Analisa US OIL (WTI): Peluang Di Sekitar Area Support Mingguan

Ardi99 31 Jan 2018 239

Halo pembaca, saya melihat adanya suatu peluang entry di komoditas US OIL ini, melihat komoditas ini membentuk pola dan reaksi harga yang menarik untuk peluang hari ini sampai 6 Februari 2018.

Simak US OIL dalam Daily chart berikut:

US OIL Daily

Dalam gambar chart di atas, harga yang sebelumnya telah mem-breakout area harga tertinggi mingguan (Kotak Biru) masih tampak belum mampu menjauh dengan membentuk pergerakan penurunan. Saya pun coba menggambarkan arus kenaikan dengan Garis Merah yang terhubung dari level – level low.

Hal ini mengindikasikan meningkatnya minat para Seller terhadap harga tertinggi, sehingga minggu ini kita fokuskan pada reaksi dan tekanan volume transaksi untuk menemukan ada tidaknya peluang berlanjutnya penurunan pada komoditas ini.

Untuk ulasan entry minggu ini, mari kita simak US OIL dalam 4 hour chart berikut:

US OIL H4

Mari kita analisa gambar di atas untuk entry terbaik kita. Saya sudah menentukan Level Support dan Resistance berikut:

Oke, berdasarkan gambar di atas, harga di minggu lalu cenderung menguat untuk membentuk level harga tertinggi baru yang langsung mendapat sentimen jual sejak awal minggu ini ( 29 Januari 2018). Hal ini menggambarkan minat jual yang masuk menjadi respon terhadap penurunan minat beli, dimana tampak dari ukuran candle Bullish (hijau) yang perlahan memendek.

Minggu ini, dalam pandangan saya harga akan mendapat tekanan jual kembali untuk membentuk level terendah baru. Karenanya, amati reaksi harga untuk mem-breakout level low sebelumnya (diwakili level S1 minggu ini) ataupun mengalami koreksi atau pullback saat retest pertama level low di minggu ini. Fokuskan pula pada volume yang terbentuk di tiap candle minggu ini, agar lebih objektif terhadap market.

 

Very interesting, right?

Dalam pergerakan pada gambar di atas, peluang Beli dan Jual masih sama kuat, memungkinkan Persentase yang menurut analisa teknikal saya adalah (Buy: 49%, Sell: 51%).

Nah, dalam pandangan atau prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yang kita analisa di atas, kita akan mencoba melihat peluang entry yang tersedia. Tetapi, teknikal tidak mengijinkan asumsi bermain, maka entry terbaik yang dapat dilakukan ialah, kita akan terus melihat pergerakan CLOSE PRICE pada Candle 4 hours.

 

Setup saya untuk Breakout opportunity,

Setup saya untuk Pullback opportunity,

Gunakan Risk Reward selalu minimal 1:1.5 dan trailing stop (manual maupun otomatis) bila diperlukan. Bisa menggunakan level-level Support dan Resistance untuk referensi analisa Anda menentukan Stop Loss dan melakukan Cut Loss, tetap waspada terjadinya konsolidasi harga.

Tetap gunakan money management yang baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yang sehat, semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam melakukan analisa pada market.

harga minyak hari ini

Kirim Komentar/Reply Baru
Sistem 164
Cara Trading Dengan Fibonacci Retracement Yang Benar

Master,

Cara Trading Dengan Metode Fibonacci Retracement itu sebenarnya gimana ya ??

Dari Artikel yang ada disini saya belum paham betul soalnya ...

Shifu 18 Jan 2014

Reply:

Basir (18 Jan 2014 09:50)

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentang alat Fibonacci adalah bahwa ini bekerja lebih baik ketika pasar sedang dalam tren.

Idenya adalah untuk buy long (atau membeli) pada retracement pada tingkat dukungan fibonacci ketika pasar sedang tren naik, dan untuk sell short (atau menjual) pada retracement pada tingkat resistensi fibonacci ketika pasar sedang tren turun.

Dalam rangka untuk mencari tingkat retracement, Anda harus mencari level yang cukup penting dari Swings high dan Swing Lows. Kemudian, untuk downtrend, klik pada Swing High dan tarik kursor ke Swing low terbaru.

Untuk uptrends, lakukan sebaliknya. Klik pada Swing Low dan tarik kursor ke Swing high terbaru.

thanks.

Kiki R (21 Nov 2019 08:28)

@Shifu: Cara trading dengan menggunakan fibonacci retracement adalah trading mengikuti trend dan mengukur perkiraan koreksi dengan fibonacci retracement. Idealnya harga koreksi ke 38.2%, 50.0% atau 61.8% sebelum melanjutkan impulse trendnya.

Sebagai contoh trend naik dari harga 50.00 ke harga 150.00 kemudian mengalami koreksi. Kita bisa menggunakan fibonacci untuk mengukur perkiraan jarak koreksinya dengan menarik fibonacci retracement dari harga 50.00 ke 150.00. Sebaliknya jika harga sedang trend turun, maka fibonacci retracement ditarik dari atas ke bawah untuk melihat koreksi naik sebelum melanjutkan penurunan. 

Terima Kasih