Benarkah Forex Trading Adalah Bisnis Online Paling Menjanjikan?

SAM 1 Aug 2011Dibaca Normal 4 Menit
forex>belajar>   #bisnis   #bisnis-online   #forex
Forex trading dianggap sebagai salah satu bisnis online paling menjanjikan dengan potensi keuntungan hingga jutaan rupiah. Benarkah demikian?

Di suatu forum, pernah ada bahasan seru tentang apa sih bisnis online yang paling prospektif? Kebanyakan respons menyebutkan forex trading sebagai salah satu bisnis online paling menjanjikan. Bahkan ada yang mengaku sudah mendapatkan keuntungan ratusan hingga ribuan Dolar AS. Menyimak komentar-komentar yang ada di sana, saya jadi bertanya-tanya, benarkah seperti itu? Sebelum kita menilai apakah pendapat tersebut benar atau tidak, ada baiknya kita simak alasan-alasan yang mendasari pendapat tersebut. Coba kita simak satu per satu ya.

Bisnis Online

 

Alasan 1: Volume Perdagangan Harian Hingga Triliunan Rupiah

Alasan pertama yang dikemukakan oleh teman-teman saya dalam forum itu adalah: volume transaksi per hari alias uang yang terlibat dalam bisnis forex berkisar triliunan rupiah. Ini bukan sekadar bualan, melainkan data yang dirilis oleh lembaga bonafide. Menurut Bank of International Settlement (BIS), total volume mencapai 5 triliun Dolar AS per hari lho!

Volume Forex Trading

Oke deh, nilai total transaksi yang sedemikian besar memang cukup menggiurkan dan bisa diartikan bahwa prospek bisnis ini lumayan cerah. Forex trading bisa jadi memang merupakan bisnis online paling menjanjikan dengan skala internasional, meskipun bisa dilakukan dengan PC atau gadget dari rumah kita masing-masing. 

 

Alasan Kedua: Perkembangan Bisnis Masif, Banyak Peluang Baru

Perkembangan bisnis forex trading, khususnya di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir ini sangatlah pesat. Pesatnya perkembangan forex trading, terutama di Indonesia, ditandai dengan bermunculannya perwakilan-perwakilan broker dari luar negeri dan meningkatnya jaringan broker-broker baru asli dalam negeri.

Hal ini menunjukkan bahwa market perdagangan forex dianggap masih besar, sehingga menguntungkan untuk digarap. Bahkan bukan hanya broker-broker baru maupun perwakilan broker yang bermunculan, tetapi juga bisnis lain yang menunjang kegiatan forex trading ini seperti misalnya bisnis exchanger dan IB (Introducing Broker). Ini juga bisa menjadi indikator yang menunjukkan bahwa memang peminat kegiatan forex trading ini masih lumayan besar dan diharapkan pertumbuhannya akan terus positif di masa yang akan datang. 

Bisnis ini akan tetap bisa berjalan selama seluruh dunia belum menggunakan mata uang tunggal; satu hal yang kayaknya sangat sulit untuk terjadi. Jadi, forex trading bakal masih bisa berjalan untuk jangka waktu yang sangat lama.

Bisnis Online Paling Menjanjikan

(Baca juga: 3 Cara Bisnis Forex Tanpa Trading)

 

Alasan Ketiga: Tak Ada Pesaing

Inilah poin yang menurut saya paling menarik. Dalam bisnis ini, kalau kita bertindak sebagai trader, maka kita tidak mengenal adanya "pesaing".  Menurut saya, ini alasan yang sangat menarik. Gimana nggak menarik tuh, satu bisnis tanpa pesaing dengan kemungkinan perolehan profit yang hanya tergantung pada besarnya modal plus kemampuan kita sendiri. Menarik bukan? Mana ada sih, bisnis tanpa pesaing selain menjadi trader forex?

Dalam bisnis jual-beli lain, kita akan merasa tersaingi apabila muncul pedagang baru. Namun, sebagai trader forex, kita nggak perlu khawatir apalagi merasa tersaingi kalau semakin banyak trader yang bermain di market. Justru, semakin banyak trader (plus modal yang terlibat), maka market akan semakin aktif. Semakin aktif market, semakin besar kemungkinan kita untuk mengambil keuntungan. Jadi, semakin banyak trader baru, justru semakin menguntungkan bagi kita

Apa yang saya kemukakan di atas itu memang hal-hal positif dari forex trading. Nah, bagaimana dengan hal negatifnya? Mmm…yah, mungkin ini lebih berasal dari individu si trader. Banyak trader yang kurang bisa mengendalikan diri secara psikologis pada saat melakukan trading, sehingga trading-nya bukannya mendatangkan pendapatan, tetapi justru menghabiskan modal besar-besaran.

