Alasan Utama UKM Perlu Menggunakan Mobile Payment

Wahyudi 17 Apr 2020 285

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat mendukung kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu masyarakat juga harus menyesuaikan diri agar tidak tertinggal oleh arus perkembangan teknologi. Awalnya, sektor bisnis kecil menengah dianggap sebagai bisnis recehan yang disepelekan dan dianggap cuma sekedar bisnis tradisional. Tapi ternyata, banyak inovasi dan ide yang bisa dikembangkan pada bisnis level pemula ini. Salah satu ide yang muncul adalah soal penggunaan Mobile Payment, apa alasannya? 

Alasan Utama UKM Perlu Menggunakan Mobile Payment(Baca Juga: Transaksi Uang Tunai Atau Dompet Digital, Mana Yang Lebih Baik?)

 

Tantangan Bisnis Di Sektor Menengah Ke Bawah

Bisnis ini awalnya juga dianggap tidak memiliki income yang besar dan menyerap sedikit tenaga kerja. Namun jangan salah, dengan menerapkan pengaplikasian teknologi dalam sektor usaha kecil menengah, sektor ini kini bisa menjadi tulang punggung dari kemajuan usaha di masyarakat. Pada level bisnis tingkat ekonomi menengah ke bawah, terdapat tantangan cukup besar. Salah satunya adalah bagaimana cara mengaplikasikan teknologi pada sektor bisnis kecil menengah tersebut.

Namun pelan tapi pasti, sektor bisnis ini mampu mengikuti kemajuan teknologi. Sejak adanya teknologi Mobile Payment untuk meningkatkan efisiensi produksi dan kemudahan transaksi, sektor bisnis kecil menengah ini dapat berkembang dan maju. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa sektor bisnis usaha kecil menengah perlu menggunakan Mobile Payment untuk sistem transaksinya.

 

  1. Meningkatkan Kenyamanan Dan Kemudahan Transaksi

Dewasa ini pengguna aplikasi Mobile Payment di Indonesia terus meningkat secara signifikan. Tak ayal penggunaan metode ini semakin marak digunakan untuk pembayaran transaksi, tak hanya transaksi online namun juga transaksi offline. Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan dari fitur Mobile Payment ini dirasakan sangat signifikan oleh para penggunanya. Dengan memanfaatkan Mobile Payment, seseorang tidak perlu lagi membawa cash dalam jumlah banyak.

Kita semua tentu sudah paham bahwa membawa uang cash dalam jumlah besar itu merepotkan dan juga sangat beresiko jika ke luar rumah. Dengan menerapkan sistem payment seperti ini, pelanggan juga merasa sangat dimudahkan dan mulai menggeser metode pembayaran secara konvensional.

mobile payment untuk umkm(Baca Juga: 3 Tren Mobile Payment Paling Populer Di Indonesia)

 

  1. Meningkatkan Keamanan Pengguna

Keamanan pengguna saat menggunakan Mobile Payment memang kerap ditonjolkan sebagai daya pikat saat sosialisasi penggunaan metode pembayaran yang satu ini. Apalagi, saat ini keamanan digital sudah semakin maju dan canggih. Resiko kecopetan di jalan jauh lebih besar dibanding kehilangan uang dalam transaksi Mobile Payment. Beragam cara telah dilakukan oleh pengembang untuk meningkatkan sistem keamanan dari Mobile Payment mulai dari otentikasi dua langkah, barcode, hingga pengenalan suara dan wajah sudah dikembangkan demi meningkatkan keamanan dari sistem pembayaran Mobile Payment ini.

 

  1. Memudahkan Analisa Bisnis

Dengan menerapkan Mobile Payment sebagai alat pembayaran dalam bisnis kecil menengah, menganalisa kebiasaan belanja dari para pelanggan Anda jadi sangat mudah. Rincian keuangan dan arus jual beli juga akan sangat mudah dikontrol karena semuanya sudah berbasis digital. Data akan menjadi lebih mudah Anda olah untuk meningkatkan potensi perkembangan bisnis. Pola pembelian konsumen seperti apa, kebiasaan belanja konsumen seperti apa, dan juga barang apa yang menjadi favorit konsumen akan sangat mudah untuk dianalisa. Anda bisa menentukan langkah berikutnya dalam mengembangkan usaha kecil menengah yang sedang dijalani. 

7 kutipan steve jobs(Baca Juga: Pesan Steve Jobs Soal Berbisnis)

Dari artikel di atas, telah dijelaskan bahwa banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda menerapkan Mobile Payment pada UKM. Pelanggan dengan tingkat kepuasan pelayanan yang tinggi akan betah dan semakin percaya dengan bisnis yang anda bangun. Kepercayaan dan kenyamanan konsumen ini dapat menjadi salah satu alasan bagi konsumen untuk terus menggunakan jasa anda sebagai seorang pengusaha.

 

Keamanan konsumen yang ditingkatkan juga akan menjadi salah satu poin penting dalam meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan konsumen saat berbelanja barang yang Anda jual dari usaha kecil menengah. Selain mengoperasikan bisnis pada dunia nyata, Anda juga bisa lho melakukan bisnis secara online dan mendapatkan keuntungannya. 

Kirim Komentar/Reply Baru
Cara menghentikan kerugian

Saya ambil 1lot di posisi sell 1456 dan order ke 1450, tp ternyata posisi bergerak naik terus ke posisi 1500, bgm caranya utk bisa stop kerugian?

Chrys 8 Aug 2019

Reply:

Erik T (11 Aug 2019 22:41)

Untuk Chrys,

Jika sampai saat ini Anda masih memiliki posisi Sell tersebut, saya asumsikan Anda bertrading tanpa SL atau Anda pasang SL yang lebar (long-term)?

Apapun itu, jika Anda merasa ragu akan posisi Anda, Anda dapat merealisasikan saja kerugian (cut loss) Anda saat ini. Karena sifat ragu dan bimbang tentu akan mempengaruhi psikologis trading Anda sehingga dapat mengganggu Anda dalam menganalisa pasar dan saat mengambil keputusan trading.

“...bgm caranya utk bisa stop kerugian?”

Satu-satunya cara untuk mengatasi merugian adalah dengan menetapkan stop loss. Perlu diketahui juga untuk tren emas saat ini masih sangat bullish. Meskipun demikian, bukan berarti emas tidak akan turun untuk terkoreksi. Oleh karena itu, Anda dapat menentukan stop loss di level resisten terdekat atau Anda juga bisa mengikuti ulasan analisa emas yang rutin kami hadirkan setiap harinya.

Semoga bisa membantu.

Jujun Kurniawan 50
Kredit