Berapa Investasi Minimal Untuk Trading Bitcoin?

SAM 13 Oct 2017Dibaca Normal 4 Menit
kripto>belajar>   #bitcoin   #investasi   #trading-bitcoin
Besarnya modal atau investasi untuk trading Bitcoin bisa berbeda-beda, tergantung cara trading yang Anda pilih.

Apakah Anda berkeinginan untuk trading Bitcoin, tetapi ragu mengenai berapa besar modal yang dibutuhkan? Barangkali juga ragu apakah dana yang sudah dimiliki akan mencukupi atau tidak untuk mulai mengejar profit dari Bitcoin. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu soal adanya beberapa cara trading Bitcoin.

Baca Juga: Cara Trading Bitcoin Dengan Modal Kecil

Cara pertama trading Bitcoin dengan membelinya di bursa kripto (Crypto Exchanges) atau langsung dari orang lain yang ingin memperjual-belikan Bitcoin. Sedangkan cara kedua trading Bitcoin adalah via CFD dan aset derivatif lainnya di platform tertentu seperti Broker Forex. Masing-masing metode memiliki karakteristik, risiko, dan persyaratan investasi untuk trading Bitcoin yang berbeda. Berikut uraiannya.

Berapa Investasi Minimal Untuk Trading Bitcoin

 

Trading Bitcoin Di Bursa Kripto

Saat ini sudah banyak sekali bursa kripto di seluruh dunia. Salah satu yang paling populer diantaranya Coinbase. Coinbase menjual Bitcoin pada trader dengan harga yang sudah di-mark-up sekitar satu persen di atas harga pasar. Namun, selain menjual Bitcoin secara langsung, banyak pula bursa kripto yang memfasilitasi jual-beli antar individu.

Baca Juga: 5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu

Di bursa kripto yang memfasilitasi jual-beli perorangan seperti ini (contohnya BitStamp), jika Anda akan membeli Bitcoin, maka akan dipertemukan dengan orang yang ingin menjual Bitcoin yang telah dimiliki mereka. Sedangkan jika Anda ingin menjual Bitcoin, maka akan dipertemukan dengan orang yang sedang ingin membeli. Jika harga penawaran cocok dengan keinginan, maka jual-beli dapat terlaksana secara langsung di bursa tersebut, dengan dana otomatis ditransfer ke wallet masing-masing.

Bursa Kripto Coinbase dan Bitstamp

Di bursa kripto seperti ini, investasi untuk trading Bitcoin bisa sangat tinggi, tergantung pada berapa kurs Bitcoin dan berapa banyak Bitcoin yang ingin dibeli. Umpamanya pada 7 Maret 2018, kurs Bitcoin adalah 149,164,275 Rupiah atau 11,187 Dolar AS per satuannya. Artinya, jika ingin memiliki 1 BTC, Anda perlu menyiapkan dana sekitar itu pula. Jika dana lebih kecil, maka Anda hanya akan mendapatkan kurang dari 1 BTC.

Ketika trading Bitcoin di bursa kripto, Anda akan mendapatkan keuntungan jika harga penjualan lebih tinggi dibanding harga beli. Dengan kata lain, bila saat ini membeli 1 Bitcoin seharga 11,187 Dolar AS, maka kelak harus dijual lebih dari itu agar untung. Jika dijual dengan harga lebih rendah, maka akan merugi.

 

Trading Bitcoin Di Broker Forex

Dibanding trading Bitcoin dengan memperjualbelikannya di bursa kripto, trading Bitcoin di broker forex akan membutuhkan investasi lebih rendah. Ini karena broker forex memberikan fasilitas leverage yang bisa memperkecil syarat investasi minimal untuk trading Bitcoin.

Ambil contoh di broker A menyediakan layanan trading Bitcoin versus Dolar AS (BTC/USD) dengan leverage antara 1:1 hingga 1:5, dengan perdagangan bisa dilakukan per lot mikro (per 1,000 USD). Dengan kata lain, Anda tak harus menyiapkan investasi untuk trading Bitcoin hingga belasan ribu Dolar AS, melainkan cukup seperlimanya saja. Selain itu, transaksi bisa dilakukan per-pecahan kecil, mulai dari 1,000 USD. Maka dari itu, jika ingin trading Bitcoin di broker forex, Anda boleh jadi hanya perlu menyiapkan dana sekitar 5,000-10,000 Dolar AS saja.

Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa dana modal trading tadi bisa "termakan" oleh fluktuasi harga Bitcoin yang sangat tinggi. Di broker forex, trader bisa mendapatkan keuntungan saat harga naik maupun turun, tetapi kerugian juga bisa dialami saat harga naik ataupun turun. Padahal, fluktuasi harga Bitcoin sangatlah tajam, bisa mencapai ribuan Dolar dalam sehari. Oleh karenanya, sebaiknya sebelum trading Bitcoin di broker forex, berlatihlah trading forex biasa di akun demo terlebih dahulu.

 

Investasi Untuk Trading Bitcoin Terlalu Besar?

Setelah membaca uraian ini, Anda boleh jadi kaget dan bertanya-tanya, kok besar sekali? Tentu saja, karena nilai Bitcoin terus meningkat dari waktu ke waktu, dan sekarang bahkan nilai per satuannya sudah lebih mahal dibanding emas. Karena itu pula, Bitcoin dijuluki Emas Digital. Namun, jangan putus asa.

Bitcoin yang nilainya makin mahal ini termasuk golongan mata uang kripto. Mata uang kripto tak hanya Bitcoin saja, melainkan banyak pula lainnya. Contohnya Ethereum yang mendapatkan dukungan dari berbagai perusahaan raksasa dunia, Litecoin yang memungkinkan eksekusi lebih cepat, serta Ripple yang dianggap lebih aman dibanding Bitcoin.

Baca Juga: 10 Jenis Mata Uang Kripto Paling Populer Selain Bitcoin

Jika tertarik untuk berinvestasi pada mata uang kripto, maka Anda dapat pula memilih yang lainnya, seperti Ethereum, Litecoin, dan Ripple. Semuanya punya potensi untuk menjadi sama besarnya dengan Bitcoin, tetapi nilainya belum mencapai level yang terlalu mahal karena belum banyak dikenal.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Cahyo Kumolo |  9 Mar 2021

Luar biasa ceritanya, yang jelas kalau join gunakan uang nganggur aja. 

Pendapat saya kalau ada investasi model begini mendingan langsung ikut diawal munculnya dan pasti cuannya banyak, tapi kalau ikut di tahun ke-2 mendingan jangan karena bisa jadi modalmu amblas.

Lihat Reply [2]

 Khalis |  26 Oct 2021

Akhir-akhir ini harga bitcoin kembali menggila, itu kenapa ya gan bisa begitu? Apakah ada kesempatan harganya bisa turun lagi? Pengen coba investasi BTC..hehe

Lihat Reply [3]

 Ristanto |  8 Dec 2021

Saya ingin main investasi saham. Kira-kira berapa modal yang diperlukan ya pak?

Lihat Reply [1]

 Aris Hakim |  3 Feb 2022

master, apakah kita bisa menggunakan chart pattern di bitcoin? lalu kira-kira chart pattern apa yang bisa kita manfaatkan untuk trading intraday di bitcoin

Lihat Reply [1]

 Nur Halimah |  8 Mar 2022

mohon infonya min, investasi apa yang bagus dan risiko rendah untuk pemula, mengingat saat ini banyak sekali produk investasi? Trims

Lihat Reply [1]

 

Komentar @inbizia

Bila dilihat berdasarkan sistem transfernya, ada beberapa hal yang menjadi keuntungan utama dari trading kripto: Hampir tidak ada biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan. Mata uang kripto menawarkan deposit dan penarikan dengan komisi yang sangat minim (tidak lebih dari 1% per transaksi). Tidak ada komisi untuk penukaran dari dan ke jenis mata uang kripto lainnya. Proses transfer instan tanpa keterlambatan dan tanpa hambatan. Sebagai referensi tambahan, Anda juga bisa membaca artikel berikut: Keunggulan Cara Kerja Mata Uang Kripto 10 Broker Forex Pilihan Untuk Trading Bitcoin Terima kasih.
 Seputarforex |  6 Dec 2019
Halaman: Mata Uang Kripto Asal Indonesia
Belum banyak sih, tapi denger denger udah ada broker yang melayani deposit kripto. Sekarang ini setahuku selain kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, paysafecard, check, pake bitcoin juga bisa.
 Aldhee |  17 Feb 2021
Halaman: Memilih Broker Forex Terbaik Dari Kemudahan Cara Deposit
Ada Banyak mata uang krypto
Merujuk pada laporan CoinMarketCap, berikut rangkuman cryptocurrency yang kapitalisasi pasar kripto globalnya meningkat dalam beberapa waktu terakhir 1. Bitcoin (BTC) 2. Ethereum (ETH) 3. Cardano (ADA) 4. Litecoin (LTC) 5. DogeCoin (DOGE) 6. Binance Coin (BNB) 7. Ripple (XRP)
 Alex M |  30 Aug 2021
Halaman: Kripto Di Bagaimana Perkembangannya
Pedagang aset kripto yang terdaftar di Bappebti :
PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX)
PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO)
PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX)
PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)
dll
 Irwan |  9 Dec 2021
Halaman: Mata Uang Kripto Asal Indonesia
Investasi saham langsung adalah Investasi yang dilakukan secara mandiri (investor mengelola dana dan membeli sesuai yang diinginkan)
Sedangkan investasi reksadana adalah investasi yang dikelola oleh perusahan aset manajemen dan investor tidak dapat leluasa memilih instrumen investasi saham
 Aidil Fitra |  8 Apr 2022
Halaman: Mengenal Jenis Jenis Reksadana
Saat ini investasi emas kyknya rada kurang diminati min, kalah sama bitcoin dan nft gitu. Tapi saya tetep hold emas sih, soalnya udah terbukti sejak puluhan taun lalu kalo bisa jadi aset berharga. Mau invest properti juga berat, maklumlah... Sandwich generation. Hiks.
 Iman |  11 Apr 2022
Halaman: Proporsi Investasi Emas Yang Ideal
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip