Analisa US OIL (WTI) Mingguan: Peluang Dari Area Konfirmasi Harian

Ardi99 23 Jul 2018 279

Halo pembaca, saya melihat adanya suatu peluang entry di komoditas US OIL. Harga membentuk pola dan reaksi harga yang menarik untuk peluang hari ini sampai 27 Juli 2018.

Simak US OIL dalam Daily Chart berikut:

US Oil Daily - 23 Juli

Dalam gambar chart di atas, harga tampak hanya bergerak naik perlahan di sekitaran batas bawah arus kenaikan sebelumnya, yang membuat potensi penurunan di minggu ini masih terlihat cukup valid untuk berlanjut. Amati reaksi yang akan coba dibentuk selama harga masih bergerak di dalam area konfirmasi, untuk menemukan indikasi lanjutan minat para Seller di komoditas ini.

Untuk ulasan entry minggu ini, mari kita simak US OIL dalam 4-hour chart berikut:

US Oil H4 - 23 Juli

Mari kita analisa gambar di atas untuk entry terbaik kita. Saya sudah menentukan Level Support dan Resistance berikut:

Berdasarkan gambar di atas, Seller masih lebih unggul mendominasi pembentukan harga sejak awal minggu lalu; harga hanya berlanjut dalam pergerakan yang lemah saja setelah penurunan kuat terjadi. Hal ini menggambarkan adanya percobaan beli di tengah penurunan minat jual yang terbentuk sejak 17 Juli 2018 lalu.

Minggu ini, area Resistance dan garis EMA-200 juga akan membantu kita mengkonfirmasi kekuatan Buyer; apakah mereka akan mencoba menekan naik harga atau malah hanya akan menggerakan harga dengan lemah saja, sebagai indikasi peluang jual balik yang menarik. Dalam analisa minggu ini, saya masih lebih condong pada potensi Downtrend.

 

Very interesting, right?

Dalam pergerakan pada gambar di atas, peluang Beli dan Jual masih sama kuat, memungkinkan Persentase yang menurut analisa teknikal saya adalah (Buy: 50%, Sell: 50%).

Nah, dalam pandangan atau prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yang kita analisa di atas, kita akan mencoba melihat peluang entry yang tersedia. Tetapi, teknikal tidak mengijinkan asumsi bermain, maka entry terbaik yang dapat dilakukan ialah, kita akan terus melihat pergerakan CLOSE PRICE pada Candle 4 hours.

 

Setup saya untuk Breakout opportunity,

Setup saya untuk Pullback opportunity,

Gunakan Risk Reward selalu minimal 1:1.5 dan trailing stop (manual maupun otomatis) bila diperlukan. Bisa menggunakan level-level Support dan Resistance untuk referensi analisa Anda menentukan Stop Loss dan melakukan Cut Loss, tetap waspada terjadinya konsolidasi harga.

Tetap gunakan money management yang baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yang sehat, semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam melakukan analisa pada market.

harga minyak hari ini

Kirim Komentar/Reply Baru
Sistem 164
Data  
strategi mother candle / inside bar
permisi master saya mau tanya apakah jika kita menggunakan strategi Price actions mother candle / inside bar dengan mengikuti trend apakah harus menunggu breakout mother candle atau cukup terbreak saja ? dan bagusnya untuk target TP menggunakan Suport resisten terdekat atau perbandingan risk : reward misalkan 1 : 2 dan seterusnya ? terimakasih sebelumnya

Aji 14 Nov 2017

Reply:

M Singgih (17 Nov 2017 00:50)

@ Aji:

- … apakah jika kita menggunakan strategi Price actions mother candle / inside bar dengan mengikuti trend apakah harus menunggu breakout mother candle atau cukup terbreak saja ?

Jawaban:

Istilah terbreak dan breakout sama saja, artinya menembus level tertinggi atau terendah dari mother bar (bar sebelum inside bar).
Dalam hal ini Anda harus menunggu inside bar-nya selesai terbentuk. Setelah tampak jelas mother bar dan inside bar, kemudian Anda tunggu bar setelah inside bar, bar tersebut menembus level tertinggi atau terendah dari mother bar. Kalau break level tertinggi maka bisa open buy dan sebaliknya kalau break level terendah bisa open sell.
Berikut contoh untuk yang break level tertinggi mother bar:



Tetapi sebaiknya dikonfirmasi juga dengan level-level resistance / support, dan juga indikator seperti moving avererage, RSI, parabolic SAR, MACD atau Bollinger Bands untuk memastikan validitas sinyalnya. Ini penting karena bisa terjadi sinyal palsu (fakey) setelah inside bar, yaitu seolah-olah break tetapi balik lagi.
Baca: Trading Dengan Sinyal Palsu Setelah Inside Bar

-… bagusnya untuk target TP menggunakan Suport resisten terdekat atau perbandingan risk : reward misalkan 1 : 2 dan seterusnya ?

Jawaban:

Ada beberapa cara untuk menentukan TP, selain level resistance / support juga bisa dengan indikator misalnya moving average (sebagai resistance / support dinamis), parabolic SAR dan juga Bollinger Bands. Mana yang lebih logis dan obyektif. Maksudnya kalau resistance / support dianggap kurang valid karena mungkin hanya resistance / support minor maka bisa menggunakan patokan indikator.
Baca juga:
Cara Menentukan Take Profit
Indikator Parabolic SAR Sebagai Exit Point
Menggunakan Indikator Bollinger Bands

Mengenai risk/reward ratio, agar dalam jangka panjang bisa profit konsisten usahakan minimal risk/reward ratio-nya: 1:1. Kalau dari analisa kurang dari 1:1, kebanyakan trader yang mengutamakan money management memilih untuk tidak entry.