Pantar Purnawan |   20 Apr 2022 |   9

Analisa Fundamental Untuk Trading Kripto

Apakah trading kripto membutuhkan analisa fundamental?

  Nur Salim   |   20 Apr 2022

@Pantar Purnawan:

Analisa fundamental pada kripto sendiri bergantung dari keperluan trading yang bapak lakukan. Jika bapak merupakan seorang Day Trader ataupun Scalper maka analisa fundamental tidak akan terlalu banyak berpengaruh pada hasil trading yang dilakukan. Namun jika tujuannya untuk trading dengan jangka waktu yang lama atau bahkan investasi maka tentu saja analisa fundamental akan berguna.

  Pantar Purnawan   |   21 Apr 2022

terima kasih infonya pak.
kalau analisa teknikal yang bagus untuk trading kripto itu apa ya pak, mohon infonya. trims

  Nur Salim   |   22 Apr 2022

@Pantar Purnawan:

Untuk analisa teknikal sendiri sebenarnya hampir semua jenis analisa teknikal bisa digunakan untuk trading kripto. Hanya saja perlu saya tekankan, selalu lakukan pengujian mendalam terlebih dahulu dengan segala jenis strategi ataupun analisa teknikal yang digunakan. Pengujian ini berupa Backtest (pengujian pada masa lampau) dan Forward Test (pengujian pada masa kini). Untuk jenis strategi teknikal yang terkenal sendiri biasanya terbagi 3, yaitu:

1. Analisa teknikal tanpa indikator teknikal

Umumnya analisa dengan jenis ini dilakukan secara khusus hanya dengan melihat pola-pola tertentu yang muncul pada harga. Jenis aplikasinya ada dengan menggunakan Chart Pattern, Candlestick Pattern, SnR, Wave, SnD, dll. Contohnya adalah penggunaan pola Candlestick Bullish Engulfing dalam trading kripto berikut:

engulfi-kripto

2. Analisa dengan menggunakan bantuan teknikal indikator

Jenis analisa teknikal yang kedua ini khususnya memanfaatkan berbagai macam Tools sebagai dasar atas pengambilan keputusan. Tools atau indikator yang terkenal sendiri ada bermacam-macam seperti Moving Average, RSI, MACD, Bollinger Bands, dll. Contohnya adalah penggunaan EMA dalam trading Bitcoin berikut:

ema-btc

3. Perpaduan antara keduanya

Jenis analisa teknikal yang ketiga dan saya rekomendasikan adalah menggabungkan antara kedua jenis analisa teknikal sebelumnya secara bersamaan. Contohnya pengguaan pola Candlestick Engulfing dan Moving Average sebagai berikut:

ema-engulfing

Terima kasih, semoga bisa sedikit mencerahkan.



Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip