5 Negara Penambang Kripto Terbesar di Dunia


Cahyaning 14 Sep 2021 7Dibaca Normal 9 Menit

Biaya listrik yang hemat serta luwesnya pajak membuat China dkk. populer sebagai negara penambang kripto terbesar di dunia.



Kesadaran orang atas keuntungan yang dihasilkan dari pasar kripto membuat kegiatan mining kini semakin menjamur. Bahkan ada beberapa negara penambang kripto terbesar yang dianggap sebagai 'surga' oleh para miner. Mining tumbuh subur di negara-negara ini karena banyak faktor penunjang, seperti tidak adanya pajak kripto atau harga listrik yang murah.

 

Apa Itu Mining?

Mining menjadi salah satu cara menghasilkan profit yang paling populer di pasar kripto. Pada prakteknya, mining Bitcoin melibatkan dua langkah penting. Yang pertama adalah proses menambahkan transaksi kedalam blockchain mata uang kripto. Sedangkan langkah yang kedua memerlukan komputer untuk menyelesaikan perhitungan rumit. Kompleksnya upaya penambangkan kripto membuat sistem ini menjadi lebih sulit untuk diretas.

Sebelumnya, penambangan kripto dilakukan dengan komputer pribadi. Namun saat ini banyak yang menggunakan komputer ASIC untuk menunjang kegiatan para miner. Kemudahan mining kripto semakin ditunjang dengan munculnya aplikasi yang memungkinkan penambangan lewat smartphone. Hal ini menambah banyaknya peminat mining dalam dunia cryptocurrency.

Baca juga: 5 Cara Menambang Bitcoin Di Android

Terlepas dari trend mining dengan perangkat sederhana, aktivitas penambangan kripto nyatanya banyak dilakukan oleh kelompok tertentu yang menggunakan sejumlah perangkat keras dengan kinerja tinggi. Praktek seperti ini disebut juga dengan istilah mining pool. Umumnya, mereka akan berbagi blok ketika kegiatan mining berhasil. Hasil penambangkan akan dibagi secara merata kepada semua anggota pool.

 

Negara Penambang Kripto Terbesar

Tidak semua negara memiliki fasilitas lengkap untuk mendukung kegiatan mining. Akan tetapi, ada beberapa negara penambang kripto terbesar di dunia yang patut diperhatikan. Negara-negara ini menjadi surga mining karena adanya fasilitas yang menunjang proses mining. Apa saja negara penambang kripto yang patut diperhatikan?

 

1. China

China pernah menempati posisi sebagai salah satu negara penambang kripto terbesar di dunia. Bahkan negara ini memiliki hash power sebesar 65%. Ada beberapa alasan yang mendukung hal itu. Pertama, China adalah negara manufaktur terbesar untuk perlengkapan mining kripto, sehingga banyak penambang yang bisa memperoleh perangkat penunjang dengan mudah.



Baca juga: 4 Koin Kripto Ini Bisa Ditambang Dengan Komputer Biasa

Alasan lainnya adalah karena murahnya biaya listrik di China. Seperti diketahui, penambangan mata uang kripto memerlukan komputer yang harus dijalankan menggunakan listrik. Bisa dibilang, tagihan listrik merupakan 'biaya produksi' dalam bisnis pertambangan kripto. Jadi, murahnya biaya listrik di negara ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku pasar kripto. 

Negara penambang kripto terbesar

Akan tetapi, kedudukan China sebagai salah satu negara penambang kripto terbesar kini terancam berkat larangan keras otoritas China terhadap mata uang kripto. Akibatnya, banyak miner yang memutuskan untuk angkat kaki dari negara ini. Tak sedikit di antara mereka yang memindahkan operasi ke negara lain untuk mencari peraturan yang lebih luwes terkait penambangan kripto.

Turunnya kekuatan China sebagai negara penambang kripto terbesar menyebabkan naiknya kekuatan negara lain. Misalnya, Kazakhstan mengalami peningkatan kekuatan mining hingga 6 kali lipat, begitu pula dengan Amerika Serikat yang terus mengalami pengingkatan sejak September 2020 lalu.

Meski demikian, China masih menjadi salah satu negara penambang terbesar. Salah satu perusahan mining terbesar di negara ini berlokasi di Dailan. Perusahaan ini diperkirakan memiliki hashrate sebesar 365,000 dan diperkirakan mengkonsumsi energi sebesar $1,170,000 per bulannya. Selain itu, perusahaan mining farm ini diestimasi menambang 750 Bitcoin setiap bulan atau kurang lebih 3% dari keseluruhan Bitcoin.

 

2. Amerika Serikat

Sejak awal, Amerika Serikat sudah menunjukkan potensi untuk menjadi negara penambang kripto terbesar di dunia. Bahkan sebelum China tergelincir dari posisinya, sudah ada tanda-tanda bahwa AS akan menjadi mining destination terbesar. Sebagai informasi, jumlah miner di Amerika Serikat meningkat sebanyak 151% sejak bulan September 2020 lalu

Negara penambang kripto terbesar

Pertumbuhan kripto di Amerika Serikat juga didukung oleh banyak faktor. Salah satunya adalah karena hukum di negara ini mengizinkan kepemilikan mata uang kripto dan penggunaannya di bank. Bahkan saat ini, Amerika Serikat memiliki 17,436 ATM (Anjungan Tunai Mandiri) untuk mata uang kripto yang tersebar di berbagai tempat.

Peningkatan minat terhadap mata uang digital di Amerika Serikat ini juga dipengaruhi oleh faktor COVID-19. Meskipun pandemi ini memiliki efek yang buruk pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, namun tidak demikian dengan kripto. Pertumbuhan minat terhadap mining justru bertambah karena banyak orang yang mencari pasar baru untuk investasi.

Perusahaan mining terbesar di Amerika adalah GigaWatt yang memiliki hashrate sebesar 1.3 PH. GigaWatt berlokasi di Washington, kota yang dipilih karena biaya listriknya lebih murah dibandingkan kota lain di AS. Ketika pertama kali didirikan, perusahaan ini berlokasi di ruang bawah tanah pemiliknya.

 

3. Georgia

Georgia merupakan salah satu negara penambang kripto terbesar yang patut diperhatikan. Pada tahun 2018 saja, Bank Dunia memperkirakan setidaknya ada 200,000 orang di Georgia yang aktif terlibat dalam penambangan mata uang kripto. Jumlah yang fantastis ini adalah bukti bahwa cyprocurrency mining tumbuh subur di negara tersebut.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan tingginya minat terhadap kripto di Georgia. Salah satunya adalah karena negara ini tak memiliki aturan legislatif yang membatasi exchange kripto, sehingga para pelaku pasar kripto tak memerlukan izin untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan mata uang digital itu.

Negara penambang kripto terbesar

Kripto memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perekonomian Georgia. Menteri Keuangan Georgia, Nodar Khaduri, bahkan telah menandatangani peraturan terkait pajak mata uang kripto. Peraturan ini mengatur pembebasan pajak untuk pendapatan rakyat Georgia yang didapat dari mata uang kripto, begitupula dengan penjualan atau pertukaran kripto terhadap Lari (mata uang Georgia). Penjualan hash dari Georgia ke luar negeri tidak akan dikenai Value-added Tax (VAT). Namun, penjualan hash antar sesama penduduk Georgia akan dikenai VAT, begitupun dengan hash yang dibeli penduduk Georgia dari luar negeri.

Baca juga: Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?

 

4. Islandia

Selain ketiga negara di atas, Islandia juga menjadi salah satu negara penambang kripto terbesar yang harus diperhatikan. Meskipun negara ini terdiri dari kepulauan kecil, namun terdapat faktor penting yang membuat Islandia menjadi surga penambang kripto. Negara ini memiliki pembangkit listrik bertenaga air dan panas bumi, sehingga Islandia mendapatkan sumber energi yang melimpah ruah. Hal ini semakin didukung dengan adanya teknologi yang mumpuni dan regulasi yang luwes terhadap pasar kripto.

Negara penambang kripto terbesar

Salah satu mining farm terbesar di Islandia adalah Genenis Mining Farm yang terletak di Reykjavik. Genesis Mining Farm merupakan salah satu perusahaan mining terbesar di dunia, dengan hashrate sebesar 1,000 GH. Perusahaan ini terletak di area dengan iklim dingin, cocok untuk menunjang peralatan mining. Saat ini, Genesis diperkirakan telah menjadi  konsumen terbesar listrik di Islandia.

 

5. Swiss

Ada beberapa faktor yang mendasari Swiss sebagai salah satu negara penambang kripto terbesar di dunia, salah satunya adalah iklim yang cukup dingin. Meski terlihat tak penting, namun faktor ini membantu mengurangi risiko overheating yang mengancam peralatan penambang kripto.

Perusahaan penambang kripto terbesar di Swiss berada di Linthal, yaitu sebuah desa di bagian timur negara ini. Pada awalnya, perusahaan ini dibangun oleh pemiliknya di Zurich. Namun karena biaya listrik di kota besar sangat tinggi, maka perusahaan ini pun dipindah ke kota kecil demi menekan biaya produksi. Sayangnya, tak diketahui berapa hashrate yang dimiliki oleh perusahaan ini.

negara penambang kripto terbesar

 

Apakah Mining Buruk Untuk Lingkungan?

Penggunaan energi yang tidak sedikit membuat banyak pihak berspekulasi bahwa penambangan kripto kurang baik untuk lingkungan. Sebetulnya, berapa banyak energi yang digunakan untuk mining kripto?

Saat ini, diperkirakan 0.55% konsumsi energi dunia dipakai untuk mining kripto. Penambangan kripto menghabiskan setidaknya 110 terawatt per tahunnya, atau hampir sama dengan rata-rata permintaan energi tahunan Malaysia dan Swedia.

Penambangan kripto juga turut menyumbang emisi karbon dunia. Diperkirakan, emisi yang dihasilkan dari mining mata uang kripto setara dengan emisi 1 juta penerbangan trans-atlantik. Jumlah tersebut juga setara dengan konsumsi energi yang dipakai oleh Selandia Baru, Hungaria, Irlandia, juga Peru.

 

Masa Depan Mining

Di masa depan, diperkirakan perusahaan penambangan kripto akan tumbuh semakin subur. Salah satu perusahaan penambangan bernama Riot Blockchain bahkan memperkirakan jika konsumsi energi mereka akan meningkat dari 51 megawatt menjadi 257 megawatt pada akhir tahun 2022. Sedangkan perusahaan BitFarm memperkirakan pertumbuhan mereka akan membutuhkan 210 megawatt.

Baca juga: Apakah Mining Bitcoin Masih Menguntungkan Di 2021?

Secara garis besar, untuk jaringan Bitcoin saja, energi yang dikonsumsi akan menghasilkan sebanyak 90.2 juta metrik ton emisi karbon. Jumlah ini hampir sama dengan jumlah karbon yang dihasilkan di kota metropolitan seperti London setiap tahunnya, atau hampir sama dengan emisi karbon yang dihasilkan oleh penambangan emas dunia. Itulah sebabnya, banyak pihak yang merasa khawatir dengan risiko dari mining kripto.

 

Kesimpulan

Menambang cryptocurrency terkesan sulit dilakukan. Tapi pada kenyataannya, metode ini justru sangat populer di kalangan pelaku pasar digital. Beberapa negara memahami kepopuleran metode ini dan memberikan fasilitas untuk para miner di negara mereka. Akibatnya, muncullah beberapa negara penambang kripto terbesar di dunia, seperti China, Amerika Serikat, hingga Swiss. Ada beberapa faktor yang membuat mining tumbuh subur di negara-negara tersebut, mulai dari murahnya biaya listrik hingga pembebasan pajak untuk profit yang didapatkan dari penambangan kripto. Akan tetapi, energi yang dibutuhkan untuk menambang kripto menimbulkan kekhawatiran akan dampak lingkungan di masa depan.

 

Menambang kripto dan mata uang digital lainnya dikenal cukup sulit. Namun dengan belajar, siapapun bisa menjadi miner yang handal. Bagaimana caranya? Simak di Panduan Menambang Bitcoin dalam 5 Langkah Mudah.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz
Kirim Komentar/Reply Baru
Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?
Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?
Linlindua   15 Sep 2021   6  
Apa Itu Double Spending dalam Transaksi Kripto?
Apa Itu Double Spending dalam Transaksi Kripto?
Nandini   9 Sep 2021   13  
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Linlindua   8 Sep 2021   22  
Trading Bitcoin Dengan EMA dalam 3 Langkah Singkat
Trading Bitcoin Dengan EMA dalam 3 Langkah Singkat
Cahyaning   5 Sep 2021   28  
5 Cara Mencegah Modus Pencurian Bitcoin
5 Cara Mencegah Modus Pencurian Bitcoin
Cahyaning   31 Aug 2021   12  
Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula
Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula
Nandini   29 Aug 2021   21  
Rahasia Trading Bitcoin dengan Pin Bar
Rahasia Trading Bitcoin dengan Pin Bar
Cahyaning   27 Aug 2021   50  
Bisakah Day Trading Kripto Dilakukan?
Bisakah Day Trading Kripto Dilakukan?
Nandini   7 Aug 2021   47