja?



Ketika memulai untuk melakukan trading kripto, pastinya Anda akan berusaha semaksimal mungkin agar mendapatkan kesuksesan yang diinginkan. Tetapi dalam prosesnya, banyak para trader pemula melakukan kesalahan yang sering kali tidak disadarinya dan hal tersebut membuat trader rugi.

trading kripto

Saat Anda mengambil keputusan untuk terjun dalam trading kripto, Anda pastinya akan menghadapi sebuah risiko yang nyata dan kesalahan dalam trading tidak bisa dianggap remeh. Sebab, sekecil apapun kesalahan yang Anda perbuat di dalam trading kripto, hal tersebut pasti akan merugikan anda.

Berikut 5 kesalahan umun yang sering dilakukan oleh trader pemula:

 

1. Menggunakan Modal Atau Uang Asli

Ketika Anda melakukan trading untuk yang pertama kalinya dalam hidup, Anda sebaiknya menggunakan akun demo terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian nyata yang akan Anda alami, saat melakukan trading menggunakan akun sungguhan.

Selain itu, ketika Anda melakukan trading menggunakan akun demo, Anda akan belajar banyak tentang bagaimana sistem itu bekerja. Sehingga Anda dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan di masa depan saat Anda melakukan trading di akun real atau menggunakan uang atau modal asli.

 

2. Melakukan Perdagangan Tanpa Menggunakan Stop Loss

Stop Loss adalah nilai batasan harga terendah yang ditentukan untuk membatasi kerugian. Penggunaan Stop Loss sangat penting dalam trading kripto. Karena hal ini akan meminimalisir habisnya seluruh modal anda dengan waktu cepat.

kripto pemula

Trader pemula cenderung trading berdasarkan emosional dan psikologis yang masih rentan, sehingga ketika mereka mengalami kerugian dalam tradingnya, mereka akan langsung panik. Seorang trader harus mampu menerima kerugian dan beralih pada perdagangan berikutnya.



 

3. Memasang Risiko Trading Yang Melebihi Batas

Dalam trading kripto, pada umumnya trader pemula tertarik pada gagasan di mana dapat mendapatkan uang atau kekayaan dengan cara cepat dan mudah. Bagaimana tidak? Hanya dengan memilih Buy atau Sell, Anda memang berpeluang mendapatkan uang puluhan bahkan ratusan dolar. Hal tersebut membuat para trader dalam melakukan perdagangannya tidak didasari pada pertimbangan dan analisis yang matang. Sehingga, hasilnya malah membuat trader pemula rugi.

 

4. Tidak Memiliki Indikator Dan Sistem Trading Yang Baik

Trader pemula biasanya masih kebingungan dalam menggunakan indikator yang tepat untuk digunakan dalam analisis grafik harga. Karena itu, trader seringkali menggunakan indikator yang mereka dapat mengerti saja. Ada juga yang hanya sekedar ikut-ikutan saja tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, trader tidak mengetahui seberapa besar persentase keberhasilan dari indikator tersebut. Selain itu, trader pemula juga belum memiliki sistem trading yang baik.

 

5. Menggunakan Leverage

Leverage adalah pedang bermata dua. Mengapa dapat disebut seperti itu? Karena dapat meningkatkan profit saat perdagangan Anda menguntungkan, namun leverage juga mampu memperburuk kerugian Anda, saat perdagangan Anda dalam keadaan rugi. Leverage hanya dianjurkan digunakan oleh trader yang sudah berpengalaman dan telah mendapatkan keuntungan secara konsisten selama bertahun-tahun.

kripto pemula

Maka dari itu penggunaan leverage tidak dianjurkan bagi trader pemula.



 

 

Mempersiapkan Diri Dengan Baik Agar Terhindar Kerugian

Bagi Anda yang baru terjun pada trading kripto dan tidak ingin mengalami kerugian-kerugian, maka hindari kesalahan-kesalahan di atas. Sebaiknya, Anda mempelajari dan memahami terlebih dahulu mengenai trading kripto, sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk trading kripto. Karena ini berhubungan dengan modal Anda.

Jika Anda tidak mempersiapkannya dengan baik, maka modal Anda akan habis. Sebaliknya, jika Anda mampu mempersiapkannya dengan baik, maka modal Anda akan berkembang dan membuat hidup Anda lebih baik.

Forum

Naga (02 Jan 2017)

saya suka main scalping, tapi berapa maksimal pasangan mata uang yang harus saya tradingkan sebagusnya

Selengkapnya...

BANK KPR Ritel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Kirim Komentar/Reply Baru


Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Periode Mana Yang Menentukan Pergerakan Pasar Berikutnya?

master periode yang manakah yang biasanya menetukan pergerakan pasar selanjutnya... karena sulit sekali utk menebaknya walau dengan mengunakan candlestick

Dhika 20 Apr 2012

Reply:

Basir (20 Apr 2012 14:35)

Jika anda menggunakan M15, maka 1 candle bergerak selama 15 menit. Untuk hal ini anda perlu perhatikan juga TF selan jut. Jika kita menggunakan TF M15, maka seteh 15 menit candle akan close dan candle bergerak. Namun saat kita lihat H1 candle belum close karena masih ada kekuatan buyer / sell dalam beberapa menit kedepan ( dalam 1 jam ). Ketika kita Open di M15 perhatikan pula M30, H1 , H4 . Ketika anda menggunakan TF m15 maka sebaiknya Open di awal menit jangan di pertengahan menit. jika kita open di H1 maka sebaiknya diawal awal jangan di pertengahan jam. semisal sekarang jam 5. maka open yang bagus di h1 adalaj jam 5 :00 atau yang mendekati 05:03. jangan di pertengahan semisal 05: 30 atau 05: 4O. jika menggunakan M30 sebaiknya open di 5:30 an. dan  anda bisa melihat H1 dan H4 sebagai konfirmasi perkiraan di 1 dan 4 jam kedepan.

thanks

Erik T (24 Jul 2019 22:29)

Untuk Dhika,

Anda dapat menggunakan timeframe berapapun untuk memperkirakan pergerakan selanjutnya. Jika Anda ingin mendapatkan gambaran pergerakan selanjutnya untuk jangka waktu pendek, Anda dapat menggunakan timeframe yang kecil. Begitu pula jika Anda ingin mendapatkan gambaran pergerakan selanjutnya untuk jangka waktu yang panjang, maka gunakanlah timeframe yang besar.

Anda dapat memilih menggunakan timeframe yang sesuai dengan strategi dan gaya trading milik Anda. Jika Anda mengalami kesulitan menganalisa pasar dengan menggunakan candlestick, maka Anda bisa mencoba jenis chart lain yang lebih mudah seperti line chart, heikin ashi, renko chart, dll.

Semoga bisa membantu.

Panduan Lengkap Cara Membaca Candlestick Cryptocurrency
Koin Rugi Hari Ini
Koin Rugi Hari Ini
Sistem   19 Mar 2021   188  
Koin Untung Hari Ini
Koin Untung Hari Ini
Sistem   19 Mar 2021   211  
Kripto Di 2020, Bagaimana Perkembangannya?
Kripto Di 2020, Bagaimana Perkembangannya?
Jujun Kurniawan   3 Feb 2020   1198  
5 Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia
5 Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia
Jujun Kurniawan   26 Dec 2019   595  
Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial
Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial
Wahyudi   14 Nov 2019   601  
Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Kripto
Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Kripto
Wahyudi   13 Nov 2019   853  
Apa Itu Mata Uang Kripto?
Apa Itu Mata Uang Kripto?
Anna   19 Feb 2019   883