6 Aplikasi Chart Kripto Terbaik untuk Trader Pemula

Nandini 25 Jan 2022
Dibaca Normal 8 Menit
kripto > candlestick >   #aplikasi   #chart   #kripto   #trader-pemula
Untuk menganalisa pergerakan harga Bitcoin dan kripto lainnya, berikut rekomendasi 6 aplikasi chart kripto terbaik yang bisa Anda manfaatkan.
DI

Suburnya pertumbuhan kripto di Indonesia telah membuat banyak orang berbondong-bondong mencoba peruntungan trading mata uang digital tersebut.

Apalagi semenjak pandemi mulai menyebar ke seluruh dunia, mata uang kripto makin diminati oleh masyarakat di berbagai negara. Alasan berinvestasi tentu saja demi memperoleh keuntungan di tengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Salah satu koin kripto yang masih menjadi topik hangat adalah Bitcoin. Sejak pandemi, harga satu keping koin Bitcoin meroket hingga sempat menyentuh angka Rp900-an juta. Melihat nilainya yang terus melesat, kini semakin banyak investor Bitcoin baru menggeluti investasi kripto tersebut dan berusaha mati-matian mempelajarinya.

Baca juga: Bitcoin Naik atau Turun? Ketahui Faktor Pendorong Harganya

Sebagai pemain baru, Anda mesti memperhatikan beragam hal demi keberhasilan trading, meliputi kecepatan perubahan nilai koin (fluktuasi harga), volume perdagangan, kapitalisasi pasar, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, langkah pertama yang harus dilakukan pemula ialah membaca dan meriset chart harga kripto.

Penting lho untuk selalu mengikuti perkembangan chart kripto demi kesuksesan trading. Dengan mengetahui pergerakan harga kripto, Anda bisa menentukan dan menimbang kapan waktu yang tepat mulai trading.

chart kripto terbaik

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan chart harga kripto teraktual dan update setiap harinya? Jangan khawatir, karena hanya dengan menginstall aplikasi, Anda bisa menikmati chart kripto untuk memantau pergerakan harga berbagai koin langsung di genggaman tangan Anda. Apa saja sih aplikasi chart kripto terbaik tersebut?

Baca juga: 10 Chart Gratis Terbaik Untuk Analisa Kripto

 

1. Coingecko

Bagi Anda yang sudah wara-wiri di dunia kripto pastinya tidak asing dengan aplikasi satu ini. Coingecko merupakan pelacak harga kripto terpopuler di kalangan trader. Chart kripto yang diluncurkan di tahun 2014 oleh TM Lee dan Bobby Ong ini menyatakan situs mereka netral, tidak bias, dan independen. Coingecko menyediakan fasilitas pemeriksaan statistik dan pembaruan kripto yang melacak lebih dari 12,335 koin di 500+ exchange.

Baca juga: 5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu

Melalui aplikasi Coingecko, Anda bisa mengetahui update statistik koin, termasuk harga, kapitalisasi pasar, dan volume perdagangan di mana saja selama 24 jam. Tertarik mencobanya?

coingecko

Langsung saja meluncur ke PlayStore atau App Store untuk mengunduhnya. Setelah memasang aplikasi di telepon genggam, Anda tidak akan dikenai biaya apa pun, termasuk biaya berlangganan. Aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk digunakan, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan bebas.

Selain itu, Anda dapat memeriksa daftar koin rugi dan koin untung terbesar untuk mengetahui koin mana yang menjanjikan atau harus dihindari. Ada juga bagian di mana Anda dapat melihat daftar exchange yang menyediakan layanan derivatif. Lengkap sekali, bukan?

Apakah aplikasi ini hanya sebatas untuk mengakses informasi tentang kripto saja? Jawabannya tentu tidak. Di Coingecko, Anda bisa membuat portofolio sendiri saat membuat akun. Anda diperbolehkan menambahkan koin favorit ke daftar pantauan untuk memudahkan analisa kripto.

 

2. CoinMarketCap

CoinMarketCap adalah salah satu penyedia informasi kripto favorit trader. Selain hadir dalam bentuk situs web, layanan kripto ini juga dapat diakses dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh.

CoinMarketCap didirikan oleh Brandon Chez pada bulan Mei 2013 dengan misi mempermudah pelacakan kripto secara efisien. Informasi yang disediakan pun diklaim tidak memihak, berkualitas tinggi, serta akurat.

coinmarketcap

Aplikasi CoinMarketCap menawarkan berbagai fitur menarik, seperti statistik koin, daftar koin untung dan koin rugi di pasar, serta konverter yang memungkinkan kalkulasi nilai koin saat ini dalam mata uang fiat atau non-fiat pilihan Anda. Selain itu, Anda dapat membandingkan harga, riwayat, kapitalisasi pasar, serta volume koin pilihan untuk melihat mana yang terbaik.

Aplikasi CoinMarketCap juga menawarkan fitur notifikasi harga sehingga Anda bisa mendapatkan pemberitahuan ketika mata uang kripto yang Anda monitor mencapai titik harga tertentu. Misalnya, Anda dapat mengatur peringatan untuk memberi tahu ketika Litecoin mencapai $180, atau tidak ketinggalan info saat Bitcoin menembus $50,000.

 

3. TabTrader

Tabtrader merupakan aplikasi chart kripto dengan berbagai keunggulan, yakni mengusung user interface yang ramah dan integrasi ke lebih dari dua puluh exchange untuk memungkinkan user menyambungkan akun di exchange menggunakan kunci API.

Namun sayangnya, fitur tools canggih aplikasi ini lebih cocok digunakan oleh mereka yang sudah memiliki pengetahuan substansial tentang trading kripto. Anda akan menemukan banyak indikator pendukung seperti Bollinger Bands, Stochastic, Fibonacci, MACD, Moving Average, serta RSI.

Baca juga: 5 Indikator Bitcoin Terbaik Versi Para Pakar

tabtrader

Selain grafik yang memudahkan Anda melacak pergerakan harga mata uang, ada juga fitur push up notification yang bisa dimanfaatkan saat memonitor harga. Apakah Anda masih ragu-ragu karena suka terganggu dengan iklan? Tenang saja, meskipun gratis, Anda tidak akan menemukan iklan di aplikasi chart kripto ini, sehingga Anda bisa fokus trading tanpa gangguan.

 

4. CoinTracking

CoinTracking adalah aplikasi pelacak kripto berbasis web yang memiliki data dan informasi historis untuk lebih dari 5,000 koin. Setelah membuat akun CoinTracking dan mengoneksikan akun exchange menggunakan API atau CSV, Anda dapat dengan mudah melacak pergerakan aset dalam bentuk grafik berisi data untung/rugi, jumlah saldo, serta nilai koin. Anda juga dapat melihat semua posisi dan biaya trading yang dikelompokkan berdasarkan exchange.

cointracking

Fitur unggulan CoinTracking ialah menghitung pajak yang harus dibayar saat profit dengan cara mengkompilasi laporan tergantung pada parameter yang dibutuhkan negara Anda. Sistem laporan pajak CoinTracking sudah mendukung semua negara, lho.

Baca juga: Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?

 

5. FTX

Aplikasi chart kripto FTX sebelumnya bernama Blockfolio. Saat itu, aplikasi ini menjadi primadona karena berbagai fitur keunggulan yang ditawarkan. Salah satunya adalah menampilkan dan menyederhanakan berbagai portofolio kripto secara keseluruhan di satu layar. Anda juga bisa melihat berita dari banyak media agar tetap up to date dengan semua isu kripto yang relevan.

Setelah rebranding menjadi FTX, aplikasi ini dapat memeriksa semua statistik utama di lebih dari sepuluh ribu koin kripto, mulai dari Bitcoin sampai altcoin terbaru yang dirilis minggu ini.

ftx

Anda juga bisa menambahkan koin favorit ke daftar pantauan dan menyimpan riwayat transaksi sebelumnya, sehingga dapat dengan mudah melacak histori pembelian dan penjualan kripto. Anda dapat membuat portofolio sendiri dengan cara menghubungkan akun exchange dan menambahkan koin kripto yang diinginkan.

Baca juga: Koin Kripto Terbaik Hari Ini

FTX menyatakan bahwa mereka berusaha keras untuk membangun platform terbaik bagi trader dengan menyuguhkan user interface yang ramah.

Disamping itu, token leverage FTX menyediakan cara otomatis bagi pengguna untuk mendapatkan leverage. Token BULL, BEAR, dan HEDGE dapat meminimalisir eksposur risiko untuk mempertahankan target leverage dan mencegah kerugian.

 

6. Coinigy

Coinigy adalah aplikasi pelacak harga kripto yang berbasis di AS. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengakses lebih dari 45 exchange hanya dengan satu akun. Tentunya, ini menjadi salah satu keunggulannya karena mengurangi kerepotan melacak banyak akun di masing-masing exchange yang berbeda. Untuk terhubung dengan Coinigy, Anda tidak perlu membayar sepeserpun. Namun jika Anda memutuskan berlangganan, akan ada biaya tambahan sesuai paket.

coinigy

Anda dapat mendaftar untuk menerima notifikasi dalam bentuk SMS, email, atau peringatan di aplikasi. Coinigy telah menyediakan sumber informasi berguna seperti data harga historis serta tutorial menggunakan platform.

Fitur andalan Coinigy adalah memantau portofolio Anda secara real-time menggunakan harga jual/beli terbaik. Ada juga 70+ indikator teknikal yang bakal mendukung aktivitas trading Anda.

Baca juga: Panduan Analisa Kripto dengan 3 Indikator Pasar Andalan

Coinigy dibangun di atas infrastruktur server multi-tier serta enkripsi tingkat tinggi, sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai keamanan data.

 

Kesimpulan

Sebagai trader profesional maupun pemula yang ingin selalu menerima informasi kripto terbaru, memiliki satu atau beberapa aplikasi chart kripto di atas pastinya akan sangat membantu.

Pilihlah aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda memiliki akun di beberapa exchange sekaligus, maka tentukan aplikasi yang bisa terintegrasi atau menyediakan data dari beragam exchange seperti TabTrader dan CoinTracking. Namun jika Anda lebih mengutamakan kelengkapan data koin kripto secara umum, platform CoinMarketCap atau CoinGecko bisa menjadi aplikasi andalan.

Dengan aplikasi chart kripto yang sesuai, Anda bisa mencari statistik kripto, memeriksa e-wallet, hingga membangun portofolio kripto dengan mudah. Apalagi, Anda dapat melakukan semua itu sambil bersantai di rumah, dalam perjalanan, atau di waktu istirahat kerja karena keunggulan aplikasi yang bisa diakses di ponsel.

 

Selain aplikasi di atas, ada banyak metode lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai alat analisa kripto, seperti menggunakan TradingView yang sudah dikenal luas oleh trader dari berbagai jenis pasar. Dengan kata lain, platform ini tidak hanya mempertemukan Anda dengan sesama trader kripto, tetapi juga trader dari pasar forex, saham, dan komoditas yang sedikit banyak masih berkorelasi dengan kripto.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Okky |  10 Apr 2012

malam master .. saya ingin menanyakan tentang analisa tehnikal by barchart ...apakah yang dimaksudkan short mid long average terimakasih

Lihat Reply [7]

hal itu adalah sentimen / teknikal  atau survei yang dilakukan oleh barchart

short  artinya jangka pendek kurang lebih-2 hari perdagangan
midel  jangka menengah kurang lebih selama sepekan
long  adalah jangka panjang, kurang lebih selama satu bulan
average artinya rata rata.

thanks

Basir   10 Apr 2012

Untuk Okky,

Short, Mid, Long tersebut merepresentasikan sentimen dalam jangka waktu tertentu. Short adalah sentimen untuk jangka waktu yang pendek (biasanya berlaku untuk timeframe H4 kebawah). Mid adalah sentimen dalam jangka waktu menengah (berlaku untuk timeframe H4 hingga Weekly) dan Long adalah sentimen untuk jangka panjang (timeframe Weekly hingga Monthly).

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   11 Jul 2019

walau tidak 100% anda bisa melihat hasil dari persentase analisa tersebut. dan tetap gunakan analisa anda juga.

Thanks

Basir   9 May 2012

Untuk Adi Ms,

Keakuratan analisa dimana saja tentu sangat relatif. Dalam hal ini, Anda wajib menyelaraskannya dengan strategi trading Anda sendiri. Gunakanlah analisa dan rekomendasi yang tersaji sebagai bahan acuan dan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan trading.

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   27 Aug 2019

Klo blh tau master, analisa teknikal yg di terbitkan barchart.com tiap harinya, tingkat akurasinya berapa persen ya? trims

Adi Ms   9 May 2012

Ada 3 jenis chart forex yang dikenali, namun yang sering digunakan yaitu jenis candlestick dan line chart. Kenpa bar chart jarang dipakai oleh trader, padahal daripada line chart, bar chart memuat lebih banyak informasi?

Karen   15 Jul 2022

@Karen: Kenpa bar chart jarang dipakai oleh trader, padahal daripada line chart, bar chart memuat lebih banyak informasi?

Ada 2 alasan, pertama adalah kenyamanan dan kebiasaan.

Secara tampilan, grafik candlestick lebih jelas dengan visualiasi bearish (merah) dan bullish (hijau). Selain itu, jenis grafik candlestick menjadi jenis grafik default di banyak platform charting dan trading seperti metatrader dan tradingview.

Bar chart adalah grafik paling populer di Amerika Serikat (AS) namun tidak populer di Eropa dan Asia. Bar chart lebih unggul dari segi informasi dibandingkan line chart yang hanya memuat harga penutupan atau harga pembukaan.

Adapun line chart tidak populer digunakan pada grafik harga melainkan pada data ekonomi seperti data inflasi, NFP, GDP, suku bunga, dst.

Kiki R   16 Jul 2022
 Jack |  17 Apr 2012

saya mau bertanya, bagaimana cara membaca pergerakan chart apakah mau turun apa terus naik juga sebaliknya....trus indikator apa saja yg dapat membantu dalam mengambil keputusan untuk masuk ke pasar....sehingga menghasilkan profit yg memuaskan......!!!

Lihat Reply [14]

Anda bisa mempelajari pola pola pergerakan candle. dan anda harus memahami bahwa hukum permintaan dan penawaranya berlaku juga dalam trading forex ini.

thanks

Basir   17 Apr 2012

@ Jack:

Dalam hal ini pertanyaan Anda berkaitan dengan pergerakan reversal (berbalik arah) dan pergerakan continuation (penerusan arah trend). Dalam hal ini bisa diamati dari price action, yang dikonfirmasi oleh indikator teknikal. Price action bisa berupa single candle seperti pin bar, atau beberapa candle yang membentuk pola tertentu. Jika tidak ada sinyal reversal, berarti pergerakan akan meneruskan arah trend. Ini bisa dikonfirmasi dengan indikator ADX juga.

Mengenai pergerakan reversal, itu bisa koreksi atau pembalikan arah trend. Untuk itu Anda harus memperhatikan pergerakan harga terhadap level Fibonacci retracement. Jika retracement telah melampaui level 50% hingga 61.8% Fibo rtracement (untuk uptrend), atau level 50% hingga 38.2% Fibo rtracement (untuk downtrend), maka kemungkinan akan terjadi pembalikan arah trend (trend reversal).

Sebagai contoh pada XAU/USD berikut ini:

M Singgih   6 Jul 2019

@ Ari Latukau:

- Volume trading itu sama dengan besaran lot ?

Ya, benar. Volume adalah besarnya lot yang Anda order.


- Harga entry itu, harga yang sedang di candle saat pasar itu dibuka ?

Bukan. Harga entry adalah harga yang Anda dapatkan pada saat order, baik dengan cara instant execution maupun pending order.

M Singgih   19 Mar 2020

Siang gan. Ane punya modal sekitar 1.5jt, mau dicoba bwt trading aja. Dg modal segitu, ane sebaiknya pakai leverage dan lot brpa? Apa ada pengaruh jumlah entry per hari sm ketahanan modal? Mks.

Pradana   13 Oct 2020

@ Pradana:

Dengan modal sekitar Rp. 1.5 juta, atau sekitar USD 100, Anda bisa trading di akun micro, dengan minimal 0.01 lot. Ketahanan modal Anda belum termasuk margin adalah sekitar  (USD 100) / (USD 0.1) = 1000 pip (Keterangan: USD 0.1 adalah nilai per pip untuk 0.01 lot pair XXX/USD seperti misalnya EUR/USD, GBP/USD, dll).

Mengenai leverage, pilihlah leverage yang sebesar mungkin seperti 1:500 atau 1:1000, agar margin atau jaminannya kecil.

 

- … Apa ada pengaruh jumlah entry per hari sm ketahanan modal?

Semakin banyak posisi yang Anda buka, maka margin total akan semakin besar juga, dan ketahanan modal akan semakin kecil.

M Singgih   13 Oct 2020

Volume trading itu sama dengan besaran lot ?
Harga entry itu, harga yang sedang di candle saat pasar itu dibuka ?
Mohon bantuannya.
Terimakasih

Ari Latukau   17 Mar 2020

selamat malam pak, saya penasaran. apakah bisa menjadi seorang trader yg sukses jika saya hanya mengandalkan moving average saja? Saya sudah latihan selama kurleb 1 bulan di akun demo dan hasilnya cukup menguntungkan. tp saya masih merasa ragu terutama jika melihat analis2 yg menggunakan teknik trading yg rumit untuk menganalisa harga.

Bianca Vera   14 Aug 2022

@Bianca Vera: apakah bisa menjadi seorang trader yg sukses jika saya hanya mengandalkan moving average saja?

Saya meragukan kalau ada trader sukses yang hanya menggunakan moving average.

Yang paling penting bukanlah masalah pakai indikator apa atau metode apa. Tapi apakah paham cara menggunakan indikator atau metode tersebut.

Tiga orang trader menggunakan 1 buah indikator moving average penafsiran terhadap harga saat ini di time frame yang sama bisa berbeda-beda.

Kalau Anda benar-benar menguasai indikator moving average tersebut dan memahami market melalui indikator ini, maka Anda tentunya bisa berhasil.

Mengenai performa trading Anda selama 1 bulan di akun demo sebaiknya teruskan sampai minimal 6 bulanan.

Banyak trader yang bisa profitable selama 1-3 bulan namun sebelum 6 bulan sudah bangkrut.

Ingat, tujuan awal Anda sebagai seorang trader bukan menghasilkan uang sebesar-besarnya dalam waktu cepat.

Tujuan awal ini adalah belajar untuk profit konsisten. Setelah tujuan ini tercapai, baru Anda berfikir untuk membesarkan modal agar profit dengan nominal lebih besar.

Kiki R   16 Aug 2022

Berapa persen candlestick mengalami kenaikan bisa dikatakan sebagai sinyal pembalik tren?

Sanjaya   27 Sep 2022

Jika menggunakan teori dow maka acuan pembalikan tren bukan dilihat dari persentase kenaikan/penurunan harga tapi berpatokan pada harga tertinggi/terendah yang terakhir.

Sebagai contoh, pada tren naik, harga membentuk harga tertinggi baru (higher high) dan harga terendah yang lebih tinggi (higher low).

Nah, saat harga tidak mampu membentuk harga tertinggi baru dan malah jatuh menembus low sebelumnya, ini bisa menjadi tanda pembalikan arah.

Kiki R   28 Sep 2022

Terima kasih banyak atas masukannya pak. Ini saya sudah teruskan sampai saat ini sudah masuk bulan ketiga. Izin bertanya pak, satu bulan terakhir ini sering sekali posisi saya terkena stop loss hingga jumlah akun saya tergerus meski masih tetap untung overallnya. apakah ini wajar dalam trading pak?

Bianca Vera   8 Nov 2022

Hal ini wajar.

Moving average adalah indikator berjenis trending dan memiliki peluang berhasil yang tinggi saat market dalam keadaan trending.

Sepertinya kejadian Anda profit selama 1 bulan tersebut adalah disaat market sedang dalam keadaan trending dan sinyal yang diberikan oleh indikator MA mempunyai akurasi yang besar.

Namun, saat market memasuki kondisi sideways, maka performa indikator MA mulai memburuk. Itulah alasan kenapa pengujian performa tidak bisa hanya dalam 1 bulan saja.

Kiki R   9 Nov 2022

Adakah strategi yang win ratenya bisa diatas 80% dalam menebak pergerakan harga pak?

Puji Tri   14 Nov 2022

Mungkin ada, tapi saya pribadi tidak pernah menjumpai yang seperti itu.

Iklan-iklan EA, signal forex, pengelolaan dana di medsos (FB, IG, Telegram) yang menyebutkan winrate diatas 80%, dll hanyalah kebohongan.

Saya pernah masuk ke beberapa grup yang klaim winrate 90%, 85% tapi ternyata sistemnya averaging dan martingale.

Sekali loss, bisa MC akunnya.

Faktanya, Anda tidak butuh winrate di atas 80% untuk profitable. Bahkan dengan winrate 50% Anda tetap bisa profitable jika rasio risk/reward lebih dari 1/2.

Kiki R   15 Nov 2022
 Fredy |  2 Aug 2019

1. Bagaimana cara pembacaan chart pnf ?

2. Untuk lebih maksimal dalam penggunaannya box size dan reversal nya menggunakan berapa pips ? (tiap - tiap timeframe dan untuk penggunaan scalping serta intraday)

3. Contoh - contoh penggunaan pnf menggunakan support resistan dll

Terima kasih

Lihat Reply [1]

Untuk Fredy,

Setahu kami, Point and Figure (PnF) chart adalah chart yang bisa memfilter tren meski tanpa bantuan indikator apapun. Visual yang ditampilkan pada chart ini hanya berupa objek berbentuk lingkaran merah (sebagai sinyal bearish) dan silang hijau (sebagai sinyal bullish). Sehingga, pembacaan chart ini pun terbilang cukup mudah, yakni hanya melihat objek yang terbentuk saja. 

Untuk memaksimalkan penggunaan chart PnF demi mendeteksi adanya penerusan tren atau pembalikan, Anda dapat menerapkan asas zona support dan resisten. Perhatikan chart PnF pada pair XAU/USD timeframe M15 berikut ini.

XAUUSD m15
Terdapat zona support dan resisten yang signifikan pada chart tersebut. Tampak chart PnF selalu berbalik arah dari zona support dan resisten tersebut. Sehingga Anda bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk memasuki posisi (sell on resisten dan buy on support).

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   6 Aug 2019
 Yulianto |  11 Feb 2021

Ini gambar nemu di group, yang mau saya tanyakan, apa tujuan trader menggambar seperti ini? Dan apakah itu pergerakan harganya bisa sesuai seperti yang digambar pak?

menggambar pada chart

Lihat Reply [15]

@ Yulianto:

Trader membuat garis-garis trend dan garis resistance / support seperti gambar di atas sebagai acuuan level-level resistance dan support. Titik-titik resistance dan support diperlukan untuk acuan entry, menentukan stop loss (SL) dan juga target profit (TP).

Mengenai apakah pergerakan harga selanjutnya akan sesuai dengan garis-garis yang di gambar tersebut, jawabnya belum tentu. Jadi bisa sesuai bisa tidak, karena prediksi dalam trading bersifat kemungkinan-kemungkinan dari historis pergerakan harga sebelumnya, bukan sesuatu yang pasti. Dalam hal ini acuan pergerakan harga didasarkan pada level support dan resistance.

 

M Singgih   15 Feb 2021

Berarti ini analisanya bergantung pada chart-chart sebelumnya ya pak? Terus kalau pergerakannya datar, gimana gambarnya pak?

Yulianto   16 Feb 2021

@ Yulianto:

Maaf, apa yang Anda maksud dengan “chart-chart sebelumnya” ?
Dalam sebuah chart bisa langsung diketahui garis-garis support dan resistance, garis trend maupun channel trend seperti pada contoh chart di atas.

- Terus kalau pergerakannya datar, gimana gambarnya pak?
Maksud pergerakan datar yang bagaimana? Apakah bisa diberikan contoh?

M Singgih   17 Feb 2021

- Maksudnya candle-candle sebelumnya pak.

- Pergerakan datar yang saya maksud itu trendnya tidak jelas pak.

Contohnya seperti ini:

sideways chart

Yulianto   17 Feb 2021

@ Yulianto:

- Benar. Untuk menentukan garis-garis trend, support dan resistance tentu bergantung pada candle-candle sebelumnya.

- Untuk pergerakan sideways seperti yang Anda maksud pada chart di atas, level-level support dan resistance bisa ditentukan dari level tertinggi (untuk resistance) dan level terendah (untuk support) yang tampak dalam range harga tsb. Mengenai hal ini, silahkan baca: Cara Trading Forex Di Pasar Sideways

M Singgih   17 Feb 2021

Oh jadi itu tanpa indikator ya pak?

Kalau yang seperti ini, ini apa dan bagaimana ya pak membuatnya? 

bollinger band

Dwi Wahyoe   1 Mar 2021

@ Dwi Wahyoe:

Itu indikator Bollinger Bands. Untuk menggunakannya, jika Anda trading pada platform Metatrader, masuk ke Insert - Indicators - Trend - Bollinger Bands. Parameternya gunakan default yaitu: period: 20, shift: 0, deviations: 2, apply to: close.

M Singgih   2 Mar 2021

Kalau penulisan garis-garis TP ini apa ya? Setahu saya TP itu artinya take profit ya...

take profit

Tapi mengapa kok TP-nya ada banyak? Bukannya kalau ordernya udah kena di TP awal posisi otomatis diclose ya?

Maaf kalau saya ada salah, mohon koreksinya. Makasih

Khoirul Huda   4 Mar 2021

@ Khoirul Huda:

Benar, TP adalah level take profit atau target profit.

- Tapi mengapa kok TP-nya ada banyak? Bukannya kalau ordernya udah kena di TP awal posisi otomatis diclose ya?

Dalam hal ini mungkin trader tsb mempunyai beberapa posisi sell, dengan target profit (TP) yang berbeda-beda.

 

M Singgih   7 Mar 2021

Ohh jadi maksudnya pada satu pair membuka banyak posisi banyak gitu ya pak?

Emang seperti itu tidak bikin cepat MC ya pak, kalau misalnya tiba2 harganya berbalik naik?

Khoirul Huda   9 Mar 2021

@ Khoirul Huda:

Cepat MC atau tidak tergantung dari penerapan money management. Jika setiap kali entry Anda telah menetapkan risiko, maka tidak akan cepat terkena MC.

 

M Singgih   10 Mar 2021

Bagaimana cara garis-garis support dan resistance bisa digambar? Apa kriterianya?

Ilham Bastowi   13 Jun 2022

Aturan cara gambar garis support dan resistance itu mudah saja:

  • Cari beberapa titik harga terendah pada grafik. Tarik garis untuk menghubungkan titik-titik harga terendah itu. Nah, itu garis support.
  • Cari beberapa titik harga tertinggi pada grafik. Tarih garis untuk menghubungkan titik-titik harga tertinggi itu. Nah, itu garis resistance.

Minimal ada 2-3 titik harga terendah/tertinggi untuk menggambar support/resistance.

Aisha   16 Jun 2022

Jika trendline bagian bawah sudah break dan indikator RSI sudah melewati garis 30, apakah sinyal BUY sudah valid?

Acoy   20 Jun 2022

@Acoy: Pada skenario gambar di atas, arah utamanya adalah turun sehingga posisi SELL-lah yang akan masuk, bukan buy.

Kalau Anda mengambil posisi BUY, maka Anda sedang masuk di koreksi.

Dengan demikian, lebih baik Anda masuk SELL saat harga pullback ke resisten. Dari segi probabilitas lebih bagus dan rasio risk/reward juga lebih bagus.

Kiki R   21 Jun 2022
 Bayu |  29 Aug 2021

Kak dana dari aplikasi BTCDANA itu emang real atau virtual aja,mohon dijawab kak🙏🙏

Lihat Reply [2]

@ Bayu:

BTCDana adalah aplikasi di Android untuk trading forex, bukan virtual. Anda harus deposit jika ingin trading melalui aplikasi tsb. Dari informasi yang kami dapatkan, untuk BTCDana minimum deposit adalah USD 5 (5 Dollar AS) dan bisa deposit melalui e-wallet seperti Ovo atau Gopay.

M Singgih   31 Aug 2021

1. Berapa keuntungan dr USD. 5,- per hari?

2. Apakah resiko USD 5,- dapat habis (lost)?

3. Apakah keuntungan investasi tetap (fixed) setiap hari? 

4. Apakah ada penetapan nilai tukar kurs USD saat transaksi awal investasi?

Terima kasih

Edward   27 Sep 2021
 

Komentar @inbizia

- Bagi trader pemula (newbie), akun demo forex akan memberikan gambaran yang sangat nyata tentang trading forex online.
- Akun demo forex berguna untuk mematangkan kemampuan dalam trading sebelum trader memutuskan untuk menggunakan akun riil, karena sekaligus berlatih melakukan analisa dan eksekusi trading.
- Trader pemula maupun berpengalaman dapat memanfaatkan akun demo forex untuk menguji coba sistem trading secara leluasa, tanpa perlu takut mengalami kerugian apabila melakukan kesalahan.
- Bagi trader yang masih menjajaki atau mencari broker, maka dapat mendaftar akun demo forex untuk melihat bagaimana performa teknis (server, speed, dsb) suatu broker.
 Rahman |  23 Jul 2021
Halaman: Benarkah Forex Trading Adalah Bisnis Online Paling Menjanjikan
Beda pola chart; Chart Pattern, Key Level, Analisa Volatilitas, sama Fibonacci Retracement ini apa kak? Nah, terus membedakannya gimana? Lalu, apa broker lokal ini kasih informasi gimana cara membaca pola-pola yang ada? Kedua, valbury kan katanya broker andalan di Indonesia. Apa yang membuat dia jadi broker andalan? apa biayanya murah? atau servisnya bagus, atau prediksinya yang selalu tepat?
 Devi |  21 Oct 2022
Halaman: Broker Lokal Yang Menyediakan Sinyal Autochartist
Terima kasih ulasannya gan. kalau dari penjabaran di atas, maxco sepertinya cocok dengan pemula. Untuk didimax, gede juga ya depositnya $10,000. saya penasaran fasilitas tambahan dari didimax itu seperti edukasi dan analis, apakah berpengaruh besar dalam menentukan keuntungan buat trader pemula gan? sepertinya bisa juga belajar atau mengambil ilmu dari tempat lain ya gaes ya?
 Andi |  25 Oct 2022
Halaman: Maxco Vs Didimax Mana Yang Terbaik Untuk Pemula
Berarti akun demo dan paper trading itu sebenarnya adalah hal yang sama. Mengenai demo dan realita sepertinya lebih banyak trader pemula yang apabila trading di akun demo sering profit meski profit palsu hehehe. Dibandingkan ketika trading menggunakan akun live. Malah sering boncos padahal cara trading juga sama aja dengan akun demo yang biasa dipakai. Istilahnya strategi di akun demo diterapin di akun live. Kira-kira mengapa ya bila trading latihan dengan akun demo lebih sering untung dibandingkan trading dengan akun live? Apakah brokers ada memberlakukan biaya lain-lain atau chartnya sengaja dibedaiin dikit?
 Chriss |  6 Nov 2022
Halaman: Apakah Paper Trading Menguntungkan
Kalau menurut gw, analisa fundamental dan teknikal dipelajari satu persatu dan memang terpisah, dengan kata lain tidak memiliki satu kesatuan yang mutlak. Analisa teknikal bersifat matematis dengan ilmu statistik sedangkan Analisa Fundamental adalah ilmu ekonomi khususnya ekonomi makro. Nah apa perbedaannya? Analisis Fundamental digunakan dalam perdagangan Forex jangka panjang which mean digunakan dalam memprediksi pergerakan (trend) pasar sebelum terjadi atau istilahnya leading. Contoh, ketika harga EUR/USD masih dalam keadaan bearish, trader langsung membuka posisi Long/Buy karena didorong indikator EUR bakal bullish kedepannya dengan mendengar berita, kebijakan eropa, tingkat perdagangan meningkat dsb. Sedangkan analisa teknikal memiliki price action lagging dimana ketika trend pasar sedang terjadi, trader baru membuka posisi. Hal ini karena biasanya analisa teknikal ini melihat chart dan konfirmasinya dengan begitu dia dapat memperhitungkan posisi yang aman untuk membuka posisi untuk take profit sehingga cocok sekali untuk trading jangka pendek karena berdasarkan perhitungan sehingga kedepannya pasar bakal seperti apa belum dapat diketahui dengan perhitungan. Jadi belajar analisa teknikal tidak akan mendapatkan ilmu fundamental begitu juga sebaliknya tetapi ilmu keduanya dapat digabung untuk memperkuat argumen strategi Forex kamu.
 Yerger |  7 Nov 2022
Halaman: Pengertian Analisa Teknikal
Bisa dibuka di Metatrader 4 kok, pak. Biasanya, informasi akun demo dikirim ke email. Kalau lupa atau tidak tahu password loginnya, bisa juga set password baru dari aplikasi seperti contoh di bawah ini:
 Inbizia Support |  1 Dec 2022
Halaman: Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Broker Monex
Event

Airdrop LUNA 2.0 Tahap 2

01 Desember 2022 - 01 Desember 2024
Airdrop

Indodax

Promosi

TikTok Star Tokocrypto

01 September 2022 - 15 Desember 2022
Total hadiah ribuan Dolar

Tokocrypto

Indodax Trading Warrior Desember 2022

01 Desember 2022 - 09 Januari 2023
Hadiah total Rp60 Juta

Indodax

Kompetisi Trading TokoChampion

21 November 2022 - 18 Desember 2022
Rp900 juta

Tokocrypto


Komentar[2]    
  Gilang   |   8 Jun 2022

Kalo aplikasi chart yang bisa memberikan saran referensi atau sinyal ada gak?

  Tradingviewer   |   10 Jun 2022

Coba TradingView aja gan. Di situ banyak ide-ide trading buat referensi.