Analisa US OIL (WTI) Mingguan: Peluang Setelah Gagal Breakout Dari Pola Wedge

Ardi99 29 May 2018 279

Halo pembaca, saya melihat adanya suatu peluang entry di komoditas US OIL. Harga ini membentuk pola dan reaksi harga yang menarik untuk peluang sampai 1 Juni 2018.

Simak US OIL dalam Daily Chart berikut:

US Oil Daily - 28 Mei

Dalam gambar chart di atas, harga kini telah mendapatkan tekanan jual yang cukup kuat setelah tetolak dari batas atas pola Wedge (garis-garis hitam). Namun penurunan tampak dibentuk dari Volume yang tidak lebih besar dari setiap tekanan beli sebelumnya. Sehingga, ada kemungkinan harga akan kembali tertolak atau mendapat tekanan beli balik yang cukup baik saat masih berada di sekitaran level Swing sebelumnya (di sekitar batas bawah pola Wedge).

Untuk ulasan entry minggu ini, mari kita simak US OIL dalam 4-hour chart berikut:

US Oil H4 - 28 Mei

Mari kita analisa gambar di atas untuk entry terbaik kita. Saya sudah menentukan Level Support dan Resistance berikut:

Berdasarkan gambar di atas, tampak harga mulai jatuh sejak Selasa minggu lalu (22 Mei 2018) tanpa adanya pembentukan candle Bullish bertubuh besar. Jika kita melihat dari sisi Volume, maka tampak ada penurunan perlahan (lihat garis merah) yang menandakan keselarasan dengan pergerakan harga; pada saat harga mencoba bergerak dalam tekanan beli (lihat garis ungu), harga masih memiliki Volume cukup kuat, sedangkan saat mulai bergerak turun (setelah break garis ungu), volume mulai merendah.

Hal itu bisa menjadi sebuah indikasi peluang harga untuk menguat kembali, karena Volume jual yang masih rendah dibandingkan Volume beli sebelumnya. Reaksi harga yang coba dibentuk di dalam range antara level R1 dan level S1 minggu ini akan menjadi konfirmasi minat beli balik yang tinggi seperti beberapa minggu sebelumnya.

Untuk yang berpandangan harga akan kembali jatuh, bisa mengamati reaksi harga saat mencoba naik; jika masih bergerak lemah dengan pola yang tidak begitu jelas dan Volume yang rendah, maka hal ini bisa menjadi sebuah peluang penurunan kembali yang cukup valid.

 

Very interesting, right?

Dalam pergerakan pada gambar di atas, peluang Beli dan Jual masih sama kuat, memungkinkan Persentase yang menurut analisa teknikal saya adalah (Buy: 50%, Sell: 50%).

Nah, dalam pandangan atau prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yang kita analisa di atas, kita akan mencoba melihat peluang entry yang tersedia. Tetapi, teknikal tidak mengijinkan asumsi bermain, maka entry terbaik yang dapat dilakukan ialah, kita akan terus melihat pergerakan CLOSE PRICE pada Candle 4 hours.

 

Setup saya untuk Breakout opportunity,

Setup saya untuk Pullback opportunity,

Gunakan Risk Reward selalu minimal 1:1.5 dan trailing stop (manual maupun otomatis) bila diperlukan. Bisa menggunakan level-level Support dan Resistance untuk referensi analisa Anda menentukan Stop Loss dan melakukan Cut Loss, tetap waspada terjadinya konsolidasi harga.

Tetap gunakan money management yang baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yang sehat, semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam melakukan analisa pada market.

harga minyak hari ini

Kirim Komentar/Reply Baru
Sistem 164
Apakah efektif kalau menunggu data ekonomi calendar

maaf sebelumnya jika kita menunggu hingga lbh kurang 30 mnt atau 1 jam dan ternyata di economic calendar itu akan ada data lagi,dan dengan mata uang yg sama apa itu akan efektif pak? terimakasih

Desta Adi 17 May 2017

Reply:

Basir (17 May 2017 15:01)

Untuk Desta Adi..

Anda bisa perhatikan, apa data tersebut high impact atau tidak ?, jika iya, maka diperkirakan akan ada pergerakan mata uang yang cukup tinggi. Jika data sebelumnya High Impact kemudian data selanjutanya berpotensi sama, maka bisa menguat/melemah, mengikuti pergerakan sebelumnya atau berbalik dari pergerakan sebelumnya.

Jika data sebelumnya bergerak kecil dan selanjutnya Low atau medium impact, bergeraknya sangat kecil. Jika data sebelumnya menghasilkan high impact, sementara data yang akan dirilis low atau medium, pergerakan mungkin terbatas/kecil.

Thanks

Aska Ghazali (18 May 2017 07:20)

Jika data sebelumnya menghasilkan high impact, sementara data yang akan dirilis low atau medium, pergerakan mungkin terbatas/kecil.

Ini yang terbatas apakah pergerakan dari data pertama atau data kedua master? Maaf saya masih mencoba paham dunia perforekan

Basir (18 May 2017 09:41)

Untuk  Aska Ghazali...

Jika data sebelumnya dirilis High Impact, dan hasilnya cukup signifikan terhadap mata uang tersebut, kemudia ada data yang akan dirilis, namun Low atau Medium, maka hasil pergerakan mata uang tersebut diperkirakan akan terbatas pergerakannya, karena data tersebut bukan data High Impact.

Thanks.

M Singgih (21 May 2017 05:02)

@ Desta adi:
Yang dilihat yang berdampak medium dan tinggi saja. Kalau yang satu berdampak medium dan yang lain berdampak tinggi maka masuk yang dampaknya tinggi. Kalau sama-sama berdampak medium atau sama-sama berdampak tinggi maka bisa masuk semua.

@ Aska Ghazali:
Data yang berdampak tinggi akan lebih lama efeknya, jadi kalau waktu rilisnya berdekatan abaikan yang berdampak medium dan rendah..

Admin (22 May 2017 09:16)

Anda juga bisa mendapatkan beragam tips menarik seputar news trading di sini:

  • 3 Langkah Trading Ketika Ada Rilis Fundamental Penting
  • Rahasia dan Realita Strategi News Trading
  • Memanfaatkan Eforia Pasar Saat Release News

Serta kiat-kiat analisa fundamental di sini.

Abu Ibrahim Al-Hashimi (02 Nov 2019 07:56)

@Desta Adi
Mungkin saja efektif mungkin saja tidak, menurut saya lebih baik hindari berita penting karena chart jadi tidak stabil, kita cukup tau berita fundamental, tapi usahakan jangan trading dengan acuan berita fundamental, kalau mau aman pakai analisa teknikal aja, kadang analisa fundamental ini angin-anginan juga katanya dollar menguat karena rilis berita baru amerika ternyata dollar malah jatuh. mungkin aja ada banyak yg pakai analisa fundamental jadi jumlah lot yg masuk sangat besar hingga merubah trend. investor juga berperan merubah arah trend.