7 Token DeFi Terbaik untuk Investasi di 2022

Yuvita 16 Feb 2022 Dibaca Normal 6 Menit
kripto > koin >   #token   #defi   #investasi-kripto
Dari sekian banyak jenis token yang beredar saat ini, token DeFi berbasis Ethereum boleh jadi adalah jenis yang menjanjikan karena kegunaan dan nilainya.

Tren cryptocurrency terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena semakin meluasnya pemahaman masyarakat tentang mata uang kripto ini. Terlebih lagi, sejak tahun 2020 silam mulai bermunculan platform keuangan yang mengadopsi jaringan blockhain kripto sebagai sistem dasarnya. Salah satu yang paling nge-hits baru-baru ini adalah lahirnya DeFi (Decentralized Finance).

Token DeFi Terbaik 2022

DeFi merupakan jaringan peer-to-peer (P2P) yang yang berkembang menjadi bagian standar dari portofolio kripto yang beragam. Platform DeFi dibuat dengan menggabungan dua perangkat yang digunakan, yakni Smart Contract dan Decentralized Applications. Tujuannya adalah menciptakan ruang untuk pengguna dalam melakukan transaksi dan menghasilkan keuntungan tanpa perantara maupun pengawasan dari otoritas tertentu.

Karena antusias masyarakat yang begitu besar, banyak token-token DeFi baru bermunculan. Fenomena ini bisa jadi kabar baik dan buruk. Kabar baiknya, pengguna akan lebih leluasa memilih karena tersedia banyak pilihan token DeFi yang menarik. Kabar buruknya, pemula yang baru terjun ke bidang ini akan mengalami kebingungan dalam menentukan pilihan terbaik.

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulas daftar koin kripto DeFi terbaik untuk investasi di tahun 2022. Apa saja itu? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

1. Avalanche (AVAX)

The Avalanche mainnet diluncurkan secara resmi pada bulan September 2020 oleh Ava Labs dan berhasil mengumpulkan USD42 juta dalam dua bulan untuk penjualan tokennya. Bahkan, sebanyak 72 juta token Avalanche (AVAX) habis terjual dalam kurun waktu kurang dari lima jam, sehingga tak mengherankan jika token Avalanche menjadi aset kripto DeFi terbaik saat ini.

Token DeFi Terbaik - Avalanche (AVAX)

Avalanche mengamankan jaringan melalui mekanisme staking atau Proof of Stake (PoS). Pemegang token AVAX bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran atau melakukan transaksi peer-to-peer (P2P). Saat artikel ini ditulis, koin kripto Avalanche (AVAX) berada di peringkat 9 berdasarkan total kapitalisasi pasar.

Sama halnya dengan crypto pada umumnya, cara beli Avalanche (AVAX) terbilang sangat mudah. Pasalnya, koin kripto ini diperdagangkan di beberapa platform crypto exchanges besar dalam negeri atau luar negeri, seperti OKEx, Binance, Tokocrypto, Indodax, dll.

 

2. Uniswap (UNI)

Uniswap adalah salah satu aset kripto DeFi terbaik dan terpopuler dengan volume perdagangan mencapai lebih dari USD178 juta. Selain itu, protokol Uniswap yang dibangun di atas jaringan Ethereum telah memiliki lebih dari 72.000 penyedia likuiditas serta 200 integrasi DeFi. Sejauh ini, Uniswap telah memfasilitasi lebih dari 40 juta perdagangan.

Token DeFi Terbaik - Uniswap (UNI)

Uniswap pertama kali dirilis pada 2018 oleh pendirinya yaitu Hayden Adams. Uniswap (UNI) memiliki total persediaan token sebanyak 1,000,000,000 (1 Miliar) UNI. Jumlah UNI yang beredar saat ini adalah 627 UNI. Di pasar, koin kripto Uniswap (UNI) hari ini Rabu(16/2/2022) berada di peringkat 24 berdasarkan total kapitalisasi pasar, dengan total market cap sebesar USD7.1 miliar.

Kunjungi juga: 10 Koin Kripto Terbaik Berdasarkan Market Cap

 

3. Cardano (ADA)

Kripto DeFi berikutnya yang menjadi favorit kebanyakan orang saat ini adalah Cardano (ADA). Koin ini pertama kali diluncurkan pada 2015 oleh perusahaan teknologi Input Output Hong Kong (IOHK) besutan Charles Hoskinson. Dengan efisiensi dan biaya transaksi yang murah, Cardano digadang-gadang sebagai alternatif blockchain generasi sebelum-sebelumnya yang memiliki biaya gas mahal.

Token DeFi Terbaik - Cardano (ADA)

Total pasokan maksimum Cardano adalah 45,000,000,000 ADA. Hingga 16 Februari 2022, setidaknya 57.6% dari total pasokan ADA sudah didistribusikan kepada investor dalam Initial Coin Offering (ICO). Program tersebut mampu mengumpulkan dana sebanyak USD62.2 juta. Koin ADA menduduki peringkat 7 berdasarkan total nilai kapitalisasi pasar dengan volume perdagangan harian sekitar USD1.2 miliar.

