Analisa US OIL (WTI) Mingguan: Potensi Breakout Dari Arus Kenaikan

Ardi99 17 Jul 2018 275

Halo pembaca, saya melihat adanya suatu peluang entry di komoditas US OIL. Harga membentuk pola dan reaksi harga yang menarik untuk peluang hari ini sampai 20 Juli 2018.

Simak US OIL dalam Daily Chart berikut:

US Oil Daily - 17 Juli

Dalam gambar chart di atas, harga tampak mencoba untuk menembus batas bawah Arus Kenaikan, setelah mengalami tekanan jual yang cukup kuat di awal minggu ini. Secara teknikal, harga masih terlihat berada dalam animo jual yang cukup kuat dan menarik, sehingga ada kemungkinan retest pada batas bawah Arus Kenaikan tersebut. Ini akan menjadi potensi jual selama Volume transaksi sell masih kuat.

Untuk ulasan entry minggu ini, mari kita simak US OIL dalam 4-hour chart berikut:

US Oil H4 - 17 Juli

Mari kita analisa gambar di atas untuk entry terbaik kita. Saya sudah menentukan Level Support dan Resistance berikut:

Berdasarkan gambar di atas, minat kuat Seller sangat terlihat dari ukuran candle Bearish yang sangat dominan. Volume-nya juga mampu menjauh turun dari garis EMA-200, sehingga mengkonfirmasi jika harga telah beralih ke sisi Downtrend. Candle-candle Bullish tak kuasa mengatasi tekanan pelemahan, sehingga mengindikasikan masih tingginya minat jual terhadap WTI.

Akan tetapi, waspadai jika di minggu ini harga membentuk pelemahan candle Bearish, karena bisa menjadi indikasi awal terbentuknya pola reversal atau potensi masuknya transaksi beli yang lebih baik dari minggu sebelumnya. Hal ini karena level-level Support di minggu ini dibentuk dari level penolakan yang di masa lalu bertindak dengan cukup efektif.

 

Very interesting, right?

Dalam pergerakan pada gambar di atas, peluang Beli dan Jual masih sama kuat, memungkinkan Persentase yang menurut analisa teknikal saya adalah (Buy: 50%, Sell: 50%).

Nah, dalam pandangan atau prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yang kita analisa di atas, kita akan mencoba melihat peluang entry yang tersedia. Tetapi, teknikal tidak mengijinkan asumsi bermain, maka entry terbaik yang dapat dilakukan ialah, kita akan terus melihat pergerakan CLOSE PRICE pada Candle 4 hours.

 

Setup saya untuk Breakout opportunity,

Setup saya untuk Pullback opportunity,

Gunakan Risk Reward selalu minimal 1:1.5 dan trailing stop (manual maupun otomatis) bila diperlukan. Bisa menggunakan level-level Support dan Resistance untuk referensi analisa Anda menentukan Stop Loss dan melakukan Cut Loss, tetap waspada terjadinya konsolidasi harga.

Tetap gunakan money management yang baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yang sehat, semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam melakukan analisa pada market.

harga minyak hari ini

Kirim Komentar/Reply Baru
Sistem 164
Lihat Arah Tren Atau Kekuatan Tren?
yg paling akurat melihat trend itu dilihat pada arah trendnya atau kekuatan trendnya

Dimas 10 Mar 2016

Reply:

Basir (14 Mar 2016 07:14)

Untuk Dimas...

Dalam hal ini, yang perlu dilakukan adalah mengetahui atau mendeteksi arah trend terlebih dahulu. Setelah itu adalah, mendeteksi apakah trend akan berubah/berakhir atau akan terus belanjut (kekuatan tren).

Dalam kondisi ini anda perlu memiliki indikator atau sistem trading sebagai alat bantu. Jika hal ini anda lakukan maka anda bisa memiliki panduan atau alasan untuk open dan exit trading. Ada banyak indikator dan sistem trading yang bisa digunakan. Yang paling mudah adalah yang bisa membuat anda nyaman. Arah dan kekuatan Trend hanya merupakan sebuah kesimpulan atas analisa dari sistem trading indikator yang digunakan.

Anda bisa menyimak tentang hal ini di mengetahui arah/lanjutan trend.

Thanks.