Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal?


SAM 13 Aug 2018 7365Dibaca Normal 6 Menit

Banyak pengguna Bitcoin yang menyadari pentingnya memindahkan nilai koin mereka ke mata uang Fiat dan melirik Paypal USD. Bagaimana caranya?



Karena penggunaan uang kripto belum meluas di semua bidang, maka saat ini uang kripto tidak bisa digunakan secara langsung. Pemilik kripto perlu mengkonversikan dulu uang yang ia miliki menjadi uang Fiat agar bisa digunakan bertransaksi.

Sayangnya, proses konversi ini seringkali memakan biaya yang terlalu besar jika melalui bursa. Selain itu, waktu yang dihabiskan untuk proses konversi juga memperbesar kemungkinan gagalnya mendapat harga yang diinginkan, karena fluktuasi nilai Bitcoin sangatlah cepat. Belum lagi, bursa kripto cukup rentan mengalami risiko dan pencurian, sehingga menaruh uang dalam jumlah besar sangat tidak disarankan.

Baca Juga: 5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu

Salah satu opsi penyimpanan kripto terbaik adalah melalui PayPal, yang merupakan sistem pembayaran populer dan sudah banyak digunakan secara global. Menyimpan Bitcoin di Paypal menjadi salah satu alternatif penukaran Bitcoin ke mata uang Fiat yang difavoritkan, karena PayPal dikenal aman dan para pengguna bisa menarik dana dalam USD dengan biaya yang relatif rendah, juga waktu transaksi yang lebih cepat.

Menyimpan Bitcoin di Paypal

 

Apakah Mungkin Menyimpan Bitcoin Di Paypal?

Kabar tentang Paypal yang ingin merangkul Bitcoin mulai mencuat sejak tahun 2014, tapi tidak membuahkan hasil sampai sekarang. Itu artinya, belum ada cara untuk menyimpan Bitcoin secara langsung di Paypal.

Seiring dengan meningkatnya minat klien terhadap Bitcoin, beberapa penyedia layanan mengaku bisa menawarkan jasa penyimpanan Bitcoin di PayPal ataupun sebaliknya. Meskipun terdengar menjanjikan, mempercayai layanan seperti itu dapat menyebabkan konsekuensi negatif, mulai dari pencurian data hingga penggelapan dana oleh pihak tak bertanggung jawab.

Namun jangan khawatir, karena masih ada beberapa solusi untuk dapat menyimpan Bitcoin di Paypal secara aman. Jika Anda memiliki Bitcoin, Anda dapat dengan mudah menukarnya menjadi uang kertas dan menarik dana ke kartu kredit Anda yang terhubung ke akun PayPal.



Hingga saat ini, ada beberapa bursa yang memungkinkan pertukaran Bitcoin ke Paypal USD, beberapa di antaranya adalah:

 

1. Coinbase

Pada tanggal 22 Juni 2016, Coinbase mengumumkan bahwa klien sekarang dapat menarik saldo USD ke akun Paypal. Ini berarti Anda dapat memindahkan Bitcoin ke akun Coinbase dan menariknya sebagai USD langsung ke Paypal Anda.

Opsi ini mengharuskan Anda memverifikasi ID dengan mengunggah salinan bukti identitas. Anda juga harus membayar komisi 3.75% untuk setiap penarikan. Meskipun harus mengeluarkan dana tambahan, tetapi cara ini adalah yang tercepat dan paling aman untuk menyimpan Bitcoin sebagai USD ke akun Paypal Anda.

Menyimpan Bitcoin di Paypal via Coinbase

 

Langkah-langkahnya:

  • Pindahkan Bitcoin yang ingin Anda jual ke akun Coinbase Anda.
  • Pilih tombol "Buy/Sell Bitcoins" dan klik "Sell Bitcoins"
  • Tentukan berapa besar Bitcoin yang ingin Anda jual.
  • Pilih Paypal sebagai metode pembayaran (Pastikan Anda sudah mengisi detail Akun Paypal sebelumnya).
  • Klik "Sell Bitcoins".

 

2. BitPanda

BitPanda (sebelumnya bernama Coinimal) merupakan Startup Austria yang berkecimpung dalam pembelian dan penjualan Bitcoin ke uang kripto lain, ke mata uang Fiat, dan berbagai mata uang digital termasuk Paypal. Meskipun tidak mengizinkan kliennya membeli kripto dengan Paypal, BitPanda menyediakan fitur penarikan Bitcoin ke Paypal dalam satuan mata uang USD.

Bitpanda

 

Langkah-langkahnya:

  • Daftarkan diri Anda sebagai member di BitPanda.
  • Pilih opsi "Sell" dan tentukan "Paypal" sebagai metode penarikannya.
  • Anda akan dihadapkan dengan info Wallet Address tujuan pengiriman Bitcoin. Setelah Bitcoin dikirim, secara otomatis dana akan ditransfer ke akun Paypal Anda.

 

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Paypal

PayPal adalah penyedia pembayaran pihak ketiga terbesar dan paling sering digunakan oleh pebisnis online, freelancer, ataupun pengguna individu lain yang sering melakukan jual beli di internet. Meskipun popularitas dan kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi, ada beberapa pro dan kontra untuk dipertimbangkan sebelum menggunakan layanan ini, terutama untuk keperluan menyimpan Bitcoin.

Keuntungan Menggunakan Paypal

  1. Mudah Digunakan
    PayPal sangat mudah digunakan. Apakah Anda membeli barang secara Online atau mengatur PayPal sebagai opsi pembayaran untuk berbisnis, PayPal adalah sangat sederhana dan mudah dikelola. Selain itu, menyiapkan akun PayPal juga gratis dan hanya membutuhkan akun email yang valid. Menghubungkan kartu kredit dan rekening bank ke akun PayPal untuk penarikan dan pendanaan menghilangkan kerumitan dalam melakukan transaksi online.
  2. Jejak Rekam Transaksi Yang Lengkap
    Anda dapat dengan mudah meninjau transaksi dengan menelusuri halaman rangkuman transaksi yang disediakan. Membuat dan memantau faktur untuk bisnis menjadi lebih mudah berkat fitur PayPal. Anda juga memiliki opsi untuk mengirim e-cek, menindaklanjuti pembayaran, bahkan meminta pengembalian dana jika terjadi transaksi yang tidak memuaskan. Untuk bisnis kecil, Anda tidak perlu menyewa pemegang buku untuk memeriksa transaksi keuangan Online, karena Anda dapat langsung melakukan copy-paste pada data keuangan yang dibutuhkan dari platform PayPal.
  3. Dilengkapi Dengan Sistem Enkripsi Untuk Keamanan
    PayPal juga dilengkapi dengan fitur enkripsi yang melindungi data Anda dengan standar keamanan tinggi. Dibandingkan dengan opsi pembayaran lainnya, PayPal memiliki tingkat perlindungan data yang lebih tinggi. Bahkan ketika seseorang meretas server publik Paypal, seluruh dana telah di-backup secara Offline.
  4. Ramah Seluler
    Seperti versi desktop-nya, PayPal memiliki aplikasi seluler yang sangat mudah digunakan. Anda dapat berbelanja, mengirim, dan menarik uang, di mana saja dan kapan saja. Meskipun penyedia pembayaran lainnya mulai menyediakan versi aplikasi seluler dari layanan mereka, aplikasi seluler PayPal tetap menjadi yang relatif paling mudah untuk digunakan dan dipilih banyak pengguna.
  5. Diskon Untuk Pelanggan Setia
    Kepada pelanggan setia yang berbelanja Online melalui PayPal, ada program diskon khusus yang ditawarkan. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengkonversi Bitcoin yang mereka punya ke Paypal USD.

 

Kekurangan Menggunakan Paypal

  1. Ada Biaya Yang Dikenakan Saat Menerima Uang
    Meskipun PayPal gratis untuk penggunaan pribadi, ada biaya yang dikenakan untuk penggunaan dalam taraf bisnis. Ketika Anda mendaftar untuk akun bisnis, PayPal mengenakan biaya sebesar 2.9% ketika menerima uang untuk transaksi barang atau jasa. Meskipun relatif kecil, tetapi pengenaan biaya ini seringkali menjadi beban, terutama untuk pengusaha kecil yang sering melakukan aktivitas transaksi ke banyak akun.
  2. PayPal Bisa Membekukan Akun
    Salah satu yang perlu dicermati dari penggunaan PayPal adalah: aplikasi ini dapat membekukan akun tanpa peringatan. Algoritma PayPal terkadang mendeteksi perilaku mencurigakan di akun Anda, dan ketika itu terjadi, PayPal dapat secara otomatis membekukan akun serta dengan dana di akun tersebut. Jika akun Anda dibekukan, fasilitas transfer dana juga ikut ditangguhkan. Hal ini tentu dapat memengaruhi aktivitas bisnis dan menyebabkan Anda kehilangan uang.
  3. Biaya Tambahan Bank
    Beberapa bank membutuhkan biaya transaksi ketika Anda mentransfer dana dari akun PayPal. Biaya tambahan ini bervariasi dari bank ke bank, tetapi biasanya sudah ada tarif tetap yang sudah berlaku.
  4. PayPal Adalah Target Phishing Dan Penipuan
    Internet adalah tempat di mana kejahatan bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Anda mungkin menerima email palsu atau pesan Online dari orang-orang yang berpura-pura bahwa mereka adalah afiliasi PayPal. Scammers ini kemudian akan menanyakan info PayPal Anda. Untuk menghindari Scam saat akan menyimpan Bitcoin di Paypal, Anda harus banyak waspada dan mengenali ciri-cirinya.

Baca Juga: 5 Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz
Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 2    

Bob Sss
17 NOV 2019
Cara ini apakah masih efektif? setahu saya coinbase cuma support US residen
Bitcoin Hunter
19 NOV 2019
Coinbase setahuku sudah melakukan ekspansi dan tersedia juga di Indonesia, mas Bob. Coba deh search aja di Google coinbase Indonesia. Tp ya utk bahasa websitenya blm tersedia dlm bhs Indo, masih English.
Cara Membeli Bitcoin Dengan Bank Lokal
Cara Membeli Bitcoin Dengan Bank Lokal
Linlindua   27 Jul 2021   37  
Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula
Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula
Linlindua   27 Apr 2021   343  
Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Nandini   16 Apr 2021   310  
Tempat Belanja Dengan Bitcoin Di Indonesia
Tempat Belanja Dengan Bitcoin Di Indonesia
SAM   30 Nov 2017   5224  
Cara Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah
Cara Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah
SAM   28 Nov 2017   11633