Apakah Investasi Tanah Metaverse Layak Dicoba?

Intan 7 Jun 2022
Dibaca Normal 5 Menit
kripto > uang >   #investasi-tanah   #metaverse
Jika belum sanggup investasi tanah di dunia nyata, investasi tanah Metaverse bisa jadi salah satu alternatif buat kalian. Apa saja yang perlu diperhatikan?
DI

Kontroversi mengenai aset digital masih panas dibahas di banyak lini media sosial, salah satunya adalah pertimbangan untuk membeli tanah Metaverse sebagai bentuk investasi. Iming-iming klasik yang dihembuskan adalah potensi keuntungan besar dalam rentang waktu relatif singkat. 

Meta (Facebook), salah satu pengembang terbesar di bidang teknologi, turut menawarkan produk di lini Metaverse. Melalui fitur ini, para pengguna dapat menikmati kehidupan maya beserta aset-aset digitalnya, termasuk transaksi jual beli dan investasi tanah digital.

Sekarang pertanyaan besarnya, apakah investasi lahan digital ini memang benar-benar worth it? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pahami dulu pengertian dasar dan poin-poin penting kenapa investasi "nyeleneh" ini bisa digandrungi kaum investor tekno di indonesia.

 

Apa Sih Sebenarnya Investasi Tanah Metaverse Itu?

Investasi tanah Metaverse konsep dasarnya hampir sama dengan investasi properti (lahan) pada dunia nyata. Kalian dapat menghasilkan keuntungan besar dengan menjual lahan yang sudah dimiliki apabila nilai jualnya sudah jauh lebih tinggi daripada nilai beli awal. 

Sama seperti hukum ekonomi di dunia nyata, harga dari lahan digital akan mengikuti dinamika permintaan dan persediaan. Jika jumlah permintaannya jauh lebih banyak dari jumlah persediaan, tentu saja harganya akan meroket. 

investasi tanah metaverse

Bedanya, selain dari faktor fisik vs. virtual itu sendiri, tanah Metaverse dibangun di atas teknologi dan infrastruktur pihak developer. Itu artinya, kalau di dunia nyata kalian akan berurusan dengan instansi pemerintah negara dan notaris untuk proses jual beli tanah/properti, maka di Metaverse kalian hanya perlu berhubungan dengan pengguna dan proses mediasi dari developer itu saja. 

Fakta tersebut bisa jadi pedang bermata dua bagi investor dan pengguna secara umum, mengingat setiap developer Metaverse memiliki kebijakan sendiri untuk memanipulasi alur supply dan demand aset-aset digital mereka. Nilai dari aset-aset digital tersebut tentu saja akan berbanding lurus dengan inisiatif serta interaksi developer dengan pengguna itu sendiri.

Simak Juga: Metaverse, Ancaman atau Peluang Bisnis Masa Depan?

Jika suatu developer Metaverse cukup tanggap, adil, dan transparan dalam mengembangkan fitur-fitur teknologi mereka, umumnya harga aset akan terjaga keseimbangannya. Sebaliknya, kalau developer hanya mengejar keuntungan tanpa memperhatikan keseimbangan permintaan dan persediaan, kemungkinan besar sentimen pasar memburuk dan mengakibatkan depresiasi (penurunan) nilai.

 

Perhatikan Ini Saat Investasi Lahan Digital Metaverse

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan investor sebelum benar-benar berkomitmen untuk membeli tanah Metaverse. Berikut adalah poin-poin terpenting yang perlu kalian catat:

 

Profil Developer

Salah satu faktor terpenting yang menentukan nilai dari suatu plot tanah Metaverse adalah siapa developer yang bertanggungjawab dalam mengembangkannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, prospek nilai dari aset digital Metaverse berbanding lurus dengan identitas dan legalitas pihak developer. Semakin populer dan terpercaya suatu developer, harga penawaran aset digitalnya biasanya akan semakin meningkat.