 

4. Chainlink (LINK)

Aset kripto DeFi terbaik berikutnya adalah Chainlink (LINK) yang pertama kali dibuat pada tahun 2017 di atas jaringan Ethereum. Chainlink adalah jaringan oracle terdesentralisasi yang memungkinkan Smart Contract Chainlink untuk menerima data secara akurat dari sumber eksternal (non-blockchain), seperti semua jenis API dan beberapa jenis umpan data eksternal lainnya.

Token DeFi Terbaik - Chainlink (LINK)

Chainlink memiliki persediaan maksimum 1 miliar token LINK. Sekitar 35% dari pasokan dijual selama ICO pada tahun 2017. Sisanya telah dialokasikan ke tim untuk pengembangan di masa mendatang, atau dikirim ke node jaringan untuk memberi insentif pada jaringan oracle yang terdesentralisasi.

Saat ini, Chainlink (LINK) berada di peringkat 22 berdasarkan nilai kapitalisasi pasar. Total market cap LINK yaitu sebesar USD7.9 miliar dengan volume perdangangan harian mencapai USD619 juta.

Baca juga: Perbedaan Token Vs Koin Kripto Yang Wajib Anda Ketahui

 

5. Polkadot (DOT)

Polkadot adalah suatu jaringan yang diciptakan untuk dapat menghubungkan jaringan blockchain yang satu dengan lainnya. Tidak seperti jaringan pada Bitcoin yang beroperasi sendiri, aset kripto ini memiliki jaringan multi rantai karena dapat menggabungkan jaringan bersama. Polkadot juga menjadi proyek terbaik dari Web3 Foundation. Proyek DeFi ini didirikan Gavin Wood bersama perusahaannya Parity Technologies pada tahun 2015. Gavin Wood juga menjadi salah satu pendiri asli Ethereum sekaligus mantan CTO Ethereum Foundation.

Token DeFi Terbaik - Polkadot (DOT)

DOT memiliki persediaan (pasokan) sekitar 1 miliar token saat ini, dan menduduki posisi 12 berdasarkan nilai kapitalisasi pasar dengan volume perdagangan harian mencapai USD864. Untuk memiliki Polkadot, pengguna dapat memperolehnya dengan melakukan jual beli di hampir seluruh crypto exchange ternama.

 

6. Polygon (MATIC)

Polygon diluncurkan oleh Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal, serta Anurag Arjun pada bulan Oktober 2017. Saat ini, sebanyak 7.1 miliar MATIC sudah didistribusikan dari total persediaan tetap yaitu 10,000,000,000 token. Polygon adalah salah satu aset kripto DeFi terbaik yang menjadi incaran para investor saat ini.

Token DeFi Terbaik - Polygon (MATIC)

Tercatat, mata uang kripto Polygon (MATIC) berada di posisi ke-15 berdasarkan jumlah nilai kapitalisasi pasar (market cap) dengan volume perdangan harian mencapai USD1 miliar.

Kunjungi juga: Koin Kripto dengan Kenaikan Tertinggi Hari Ini

 

7. Solana (SOL)

Solana didirikan oleh seorang insinyur perangkat lunak, yaitu Anatoly Yakovenko pada tahun 2017. Tim inti yang turut berpartisipasi dalam proyek ini terdiri dari Greg Fitzgerald, Stephen Akridge, dan tiga lainnya. Solana (SOL) merupakan proyek cryptocurrency berbasis blockchain dan open source yang dibangun dengan sistem kerja Proof-of-Stake (PoS).

Token DeFi Terbaik - Solana (SOL)

SOL juga memiliki total pasokan 506 juta dengan sekitar 60 persen dari jumlah total sudah berhasil diedarkan. SOL saat ini berada di peringkat 8 mata uang kripto (cryptocurrency) teratas dengan kapitalisasi pasar lebih dari USD 32 miliar. Sementara itu, volume perdagangan hariannya mencapai USD 1.9 miliar.

 

Selain token-token di atas, saat ini juga muncul sejumlah token gaming yang cukup menyita perhatian pelaku pasar kripto. Mengapa bisa demikian dan apa saja jenis token gaming yang menjadi buah pembicaraan? Simak informasi lengkapnya di 7 Token Gaming Paling Top untuk Play-to-Earn.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

mantabb.. tapi ane rada bingung soal nya ada perbandingan sama negara partner dagang. dalam bayangan ane trade balance surplus/defisit hitungan nya ya dari keseluruhan ekspor/impor dari semua negara partner dagang. klo dihubungkan seperti itu jadi kayak hubungan antar 2 negara aja. padahal negara partner dagang bukan berarti lebih kuat ekonominya meskipun jumlah ekspornya lebih banyak..
 Fadee Lah |  20 Jul 2014
Halaman: Dampak Neraca Perdagangan Pada Nilai Mata Uang
konvergen >< divergen
mhs konvergen cukup disimpulkan bergerak searah (moving towards or meeting at some common point)
Divergen sebaliknya (definisi sudah cukup tepat)
 _drt |  9 Jun 2015
Halaman: Apa Itu Konvergen Dan Divergen
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, neraca perdagangan pada Januari 2021 kembali mengalami surplus yang cukup tinggi yakni sebesar 1,96 miliar Dolar AS. Ini merupakan surplus Januari tertinggi sejak Januari 2014. Surplus perdagangan Januari 2021 disumbang oleh surplus neraca nonmigas sebesar 2,6 miliar Dolar AS dan defisit neraca migas sebesar 668,1 juta Dolar AS.
 Yanto |  7 Jul 2021
Halaman: Dampak Neraca Perdagangan Pada Nilai Mata Uang
@Wulandari: Banyak negara memberlakukan pajak kripto dengan beragam variasi kebijakannya di samping ada juga yang 100% membebaskannya. Ini beberapa di antaranya, sejauh yang saya temukan referensinya: - Jepang: Pajak kripto di sini tergolong sebagai pajak penghasilan dengan kategori pendapatan lain-lain dan jumlahnya relatif cukup besar, hingga 55%. Pajak kripto juga diberlakukan bagi wajib pajak luar negeri yang mempunyai aset ini dengan tarif final sebesar 20% dan dibayarkan saat yang bersangkutan meninggalkan Jepang. - Hong Kong: Di sini mata uang kripto yang digunakan untuk transaksi bisnis dikenakan pajak keuntungan. Tapi, kripto milik individu dan dipakai sebagai investasi jangka panjang tidak dikenakan pajak. - China: Kripto tidak diakui sebagai alat bayar yang sah di sini, sama seperti di Indonesia. Negeri Panda ini kabarnya mengenakan Pajak Penghasilan atau PPh atas keuntungan yang diperoleh dari penjualan kripto. - India: Belum ada ketentuan khusus terkait pajak kripto di sini. Namun, sejumlah media lokal menyebut pemerintah mempertimbangkan untuk mengenakan pajak atas semua aset dijital sebesar 30%. - Kazakhstan: Di sini pajak kripto justru dikenakan untuk kalangan penambang aset ini. Pemerintah menganggap penambangan kripto membuka banyak lapangan kerja plus mendorong konsumsi listrik. Tapi, infrastruktur untuk penambangan kripto bebas pajak. - Rusia: Ada wacana pengenaan pajak kripto di Negeri Beruang Merah ini namun masih pending, belum ada kejelasan. - Amerika Serikat: di Negeri Paman Sam, kripto diperlakukan sama seperti investasi saham, obligasi, dan properti. Apa yang berlaku di aset-aset tersebut, berlaku juga di kripto, termasuk dalam urusan pajak, dalam hal ini adalah pajak atas capital gain. Wajib pajak harus melaporkan transaksi kripto yang dilakukannya, tak peduli apakah statusnya untung atau rugi. Semua laporan harus masuk ke otoritas pajak, IRS (Internal Revenue Service). - Inggris: di sini kripto dianggap sebagai token dan transaksinya dianggap sebagai kegiatan investasi serta dikenakan pajak. - Portugal: di sini kripto dianggap sebagai alat pembayaran yang sah dan bukan tergolong sebagai aset. Dengan demikian, tidak ada pajak kripto di negeri ini alias 0%. Demikian semoga membantu.
 Rida |  19 May 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menghitung Pajak Kripto Di Indonesia
Bisa, mbak. Tapi juga jangan asal serok, pahami dulu risiko investasi kripto juga. Apalagi ini pasar kripto sedang memasuki masa bear market, jadi mending kalau mbak Indah mau serok, jangan langsung pakai semua dana yang ada. Bisa juga coba pakai strategi Dollar Cost Averaging. Untuk tahu lebih lengkap soal apa itu Dollar Cost Averaging, mbak Indah bisa coba cek di postingan ini. Salam.
 Evan |  3 Jun 2022
Halaman: Stocktoflow Cara Memprediksi Harga Bitcoin Di Masa Depan
Bantu jawab ya pak: Dari sisi alur transaksi di platform kripto, dengan sendirinya hal demikian akan membuat transaksi batal karena nampaknya pajak dan biaya trading adalah satu kesatuan, tidak terpisah-pisah. Di beberapa negara, investor kripto yang menolak untuk membayar pajak atau tidak memasukan investasi kripto dalam laporan pajaknya, dapat mengakibatkan denda, penalti, bunga, audit, dan bahkan sampai terancam pidana. Begitu sih kabarnya.
 Athar |  6 Jun 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menghitung Pajak Kripto Di Indonesia
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip