Bagaimana Cara Kerja Kartu Debit Kripto?

Yuvita 17 Jan 2022Dibaca Normal 8 Menit
kripto>belajar>   #kripto   #kartu-debit   #kredit
Kartu debit kripto memang sekilas mirip dengan kartu debit pada umumnya. Namun, untuk masalah fleksibilitas dan biaya, ternyata kartu debit kripto jauh lebih murah.

Siapa yang tidak tahu investasi kripto? Aset yang satu ini bahkan telah teregulasi oleh BAPPEBTI sebagai komoditas yang sah untuk diperjualbelikan. Namun sayangnya, Indonesia masih belum bisa menerima kripto sebagai alat pembayaran yang legal.

Meski demikian, jika Anda berencana untuk keluar negeri seperti Jepang, Amerika, Rusia, Korea Selatan, Denmark, dan berbagai negara lainnya yang melegalkan pembayaran dengan uang kripto, Anda bisa menggunakan kripto pribadi untuk bertransaksi.

kartu debit kripto

Bahkan, aset kripto yang Anda miliki tidak terbatas hanya sebagai alat pembayaran saja. Layanan keuangan perbankan juga menyediakan mesin ATM Bitcoin dan debit card khusus. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan kartu debit kripto?

 

Memahami Kartu Debit Kripto

Secara fisik, kartu debit kripto dan kartu debit bank pada umumnya memang terlihat sama. Lantas, apa yang membedakan keduanya? Tentu saja, jenis aset yang digunakan kartu debit kripto saat melakukan transaksi.

Ketika Anda menggunakan kartu debit bank konvensional, Anda menggunakan uang fiat. Di sisi lain, kartu debit kripto memungkinkan Anda untuk bertransaksi dengan BTC, ETH, maupun aset kripto lainnya.

Perusahaan layanan keuangan seperti Visa dan Mastercard juga telah membuat kartu debit kripto bagi penggunanya. Dengan demikian, jika Anda memang tertarik untuk menggunakan kripto dalam transaksi kartu debit, dari segi keamanan tentu sudah dapat dipercaya dan Anda dapat menggunakan layanan ini pada tempat-tempat yang menerima kartu debit kripto.

Simak Juga: Tempat Belanja dengan Bitcoin di Indonesia

Untuk cara kerjanya sendiri juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengisi kartu debit kripto dengan aset kripto yang Anda miliki dan mengisi saldo menggunakan sebuah aplikasi atau website. Ketika pengisian saldo berhasil, Anda tinggal melakukan transaksi sesuka Anda pada merchant yang dituju.

Meski perusahaan keuangan semakin banyak yang menyediakan layanan kartu debit kripto, pastikan dulu merchant yang Anda inginkan telah menerima metode pembayaran ini. Beberapa layanan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi dengan limit yang cukup besar. Biaya transaksinya juga lebih rendah ketimbang kartu debit pada umumnya.

 

Kartu Debit Kripto VS Kartu Debit Pada Umumnya

Selain penggunaan jenis mata uang seperti yang telah disebutkan di atas, perbedaan yang paling menonjol antara kartu debit kripto dengan kartu debit biasa adalah biaya yang dibebankan. Jika saat ini Anda memiliki kartu debit atau kredit biasa, Anda tentu diwajibkan untuk membayar berbagai macam jenis biaya seperti administrasi bulanan hingga tarif khusus transaksi saat Anda berada di luar negeri.

Simak juga: Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Hal ini berbeda dengan kartu debit kripto yang lebih fleksibel saat digunakan dan nominal biayanya juga lebih murah. Volatilitas kripto yang tinggi akan menguntungkan Anda saat melakukan transaksi di luar negeri ketimbang menukarkan nilai Rupiah yang cenderung lemah. Ditambah lagi, Anda juga tidak perlu lagi membayar biaya konversi.

kartu kredit kripto cara pakai

 

Rekomendasi 5 Kartu Debit Kripto

Melihat popularitas kripto yang semakin digemari oleh investor dari berbagai macam kalangan, sudah banyak yang mengharapkan cryptocurrency menjadi alat pembayaran yang sah dan legal. Buktinya saja, beberapa perusahaan layanan keuangan telah mengeluarkan kartu debit kripto untuk segala jenis transaksi.

Dari berbagai macam jenis yang ada saat ini, lima kartu debit kripto di bawah ini layak untuk Anda jadikan pertimbangan:

 

Wirex

Salah satu perusahaan keuangan terbesar, Wirex, menawarkan kartu debit kripto yang ternyata diterima baik oleh SBI Group, institusi keuangan yang sangat terkenal di Jepang. Dengan hampir satu juta pengguna, Wirex telah tersebar di banyak lokasi dan memiliki dua jenis kartu, yaitu pin dan virtual.

Saat ini, Wirex juga telah menyediakan akses untuk menggunakan Litecoin dalam layanan kartu debit kripto mereka. Biaya yang harus dikeluarkan hampir sama dengan kartu debit lainnya, sekitar 3% jika Anda ingin melakukan transaksi internasional, $2.50 sebagai biaya penarikan, dan $17 ketika membuat kartu fisik.

Simak juga: 10 Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer Selain Bitcoin

 

Cryptopay

Cryptopay juga menyediakan kartu debit fisik maupun virtual dengan layanan yang telah tersedia di banyak negara. Untuk biaya yang dibebankan pada penggunanya, Cryptopay tidak mematok tarif yang tinggi dalam urusan transaksi, pemeliharaan, dan hal-hal lainnya. Disamping itu, Cryptopay juga tidak memerlukan verifikasi pribadi.

Namun jika Anda menggunakannya untuk transaksi internasional, Cryptopay mengenakan biaya 3% untuk setiap transaksinya serta biaya penarikan sebesar $2.5.

 

Xapo

Salah satu kartu debit kripto yang paling sering digunakan oleh investor dan banyak beredar adalah Xapo. Pengguna kartu Xapo memiliki pilihan untuk standar chip dan pin atau tidak sama sekali. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat kartu debit kripto ini sekitar $20.

Untuk fee transaksi, Xapo memiliki sistem yang sama dengan kartu debit lainnya. Jika pengguna melakukan transaksi di bawah $2,500 dalam batas penarikan yang ditentukan, maka biayanya relatif kecil.

 

Shift

Kartu debit kripto Shift bisa terhubung pada akun Coinbase jika Anda memiliki akun di exchange tersebut. Shift mengklaim diri mereka sebagai kartu debit Bitcoin AS yang pertama. Sayangnya, kartu Shift hanya tersedia di 45 negara bagian Amerika Serikat dan pendaftaran klien Coinbase juga terbatas di negara tertentu saja. 

Simak juga: 5 Bursa Kripto Terbaik yang Harus Anda Tahu

Biaya pembuatan kartu cukup murah, yakni hanya $10 dan tidak ada biaya lainnya. Jika digunakan untuk bertransaksi internasional, Shift akan menambah biaya standarsebesar 3%. Penarikan ATM dikenai fee sebanyak $2.5.

kartu debit kripto america

 

Bitpay

Satu lagi kartu debit kripto yang mendapatkan review bagus yaitu Bitpay. Meski kartu debit kripto Bitpay dikhususkan untuk penduduk Amerika Serikat, kartu Bitpay dapat digunakan di seluruh dunia.

Untuk membuat kartu Bitpay, diperlukan nomor identitas yang dikeluarkan secara sah oleh pemerintah AS, alamat, serta nomor jaminan sosial. Selanjutnya, akan ada verifikasi karena nantinya kartu ini tidak menggunakan chip maupun pin.

Saat ini Bitpay, telah tersedia di semua negara bagian Amerika Serikat dan memuat dompet klien secara terpisah. Pembuatan kartu fisik akan dibayar dimuka dan menggunakan Visa dengan harga sekitar $10. Kartu ini nantinya akan dikirimkan ke alamat yang telah diverifikasi.

Simak juga: Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard

Apabila Anda menggunakan kartu Bitpay untuk transaksi di luar Amerika Serikat, Anda akan dikenakan biaya 3% dan $3 untuk setiap penarikan uang di luar negeri. Walau demikian, biaya penarikan dapat berbeda dari bank satu dan bank lainnya dengan batas penarikan yang relatif longgar.

 

Kelebihan Serta Kekurangan Kartu Debit Kripto

Kelebihan

  • Transaksi cepat, aman, dan nyaman

Jika Anda memiliki uang kripto, salah satu keunggulan kartu debit kripto yang wajib Anda coba adalah kenyamanan bertransaksi yang jauh lebih cepat dan efisien mengingat kebanyakan aset kripto menggunakan sistem desentralisasi. Transaksi serta verifikasi blockchain juga berjalan tanpa ada pihak ketiga. Sehingga, Anda tidak akan menunggu lama untuk proses pembayaran lintas negara.

  • Keamanan terjamin

Perusahaan keuangan yang menyediakan layanan kartu debit kripto pasti sudah mengetahui risiko terjadinya peretasan. Karena kartu ini akan secara otomatis terhubung dengan wallet Anda, nantinya akan ada Two-Factor authentication (2FA) serta pemindaian biometrik. Ketika terdapat kegiatan yang mencurigakan, Anda akan segera dapat mengetahuinya dan melakukan pelaporan.

  • Fleksibilitas

Dengan sistem keuangan yang sama seperti Mastercard dan Visa, kartu debit kripto sangat fleksibel ketika digunakan bertransaksi di berbagai merchant. Ketika Anda menggunakan kartu ini di negara lain, kartu debit kripto dapat mengubah aset kripto milik Anda ke mata uang lokal tanpa biaya tambahan.

Simak juga: Cara Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah

 

Kekurangan

  • Biaya administrasi mengikuti harga kripto di pasar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, beberapa kartu debit kripto membebankan biaya administrasi sebagai biaya pemeliharaan kartu layaknya layanan kartu debit pada umumnya.

Akan tetapi, biaya administrasi ini disesuaikan dengan volatilitas harga aset kripto yang ada di pasar. Dan mengingat pergerakannya yang sangat dinamis, nilai biaya ini bisa berfluktuasi dengan tajam. Oleh karena itu, perkara biaya administrasi ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda.

  • Kemudahan kartu debit kripto bisa bikin boros

Hal ini memang belum tentu terjadi pada semua pengguna. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kemudahan yang Anda rasakan ketika menggunakan kartu debit kripto dapat membuat Anda menjadi boros, apalagi ketika Anda berjalan-jalan ke luar negeri.

Simak Juga: Tips Mengelola Dompet Digital Anti Boros

Ketika Anda memilih kartu debit kripto sebagai transaksi, perhatikan baik-baik agar Anda tidak mengalami penurunan keuntungan. Apabila Anda memiliki Bitcoin dan hendak menggunakannya dalam transaksi kartu debit kripto, maka wajib hukumnya untuk selalu update dengan harga Bitcoin terkini.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Piyuu |  19 Jul 2021

Mengapa untuk bertransaksi di exchanger kripto, pengguna perlu verifikasi kripto dulu? Bukannya tujuan dibuatnya kripto itu agar anonim ya? Mohon pencerahannya. 

Lihat Reply [1]

 Dyah Purnama |  25 Jan 2022

Minta pencerahan kak, baru belajar. Kan banyak yg bilang kalau candlestick jauh lebih baik dari line chart, tapi kenapa di platform-platform kripto lebih banyak yg pakai line chart? biasanya harus diganti dlu bahkan beberapa tidak bisa diganti. Mengapa demikian ya?

Lihat Reply [1]

 Nur Binti |  6 Apr 2022

Mohon info panduan trading kripto untuk pemula. trm ksh

Lihat Reply [1]

 Idha Kusbiyanto |  11 Apr 2022

Apakah strategi di trading forex bisa digunakan untuk trading kripto?

Lihat Reply [1]

 Adi Gunawan |  23 Apr 2022

apakah kita bisa menentukan trend yang sedang berlangsung di kripto hanya dengan melihat pola candle yang terbentuk?

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

Belum banyak sih, tapi denger denger udah ada broker yang melayani deposit kripto. Sekarang ini setahuku selain kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, paysafecard, check, pake bitcoin juga bisa.
 Aldhee |  17 Feb 2021
Halaman: Memilih Broker Forex Terbaik Dari Kemudahan Cara Deposit
Pagi... Mohon bantu info, jika kakak saya pernah ada / masih ada tanggungan kartu kredit (misal Mandiri / BNI), sudah lama sih infonya, lebih dari 10 thn lalu. Dan saat ini dia baru masuk bekerja dan diwajibkan harus punya rekening bank atas nama dia. Apakah dgn status 5 - Macet (saya sempat mintakan ini ke OJK).. dia bisa buka rekening tabungan di BCA misalnya ? (dia tidak ada problem di rekening tabungan BCA) Terima kasih
 San-san |  6 Apr 2021
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Tugas utama Bank Sentral adalah untuk menjaga stabilitas mata uang, menyelenggarakan peredaran uang, memajukan sistem perbankan, serta mengawasi kegiatan perbankan dan perkreditan.
 Yogi |  24 Jun 2021
Halaman: Pengaruh Suku Bunga Terhadap Perekonomian Suatu Negara
Besaran biaya tahunan pada kartu kredit berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya Semuanya tergantung pada bank penerbit kartu, umumnya semakin lengkap fitur kartu kredit dan semakin premium jenis kartu maka biaya tahunan akan semakin tinggi
 Lala Mc |  18 Oct 2021
Halaman: Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit
Pada kondisi tertentu, apabila tidak menyelesaikan utang yang ada, maka blacklist BI akan terhapus secara otomatis.
Hal ini merupakan bagian dari pembersihan sistem pada BI soal reputasi kredit. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk penghapusan secara otomatis tergolong lama.
 Wira Sudibyo |  19 Jan 2022
Halaman: Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Kredit Bank
buat yang gajinya masih mepet, jangan sembarangan deh sama kartu kredit. apalagi skrg banyak yg promo gratis biaya 1 taun pertama. inget uy, taun-taun selanjutnya ada biaya tahunannya. mending nabung aja dulu deh, tahan keinginan daripada dikejar debt kolektor. hidup gak tenang buozzz
 Kang Komen |  7 Apr 2022
Halaman: Bolehkah Punya Kartu Kredit Lebih Dari Satu
Suku Bunga Kredit
BANKKorporasiRitelKPR
Central Asia 9.75% 9.90% -
Cimb Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
Danamon Indonesia 10.00% 10.50% 17.00%
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
Mega 11.50% 11.50% 11.50%
Negara Indonesia 9.95% 9.95% -
Ocbc Nisp 10.50% 11.50% 10.20%
Panin Indonesia 10.25% 10.35% 10.35%
Rakyat Indonesia 9.95% 9.90% 9.90%
Rakyat Indonesia Agroniaga 11.05% 12.05% 12.05%
Lihat Bank Lain
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip