PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 2 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

7 Cara Investasi Emas, Terbukti Aman Dan Menguntungkan

Anna 30 Jun 2019
Dibaca Normal 7 Menit
bisnis > emas >   #investasi-emas
Daripada beli emas batangan yang mahal, 7 cara investasi emas ini membutuhkan modal lebih rendah dengan potensi untung lebih besar!

Investasi emas termasuk salah satu usaha untuk mengembangkan kekayaan yang paling disukai di Indonesia. Namun, tak banyak yang tahu kalau cara investasi emas itu bukan hanya membeli emas batangan untuk disimpan dan dijual kembali di masa depan. Masih ada sedikitnya 7 cara investasi emas lain yang boleh jadi lebih aman dan menguntungkan dibandingkan dengan membeli emas batangan. Modal yang diperlukan pun tak semahal biaya membeli satu batang emas utuh. Apa saja itu? Mari simak ulasannya.

 

1. Tabungan Emas

Harga emas batangan saat ini sudah berkisar antara Rp600,000 per gram. Apabila Anda ingin membeli emas batangan, maka dana sebesar itulah yang harus disiapkan. Bagaimana jika tak punya dana sebesar itu? Tabungan Emas jawabannya.

Saat ini, Tabungan Emas difasilitasi oleh bank syariah dan pegadaian. Untuk ikut serta, Anda cukup datang ke kantor pegadaian atau bank syariah terdekat, kemudian mengungkapkan keinginan untuk membuka tabungan emas. Modal yang perlu disiapkan berbeda-beda untuk setiap lembaga, tetapi umumnya kurang dari Rp10,000 per hari. Amat ringan, bukan!?

Bedanya, tabungan emas di bank syariah bersifat pembiayaan (kredit), sedangkan di pegadaian termasuk transaksi pembelian dengan cicilan. Sebagai transaksi pembelian, Anda bisa mencairkan emas pegadaian segera setelah mencapai nilai minimal cetak 1 gram tanpa penentuan di perjanjian awal. Sedangkan tabungan emas di bank syariah baru dapat dicairkan setelah mencapai berapa gram emas yang ditentukan saat akad awalnya.

Cara Investasi Emas

 

2. Jual Beli Emas Online

Di era digital ini, apa sih yang tidak bisa diadakan secara online? Bukan hanya jualan pakaian dan investasi reksadana saja yang bisa dilakukan melalui internet, jual beli emas pun bisa lebih lancar jika dilakukan lewat dunia maya. Langkah-langkahnya amat sederhana:

  • Unduh aplikasi jual beli emas digital di Playstore. Ada banyak pilihan aplikasi seperti ini, misalnya e-mas, Tamasia, Indogold, dan Pegadaian Digital.
  • Buat akun di aplikasi tersebut. Biasanya, Anda akan diminta mengisi data diri, serta mengunggah pula scan atau fotokopi identitas diri (KTP/Paspor) dan NPWP.
  • Setelah itu, top-up dana ke akun via ATM atau e-banking, untuk dibelikan emas secara online lewat aplikasi yang sama. Syarat pembelian jual beli emas online juga bisa sangat rendah dibandingkan logam mulia batangan, yaitu mulai dari 0.0002 gram, Rp10,000, atau sejenisnya (persyaratan setiap aplikasi akan berbeda-beda). Jadi, Anda bisa top-up berapapun sesuai dengan dana yang siap diinvestasikan.
  • Beli emas terus dengan mencicil sedikit demi sedikit seperti menabung. Keuntungan bisa diambil dengan dua cara: (i) Setelah mencapai 1 gram atau jumlah lain yang dapat dicetak, Anda bisa meminta kepada pengelola aplikasi untuk mencetak dan mengirim emas itu ke rumah. Biasanya, pihak aplikasi akan mengenakan fee sebesar beberapa persen dari harga emas; (ii) Apabila tak ingin dicetak, Anda juga bisa membiarkan emas terakumulasi di akun tersebut hingga tak terbatas, lalu menjualnya secara online melalui aplikasi tersebut ketika harganya bagus.

Cara investasi emas yang satu ini sangat praktis dan memudahkan, karena Anda bisa mulai mengumpulkan emas mulai dari jumlah yang sangat kecil. Anda juga tak perlu pusing memikirkan tempat penyimpanan emas sendiri. Namun, Anda perlu berhati-hati untuk memastikan aplikasi benar-benar kredibel dan memiliki izin yang sesuai.

 

3. Arisan Emas Batangan

Arisan motor? Arisan mobil? Wah, kuno. Sekarang jamannya arisan emas batangan yang tidak hanya bersifat konsumtif, melainkan juga bernilai investasi. Pengajian ibu-ibu atau arisan keluarga pun bisa jadi lebih seru dan bermakna.

Bagaimana jika pemenang arisan awal malah mangkir bayar? Hal ini bisa dicegah dengan membuat kontrak perjanjian awal, atau dengan mengikuti program arisan emas Pegadaian. Setiap peserta menjadi terikat secara hukum untuk membayar sejumlah tertentu secara berkala dan rutin hingga semua menerima emas batangan dalam bobot yang sama.

 

4. Bisnis Emas Daur Ulang

Tahukah Anda bahwa perangkat elektronika seperti komputer dan ponsel itu mengandung emas? Jumlahnya per unit sangat kecil karena hanya digunakan sebagai electroplating (pelapis), tetapi jika dikumpulkan bisa jadi lumayan. Menurut World Gold Council yang dikutip oleh media Business Insider, setiap unit ponsel diperkirakan mengandung rata-rata 50 miligram emas, sedangkan setiap satu ton papan sirkuit komputer mengandung 200-250 gram emas.

Untuk memisahkan emas dari komponen elektronika dan mengumpulkannya menjadi logam yang dapat dijual kembali, hanya dibutuhkan bahan kimia dan pengetahuan cara melakukannya saja. Apabila sudah memahaminya, maka dengan investasi kecil bisa membangun bisnis emas daur ulang yang cukup menguntungkan.

Bisnis Emas Daur Ulang

 

5. Berburu Emas Second Hand

Pernahkah Anda mendengar mengenai lelang Pegadaian? Lelang Pegadaian mungkin lebih sering terdengar sebagai salah satu modus penipuan yang sedang marak saat ini. Namun, nyatanya kantor cabang Pegadaian memang sering mengadakan lelang secara berkala atas inventori yang tidak ditebus oleh pemiliknya. Sebagian properti lelang berupa barang-barang elektronik, tetapi sebagian lagi merupakan emas batangan, emas koin, dan perhiasan emas.

Harga barang saat lelang biasanya lebih rendah antara Rp50,000-100,000 dibandingkan harga resmi di toko perhiasan atau gerai Antam. Nah, apabila Anda masih bersikukuh untuk membeli emas fisik, maka ini merupakan opsi yang lebih hemat dan menguntungkan daripada membeli emas di toko perhiasan atau gerai Antam. Keamanannya terjamin, karena setiap item disertai surat-surat lengkap. Pembeliannya pun bisa dilakukan dengan mencicil ke Pegadaian, tidak harus dengan uang tunai.

 

6. Membeli Saham Perusahaan Emas

Cara investasi emas tidak harus dengan langsung memegang emasnya, melainkan dapat pula dengan perantaraan perusahaan yang menambang dan mengelola emas. Cara ini sering dianggap lebih aman dan menguntungkan karena perusahaan tentunya tidak hanya menambang emas saja, sehingga Anda terlindung dari kemungkinan jatuhnya harga emas, sedangkan keuntungan bisa lebih tinggi dengan modal yang lebih rendah.

Untuk memiliki saham perusahaan emas amat mudah, sama dengan cara investasi saham biasa. Anda cukup mendaftar dan membuka rekening di perusahan sekuritas, kemudian menyetorkan dana untuk dibelikan saham yang diinginkan. Saat ini, setidaknya ada lima emiten yang berhubungan dengan emas di Bursa Efek Indonesia, yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT United Tractors Tbk (UNTR), J Resources Asia Pasifik (PSAB), PT Hartadinata Abadi Tbk (HTRA).

Cara Investasi Emas(Simak juga: Harga Emas Hari Ini)

 

7. Trading Emas Spot (Forex) atau Emas CFD

Cara investasi emas terakhir ini paling canggih dan potensial, tetapi juga berisiko paling tinggi. Sifatnya bukan investasi jangka panjang, melainkan trading dengan menargetkan keuntungan dari fluktuasi naik-turun harga emas harian. Pelaku trading emas spot (forex) atau emas CFD bisa mendapatkan keuntungan ketika harga naik ataupun ketika harga turun, dan keuntungan bisa diperoleh dalam hitungan jam atau bahkan menit.

Caranya sama dengan trading forex atau CFD instrumen lain, yaitu dengan mendaftar dan membuka akun di suatu pialang berjangka (futures broker), kemudian menyetorkan dana untuk digunakan modal trading. Namun, opsi ini sebaiknya hanya dilakukan oleh orang yang sudah belajar forex dulu. Mengapa demikian? karena risikonya sangat tinggi. Fluktuasi harga emas di pasar spot atau CFD bahkan lebih drastis dibandingkan fluktuasi nilai tukar valas biasa, sehingga pemula yang tak memiliki bekal memadai biasanya langsung menderita kerugian besar.

 

Nah, diantara ketujuh opsi cara investasi emas ini, mana yang terbaik? Pilihan setiap orang berbeda-beda. Namun, apapun pilihan Anda, pastikan Anda telah memahami kekurangan dan kelebihannya. Sebelum mendaftar ke lembaga keuangan tertentu, ketahui perijinannya dan baca dulu baik-baik aturan investasinya. Hati-hati, banyak orang terjebak dalam penipuan emas bukan karena investasi emas itu buruk melainkan karena mereka bergabung dengan perusahaan yang salah.

Terkait Lainnya
Kategori Terkait
 
PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 2 jam lalu, #Saham Indonesia

Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 2 jam lalu, #Saham Indonesia

Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 20 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 20 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 23 jam lalu, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 23 jam lalu, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 1 hari, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 1 hari, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 1 hari, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 1 hari, #Saham Indonesia


Komentar @inbizia

Tentu aja emas asli gan. Soalnya mempertimbangkan resiko yg diterima saat investasi emas itu seperti kecurian, kerampokan, kehilangan. Biasnaya utk emas batangan itu merka simpan dalam safety box. Tau ga, utk harga safetybox itu lumyan mahal gan, dikisaran sekitar jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah jga ada. Makin mahal maka kualitas ketahanan utk dibobol dan terbakar itu smakin terproteksi dari hal tsb. Solusi lain, biasanya mreka ngebayar uang tahunan ke bank (uang sewa safety box). Kmudian seprti yg agan bilang, bahwa selisih spread di emas batangan terkadang sangat2 jauh shngga bisa disimpukan, biaya trading emas riil jauh lbh mahal dibandingkan trading emas CFD
 Jasen |  20 Jul 2023
Halaman: Keuntungan Trading Emas Di Broker Hfx
Gue breakdown dlu dahh perbadingannya dengan llist dibawah ini yaa jadi bsa di simpulkan mana yg modalnya lebih rendah: Modal Awal Trading Gold CFD: Buat trading Gold CFD, modal awalnya bisa lebih kecil karena ada leverage, jadi nggak perlu beli emas penuh. 1 lot di trading Gold itu biasanya berjumlah 100 troy ato sekitar 3.1 ton emas. Modal Awal Membeli Emas Fisik: Kalo mau beli emas fisik, ya harus bayar harga penuh emasnya. Klu kita asumsikan beli emas dngn berat yg sama yakni 3,1 ton. Maka bisa dipastikan modal yg dibutuhkan lbh tinggi Intinya, trading Gold CFD butuh modal awal lebih rendah daripada beli emas fisik karena leverage. Jadi, kalo punya modal terbatas, trading Gold CFD bisa jadi pilihan yang lebih cocok buatmu. Semoga membantu! Sukses dalam investasi emasmu!
 Grendy |  2 Aug 2023
Halaman: Perbandingan Trading Logam Mulia Di Hfx Dan Finex
Pagi all artikel yg ckp menarik utk para pecinta investasi emas spt sy ini. tp ada bbrpa hal yg ingn sy tnyakan terkait investasi emas. Saat ini emang msh bnyk orng yg lbh suka dg investasi emas baik itu batangan atau prhiasan termasuk sy, tp sebnrnya lebih untung mana sih antara investasi dg emas perhiasan atau emas batangan? soalnya bnyk yg blg klo emas btangan lbh menguntungan drpd nyimpen emas perhiasan. mungkin ada senior2 yg udh punya pengalaman ttg investasi emas btangan atau perhiasan, mngkin bs sharing pengalaman. jd org awam spt sy gini bs tau arah investasi emas yg hrs sy pake. makasih
 Dita |  4 Sep 2023
Halaman: Beli Emas Perhiasan Atau Batangan Ini Pertimbangannya
Aldo:gw bntu jwb ya bro sbnrnya tergantung dr emas apa yg akan lo jdkan investasi, apa lo mo pake emas forex atau pake emas perhiasan utk investasi, krna dua hal itu akan berbeda caranya agar bs menguntungkan. klo mislnya lo mau pake trading emas, maka setelah lo beli emas forex lo tinggal pake strategi scalping utk trading. klo pake strategi scalping maka lo hrs paham bener crnya dan lo hrs tau waktu2 tertntu dmna hrga emas itu mengalami kenaikan. dg kt lain klo lo msh pemula lo hrs bnyak2 latihan agar bs nerapin strategi trading scalping ini. tp klo lo mau investasi emas batangan maka lo hrs nyimpen emas itu dlm waktu yg bs dibilang cukup lama gak cm setahun atau dua tahun aja alias jangka panjang. jd lo beli emas batangan trus lo diemin aja lo simpan smpe harganya naek. tp dlm waktu menyimpan emas btngan itu lo jg bs terus nambah jumlah investasi lo dg membeli emas lg klo ada tambahan modal atau uang sisa. klo lo inves emas btngan trus dlm tiga bulan lo jual lagi, yg ada bukannya untung tp malah rugi, krna spt yg udah gw sbtkan td emas batangan itu investasi jgka panjang. jd skrg tinggal lo pilih aja mana yg menurut lo lebih nyaman dan lbh menguntungkan. thanks.
 Dino |  4 Sep 2023
Halaman: Mengupas Korelasi Harga Emas Dan Dolar As
Hai All, mau nanya2 dikit nih Harga emas emang kadang naek dan ada kalanya juga turun nah selain terpengaruh dg nilai mata uang dolar US apa aja sih faktor yg bs mempengaruhi naek trnnya hrga emas? Trus st lg nih yg mau gw tanyain knp ketika nilai dolar US turn banyak investor yg beralih investasi emas? shg bisa bikin hrg emas melonjak. apa gak ada investasi atau komoditas lain yg bs jd alternatif selain emas ktka nilai dolar US turun? mkash sbnlnya.
 Sansan |  4 Sep 2023
Halaman: Mengupas Korelasi Harga Emas Dan Dolar As
Anisa:Hai kak ijin nyanggah ya Sbnrnya emas merupakan salah satu investasi yg sngat diminati oleh para investor, mgkin kakak beranggapan klo emas itu hrs disimpan bertahun2 smpe hrga naik br dijual dan dpt keuntungan, itu jg merupakan investasi dan mgkin yg kakak maksud adalah emas batangan atau emas perhiasan. pdhl saat ini sudah beragam jenis investasi emas mslnya spt trading emas di forex atau emas forex. jika kita trading emas di forex kita bs kok dpt profit dg cpat asal kita tau caranya. gak perlu nunggu ampe brthun2, bahkan dlm hitungan jam aja klo kita bisa tau strategi tradingnya kita bs dpt bnyk keuntungan. selain itu di dunia investasi emas mrpkan salah satu pilihn invstasi yg bnyk diminati, krna emas mrpkan safe haven, atau aset investasi yg paling aman. apalagi klo model invstasinya pake emas btangan.
 Cece |  5 Sep 2023
Halaman: Investasi Syariah Dengan Budget Murah Apa Sajakah
Harga Emas Dunia
Hari Ini 2388.65
Kemarin 2388.40
Minggu Lalu 2372.70
1 Bulan Lalu 2195.00
2 Bulan Lalu 2027.50
3 Bulan Lalu 2038.50
6 Bulan Lalu 1982.70
Setahun Lalu 1981.30
Harga Emas Lokal
Hari Ini 1.230.000
Kemarin 1.230.000
1 Bulan Lalu 1.120.000
2 Bulan Lalu 1.043.000
3 Bulan Lalu 1.043.000
6 Bulan Lalu 990.000

Komentar[5]    
  Gugun   |   24 Jan 2023

Saya sangat tertarik dengan artikel ini, terutama pada poin ke-4, yaitu bisnis daur ulang emas. Saya memang pernah mendengar bisnis tersebut, tapi saya belum tahu cara memulainya. Dan selain itu saya juga belum tahu bagaimana cara mendapatkan emas dari komponen elektronik serta kemana saya harus menjualnya?

Mungkin dari penulis atau para pembaca artikel ini bisa memberikan gambaran, jawaban atau bahkan solusi permasalahan tersebut. Terima kasih.

  Hariyanta   |   24 Jan 2023

Untuk mendaur ulang emas dari berbagai komponen elektronik ada berbagai macam caranya, dan tidak mungkin kita bahas di sini. Mungkin Anda bisa melihat Youtube untuk mengetahui cara mendaur ulang emas karena banyak tutorialnya di Youtube. Mulai dari cara sederhana hingga dengan teknologi modern semua ada.

Setelah Anda berhasil mendaur ulang mungkin anda akan mendapatkan beberapa butiran kecil emas murni. Setahu saya dari puluhan kilogram komponen elektronik, mungkin hanya bisa menghasilkan beberapa gram emas.

Untuk masalah menjual emas tersebut, karena hasil daur ulang dan tidak memiliki dokumen resmi, sudah pasti harganya di bawah standar atau di bawah harga pasar. Anda mungkin bisa menghubungi beberapa toko emas yang sekaligus bisa melakukan pembuatan perhiasan atau emas batangan.

Karena tidak semua toko emas bisa membuat perhiasan emas atau mencetak emas batangan. Biasanya toko emas yang bisa membuat atau mencetak perhiasan, mau menerima atau membeli emas-emas hasil dari daur ulang.

  Indra   |   24 Jan 2023

Gugun:

Menurut saya, bisnis emas daur ulang memang menjanjikan, tapi jika tidak memiliki modal yang cukup, Anda harus mulai dari bawah dan bekerja ekstra keras. Jika Anda mulai dari bawah, sudah pasti anda memulainya dari home industri bukan langsung membuat pabrik pengolahan limbah elektronik menjadi emas.

Hal itu sudah pasti akan menguras waktu, tenaga, dan biaya. Mungkin Anda harus berpikir beberapa kali jika akan memulai bisnis investasi emas daur ulang. Menurut pendapat saya lebih baik Anda berinvestasi emas dengan cara lain.

Anda tinggal memilih investasi emas yang lebih mudah, seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel di atas. Misalnya cara yang paling mudah yaitu memulai investasi dengan tabungan emas.

Atau jika modal sangat terbatas, Anda bisa memilih jual beli emas online. Karena modalnya sangat kecil, mulai dari 10 ribuan saja.

  Mutiara   |   24 Jan 2023

Saya lebih tertarik dengan investasi jual beli emas online, karena caranya sangat mudah dan modalnya pun sesuai dengan kemampuan kita, dan yang terkecil hanya Rp10 ribu saja.

Tapi jujur saja saya masih agak takut dengan transaksi online dalam jumlah besar, karena sekarang ini banyak penipuan yang berkedok investasi secara online. Bahkan ada juga transaksi jual beli online yang oknum penjualnya melakukan penipuan, misalnya memberikan barang yang tidak sesuai dengan yang kita beli.

Mungkin ada saran toko online mana atau aplikasi mana yang benar-benar bisa dipercaya?

  Nuril   |   24 Jan 2023

Mutiara: Anda tidak perlu ragu dan bingung, karena saat ini hampir semua toko online bisa dipercaya. Tapi jika Anda masih ragu, mungkin anda bisa berinvestasi melalui Pegadaian Digital. Karena PT Pegadaian (Persero) mayoritas sahamnya adalah milik Bank BRI dan sebagian kecil milik pemerintah Indonesia.

Jadi sudah pasti tidak akan berani melakukan penipuan pada para nasabahnya, kecuali jika ada oknum pegawai yang sengaja melakukan penipuan untuk kepentingan pribadinya.

Jika Anda ingin berinvestasi emas melalui Pegadaian, mungkin caranya tidak terlalu rumit. Anda tinggal mengisi formulir, memiliki KTP atau identitas. Bahkan saat ini ada cara yang lebih mudah, seperti yang disebut dalam artikel di atas yaitu Pegadaian Digital.

Anda tinggal mendownload aplikasinya melalui gadget, dan mendaftar sesuai ketentuan yang diberlakukan dalam aplikasi tersebut. Memang modal yang kita keluarkan lebih dari Rp10 ribu, dan ada beberapa potongan biaya. Tapi yang jelas investasi Anda bisa aman dan terjaga.