Banyak pula trader yang mulai forex trading tanpa pemahaman maupun kemampuan analisis pasar yang memadai, sehingga hanya mengandalkan untung-untungan atau tebak-tebakan. Padahal, tanpa pengetahuan memadai, kegiatan trading yang dia lakukan tidak jauh beda dengan sekedar mengundi nasib alias berjudi. Itulah mengapa semua trader pemula disarankan agar menyimak belajar trading forex secara bertahap, atau mencoba berlatih simulasi trading tanpa keluar modal terlebih dahulu.

Nah, sekarang mudah-mudahan Anda bisa membuat penilaian sendiri, apakah forex trading ini memang bisnis online paling menjanjikan, atau bukan!? Apakah Anda tertarik untuk ikut berkecimpung di dalamnya? Jika ya, Anda bisa membuka akun trading untuk mulai mencari keuntungan di pasar forex.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Mei Setyo ... |  28 Jun 2018

Jika jawaban halal atau haram trading forex menurut admin adalah mubah lalu bagaimana inti jawaban dari DR ZAKIR NAIK yang menjelaskan tentang saham dll,saya mohon bantun Admin untuk lebih memperjelasnya dikarenakan saya belum paham dg penjelasan DR ZAKIR NAIK apakah HALAL OR HARAM ??..

Terima Kasih.

Lihat Reply [9]

 Andi Law |  16 Nov 2020

Trading itu ordernya beneran dilempar ke pasar liquiditas sama brokernya gak sih? Aku ragu main trading ya gara-gara ini.

Apa trading antar sesama trader dibroker itu aja? Kalau memang benar ordernya diteruskan ke pasar forex, bagaimana broker bisa meraup banyak keuntungan? Mohon penjelasannya...terima kasih.

Lihat Reply [1]

 Joko Purnomo |  25 Nov 2021

Apakah penentuan Support Resistance chart Saham sama dengan yang di forex? Matur suwun

Lihat Reply [3]

 Silviana |  8 Dec 2021

Kalau muncul varian baru omicron seperti saat ini, kira-kira dampaknya apa ke pasar forex?

Lihat Reply [1]

 Kendra_luth |  18 Mar 2022

Bagaimana strategi trading forex menggunakan price action dengan pin bar?

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

Modal minimal $1000, trade dengan lot 0.01 yang nilainya 100 kontrak size, pasti aman surahman.he he ---
Ini pak Bayu teman seperjuangan, diawal awal bisnis Online, saat mencari dolar di dunia maya. Entah kemana sekarang, Padahal dulu sering komunikasi. setelah YM/yahoo off, hilang jejak.
 Basir Mubarok |  22 Oct 2018
Halaman: Trading Tanpa Loss Ala Marcelino Livian
Salah satu cara untuk memanfaatkan kartu kredit dalam berbisnis adalah dengan menggunakan limit yang ada sebagai modal usaha tentunya dengan pemilihan bunga 0%, promo ini cukup sering muncul di hampir semua kartu kredit. Ane pernah baca di Inbizia, ada cara pintar memanfaatkan kartu kredit yang bisa dibaca di halaman ini pak...
 Khoirul |  2 Sep 2020
Halaman: Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis Perhatikan Ini
Jgn lupa banyak aspek yg perlu diperhatikan spy bisnis online g kandas di tengah jalan, misalnya pengetahuan sblm memulai suatu bisnis. Pengetahuan di sini sangat luas baik pengetahuan ttg ilmu berbisnis, target pasar dan lain sebagainya. Klo mw liat aspek lain sblm berbisnis bisa dicek nih di artikel ini: Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online.
 Saikon |  2 Sep 2020
Halaman: Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Yang Terbukti Menghasilkan
- Tipe Konservatif
investor pemula yang baru saja tertarik untuk melakukan investasi. Investor tipe ini cenderung memilih jenis investasi yang stabil, berisiko rendah atau bahkan tidak ada risiko sama sekali.
Untuk memaksimalkan keuntungan, investor jenis ini harus memiliki tujuan investasi jangka panjang karena nilai yang didapat dalam jangka pendek tidaklah banyak. Jenis instrumen investasi yang sesuai dengan investor tipe konservatif adalah tabungan, deposito, dan reksadana pasar uang. - Tipe Moderat
investor yang termasuk dalam profil risiko moderat atau sedang memiliki karakteristik yang siap menerima fluktuasi jangka pendek dengan potensi keuntungan lebih tinggi dari tingkat inflasi dan deposito. Biasanya, para investor sudah mengetahui tentang pola dari investasi yang digunakan. Instrumen investasi yang cocok untuk investor tipe moderat adalah reksadana campuran. - Tipe Agresif
investor yang siap untuk kaya dan menanggung risiko yang besar. Investor jenis ini siap kehilangan sebagian besar atau seluruh dana investasinya demi mendapatkan keuntungan investasi yang besar.
Jenis instrumen yang cocok untuk investor tipe agresif adalah reksadana saham di mana di dalamnya termasuk trading saham, forex, index, juga komoditas. Investor tipe agresif juga berani untuk menginvestasikan dananya ke dunia bisnis dan properti.
 Arman |  30 Jun 2021
Halaman: Apa Yang Dimaksud Volatilitas Harga Valas
Urun rembuk...... barangkali ada guna/manfaatnya. Saya tertarik setelah baca pendapat/komentar mas-mas/bpk diatas yang macam2, yakni ada yg setuju juga ada yg berpersepsi negatif terhadap trading forex. Kalau menurut saya gampang atau mudah saja..... jangan pusing.. jangan diperdebatkan dg berbagai alasan, "gitu aja kok repot...." maaf ngutip pendpt mendiang presiden Gus Dur. Dalam menyikapi trading forex dan sejenisnya ... Sebaiknya Kita harus berfikir secara  global/universal/konprehensif... bahwa semua/ segala sesuatu yang diciptakan didunia ini (ciptaan Tuhan maupun Manusia) adalah BAIK atau POSITIP, karena semua ciptaan itu ada ILMUnya.(Kalau tdk pakai ilmu maka produk tsb tdk akan jadi spt yg diharapkan/ dimaksud oleh penciptanya) Produk/Ciptaan itu akan menjadi manfaat dan berguna / ada kebaikan bagi kita/manusia bila diterapkan dg benar dan dg tujuan utk kebaikan, Demikian pula akan menjadikan tdk manfaat / jelek bila ..... dst.. (teruskan sendiri yaa,,,,,). Demikian juga Ilmu ada yg sangat sederhana, sederhana, ada yg canggih, super canggih, bahkan Maha Canggih. Selain itu kita jangan lupa bahwa setiap produk/ ciptaan akan berlaku HUKUM ALAM yatiu ada masa berlaku dan ada siklus atau ada peroidenya. (kita tdk boleh menentangnya, mengabaikan, dll... karena ini adalah kehendak Tuhan Maha Mencipta. yaa...kita harus mengikutinya. Kesimpulan : Setiap produk itu baik dan ada ilmunya, serta berlaku hukum alam. Lebih lanjut produk tsb menjadi baik atau tdk baik tergantung penerapan/aplikasinya.  Contoh Ciptaan Tuhan : Manusia spt kita ini...,.. contoh ekstrim adalah Tuhan menciptakan IBLIS beserta keturunannya... menurut saya pribadi adalah BAIK, Contoh produksi buatan manusia yang sehari2 kita gunakan : pisau/ clurit, motor/mobil, rumah dll. Tapi perlu diingat bahwa setiap penciptaan produk sdh dilengkapi dengan tata aturan penerapannya, carakerja, indikasi, masa berlakunya dll. Untuk aplikasinya bagaimana ... ?  jawabnya terserah mas-mas/ bapak-bapak.      Lalu bagaimana tentang aplikasi Forex ? apakah baik, jawab saya BAIK (menciptakan aplikasi ini menggunakan ilmu canggih dan sulit/tdk bisa bagi orang awam termasuk saya), dan akan bermanfaat menjadikan penghasilan/profit yang menjanjikan jika tahu ilmunya titik. (maaf saya tidak menyinggu tentang dogma/agama karena berkaitan dg keyakinan). Tetapi sebaliknya jangan sekali-kali ikut trading Forex/saham/sekuritas lainnya, jika tidak punya ilmunya, pasti akan habis modal/ bangkrut/ miskin dll. Tentunya hal ini sudah ada ketentuan bahwa Setiap Broker sdh memberi rambu2/ peringatan bahwa trading forex dan sejenisnya mempunyai probabilitas yg sangat tinggi.  Sekarang terserah mas-mas/ bapak2 menyikapinya.... , silahkan .. trm ksh. 
 Sariadi |  17 Dec 2021
Halaman: Lupakan Analisis Teknikal Dan Fundamental Pemilik Uanglah Yang Menguasai Market
"forex tidak cocok untuk semua orang", ini adalah harsh truth, tapi banyak yang tidak mau terima. Orang-orang pada fomo dan gelap mata kalau liat temen ato kenalannya sukses di forex, pengen ikut makmur juga. Tapi kalo udah mbahas soal manajemen emosi dan modal, suruh belajar pake akun dana kecil2, pada gak sabaran. Ntar pas rugi koar-koar forex itu penipuan.... kisah lamanya sih gt.
 Jimmy Belompro |  13 Apr 2022
Halaman: Halhal Yang Cenderung Disembunyikan Tentang Forex Trading
Suku Bunga Kredit
BANKKorporasiRitelKPR
Central Asia 9.75% 9.90% -
Cimb Niaga 9.40% 10.10% 9.55%
Danamon Indonesia 10.00% 10.50% 17.00%
Mandiri 9.95% 9.90% 10.20%
Mega 11.50% 11.50% 11.50%
Negara Indonesia 9.95% 9.95% -
Ocbc Nisp 10.50% 11.50% 10.20%
Panin Indonesia 10.25% 10.35% 10.35%
Rakyat Indonesia 9.95% 9.90% 9.90%
Rakyat Indonesia Agroniaga 11.05% 12.05% 12.05%
Lihat Bank Lain

Kamus Forex

Deposit, Deposit Forex

Sejumlah dana yang harus diberikan kepada broker sebagai modal trading dan menikmati layanan yang diberikan (oleh broker tersebut).

Regulator Forex

Lembaga yang berperan memantau operasional usaha dan menjaga ketaatan hukum broker forex di bawah naungan regulasinya. Karena perannya, regulator dianggap menyediakan jaminan perlindungan bagi trader.

Regulator seringkali adalah lembaga pemerintah bersifat otonom atau bisa juga berupa asosiasi swadaya. Regulator forex yang memiliki dasar hukum sebagai bentukan pemerintah contohnya Bappebti (Indonesia), ASIC (Australia), dan FCA (Inggris). Regulator seperti ini memiliki legitimasi lebih kuat daripada asosiasi swadaya.

Kalender Forex, Kalender Ekonomi

Kalender yang memuat jadwal rilis berbagai data ekonomi maupun peristiwa penting terkait kebijakan moneter dan fiskal dari negara-negara yang mata uangnya diperdagangkan dalam pasar forex.

Forex

Adalah Foreign Exchange atau pertukaran mata uang asing (valas). Sementara trading forex merujuk pada aktivitas perdagangan valas secara online untuk mendapatkan keuntungan.

Broker Forex

Adalah perusahaan, institusi, agen, ataupun individu yang bertugas mempertemukan pihak penjual dan pembeli. Broker forex secara khusus artinya perusahaan yang menghubungkan trader dengan pasar interbank untuk bertrading forex.

Komentar[16]    
  Pramuditya   |   4 Mar 2012
kita sih ga bersaing sama tradernya, tapi secara g langsung malah sama brokernya. pernah ada pembahsan soal broker yang dirugikan klo kita untung, tapi diuntungkan klo kita rugi. jujur itu konsep yg amat mengkhawatirkan menurut gw, secara broker disini sbg pemberi fasilitas trading & tempat kita percayain modal & hasil trading kita. broker bisa aja melakukan manipulasi ke akun kita buat menekan profit. klo konsep itu bener berarti kan posisi kita g bener2 aman meskipun kita bisa profit sebanyak apapun..
  Hachiko44   |   7 Mar 2012
mnurut ane gg bakal gitu ceritanya kalo brkernya punya regulasi yg trpercaya. apalagi klo pengikutnya bnyk, profit/loss dr tradr pst gg akan sbsr itu pngrhnya bwt bisnis broker itu sndr. Krn mrk lbh seneng kalo punya trader yg banyk dn depositkan modal mrk ketimbang jatuhin tradingnya klien mrk.
  Pramuditya   |   11 Mar 2012
@hachiko: meskipun dari broker sekelas fxcm pun masih ada keluhan soal manipulasi trading. jadi intinya emang tindakan broker yg kayak gitu terjadi dimana-mana. g ada broker yg 100% aman, karena pasti salah satu fasilitasnya ada manipulasi dari broker.
  Hachiko44   |   12 Mar 2012
yg spt itu menurut ane lumayan wajar, namanya juga bisnis, pasti smw org pgn untung. yg penting tu trjdinya msh dlm bts wajar. dsini peran regulasi ut bkl terlihat. buat memastikan cara2 broker kayak gitu masih normal atau udah mengarah ke scam. kalo udah ok go dr regulator resmi ane rasa trading kita masih trbilang aman kok. malah klo ada maslh mstinya ya evaluasi dulu dr strategi tradingnya, kesalahan kn bkn cm dr broker aja.
  Dyah Permata   |   15 Nov 2012
Possible gg ya kira2 gerakan sejuta traderx? Low bisa kan lumayan tuh bisa dapetin profit bareng2...
  Bambang Priyono   |   17 Nov 2012
Itu mungkin terjadi, tapi peluangnya sangat kecil, dan bisa berakibat fatal terhadap kondisi keuangan dari negara asal. Untuk melakukannya bukan hanya perlu jumlah trader yang banyak, tapi juga ukuran trading yang besar. Kalau tidak bermodal besar, jumlah trader yang banyak sekalipun juga akan kesulitan mempengaruhi market. Contoh kasus ini bisa diambil dari insiden Black Wednesday yang diprakarsai oleh George Soros dan menjatuhkan nilai Poundsterling ke level yang samngat rendah
  Soni Aditya   |   16 Mar 2016
Forex memang termasuk bisnis online yang menjajikan sekali. Memang tak ada pesaing untuk bisnis satu ini, tapi... masalahnya kalau trader ini salah memilih broker, apalagi brokernya itu broker yang nakal, sudah tamat deh.. Selain itu juga tergantung pada kecerdikan trader sendiri dalam menentukan strategi trading yang profitable 
  Simon   |   6 Nov 2018

w ada dana 10 juta gan, klw mw trading, enaknya trading mandiri atau trading pake broker?

  Admin   |   7 Nov 2018

Kalau 10 juta dollar mungkin baru bisa dipertimbangkan pak. Kalau hanya 10 juta rupiah, kami sarankan pakai broker saja

  Kaka Zakaria   |   8 Nov 2018

gak bisa dibilang gak ada pesaingnya jg min. persaingan disini ketat banget. terutama para trader profesional yang ada di luar negeri. belum lagi broker-broker yang kini semakin merajalela. disini semua sama2 berlomba ingin dapetin banyak duit. kalau bukan persaingan, terus apa namanya? 

  Mas Sinar   |   8 Nov 2018

emang ga ada mas kaka. Anda ga akan ketemu trading lain dan saling berdebat dengan mereka mana posisi yang benar. Akan lebih sering nanti berdebat sama diri sendiri, ini posisi harus ditahan atau dilepas, atau buka posisi baru, atau tutup rugi. Kira-kira seperti itu.

  Risno Simamora   |   23 Oct 2019
Saya ingin bertanya? Jika seandainya semua org kerjanya seorang trader di forex dan semua orang profit.ap dampaknya  itu nanti, karena manusia  ngk semua tau tentang bisnis forex. Bahkan sarjana ekonomi aj terkadang ngk tau bisnis forex, bnyk di daerah kmi lulus sarjana ekonomi tpi kerjanya kok ke sawah y, Maaf sya masih pemula! 
  Kasan   |   10 Feb 2020
apakah ini halal?
  Admin   |   10 Feb 2020
Trading forex ini hukumnya HALAL, pak, sebagaimana yang telah dinyatakan oleh MUI dalam ketentuan umum tentang kegiatan transaksi jual-beli valuta asing berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 28/DSN-MUI/III/2002 tentang Sharf, pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Tidak untuk spekulasi (untung-untungan)
  • Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan)
  • Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis, maka nilainya harus sama dan secara tunai (at-taqabudh).
  • Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar (kurs) yang berlaku pada saat transaksi dilakukan dan secara tunai.
Sebagai referensi, Anda juga bisa membaca artikel berikut:
Terima kasih dan semoga membantu.
  Badriah   |   23 Jul 2021

Apa kegunaan akun demo untuk pemula?

  Rahman   |   23 Jul 2021

- Bagi trader pemula (newbie), akun demo forex akan memberikan gambaran yang sangat nyata tentang trading forex online.
- Akun demo forex berguna untuk mematangkan kemampuan dalam trading sebelum trader memutuskan untuk menggunakan akun riil, karena sekaligus berlatih melakukan analisa dan eksekusi trading.
- Trader pemula maupun berpengalaman dapat memanfaatkan akun demo forex untuk menguji coba sistem trading secara leluasa, tanpa perlu takut mengalami kerugian apabila melakukan kesalahan.
- Bagi trader yang masih menjajaki atau mencari broker, maka dapat mendaftar akun demo forex untuk melihat bagaimana performa teknis (server, speed, dsb) suatu broker.

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip