Apa Itu FUD di Pasar Kripto dan Contoh Kasusnya


Linlindua 31 Jul 2021 66Dibaca Normal 8 Menit

FUD di pasar kripto menjadi suatu istilah yang kerap akan trader dengarkan. Apa itu FUD dan bagaimana ia bisa mempengaruhi market kripto?



FUD merupakan singkatan dari Fear, Uncertainty, Doubt. Apabila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, maka berarti Ketakutan, Ketidakpastian, Keraguan.

Dalam bahasa sehari-hari, FUD di pasar kripto merupakan adanya penyebaran berita hoax atau berita yang masih diragukan kebenarannnya, untuk menakut-nakuti orang awam terkait pergerakan kripto. Hal ini bertujuan untuk membuat harga merosot tajam. Bagaimana mungkin?

Begini contohnya: Aldi membeli 100 unit koin dari salah satu jenis kripto seharga Rp1000/unit. Beberapa waktu kemudian, terdengar berita FUD di media yang menyebabkan harga turun menjadi Rp750/unit. Aldi yang mendengar kabar tersebut menjadi cemas dan takut apabila harga semakin turun sehingga semakin bertambah kerugiannya. Akhirnya, Aldi memutuskan untuk menjual semua unit di harga Rp750/unit saat itu.

Coba bayangkan, jika ada seribu orang yang melakukan hal serupa dengan Aldi, maka harga market bisa anjlok. FUD yang berhasil akan membuat harga koin pada market kripto turun drastis. Kesempatan inilah yang ingin dicapai oleh si penyebar FUD, sehingga bisa membeli koin sebanyak-banyaknya ketika harga rendah.

apa itu fud

 

Apa itu FUD?

Pada intinya, istilah FUD berlaku untuk menggambarkan situasi yang penuh rasa takut sehingga menghalangi investor untuk bertransaksi. FUD sangat mempengaruhi cara investor aset kripto dalam trading, membeli koin, atau menyimpan koin. Nah, rasa takut inilah yang nantinya tercermin pada perubahan harga kripto yang sangat besar.

Terkadang, sumber rasa takut FUD ini berasal dari sesuatu yang konyol dan tidak berdasarkan pada kenyataan. Misalnya, seorang influencer dengan jumlah pengikut banyak menyatakan bahwa Bitcoin akan meledak. Pernyataan tak berdasar tersebut akhirnya berhasil membuat pengikutnya ketakutan dan mengambil tindakan gegabah.

Simak Juga: 5 Kesalahan Umum Trader Kripto Pemula

 

Apa Beda antara FUD vs FOMO?

Baik FOMO dan FUD sangat related dengan kehidupan sehari-hari, termasuk selama trading. Namun, apakah perbedaan diantara keduanya?



Istilah FOMO (Fear of Missing Out) sering ditujukan pada trader pemula yang ikut-ikutan terjun ke dunia trading karena sedang hype dan takut tidak kebagian profit seperti mereka yang sudah lebih dulu mendapatkannya. Orang yang mengalami FOMO selalu ingin mengikuti apa yang orang lain lakukan. Apalagi saat merasa salah satu koin akan terus mengalami kenaikan harga. Sejak pertama kali muncul di media sosial dan penggunaanya yang kian masif, istilah FOMO kini telah ditambahkan dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford.

beda fomo dan fud

FOMO dan FUD memiliki persamaan dalam mempengaruhi faktor emosional dan menimbulkan rasa takut para trader maupun investor pasar kripto. Meski demikian, keduanya memiliki sedikit perbedaan.

FOMO lebih merujuk ke orang-orang yang terpengaruhi oleh perkataan positif terkait kondisi pasar aset kripto atau hal lain yang masih berhubungan dengan trading/investasi. Sementara itu, FUD merupakan pendapat negatif dari seseorang yang mampu mempengaruhi trader atau investor secara emosional, sehingga menjadi ragu atau berubah pikiran untuk menerapkan strategi atau rencana dalam berinvestasi aset kripto.

Lalu, apa sajakah momen-momen FUD telah mengubah banyak hal dalam dunia kripto?

 

Momen FUD Terbesar Sepanjang Sejarah Aset Kripto

Sesuai definisinya yang mengarah ke hal negatif, maka berita-berita yang pelaku FUD sebarkan bersifat menakut-nakuti. Berikut contoh-contoh kasus FUD terbesar yang benar-benar berhasil mempengaruhi perubahan harga pasar kripto:

 

Adanya Pembajakan di Binance

Kasus ini terjadi beberapa tahun yang lalu pada salah satu platform aset kripto terbesar dunia, Binance. Saat itu, ada penyebaran isu tentang aktivitas pembajakan di Binance.

Baca juga: 5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu

Menurut berita yang beredar, market Binance telah dibajak oleh salah satu member Reddit. Isi pengakuan member tersebut menyatakan bahwa saldonya turun 25%. Kemudian, ia memiliki VIA dan 3 koin yang terjual semua. Lalu, ia membeli lagi salah satunya untuk dijual lagi.

Melihat banyak media menyiarkan berita tersebut, tentu saja tidak sedikit orang yang menjadi khawatir dan panik. Ujung-ujungnya, harga pasar menjadi merosot.

Selang beberapa jam setelah berita itu tersebar, Binance memberikan klarifikasi terkait aktivitas trading yang tidak normal karena sistem manajemen risiko, sehingga menyebabkan dihentikannya semua penarikan dana. Akan tetapi, Binance menegaskan bahwa tidak ada dana yang dicuri. Dengan kata lain, sistemnya masih aman.

Dari contoh kasus FUD di atas, Anda dapat belajar bahwa setiap penyedia jasa market pasti memiliki sistem keamanan yang kuat dari serangan hacker. Apalagi, market ini termasuk salah satu pasar berskala global. Menurut Oscar Darmawan dari Indodax, tidak mudah bagi hacker untuk menyerang sebuah sistem, terlebih lagi sistem tersebut adalah blockchain. Hacker yang ingin membobol satu website di bawah naungan blockchain, harus membobol sekitar setengah dari server tersebut.

Baca juga: Strategi Trading Bitcoin dari Perintis Indodax

 

Binance Memblokir Pengguna AS dari Platform

Selain FUD pembajakan di Binance, ada juga berita bahwa Binance memblokir pengguna AS dari platformnya. Setelah berita bahwa Binance akan menutup akses investor berbasis di AS dari platformnya, maka FUD langsung mengambil alih pasar Altcoin. Terjadilah aksi jual besar-besaran kala itu.

Peristiwa tersebut benar-benar mengacaukan pasar aset kripto. Apalagi, kondisi ini bersamaan dengan banyaknya bursa terkemuka yang menutup basis pelanggan terbesarnya tanpa alasan jelas. Menghadapi hal ini, Binance akhirnya meluncurkan platform exchange khusus untuk investor AS.

 

China Mendukung Blockchain

Momen FUD selanjutnya terjadi pada tahun 2019 lalu, ketika Xi Jinping, Presiden China, membicarakan dan mendukung teknologi blockchain. Tidak hanya itu, Xi Jinping juga menyarankan warganya untuk tetap menjadi yang terdepan dalam mengembangkan masa depan blockchain.

Ucapan Xi bertepatan saat harga Bitcoin turun dan trader tidak berharap adanya tren kenaikan. Akhirnya, para whales atau juragan aset kripto pun mengambil momen ini untuk melakukan short squeeze.

Akibatnya, para short seller pun dipenuhi rasa FOMO dan menimbulkan harga Bitcoin semakin menuju ke arah pertumbuhan harian tertinggi ketiga sepanjang sejarah.

 

Peluncuran Libra oleh Facebook

Momen besar FUD lainnya saat Facebook meluncurkan Libra. Hal ini berawal ketika muncul desas-desus bahwa media sosial milik Mark Zuckerberg hendak merilis uang kripto sendiri.

Setelah berita tersebut tersebar ke media, lonjakan minat pasar kripto pun tak bisa dihindari. Alasannya sudah jelas: banyak orang percaya bahwa Facebook berpotensi dalam meningkatkan adopsi mata uang kripto secara mainstream.

Libra dari Facebook

Meskipun banyak orang antusias terhadap perkembangan koin milik Facebook, namun sebagian masih merasa khawatir terkait privasi koin Libra yang berganti nama menjadi Diem. Alhasil, dunia politik semakin memanas di platform media sosial ini dan Facebook mendapat tuduhan privasi.

Mengingat sejarah Facebook yang pernah mengalami tuduhan serupa dimasa lalu, maka peristiwa ini bisa dianggap sebagai salah satu momen FUD terbesar.

 

Cuitan Trump Terkait Bitcoin

Saat Donald Trump masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, ia pernah membuat tweet terkait koin Libra, Bitcoin, dan koin kripto lainnya. Dalam cuitannya tersebut, ia menyatakan bahwa koin-koin digital digunakan untuk kegiatan terlarang.

Baca juga: Perbedaan Token Vs Koin Kripto Yang Wajib Anda Ketahui

Cuitan Trump kurang lebih mengatakan bahwa ia bukan penggemar Bitcoin dan Cryptocurrency lainnya karena bukan kategori uang dan nilainya sangat fluktuatif. Aset kripto yang tidak diatur bisa memfasilitasi perilaku yang melanggar hukum, seperti perdagangan narkoba dan aktivitas ilegal lainnya.

Pernyataan Trump tentu dianggap serius mengingat posisinya sebagai Presiden AS kala itu. Apalagi, pendapat Trump yang menyudutkan penggunaan Bitcoin dan aset kripto bertepatan dengan harga Bitcoin yang sedang merangkak naik. Akhirnya, para pelaku pasar pun mengambil momen ini untuk profit-taking dan menyebabkan harga Bitcoin kembali melorot.

 

Hype dan Kegagalan BAKKT

BAKKT merupakan platform trading berjangka Bitcoin dari NASDAQ yang diumumkan tahun 2018 lalu. Saat itulah BAKKT menjadi masalah besar dalam kancah kripto.

Banyak pengamat memprediksi bahwa akan ada banyak investor institusional yang akan menyundul harga Bitcoin setelah BAKKT. Namun, karena waktu peluncuran BAKKT saat volume trading sedang buruk, maka prediksi tersebut tidak terjadi.

 

Pentingnya Belajar Analisis Fundamental Agar Terhindar dari FUD

Sebelum terjun ke dunia trading, Anda harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup mengenai analisis fundamental. Analisis ini merupakan dasar bagi trader untuk menelaah hal-hal yang bisa mempengaruhi sentimen pelaku pasar dan keseimbangan supply dan demand.

Anda harus memahami variabel kunci suatu jenis kripto terlebih dulu untuk bisa memahami pasarnya dan memperdagangkannya secara aman. Sebagai contoh, Anda bisa memahami ide di balik penciptaan kripto tersebut, fungsionalitasnya, sasaran pasarnya, dan bagaimana prospek permintaannya di masa depan. Dalam hal ini, Anda dapat membaca whitepaper suatu koin kripto, berita tentang karakteristik koin tersebut, pengembangnya, tujuan dikembangkan, hingga kemana koin tersebut didistribusikan.

fud bitcoin fundamental

Nah, jika Anda sudah analisis fundamental, maka berita FUD hanya akan menjadi rumor yang tidak perlu diseriusi. Bahkan, Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli sebuah koin kripto dan menentukan jenis kripto yang bagus untuk jangka menengah dan panjang.

 

Nah, biar tidak terjebak dalam situasi FUD, pelajari dengan baik analisis fundamental dan hal penting lainnya terkait trading ya. Jangan lupa, belajar dari contoh kasus yang pernah ada biar tidak jatuh pada lubang yang sama. Selain kasus mengenai FUD kripto, 5 Kisah Penipuan Kripto Terbesar juga bisa menjadi contoh yang bisa Anda pelajari agar tidak terjerat kasus yang sama di kemudian hari.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%
Advertisement

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz
Kirim Komentar/Reply Baru
Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?
Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?
Linlindua   15 Sep 2021   6  
5 Negara Penambang Kripto Terbesar di Dunia
5 Negara Penambang Kripto Terbesar di Dunia
Cahyaning   14 Sep 2021   7  
Apa Itu Double Spending dalam Transaksi Kripto?
Apa Itu Double Spending dalam Transaksi Kripto?
Nandini   9 Sep 2021   13  
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Linlindua   8 Sep 2021   22  
Trading Bitcoin Dengan EMA dalam 3 Langkah Singkat
Trading Bitcoin Dengan EMA dalam 3 Langkah Singkat
Cahyaning   5 Sep 2021   28  
5 Cara Mencegah Modus Pencurian Bitcoin
5 Cara Mencegah Modus Pencurian Bitcoin
Cahyaning   31 Aug 2021   12  
Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula
Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula
Nandini   29 Aug 2021   21  
Rahasia Trading Bitcoin dengan Pin Bar
Rahasia Trading Bitcoin dengan Pin Bar
Cahyaning   27 Aug 2021   50