Beli Emas Perhiasan Atau Batangan, Ini Pertimbangannya

Wahyudi 20 May 2020 664
Dibaca Normal 4 Menit

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang bisa anda jadikan referensi ketika bingung hendak memilih emas batangan atau emas perhiasan.

Emas merupakan salah satu komoditi yang sangat menjanjikan, baik itu sebagai perhiasan maupun sebagai sarana investasi. Dari sisi investasi emas tentunya bisa menjadi sarana investasi yang baik karena nilai emas cenderung meningkat tiap tahunnya. Sebagai barang koleksi atau perhiasan, emas sendiri memiliki nilai artistik tinggi yang bisa meningkatkan status sosial pemiliknya. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang bisa Anda jadikan referensi ketika bingung hendak memilih emas batangan atau emas perhiasan.

beli emas perhiasan atau batangan(Baca Juga: Waktu Terbaik Untuk Investasi Emas)

 

Pilih Emas Perhiasan Atau Batangan? Wajib Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

Tingkat Kemurnian Emas

Tingkat kemurnian emas diukur menggunakan kadar karat, semakin tinggi jumlah karat maka semakin tinggi kandungan kemurnian emas. Namun tidak melulu emas dengan kandungan karat tinggi selalu baik. Sebagai komoditas investasi, tentunya Anda menginginkan emas 24 karat tanpa ada campuran logam lainnya. Berbeda halnya untuk masalah perhiasan, semakin tinggi karat dari emas, maka campuran dari logam lain akan semakin sedikit. Emas sendiri merupakan logam yang tidak terlalu kuat sehingga semakin murni emas maka semakin rentan emas tersebut.

Sebagai contoh emas perhiasan seringkali memiliki kadar 18 karat,hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi emas tersebut. Apabila katakanlah sebuah cincin emas dengan kandungan emas 24 karat dengan tingkat kemurnian 99.99 persen maka potensi kerusakan dari cincin emas tersebut akan semakin tinggi. Singkat kata, untuk emas batangan pilih emas dengan kadar 24 karat dan kemurnian emas 99.99 persen. Untuk emas perhiasan pilihlah emas dengan kadar menengah seperti 18 hingga 20 karat agar cincin emas Anda bisa awet digunakan.

 

Ukuran Emas Yang Dibeli

Untuk emas dengan fungsi koleksi atau perhiasan Anda bisa memilih ukuran emas sesuai dengan kemampuan dan selera Anda. Lain halnya dengan emas yang memiliki tujuan untuk investasi. Untuk investasi agar mudah dicairkan Anda lebih baik memilih emas batangan dengan berat 5 gram, 10 gram, dan 25 gram.

trading emas online(Baca Juga: Kelebihan Trading Emas Online Daripada Investasi Emas Fisik)

 

Perhatikan Sertifikatnya

Emas, baik itu dalam bentuk perhiasan atau batangan, selalu dijual beserta sertifikatnya. Hal tersebut ditujukan untuk menjaga agar ketika emas dijual, harga jualnya tidak bisa dipermainkan. Ketika Anda membeli emas perhiasan sudah pasti nilai jualnya akan turun meskipun Anda memiliki sertifikat. Hal ini dikarenakan emas perhiasan dapat terdegradasi dan kualitas dari emas perhiasan akan turun seiring dengan berjalannya waktu. Lain halnya dengan emas batangan, harga dari emas batangan yang memiliki sertifikat akan tetap mengikuti harga pasaran emas. Ketika Anda membeli emas batangan untuk keperluan investasi maka pastikan Anda membeli di tempat penjualan yang terpercaya seperti di pegadaian dan Antam.

 

Fungsi Dari Emas Yang Akan Dibeli

Poin terakhir yang penting untuk ditekankan adalah fungsi Anda membeli emas. Ketika Anda berniat untuk mempercantik diri dan meningkatkan status sosial dimata masyarakat, sudah pasti Anda harus memilih emas perhiasan. Emas perhiasan sendiri tidak bisa dijadikan sarana investasi yang efektif karena harganya yang bisa turun seiring berjalannya waktu dan kualitas emas yang terdegradasi.

Jika Anda membeli emas untuk keperluan investasi, pilihlah emas batangan. Ketika Anda membeli emas batangan Anda juga harus membelinya di tempat yang terpercaya seperti di pegadaian dan antam. Karena fungsinya sebagai komoditas investasi Anda tentunya harus memastikan sertifikat dari emas tersebut dan tak lupa kadar kemurnian emas. Pastikan Anda memilih emas murni dengan kadar 99.99 persen. Anda juga bisa mengecek pergerakan harga emas melalui aplikasi-aplikasi yang banyak beredar di Playstore.

aplikasi investasi emas online(Baca Juga: Intip 5 Aplikasi Emas Online Untuk Para Trader)

 

Dengan membeli emas batangan sebagai sarana investasi, Anda bisa sewaktu-waktu mencairkan emas menjadi uang tanpa takut harus rugi karena nilai emas yang terdegradasi. Tapi, Anda juga perlu ingat bahwa ada biaya-biaya tersembunyi yang dikenakan saat investasi emas. Pelajari dulu agar tidak malah merugi di kemudian hari, ya!

Kirim Komentar/Reply Baru

Forum

Agnes (11 Mar 2020)

Mau nanya. Sy sdh buat akun demo. Tp tiap mau login selalu balasannya invalid account. Mohon bantuan penyelesaiannya

Selengkapnya

Kemarin 1,713.30
Minggu Lalu 1,721.00
1 Bulan Lalu 1,810.60
2 Bulan Lalu 1,950.95
3 Bulan Lalu 1,836.60
6 Bulan Lalu 1,934.60
Setahun Lalu 1,667.95
Jujun Kurniawan 99
Apa Tanda Hari Berikutnya Market Akan Trending?
Apa tandanya kalau hari berikutnya market akan bergerak trending atau ranging,dan dalam range yang besar atau kecil?

Andre 12 Feb 2016

Reply:

Basir (16 Feb 2016 10:23)

Untuk Andre..

Perhatikan data yang akan dirilis. Jika ada data High Impact maka perlu berhati-hati. Perhatikan pola candle juga. Ada beberapa pola candle yang memberikan sinyal bahwa pasar akan berlanjut bergerak atau sebaliknya. Anda bisa menyimak nya di Pola Candle.

Thanks.

M Singgih (23 Feb 2016 00:54)

@ andre:
Untuk pergerakan yang akan trending bisa diantisipasi dari pola pergerakan harga saat ini (pola-pola pada chart), tetapi untuk yang kondisi ranging atau sideways sulit diprediksi.
Harga akan bergerak meneruskan trend jika terbentuk pola-pola flag (bendera), pennant atau wedge, dan akan bergerak dengan trend yang berlawanan (terjadi pembalikan arah trend) jika terbentuk pola-pola double top, double bottom atau head and shoulders.
Berikut contoh pembalikan arah trend (trend reversal) yang terjadi setelah terbentuknya formasi double top. Anda bisa mengantisipasi ketika pola tersebut terbentuk dan open sell ketika harga menembus level support.

Nandini 612
Emas 
Febrian Surya 927
Emas 
Sistem 1698
Data