Belajar Candlestick Crypto dengan Pola Bullish Engulfing

Evan 27 Mar 2022Dibaca Normal 8 Menit
kripto>candlestick>   #candlestick   #engulfing   #crypto   #bullish
Pola bullish engulfing dikenal akurat dan mudah ditradingkan di pasar forex. Adakah strategi khusus yang perlu diperhatikan saat belajar candlestick crypto dengan bullish engulfing?

Industri cryptocurrency memang membuka banyak peluang bagi siapapun untuk berpartisipasi di dalamnya, baik sebagai pengguna koin, pengembang proyek blockchain, penambang, hingga trader dan investor yang tertarik mendapat keuntungan dari pergerakan harga aset-asetnya. Tak dapat dipungkiri, berbagai jenis teknologi blockchain yang melatarbelakangi cryptocurrency kini berperan penting dalam menentukan prospek suatu koin.

Belajar Candlestick Cryptocurrency

Akhirnya, demi mendapat perkiraan harga yang akurat, banyak investor crypto beralih ke analisa teknikal untuk membantu mereka menyusun strategi. Jenis analisa ini tak hanya dapat memberi wawasan tentang pergerakan mata uang kripto di masa lalu, tapi juga memprediksi arah trend di masa depan, lho.

Itulah mengapa, belajar candlestick crypto menjadi salah satu langkah krusial dalam menyusun strategi trading Anda. Dari sekian banyak pola yang ada, bullish engulfing merupakan pola candlestick yang menarik untuk dibahas secara lengkap karena sering muncul di chart dan cukup akurat untuk mengantisipasi reversal.

 

Apa Itu Bullish Engulfing?

Bullish engulfing merujuk pada pola pergerakan harga yang didahului oleh tren bearish untuk menandakan pembalikan harga ke arah atas. Ciri-ciri utama dari bullish engulfing terdiri dari dua candlestick, di mana candlestick kedua berbentuk lebih besar sehingga seolah "memakan" (engulf) candle pertama.

Sebagai salah satu pola candlestick bullish yang dianggap penting, bullish engulfing terdiri dari candle bearish yang disusul oleh candle bullish. Oleh karena itu, candle kedua yang menelan candle pertama harus berbentuk bullish atau ditutup lebih tinggi dari harga pembukaannya. Apabila divisualisasikan, berikut adalah pola bullish engulfing yang valid.

Contoh Pola Candlestick Bullish Engulfing

Secara teknikal, sebenarnya bullish engulfing memerlukan candle kedua dengan harga pembukaan yang lebih rendah (gap bawah) dan harga penutupan lebih tinggi daripada candle pertama. Namun karena pasar cryptocurrency buka 24/7 jam, maka intensitas terjadinya gap bawah sangat jarang ditemukan. Dengan keadaan market seperti itu, pola ini juga bisa diidentifikasi menggunakan ekor atau shadow candle hijau yang lebih panjang daripada milik candle merah.

Lantas, bagaimana penampakan bullish engulfing di chart cryptocurrency? Berikut adalah contoh terbentuknya bullish engulfing pada Bitcoin dan Ethereum.

 

  • BTC/USD
BTC Bullish Engulfing Chart 1
BTC Bullish Engulfing Chart 2
BTC Bullish Engulfing Chart 3
BTC Bullish Engulfing Chart 4
 
 
 
 
 
  • ETH/USD
ETH Bullish Engulfing 1
ETH Bullish Engulfing 3
ETH Bullish Engulfing 4
 
Bisa dilihat dari chart di atas bahwa setiap kemunculan bullish engulfing selalu didahului dengan pergerakan turun dan dilanjutkan dengan kenaikan harga. Trader yang bisa mengidentifikasinya lebih awal tentu berkesempatan mendapat profit menjanjikan jika melakukan order beli. Tentu saja, jangan lupa diimbangi dengan pengetahuan kapan entry market, di mana penempatan stop loss, dan bagaimana menentukan posisi take profit yang tepat.

 

Bagaimana Cara Buka Posisi Menggunakan Bullish Engulfing?

Bukalah posisi hanya setelah ada sinyal konfirmasi, yang dapat dilihat setelah candle kedua berakhir. Makanya, penting bagi Anda untuk mengetahui waktu penutupan candle. Ada dua cara entry yang bisa dipakai, yaitu market order dan pending order:

 

1. Market Order

Tanpa menggunakan konfirmasi sinyal, trader bisa melakukan market order atau eksekusi langsung. Dibutuhkan kecepatan dan ketelitian tinggi untuk menerapkan cara entry ini pada pola candlestick. Cara ini kurang direkomendasikan bagi trader pemula atau pun yang memiliki gaya swing trading, dan lebih disarankan untuk scalper berpengalaman yang paham cara membaca pola-pola candlestick secara cepat.

 

2. Pending Order

Cara ini dianggap lebih cocok untuk diterapkan saat menganalisa pola candlestick, karena dapat mengurangi kesalahan entry. Selain tidak membutuhkan kecepatan dan ketelitian setinggi market order, Anda juga tak menjadi terburu-terburu ketika mengkonfirmasi sinyal. Gunakan cara ini dengan membuat order buy stop di atas harga tertinggi candle kedua, untuk memastikan adanya breakout atas sebagai tanda pembalikan tren naik dimulai.

Baca juga: 3 Strategi Breakout Mudah Untuk Pemula

Setelah Anda entry dengan market order atau pun pending order, jangan lupa untuk memasang stop loss agar tidak terjebak pada sinyal palsu. Anda dapat memasang stop loss agak berjarak beberapa puluh pips di bawah harga terendah pola bullish engulfing.

 

Bagaimana Cara Take Profit Pada Pola Bullish Engulfing?

Setidaknya ada 4 cara yang bisa Anda pakai untuk take profit bila menggunakan bullish engulfing. Berikut penjelasan beserta contoh chart yang menjelaskan identifikasi entry serta stop loss-nya.

 

1. New Trading Signal

Metode New Trading Signal sebenarnya adalah konsep mengunci profit yang hampir sama dengan trailing stop. Perbedaannya, cara ini harus dilakukan secara manual, tidak bisa otomatis seperti trailing stop karena tergantung dari pola candlestick yang akan terbentuk.

New Trading Signal Bullish Engulfing

 

2. Reversal Signal

Seperti yang kita ketahui, bullish engulfing merupakan salah satu pola sinyal pembalikan. Maka cara untuk take profit juga bisa dilakukan ketika terjadi pola reversal bearish. Namun, metode ini tergolong cukup riskan karena sifat market yang kerap membentuk sinyal palsu dan menyebabkan trader tertipu untuk take profit terlalu dini.

Reversal Signal Take Profit Bullish Engulfing

 

3. Climatic Move

Bila hendak menggunakan metode take profit ini, Anda harus lebih gesit dan teliti. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dari teknik Climatic Move, yaitu kecepatan pergerakan harga dan penambahan volume yang ekstrem.

Climatic Move Bullish Engulfing

 

4. Risk and Reward Ratio

Penggunaan rasio risk and reward (RR) 1:2 juga bisa menjadi salah satu cara take profit paling mudah dan profitable apabila diterapkan secara konsisten dalam jangka panjang. JikamMenghitung besaran jarak antara entry point dengan stop loss, maka tinggal dikalikan 2 saja untuk menentukan take profit-nya. Bahkan bila persentase kemenangan Anda hanya 50%, metode ini masih bisa membuat Anda cuan.

Risk and Reward Ratio Bullish Engulfing

 

Indikator Penguat Konfirmasi Sinyal Bulllish Engulfing

Penggunaan bullish engulfing seperti contoh-contoh di atas memang terlihat bisa sangat menguntungkan. Namun sayangnya, menggunakan bullish engulfing sebagai acuan membeli koin kripto tidaklah semudah itu.

Risiko sinyal palsu selalu ada sehingga jika Anda terburu-buru membuka order beli sebelum mengkonfirmasi sinyal pembalikan, maka bisa terjebak kerugian alih-alih mendapat keuntungan yang diinginkan. Berikut beberapa teknik atau indikator yang Anda perlukan agar sinyal konfirmasi bullish engulfing lebih kuat dan akurat.

 

1. Horizontal Support Level

Pada chart BTC/USD yang menunjukkan uptrend kuat, Anda bisa melihat titik-titik swing high yang di-breakout dan mengubah resistance kunci menjadi batas support acuan.

Konfirmasi Sinyal Bullish Engulfing Horizontal Support Level

Biasanya, setelah berhasil breakout, harga akan melakukan koreksi dan retest high lama yang telah menjadi area support baru. Bila bullish engulfing muncul di dekat area support baru tersebut, maka konfirmasi sinyal untuk beli menjadi lebih kuat.

 

2. Bullish Support Trend Lines

Ketika cryptocurrency sedang uptrend atau pun downtrend, kemungkinan untuk koreksi harga hingga ke titik swing sebelumnya sangat jarang. Inilah yang membuat teknik horizontal support level jarang terpakai. Maka teknik bullish support trend lines ini bisa menjadi alat bantu tambahan Anda mendapatkan konfirmasi sinyal bullish engulfing yang kuat.

Konfirmasi Sinyal Bullish Engulfing Support Trend Lines

Dapat dilihat pada contoh chart di atas. Bila bullish engulfing muncul pada garis uptrend yang terbentuk dari ekor-ekor candlestick, maka itu tandanya untuk membuka posisi beli sangat kuat.

Baca juga: 5 Pola Candle Bullish Terbaik untuk Trading Bitcoin

 

3. Moving Averages

Salah satu indikator terpopuler ini ternyata bisa menjadi alat bantu konfirmasi pola bullish engulfing yang kuat untuk cryptocurrency. Dikenal sebagai garis support resistance dinamis, Moving Averages mampu memberikan informasi kapan  terjadinya reversal.

Konfirmasi Sinyal Bullish Engulfing Moving Averages

Mengingat volatilitas cryptocurrency yang tinggi, maka Moving Averages yang digunakan pada contoh di atas adalah Simple Moving Averages (SMA) dengan period 200. Cara penggunaan SMA pun tergolong mudah dan simpel. Ketika harga BTC/USD melakukan koreksi turun menuju SMA, kemunculan bullish engulfing yang bersentuhan dengan Moving Averages merupakan konfluensi sinyal untuk beli yang bisa diandalkan.

 

Kesimpulan Mengenai Pola Bullish Engulfing

Kesederhanaan pola bullish engulfing membuat banyak trader menganggapnya mudah dipahami tanpa perlu menghafal lama-lama. Ditambah, bentuk pola ini cukup mencolok dengan badan candle kedua lebih besar dari candle pertama.

Meski demikian, untuk bisa memaksimalkan potensi profit Anda, ada baiknya untuk tetap menggunakan pola candlestick lainnya dan indikator-indikator yang bisa menjadi alat bantu meminimalisir risiko terkena sinyal palsu. Selain itu, Anda bisa lebih mengamankan profit apabila bisa memanfaatkan konfirmator sinyal dengan lebih baik.

 

Selain pola bullish engulfing, masih banyak lagi pola candlestick yang bisa dipelajari jika Anda tertarik trading crypto. Salah satu pola candlestick yang cukup akurat digunakan untuk analisa teknikal crypto adalah Marubozu. Bagaimana strategi penggunaannya pada trading crypto? Baca dan pelajari ulasan lengkapnya di artikel Strategi Trading Kripto dengan Marubozu Candlestick.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Nur Hidayat |  21 May 2012
master, sudah 2imggu ini aku semakin bingung dan rugi, tolong ajari saya tentang candlestick saya selalu salah arah master, trs untuk candlestick ini biar aku gak salah arah harus lihat TF brapa ya????tolong ya master

Lihat Reply [1]

 Roni |  29 Oct 2015
Bos..pair apa ya? yang candle hariannya jarang berbentuk bullish/bearish?karena saya suka pair yang ada ekor2nya,biar kalo loss tidak terlalu banyak,soalnya saya gak suka pakai SL.

Lihat Reply [1]

 Muhammad Yusuf |  12 Nov 2017
saya ingin bertanya master, apakah ada formasi candlestick dan price pattern yang lain selain formasi populer seperti harami, engulfing, dll? lalu bisa tidak kita menghitung jumlah candle stick bullish dan bearish dalam suatu trend, jika candle bullish lbh banyak dri candle bearish maka trend akan up trend

Lihat Reply [1]

 Edwin Widianto |  13 Sep 2019

Permisi pak. Pada time frame berapa yah pak untuk menentukan titik entri yg ideal? Dan jenis candlestick apa yg harus di cari untuk kita entry?? Terimakasih.

Lihat Reply [3]

 Rizqy Bagus |  15 Apr 2021

Kapan dan jam berapa Candle pada cryptocurrency berganti per hari ?

Lihat Reply [5]

 

Komentar @inbizia

dilihat dari pengamatanku, mungkin bisa juga diliat di pola engulfing bahwa candle ke-2 dibuka di range candle sebelumnya, hanya saja dia bentuknya lebih besar. sedangkan yang seperti evening star itu candle kedua opennya di luar range candle pertama (diatas close level). tapi dgn bentuk engulfing yg seperti itu, tampaknya lbh mudah mengenali evening star untuk reversal.
 Arda Firmanto |  10 Aug 2015
Halaman: Trading Dengan Pola Engulfing Candle
ya emang mirip2 sama sih, kan harami sama engulfing emang turunan dari inside bar. Bedanya paling di karakteristik detail posisi shadow2nya aja. Basicnya sih sama, bar kedua menunjukkan pola harga sudah mulai berkonsolidasi dari trend yg sudah berjalan, jadi kalau mendekati batas-batas support atau resistance biasanya bisa jadi pertanda reversal tuh inside bar.
 Agus Bastian |  3 Jun 2016
Halaman: Mengenal Pola Candlestick Harami
@Franky:
Sebelum entry, sebaiknya dikonfirmasikan dengan indikator teknikal untuk mengetahui validitas dari sinyal engulfing tsb. Konfirmasi bisa dengan indikator trend (MA, MACD atau ADX), atau indikator momentum (RSI atau stochastic).

 M Singgih ... |  5 Apr 2019
Halaman: Trading Dengan Pola Engulfing Candle
Tidak ada pola paling baik, atau paling menguntungkan. Ada pola yang cocok untuk pasar volatile, ada yang cocok dipakai saat pasar bullish, dan sebagainya. Kadang, chart pattern digunakan di trading bentuk candlestick untuk melihat pembukaan dan penutupan pasar sebelumnya.
 Fathia |  1 Feb 2021
Halaman: Teknik Analisa Chart Pattern Dalam Strategi Trading Forex
Cara mudah belajar indiktor candlestick? Bisa belajar lewat candlestick di investingid. Mungkin bisa langsung di cek.
 Ig:ivycantik |  23 Aug 2021
Halaman: Formasi Doji Candlestick Pengertian Dan Cara Menggunakan Dalam Trading
Ada Banyak mata uang krypto
Merujuk pada laporan CoinMarketCap, berikut rangkuman cryptocurrency yang kapitalisasi pasar kripto globalnya meningkat dalam beberapa waktu terakhir 1. Bitcoin (BTC) 2. Ethereum (ETH) 3. Cardano (ADA) 4. Litecoin (LTC) 5. DogeCoin (DOGE) 6. Binance Coin (BNB) 7. Ripple (XRP)
 Alex M |  30 Aug 2021
Halaman: Kripto Di Bagaimana Perkembangannya

Kamus Forex

Candlestick

Salah satu jenis grafik harga (chart) untuk memetakan dan membaca pergerakan harga di pasar finansial secara teknikal. Candlestick utamanya dibentuk oleh level-level OHLC (Open, High, Low, Close).

Bullish

Merupakan lawan kata dari Bearish. Menunjukkan penguatan harga secara terus menerus selama periode waktu tertentu. Dalam forex, pasar Bullish disebut juga Uptrend dan seringkali disimpulkan sebagai sinyal Buy.

Kamus Candlestick

Inverted Hammer
Inverted Hammer
Indikasi : Bullish Reversal
Akurasi :

Terdiri dari 1 candlestick yang dibuka lebih rendah dari candlestick sebelumnya. Setelah bergerak menguat, candlestick kemudian ditutup di dekat atau pada harga pembukaannya (Open). Semakin panjang sumbu atas dan semakin kecil body candlestick, maka semakin signifikan pula sinyal bullish-nya.

Contoh di Chart
(klik untuk memperbesar gambar)
Bullish Hammer
Bullish Hammer
Indikasi : Bullish Reversal
Akurasi :

Terdiri dari 1 candlestick yang ditutup di dekat atau pada harga tertingginya (High), sehingga menandakan pelemahan momentum downtrend. Semakin panjang sumbu bawah dan semakin kecil body candlestick, maka semakin signifikan pula sinyal bullish-nya.

Contoh di Chart
(klik untuk memperbesar gambar)
Three Outside Up
Three Outside Up
Indikasi : Bullish Reversal
Akurasi :

Terdiri dari 3 candlestick. Dua candlestick pertama adalah pola Bullish Engulfing, kemudian diikuti oleh pola candlestick ketiga yang mengkonfirmasi bullish reversal.

Contoh di Chart
(klik untuk memperbesar gambar)
Falling Three Methods
Falling Three Methods
Akurasi :

Terdiri dari beberapa candlestick. Diawali dengan candlestick bearish panjang yang kemudian diikuti oleh beberapa candlestick pendek membentuk koreksi bullish. Pola terkonfirmasi apabila terbentuk lagi candlestick bearish panjang yang menyentuh harga terendah baru.

Contoh di Chart
(klik untuk memperbesar gambar)
Ingin mengetahui pola-pola Candlestick lainnya yang memiliki akurasi tinggi. Lihat Daftarnya Disini.
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip