Analisa US OIL (WTI) Mingguan: Peluang Di Resistance Minor Harian

Ardi99 24 Sep 2018 555
Dibaca Normal 4 Menit

Harga masih ditarik ulur di area resistance minor harian. Meski cenderung bullish, konfirmasi Uptrend masih memerlukan breakout dengan candle Bullish besar dan naiknya Volume beli.



Halo pembaca, saya melihat adanya suatu peluang entry di komoditas US Oil. Harga membentuk pola dan reaksi harga yang menarik untuk peluang hari ini sampai 28 September 2018.

Simak US Oil dalam Daily Chart berikut:

US Oil Daily - 24 Sep 2018

Dalam gambar chart di atas, harga terlihat kembali mendapatkan tekanan beli secara perlahan, yang membuatnya terdorong naik kembali di sekitar harga tertinggi sebelumnya. Di minggu ini, saya coba memetakan adanya area resistance minor yang berasal dari titik-titik penolakan di masa lalu. Dari situ, harga tampak masih memiliki potensi membentuk penolakan atau False Breakout dari batas atas resistance minor, selama penguatan tekanan beli belum terbentuk. Naiknya tekanan beli bisa dilihat dari ukuran body candle Bullish yang panjang dan Volume tinggi.

Untuk ulasan entry minggu ini, mari kita simak US Oil dalam 4-hour chart berikut:

US Oil H4 - 24 Sep 2018

Mari kita analisa gambar di atas untuk entry terbaik kita. Saya sudah menentukan Level Support dan Resistance berikut:

  • Resistance2 (R2): 73.17
  • Resistance1 (R1): 71.57
  • Support1 (S1): 69.90
  • Support2 (S2): 68.35

Berdasarkan gambar di atas, harga minggu lalu cenderung bergerak dalam kenaikan yang cukup kuat sejak awal pekan, tapi secara umum masih mengalami gejolak transaksi di sekitar harga tertinggi sebelumnya. Kenaikan yang cukup baik itu membuat saya memetakan adanya garis kenaikan mingguan, yang akan menjadi batasan dari setiap upaya jual minggu ini. Breakout dari garis ini akan menggambarkan penguatan dari arus Daily Downtrend sebelumnya.

Di minggu ini, fokuskan analisa pada reaksi harga terhadap batasan-batasan gejolak sebelumnya, yang diwakili oleh R1 dan S1. Meski harga masih memiliki potensi tertolak karena pengaruh area resistance minor, tapi peluang kelanjutan arus Uptrend masih cukup potensial, candle-candle Bullish di minggu lalu selalu terbentuk dengan Volume yang lebih besar dibandingkan candle Bearish.



Very interesting, right?

Dalam pergerakan pada gambar di atas, peluang Beli dan Jual masih sama kuat, memungkinkan Persentase yang menurut analisa teknikal saya adalah (Buy: 50%, Sell: 50%).

Nah, dalam pandangan atau prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yang kita analisa di atas, kita akan mencoba melihat peluang entry yang tersedia. Tetapi, teknikal tidak mengijinkan asumsi bermain, maka entry terbaik yang dapat dilakukan ialah, kita akan terus melihat pergerakan CLOSE PRICE pada Candle 4 hours.

 

Setup saya untuk Breakout opportunity,

  • Buy : Bila harga close candle 4 Hour menembus level R1 dengan sempurna (body candle yang jauh dari batas atas R1), maka bersiap mencari posisi Entry BUY terbaik, Anda pun dapat membiarkan posisi Anda mencapai level R2 (level Resistance terkuat saat ini) untuk melihat reaksi pasar terhadap level tersebut untuk naik kembali atau tidak.
  • Sell : Bila harga close candle 4 Hour menembus level S1, maka bersiap mencari posisi Entry SELL terbaik, Anda pun dapat membiarkan posisi Anda mencapai level S2 (level Support terkuat saat ini) untuk melihat reaksi pasar terhadap level tersebut untuk turun kembali atau tidak.

Setup saya untuk Pullback opportunity,

  • Sell : Bila harga close candle 4 Hour tidak menembus level R1 (seperti membentuk bear pin bar), maka bersiap mencari posisi Entry SELL terbaik, tapi bila harga mencapai dan menembus level ini, maka bersiap untuk Cut Loss. Dapat diterapkan di level R2 juga.
  • Buy : Bila harga close candle 4 Hour tidak menembus level S1 (seperti membentuk bull pin bar), maka bersiap mencari posisi Entry BUY terbaik, tapi bila harga mencapai dan menembus level ini, maka bersiap untuk Cut Loss. Dapat diterapkan di level S2 juga.

Gunakan Risk Reward selalu minimal 1:1.5 dan trailing stop (manual maupun otomatis) bila diperlukan. Bisa menggunakan level-level Support dan Resistance untuk referensi analisa Anda menentukan Stop Loss dan melakukan Cut Loss, tetap waspada terjadinya konsolidasi harga.

Tetap gunakan money management yang baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yang sehat, semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam melakukan analisa pada market.

harga minyak hari ini



Forum

Musya (01 Sep 2018)

malam tim SF....saya mau nanya nih, jika saya ingin trading dgn teknik SnD yg di kombine dgn indikator moving averages, apakah untuk pemilihan periode seting MA nya hrs disesuaikan dgn TF yg sy gunakan atau bebas? untuk melihat trend secara garis besar dgn menggunakan TF D1, misalnya kita menandai snd...

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Harga Minyak Hari Ini
Harga Minyak Hari Ini
Sistem   11 Jun 2020   2319  
Benarkah analisa di akun demo lebih mudah daripada di akun real?
apakah akun demo diseting lebih mudah drpd akun real? selain memang menggunakan uang virtual. maksud saya pegerakan trade dan analisis nya, apakah memang di seting lebih mudah atau akun demo dn real hanya berbeda di uang nya saja?

Dani 8 Apr 2015

Reply:

Basir (10 Apr 2015 07:37)

Akun demo dirancang untuk  memudahkan para pemula mengetahui dasar-dasar kondisi pasar. Dalam prakteknya - Pada akun demo sering kali  tidak memiliki rasa takut kehilangan modal. Dan karena itu, kadang ada posisi terbuka dibiarkan saja bahkan sampai di hari selanjutnya. Jika posisi benar maka bisa profit besar. Jika posisi salah, tinggal bikin akun demo yang baru lagi.

Jika akun real, tidak akan dibiarkan begitu saja, ditunggu, begitu +5 pips main sikat ! Ketika minus banyak, dibiarkan...berharap kembali ! Dia tidak bikin akun baru lagi lalu deposit, proyek mengembalikan posisi adalah prioritasnya. Kemudian banyak masalah ditemui dalam perjalanan tradingnya, akhirnya pikiran kacau  dan MC juga.

Antara akun demo dan akun real memang berbeda. Ada perbedaan kinerja antara perdagangan live account dan demo account yang dapat dikaitkan dengan masalah eksekusi. Yang akhirnya hasil yang dicapai dari trading di demo account dapat berbeda jauh dari hasil live trading yang sebenarnya.

Thanks.

US OIL (WTI): Breakout Memperkuat Tren Bearish
US OIL (WTI): Breakout Memperkuat Tren Bearish
Ardi99   29 Oct 2018   538