Untuk itu, cek latar belakang dan teknologi-teknologi apa saja yang menjadi landasan pihak pengembang di website resmi dan komunitas-komunitas mereka (medsos, forum, dsb). Contoh dari beberapa profil developer Metaverse besar adalah Meta (Facebook Metaverse), Decentraland Foundation, Pixowl Inc. (The Sandbox), dsb.  

Simak Juga: Perbandingan Metaverse Microsoft Vs Facebook (Meta)

 

Fitur-Fitur Pendukung

Fitur pendukung adalah beragam fasilitas atau terobosan teknologi yang mempengaruhi permintaan pasar terhadap persediaan suatu aset digital. Misalnya, developer A menawarkan fitur terobosan untuk memfasilitasi komunitas metaverse para content creator dan artis ternama dengan jumlah trafik meningkat setiap bulannya. Tentu saja, fitur tersebut akan menarik minat pasar.

Bandingkan dan teliti fitur-fitur pendukung ini pada berbagai developer Metaverse yang sudah kalian incar. Cari Metaverse terbaik dan menawarkan features development secara berkala.

 

Trafik Interaksi Komunitas

Keberlangsungan suatu Metaverse dan valuasi aset-asetnya berpusat pada interaksi antar pengguna. Semakin besar trafik atau jumlah pengguna, semakin cepat valuasi meningkat.

Di sinilah para pengembang Metaverse berlomba-lomba untuk menarik minat pasar, tak hanya untuk investor tapi juga untuk kalangan pengguna secara umum. Intinya, trafik adalah indikator utama bagi kesuksesan suatu Metaverse.

prospek investasi tanah metaverse

 

Kemudahan Transaksi

Dibandingkan proses jual beli aset real estate yang berbelit-belit, proses transaksi Metaverse jauh lebih cepat dan praktis. Bahkan, rata-rata transaksi perpindahan kepemilikan suatu plot Metaverse hanya di bawah 1x24 jam. 

Selain membantu content creator atau brand owner dalam meraup keuntungan, kecepatan transaksi ini juga bermanfaat untuk merambah komunitas (trafik) sebanyak-banyaknya dalam waktu secepat-cepatnya.

Simak Juga: Haruskah Anda Berinvestasi di Metaverse?

 

Prospek Pergerakan Harga Aset

Pergerakan nilai aset digital Metaverse bisa dibilang sangat volatile. Itu artinya, dalam waktu relatif pendek (kurang dari 1 tahun), investor berpotensi untuk meraup keuntungan besar. Kalau dibandingkan dengan real estate, rata-rata perubahan nilainya bisa berkali-kali lipat lebih cepat.

Sayangnya, volatilitas tinggi ini juga bisa mengakibatkan kerugian besar kalau investor tak berhati-hati. Seringkali, investor justru masuk saat harga sudah terlanjur berada di puncaknya (kemahalan). Dalam kondisi overbought tadi, pasar akan lebih mudah mengalami depresiasi.

 

Siapa yang Paling Diuntungkan dari Investasi Tanah Metaverse?

Yang perlu digarisbawahi dari investasi tanah Metaverse adalah valuasinya yang jauh lebih volatile daripada investasi real estate konvensional. Valuasi aset digital ini umumnya ditentukan dari sentimen pasar, teknologi pendukung, dan volume trafik dari platform Metaverse terkait.

Bisa dikatakan, yang paling diuntungkan adalah creator dan brand owner yang sudah terjun di dalamnya. Jika kalian sekadar menjadi pembeli aset, pertimbangkan juga cara-cara lain untuk mendapat keuntungan lewat Metaverse selain investasi tanah. 

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Hmm....kalo nanti facebook udah rilis kripto sendiri (Libra DIEM), dan metaverse-nya populer, berarti seharusnya sudah bukan web 2.0 lagi dong ya? Atau bagaimana?
 Welly |  6 Jun 2022
Halaman: Mengenal Web Desentralisasi Internet Berbasis Blockchain
Harga tanah metaverse malah sering lebih gak masuk akal. Masa tanah virtual bisa dijual sampe puluhan hingga milyaran rupiah? Sebenarnya, apa sih yang bikin tanah metaverse semahal itu? Selain untuk main game dan pasang iklan?
 Anonim |  8 Jun 2022
Halaman: Apakah Investasi Tanah Metaverse Layak Dicoba
Harga tanah metaverse itu kayaknya mirip-mirip saham gorengan. nggak ada prospeknya, tapi dipom-pom terus hehe... dibilang bisa buat main game dan pasang iklan pun yaaa belum jelas masa depannya, soalnya kita nggak tahu berapa banyak player dan berapa banyak yang mau pasang iklan... fungsi beli tanah metaverse itu paling-paling flexing, buat mereka yang mau pamer status jutawan token...
 Alia |  9 Jun 2022
Halaman: Apakah Investasi Tanah Metaverse Layak Dicoba
untuk saat ini fitur cicil tanah metaverse memang belum populer atau jarang ditemukan di platform besar, tapi bisa jadi ke depannya developer-developer metaverse akan menambahkan fitur cicilan ini ke platform mereka nantinya, siapa tahu?

apalagi karena harganya yang semakin mahal, dan minatnya relatif cukup tinggi, jadi yah adalah peluang cicil mencicil tanah metaverse, kita tunggu saja perkembangannya nanti

Apalagi dengan perkembangan smart contract DeFi, sebenarnya konsep "KPR digital" ini sangat dimungkinkan sekali koq, tinggal implementasinya aja kapan
 Jokowiii |  30 Jun 2022
Halaman: Apakah Investasi Tanah Metaverse Layak Dicoba
Sesuai teori pasar ya bro, selama ada permintaan-penawaran, lalu pembeli dan penjual deal sama harganya, maka yaa ada aja pasarnya. Pelaku pasar kripto ini banyak banget lho, mulai dari yang memang crypto-enthusiast, developer, brand kenamaan, sampai para pemula yang FOMO. Asal masuk di saat yang tepat dan paham sama siklus pasar kripto, sepertinya sih memang ada potensi keuntungannya. Nih bahkan di CNBC, penjualan tanah metaverse sampai 501 juta dolar.
 Kratos |  26 Jul 2022
Halaman: Apakah Investasi Tanah Metaverse Layak Dicoba
Untuk saat ini kayaknya beli tanah metaverse doank belum ada pajaknya sih bos. Cuma kan belinya pake cryptocurrency tuh, kalo kalian beli mata uang kriptonya lewat exchanger pasti udah termasuk ke dalam pajak pembelian. Di Indo sendiri udah banyak exchanger yg teregulasi, jadi kalau transaksi lewat mereka pasti udah sekalian dihitungin pajaknya.
 Novita Sari |  29 Jul 2022
Halaman: Apakah Investasi Tanah Metaverse Layak Dicoba

Komentar[15]    
  Anonim   |   8 Jun 2022

Harga tanah metaverse malah sering lebih gak masuk akal. Masa tanah virtual bisa dijual sampe puluhan hingga milyaran rupiah? Sebenarnya, apa sih yang bikin tanah metaverse semahal itu? Selain untuk main game dan pasang iklan?

  Alia   |   9 Jun 2022

Harga tanah metaverse itu kayaknya mirip-mirip saham gorengan. nggak ada prospeknya, tapi dipom-pom terus hehe...

dibilang bisa buat main game dan pasang iklan pun yaaa belum jelas masa depannya, soalnya kita nggak tahu berapa banyak player dan berapa banyak yang mau pasang iklan...

fungsi beli tanah metaverse itu paling-paling flexing, buat mereka yang mau pamer status jutawan token...

  Rita   |   9 Jun 2022

iya tu, apalagi standar harganya ngaco dan cenderung spekulatif. kalo tanah asli kan udah jelas, per meter-nya berapa dinilai dari banyak aspek kayak jarak dengan fasilitas publik, tanah produktif atau tidak, bahkan kadang juga dari urgensi penggunaannya (kayak tanah kulon progo yang jadi bandara).

  Jemimah   |   9 Jun 2022

Apakah investasi tanah di metaverse gini nantinya bakal ada skema KPR dan bisa pinjem ke bank juga? Hehehe

  Ciro   |   28 Jun 2022

keliatannya belum ada deh, kalo adapun gw tetep kagak mau wkwkwkwk

  Jokowiii   |   30 Jun 2022

untuk saat ini fitur cicil tanah metaverse memang belum populer atau jarang ditemukan di platform besar, tapi bisa jadi ke depannya developer-developer metaverse akan menambahkan fitur cicilan ini ke platform mereka nantinya, siapa tahu?

apalagi karena harganya yang semakin mahal, dan minatnya relatif cukup tinggi, jadi yah adalah peluang cicil mencicil tanah metaverse, kita tunggu saja perkembangannya nanti

Apalagi dengan perkembangan smart contract DeFi, sebenarnya konsep "KPR digital" ini sangat dimungkinkan sekali koq, tinggal implementasinya aja kapan

  Fulan   |   11 Jun 2022

Beli tanah di meta gini bisa dapat sertifikat kayak beli tanah in real life?

  Ciro   |   28 Jun 2022

seharusnya sih ada, tapi kagak tau lagi sih, belum beli juga gw. tapi kalopun ada, paling bentuknya ntar mungkin kek NFT gitu.

  Danank   |   30 Jun 2022

proses perpindahan kepemilikan dan sertifikasi semuanya secara otomatis sudah diproses dengan smart contract di atas blockchain, jadi prosesnya berjalan dengan sangat cepat dan instan.

tak perlu ada pihak ketiga ataupun bank intermediary.

Ga perlu kuatir dengan legalitas kepemilikan tanah, karena dengan smart contract, keamanan dan autentitas kepemilikan sudah dapat dipastikan terjamin oleh sistem blockchain itu sendiri.

Kalo ada orang yang bilang smart contract bisa dihack, itu antara dia cuma omongkosong atau dia investasi di blockchain yang memang reputasinya sudah buruk dari awal.

  Selma   |   3 Jul 2022

Punya tanah dunia nyata susah, eike liatnya ginian tuh cuma sekadar buat hiburan aja. Emang ada kah yang beneran invest banyak di aset kayak ginian?

  Kratos   |   26 Jul 2022

Sesuai teori pasar ya bro, selama ada permintaan-penawaran, lalu pembeli dan penjual deal sama harganya, maka yaa ada aja pasarnya.

Pelaku pasar kripto ini banyak banget lho, mulai dari yang memang crypto-enthusiast, developer, brand kenamaan, sampai para pemula yang FOMO. Asal masuk di saat yang tepat dan paham sama siklus pasar kripto, sepertinya sih memang ada potensi keuntungannya.

Nih bahkan di CNBC, penjualan tanah metaverse sampai 501 juta dolar.

  Chiko   |   16 Jul 2022

Apakah beli tanah di metaverse nanti kena pajak? Kalau iya, pajaknya disetorkan ke siapa? Apakah Zuckerberg?

  Novita Sari   |   29 Jul 2022

Untuk saat ini kayaknya beli tanah metaverse doank belum ada pajaknya sih bos. Cuma kan belinya pake cryptocurrency tuh, kalo kalian beli mata uang kriptonya lewat exchanger pasti udah termasuk ke dalam pajak pembelian.

Di Indo sendiri udah banyak exchanger yg teregulasi, jadi kalau transaksi lewat mereka pasti udah sekalian dihitungin pajaknya.

  Dara   |   24 Jul 2022

Disitu dijelaskan kalau yang paling untung adalah brand creator dan developer. Lha terus untungnya buat investor kecil kayak kita2 ini apaan donk boss?

  Muriel   |   15 Sep 2022

Yhaa keutungannya dari perubahan harga aset kak. Sama kayak jualan properti IRL. Tunggu aja momen yang tepat buat nunggu harga asetnya naik sampai best price, lalu jual deh. Karena itu penting banget untuk memilih developer program yang legit, bukan yang Rug Pull atau abal-abal.

Gak bisa dipungkiri, memang risikonya besar sih. Kekhawatiran kalau proyeknya mangkrak selalu ada. Makanya kudu sering-sering baca update proyeknya di forum.