Apa itu ARA Hunter?

Linlindua 28 Feb 2021 348
Dibaca Normal 7 Menit

Salah satu strategi trading saham yang baru-baru ini menarik perhatian trader adalah ARA Hunter. Pernahkah Anda mendengar istilah ini sebelumnya?



Coba ingat-ingat kembali apa yang Anda rasakan ketika pertama kali terjun dalam dunia trading; sudah pasti sangat kebingungan terhadap berbagai istilah baru yang cukup banyak bukan? Selain itu, Anda juga harus mengetahui poin terpenting dalam trading, yakni kapan waktu entry Sell atau Buy.

Saat ini, ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh broker demi kenyamanan dan kepuasan trader. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dalam sebuah komunitas trading. Rekan-rekan sesama trader disana kerap kali memberikan rekomendasi broker yang sebaiknya Anda pilih, atau instrumen mana yang memiliki potensi keuntungan menarik.

Memilih Broker Saham(Baca Juga: Daftar 10 Broker Saham Terbaik Untuk Pemula)

Cukupkah dengan hanya berbekal teori? Tentu tidak. Akan lebih baik bila Anda langsung terjun ke pasar, sehingga Anda tahu strategi trading seperti apakah yang cocok diterapkan. Mungkin Anda akan sering mengalami kegagalan di masa-masa awal bertrading. Akan tetapi, kegagalan tersebut bisa menjadi bahan pembelajaran, sehingga pengetahuan Anda kian meningkat.

Nah dalam artikel kali ini, penulis akan membagikan cara tetap cuan untuk pemula. Adapun strategi trading yang akan digunakan disebut ARA Hunter. Pernahkah Anda mendengar istilah ini sebelumnya? 

 

Mengenal Apa Itu ARA Hunter

ARA Hunter merupakan metode trading kilat yang diperkenalkan oleh Hendra Martono alias Hok Hwan, seorang novelis sekaligus trader yang cukup tersohor di kalangan pemain saham lainnya. Berdasarkan pengalamannya bermain saham, Hendra mengaku sangat dipusingkan oleh berbagai macam rumusan dan analisa teknikal yang sering diperkenalkan dalam dunia trading. Apakah Anda juga merasa senasib dengan pria satu ini?

Mengenal Sosok Hendra Martono

Menurutnya, menilai harga saham melalui proyeksi analisa data teknikal saja tidaklah mudah. Perlu perhitungan dan analisa yang jeli supaya trader tidak terjerumus. Bermula dari kebingungan menerapkan teori trading selama praktek tersebut, Hok Hwan mulai mencari cara bagaimana agar trader pemula tidak asal trading. Dari sinilah kemudian tercipta strategi ARA Hunter yang diwujudkannya dalam bentuk platform digital.



 

Keunggulan Trading Kilat ARA Hunter

Jadi, sistem ARA Hunter pada dasarnya menerapkan formula fundamental melalui proses filtering. Di sini, Anda akan mendapatkan banyak rekomendasi saham berperforma baik dan diperkirakan memiliki potensi cuan tinggi. Tentu saja, ada banyak kelebihan yang akan Anda terima ketika bertrading dengan ARA Hunter.

Bagi pemula, tentu saja trading menggunakan aplikasi ini sangat membantu, terutama jika Anda masih bingung cara menerapkan teknik analisa yang ideal. Meski demikian, hanya mengandalkan ARA Hunter selama trading bukan pilihan terbaik. Memang aplikasi ini memberikan analisa market dan rekomendasi bagi investor, tetapi akan lebih baik jika Anda juga mengembangkan pemikiran yang rasional. Dengan demikian, akan tercipta kemandirian selama bertrading saham.

Cara Investasi Saham(Baca Juga: 4 Tips Investasi Saham Anti Gagal Untuk Pemula)

Pada dasarnya, ARA Hunter tidak jauh berbeda dari aplikasi trading lainnya, karena Anda hanya perlu melihat indikator dan beberapa list saja yang dianggap profitable. Namun, selalu tanamkan dalam diri bahwa setiap bisnis ada risikonya. Jadi, jangan lelah belajar mengenai investasi saham agar kerugian tersebut bisa diminimalisir.

 

Dilengkapi Seminar Dan Pelatihan Trading

Selain mendapatkan rekomendasi saham, penggunaan sistem ARA Hunter juga bisa memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam seminar dan pelatihan trading, misalnya bagaimana berada di posisi paling menguntungkan selama di bursa saham. Seminar dan pelatihan yang disediakan oleh ARA Hunter sudah tersedia dan berlaku di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan beberapa kota besar lainnya.

Seminar Trading Ara Hunter

Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah, seminar dan pelatihan ini tak serta merta membuat Anda tiba-tiba mahir trading. Sebab, setiap level memiliki kemampuan berbeda-beda dalam menyerap dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh. Akan tetapi, ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh melalui seminar dan pelatihan trading, antara lain:



  • Tersedianya tempat pelatihan atau workshop trading dengan mentor atau pembicara yang profesional. Ini akan memudahkan para newbie (pemula) untuk berinteraksi langsung dengan para ahli tersebut. Hal serupa tidak akan diperoleh jika Anda belajar trading secara otodidak atau belajar sendiri via internet.
  • Kedua, pelatihan trading secara tatap muka memungkinkan trader untuk mendapatkan tools (perlengkapan trading) secara cepat dan tepat, dibandingkan mencarinya sendiri satu per satu di internet. Di sini biasanya sudah tersedia perlengkapan trading siap pakai, contohnya komputer, software trading, buku panduan trading, dan lain sebagainya. Ini akan membantu peserta didik untuk melakukan praktek secara langsung dengan tools yang sudah ada.
  • Bagi para trader pemula, pelatihan trading dapat membantu mereka mempelajari dasar-dasar dan cara trading yang benar. Sementara bagi trader profesional, mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan menyebarkan ilmu bermanfaat pada para pemula.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba untuk memperbanyak pengalaman dan challenge sehingga bisa lebih optimal dan profesional dalam menghadapi berbagai situasi selama trading.

 

Bagaimana Performa ARA Hunter?

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah memang semudah itu mendapatkan cuan?

Percaya atau tidak, beberapa pengguna aplikasi ARA Hunter bahkan menyatakan mereka bisa mendapatkan profit hingga 20%. Secara sekilas, menjadi seorang milyarder tampak amat mudah ya? Nah untuk menjawab keraguan Anda, berikut sedikit review yang mungkin bisa membantu Anda mengambil keputusan.

Jadi, keberadaan aplikasi ARA Hunter sebenarnya belum diketahui banyak orang. Secara garis besar, peran software ini berguna untuk mendeteksi saham-saham yang berpotensi mengalami auto reject atas (ARA), sehingga profit yang diperoleh bisa melejit dalam hitungan hari saja. Bisa dikatakan, aplikasi ARA Hunter membantu trader mengetahui kondisi sebuah saham ketika melejit ke atas. Sehingga, profit sebesar 20%, 25%, hingga 35% bisa langsung diperoleh hanya dalam satu hari, tergantung berada dimana harga saham tersebut.

Trading Saham Tanpa Analisa(Baca Juga: Bisakah Investasi Dan Trading Saham Tanpa Analisa?)

Melihat kondisi pasar saham melalui trading sesungguhnya, memang tak menampik kemungkinan bila seorang trader bisa mendapatkan saham auto reject atas dalam satu hari. Inilah yang menjadi alasan mengapa trading menjadi candu. Ditambah lagi, adanya software pendeteksi saham ARA membuat seseorang merasa penasaran untuk mencobanya, dengan harapan akan mendapatkan jackpot lagi. Siapa tahu, usaha dari penggunaan metode aplikasi ARA Hunter kali ini bisa berhasil.

Pertanyaannya, apakah ARA Hunter benar-benar akan berhasil? Bagaimana efektivitasnya jika dibandingkan metode penilaian saham lainnya?

Dilihat dari kacamata investor terkait keberadaan software ARA Hunter ini, sebenarnya tidak masalah metode apa yang digunakan. Poin terpenting adalah hasilnya. Jika menurut trader lain ataupun bahkan Anda sendiri selaku pengguna software ini berhasil mendapatkan saham ARA minimal satu kali sebulan dan mendapatkan nilai portofolio yang lebih besar, maka teruskan. Logika saja, mengapa Anda harus repot membeli ULTJ dengan rata-rata profit 20% per tahun, jika bisa mendapatkan profit 20% seminggu atau setiap bulan?

Lain halnya jika setelah menggunakan metode ARA Hunter justru hasilnya nyangkut kemana-mana. Jika demikian, lebih baik cari metode lain saja. Pasalnya, tidak semua metode memberikan hasil yang baik tanpa kekurangan. Pun, setiap trader memiliki metode sendiri-sendiri, sehingga status "strategi trading terbaik" memiliki kecenderungan sifat yang relatif.



 

Kesimpulan

Meski berstatus sebagai trader pemula, bukan berarti Anda tidak bisa mahir membaca pasar. Keinginan untuk terus mengasah kemampuan diri pasti akan mengantarkan Anda pada kesuksesan trading. Dengan pengalaman yang panjang hingga bertahun-tahun lamanya, tentu akan memberikan kemudahan bagi para trader dalam memahami analisis teknikal pasar saham.

Saat ini, metode value investing tidak begitu populer mengingat hadirnya analisis yang jauh lebih menarik seperti ARA Hunter. Metode analisis teknikal ini jauh lebih disukai pihak broker, sebab profit 20-25% dalam seminggu jauh lebih menggiurkan daripada metode investing yang harus menunggu satu tahun untuk profit yang senilai.

Selain itu, metode value investing tidak memberikan trading fee bagi broker. Jadi, bagaimana dengan posisi Anda? Sudahkah menemukan analisis yang tepat untuk trading?



Forum

Bayu (11 Apr 2020)

Maaf sebelumnya pak, saya baru belajar tentang forex ini. Banyak yg belum saya ketahui. Yang mau saya tanyakan1. apa maksud periode dalam trading?2. Berapa lama waktu yg dibutuhkan dalam 1 periode?3. Dalam indikator ADX ada yg membuat periode di angka 14. Dan anda membuat angka 50 di periode ADX. Maksudnya...

Selengkapnya...

Kode Saham Last Change(%)  
VRNA 166 34.96%
ALDO 710 13.6
BBSI 2,730 24.66%
CENT 334 15.97%
DAYA 278 13.01%
ESTA 115 11.65%
AYLS 90 34.33%
PANI 137 28.04%
MTWI 191 30.82%
BIMA 71 33.96%

Kirim Komentar/Reply Baru
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Linlindua   30 Mar 2021   214  
Apakah Warna Hammer Dan Hanging Man Berpengaruh?

Master, mau tanya tentang formasi candle. Pertama disamain dulu persepsinya: Bull = Hijau, Bear = Merah. Tentang hammer dan hanging man. Dari teori yang ada, Hammer: konfirmasi akan terjadinya bullish tren & hanging: konfirmasi akan terjadinya bearish tren. Yang mau saya tanyakan apakah warna hammer & hanging berpengaruh ya? Misalkan: hammer berwarna hijau & merah bisa dikategorikan sbg konfirmasi bullish ataukan HARUS hammer berwarna hijau saja yg dikategorikan sbg konfirm bullish? dan apakah HARUS hanging man berwarna merah yang merupakan konformasi bearish. Mohon pencerahannya. Thanks

Yanto 18 May 2012

Reply:

Basir (18 May 2012 14:54)

Sekalipun warna berbeda beda yang paling penting Anda paham apa nama candlestik tersebut.

Artikel tentang candlestick :
Grafik Candlestick
Pola Candlestick

Thanks

Kiki R (16 Sep 2019 22:09)

@Yanto: Perbedaan warna pola candlestick hammer dan hanging man tidak berpengaruh dalam konfirmasi. Hammer yang ditutup merah tetap berfungsi sebagai konfirmasi bullish layaknya hammer yang ditutup hijau. Begitu pula hanging man yang ditutup hijau tetap berfungsi sebagai konfirmasi bearish layaknya hanging man yang ditutup merah.

Apa Yang Terjadi Jika Saham ARA?
Apa Yang Terjadi Jika Saham ARA?
Anna   30 Mar 2021   128  
3 Saham Asing Terbaik Untuk Swing Trading
3 Saham Asing Terbaik Untuk Swing Trading
Tomy Zulfikar   16 Feb 2021   277  
Kiat Sukses Day Trading Saham Untuk Pemula
Kiat Sukses Day Trading Saham Untuk Pemula
Nandini   11 Dec 2020   710  
Daftar 10 Broker Saham Terbaik Untuk Pemula
Daftar 10 Broker Saham Terbaik Untuk Pemula
Yulinda   30 Sep 2020   3447  
5 Tips Diversifikasi Portofolio Investasi
5 Tips Diversifikasi Portofolio Investasi
Febrian Surya   29 Sep 2020   1088  
Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Febrian Surya   22 Sep 2020   814