Apa Bedanya Menyimpan Uang Di Deposito Dan Tabungan?

Anna 14 Feb 2014 401990

Meski deposito dan tabungan sama-sama disimpan di bank, tapi ternyata memiliki karakteristik dan konsep yang berbeda.

Masyarakat sering bingung, apa bedanya antara Deposito dan Tabungan. Toh, dua-duanya sama-sama menyimpan uang di Bank, kan!? Sama-sama kena pajak 20% juga. Padahal, konsep keduanya amat berbeda. Pihak Bank pun umumnya memberikan tingkat bunga yang berbeda bagi dana di Deposito dan Tabungan.

perbedaan deposito dan tabungan

 

Deposito Simpanan Berjangka, Tabungan Bisa Diambil Kapan Saja

Perbedaan paling utama antara Deposito dan Tabungan adalah fleksibilitas penarikan. Sebagai simpanan berjangka, Deposito tidak bisa diambil kapan saja seperti Tabungan. Deposito dirancang dengan tenor (jangka waktu) tertentu, ada yang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Bila Anda menyimpan uang di Deposito 3 bulan, maka Anda tidak bisa mengambil dana-dana disana sebelum waktu 3 bulan itu tercapai. Akan ada denda yang cukup besar jika Anda menarik deposito sebelum waktunya. Penarikan Deposito juga tidak bisa dilakukan dimana saja ada ATM seperti tabungan. Deposito hanya bisa ditarik dari Bank dimana Anda memasukkan deposito tersebut. Sebaliknya, dana-dana di tabungan bisa ditarik kapan saja dan dimana saja.

Sebagian orang memanfaatkan perbedaan ini untuk mengatur keuangan pribadi mereka. Caranya adalah dengan memisahkan dana untuk kebutuhan jangka panjang dengan kebutuhan rutin dan darurat. Dana untuk kebutuhan jangka panjang, jika disimpan di rekening tabungan yang sama dengan dana untuk kebutuhan rutin dan darurat, maka nantinya akan terpakai untuk membayar keinginan sesaat.

Oleh karena itu, setelah terkumpul jumlah tertentu di rekening tabungan, mereka menyimpannya dalam deposito yang lebih sulit untuk ditarik. Selain dana aman dari diri sendiri, juga bisa meraup pendapatan bunga yang lebih tinggi.

 

Bunga Deposito Lebih Tinggi Daripada Tabungan

Bank-bank biasanya menetapkan bunga yang lebih tinggi untuk deposito daripada untuk tabungan. Sebagai contoh, ketika artikel ini ditulis, bunga tabungan di BCA maksimum adalah 2.05%, sedangkan bunga deposito Rupiah dengan tenor 1 bulan saja sudah 7,50%. Jika bunga tabungan Anda biasanya habis termakan biaya administrasi, maka dengan deposito setidaknya masih ada sedikit keuntungan yang tersisa.

suku bunga deposito(Kunjungi juga: Kalkulator Bunga Deposito)

Di Bank Syariah, bahkan sistem pemberian manfaat bagi nasabah antara deposito dan tabungan saja sudah berbeda. Rekening Tabungan biasanya berskema wadi'ah (titipan), dimana prinsipnya adalah Anda 'menitipkan' sejumlah uang di bank, dan kemudian bank akan memberikan 'bonus' sejumlah tertentu kepada Anda. Sesuai dengan prinsip non-riba, bonus ini bukan berupa persentase seperti bunga.

Sedangkan Deposito di Bank Syariah berskema mudharabah (bagi hasil), dimana Anda menaruh dana di bank untuk disalurkan oleh bank ke pembiayaan (kredit), kemudian keuntungan bank dari penyaluran itu akan dibagi dengan Anda sebagai nasabah berdasarkan proporsi tertentu. Bonus wadi'ah biasanya jauh lebih kecil daripada bagi hasil mudharabah.

 

Deposito Itu Investasi, Tabungan Itu Tabungan

Bunga Deposito yang lebih tinggi daripada Tabungan menjadikan sifat Deposito berbeda dengan Tabungan. Deposito termasuk dalam golongan instrumen investasi, sebagaimana juga saham, reksadana, obligasi, forex, properti, emas, dan lain sebagainya.

Dibandingkan potensi profit dari instrumen investasi lain, potensi profit Deposito adalah yang paling rendah. Namun, resiko investasi dalam bentuk Deposito juga yang paling rendah. Oleh karena itu, investasi Deposito sangat cocok bagi mereka yang awam dengan investasi dan mereka yang tidak ingin mengambil risiko tinggi. Selain itu, banyak juga yang memasukkan Deposito sebagai salah satu komponen dalam portofolio investasi-nya sembari berinvestasi di sektor lain yang berisiko lebih tinggi.

Di sisi lain, menyimpan uang di rekening Tabungan bukan tindakan investasi. Kecilnya bunga rekening Tabungan kadang malah membuat dana Anda lama-lama habis atau berkurang karena dipergunakan untuk membayar biaya administrasi secara otomatis. Rekening Tabungan tepat sebagai tempat penyimpanan dana masuk dan dana keluar rutin serta cadangan situasi khusus.

Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan ada tiga perbedaan utama antara Deposito dan Tabungan, yaitu fleksibilitas penarikan, besarnya manfaat yang akan Anda dapatkan, serta perbedaan sifat dana yang disimpan di Deposito dan Tabungan. Nah, apakah Anda tertarik untuk menyimpan di Deposito, atau sudah merasa cukup dengan Tabungan saja? Keputusan ada di tangan Anda.

 

Bagi Anda yang tertarik membuka rekening deposito di bank tapi masih ragu karena beberapa alasan, maka bisa berpedoman pada artikel Menimbang Untung-Rugi Deposito.

Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1    

Nofa Astuti 3 NOV 2020

Assalamualaikum wr wb

Mau tanya? Kalo nabung deposit tp tiap bulan nggak nabung itu saldo berkurang nggak ya?

reply
Anna 3 NOV 2020

Mohon maaf, pertanyaan Anda agak membingungkan. Coba simak lagi artikel di atas. Nabung itu pada rekening tabungan bank biasa, yang uangnya bisa ditarik dan ditambah kapan saja. Sedangkan deposito itu berbeda.

<br><br>

Deposito berjangka itu dibuka dengan setoran satu kali saja di awal, kemudian baru dapat ditarik setelah jatuh tempo.Uang pokok deposito tidak bisa ditambah maupun ditarik setiap saat, melainkan cuma bisa dicairkan setelah jatuh tempo saja. Bunga deposito nanti juga hanya akan diberikan setelah jatuh tempo.

<br><br>

Kalau menyimpan uang di tabungan, Anda harus isi terus karena uang Anda bisa habis termakan biaya admin tiap bulan. Tapi kalau menyimpan uang pada deposito, Anda tak perlu isi terus dan tidak akan kena biaya admin.

Trading Pin Bar Kurang Cocok Buat Newbie?
ane sempet baca trading pin bar,, keliatan nya gampang,,

tapi kok banyak yang nyebutin itu kurang cocok ya buat newbies?

apa sebetul nya ada analisa tambahan selain melihat formasi pin bar sbg penunjuk reversal?

Yanuardi 12 Feb 2015

Reply:

Basir (12 Feb 2015 14:43)

Pin bar merupakan sebuah istilah dari Pola candle yang membentuk ekor panjang (mirip paku ). Yang perlu diketahui, tiap jam/time dari server broker adalah berbeda-beda.

Anda bisa melakukan penelitan menggunakann 2,3,4 atau lebih MT4 broker. Coba perhatikan 1 kurs pair mata uang yang sama dengan time frame yang sama pula. Maka anda akan mendapati pola-pola candle yang berbeda. Coba perhatikan dari M15 - D1 atau yang lebih besar. Apa penyebabnya ? karena pembukaan / penutupan harga yang berbeda. Silahkan perhatikan timenya. Ada broker yang pola candlenya masih bergerak, ada broker yang pola candlenya sudah siap membentuk candle baru.

Misal menggunakan TF-H4 :

Di broker A, timenya menunjukan 16.00 (candle masih bergerak). Dibroker B, timenye sudah masuk 17.00 (masuk candle baru), dan seterusnya.

Bagi mereka yang ingin trading dengan news, perhatikan bahwa :
1. Harga akan bergerak sebelum news dirilis.
2. Harga akan bergerak bersamaan news dirilis.
3. Harga akan bergerak setelah news dirilis.

Demikian.

Thanks.

M Singgih (15 Sep 2015 00:52)

@ yanuardi:
Trading berdasarkan sinyal dari pin bar tidak bisa mengandalkan pin bar-nya semata, tetapi juga level support atau resistance (bisa juga level Fibonacci retracement atau expansion), dan indikator teknikal sebagai konfirmator momentumnya. Trader sering menggunakan indikator Bollinger Bands dan MACD.
Berikut ini contoh EUR/USD H1 (time frame 1 jam) dengan indikator MACD dan Bollinger Bands:



Tampak pin bar yang terbentuk mendapat rejection (penolakan) dari level resistance 1.1187 dan kurva upper band indikator Bollinger Bands. Entry sell ketika kurva indikator MACD telah memotong kurva sinyal (warna merah) dari arah atas, dan garis histogram OSMA berada dibawah level 0.00. Exit setelah kurva MACD memotong kurva sinyal dari arah bawah.
Pin bar mencerminkan sentimen pasar, jadi seharusnya cocok untuk sinyal trading, baik bagi newbies maupun yang sudah lama trading. Bagi newbies sebaiknya sering berlatih. Keterangan mengenai pin bar bisa baca: Mengupas Strategi Trading Dengan Pin Bar

Suku Bunga Deposito Bank
Sistem 915
Data  
Kalkulator Bunga Deposito
Sistem 2501