Bisakah Membeli Bitcoin dengan Kartu Kredit?

Evan 12 Jul 2022
Dibaca Normal 6 Menit
kripto > uang >   #beli-bitcoin   #kartu-kredit
Kini Anda semakin dimudahkan untuk beli Bitcoin dengan kartu kredit. Namun sebelum itu, pahami dulu risikonya.
DI

Sejak awal mula kemunculan Bitcoin pada tahun 2009 hingga sekarang, keberadaan cryptocurrency telah menjadi perhatian seluruh dunia sebagai bentuk uang digital yang terdesentralisasi, alias tanpa intervensi dari pihak otoritas. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin juga telah beralih dari yang semula dianggap sebagai metode pembayaran ilegal hingga menjadi pilihan investasi paling menguntungkan.

Dengan popularitasnya yang tinggi dan iming-iming keuntungan besar, membuat para trader serta investor kecil akan mencari cara untuk dapat membeli aset kripto tersebut, tak terkecuali dengan menggunakan kartu kredit. Selain karena terkenal dengan kemudahannya, para trader dan investor bermodal minim bisa kredit modal untuk mulai terjun ke pasar kripto.

Beli Bitcoin Dengan Kartu Kredit

Baca Juga: Tips Bebas Dari Jeratan Utang Kartu Kredit

Iming-iming keuntungan Bitcoin yang sangat besar membuat sebagian orang akhirnya ingin beli Bitcoin dengan kartu kredit dan berharap bisa melunasi hutang biaya penggunaan kartu kredit tersebut. Namun, tentu saja risiko yang harus ditanggung. Pertanyaannya, bisakah Anda benar-benar membeli Bitcoin dengan kartu kredit? Kalau bisa, kemudian apa risikonya bagi Anda?

 

 

Bisakah Beli Bitcoin dengan Kartu Kredit? Bagaimana Caranya?

Sebagai aset bernilai tinggi, orang-orang tentu ingin bisa membeli Bitcoin dengan cara kredit. Perlu diketahui dahulu bahwa metode pembayaran ini tidak tersedia secara luas, sebab sebagian besar exchange menghindari tagihan. Anda hanya akan bisa beli Bitcoin dengan kartu kredit di exchange luar yang sayangnya tidak teregulasi Bappebti.

Karena tidak ada exchange lokal teregulasi Bappebti yang menyediakan opsi pembayaran kartu kredit, maka tetaplah bijak dalam memilih exchange luar. Sebab, ketika Anda mendaftar akun untuk beli Bitcoin menggunakan kartu kredit, sudah pasti mereka meminta seluruh data pribadi untuk proses KYC (Know Your Customer). Jangan sampai Anda melakukan proses verifikasi KYC di exchange yang tidak jelas reputasinya dalam menjaga data privasi pengguna.

Selain hanya ada beberapa exchange kripto yang menyediakan opsi beli Bitcoin dengan kartu kredit, tak semua penerbit kartu kredit juga membolehkan penggunanya untuk beli mata uang kripto secara kredit. Sehingga, apabila Anda ingin beli Bitcoin dengan kartu kredit, pastikan untuk menggunakan exchange dan kartu kredit yang memang membolehkan metode transaksi tersebut.

Baca Juga: 5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu

 

Apakah Beli Bitcoin dengan Kartu Kredit Adalah Ide Bagus?

Tidak. Menggunakan kartu kredit untuk membeli Bitcoin adalah metode yang sangat spekulatif dan mahal, sebab potensi kerugiannya cenderung melebihi manfaat. Apabila Anda belum memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni dalam menganalisa pasar kripto, maka metode beli Bitcoin dengan kartu kredit sangat tidak disarankan sama sekali.

Pembelian Bitcoin biasanya akan dianggap berbeda dengan pembelian lainnya oleh penerbit kartu kredit. Dalam banyak kasus, membeli cryptocurrency dengan kartu kredit kerap dianggap sebagai perilaku berisiko, lantaran hal ini bisa membuat penerbit kredit menurunkan batas kredit atau bahkan menutupnya.

 

Kelemahan Beli Bitcoin dengan Kartu Kredit

Seperti disebutkan di atas, menggunakan kartu kredit untuk membeli Bitcoin bukanlah ide bagus. Terlalu banyak risiko yang harus diperhitungkan dibandingkan dengan potensi keuntungannya yang spekulatif. Apa saja kelemahan beli kripto dengan kartu kredit?

 

Biaya Perantara

Seperti yang sudah diketahui bahwa sebuah exchange kripto menghasilkan dan mendapatkan uang melalui biaya transaksi. Rata-rata biaya transaksi tersebut berkisaran 0.1% per transaksi, tetapi untuk transaksi dengan menggunakan kartu kredit, ada kemungkinannya Anda akan dikenakan biaya lebih.

Misalnya pada salah satu exchange luar yang mengizinkan Anda beli Bitcoin dengan kartu kredit, namun akan membebankan biaya hingga 7% sebagai biaya transaksi beli Bitcoin dengan kartu kredit Visa atau Mastercard secara instan.

 

Biaya Kartu Kredit

Perlu diketahui bahwa pada umumnya pembelian mata uang kripto dengan kartu kredit itu sama seperti tarik tunai. Sehingga Anda perlu mengetahui dulu berapa persen limit tarik tunai kartu tersebut, sekaligus biaya admin dan bunganya.

 

Risiko Lainnya

Kedua biaya di atas bukanlah satu-satunya risiko ketika Anda beli Bitcoin dengan kartu kredit. Risiko yang paling harus dipahami adalah tingkat spekulasi yang tinggi. Cryptocurrency merupakan teknologi yang masih tergolong baru, namun telah mengalami perubahan harga dari waktu ke waktu dengan range besar, seperti yang terlihat pada harga Bitcoin terkini.

Beli Bitcoin dengan Kartu Kredit

Hal ini dapat menghapus keuntungan Anda apabila beli Bitcoin dengan kartu kredit lalu harganya kemudian hancur seperti sekarang. Bukan menambah keuntungan, tapi nanti Anda malah membayar lebih banyak hutang kartu kredit daripada nilai aset.

Selain itu, seperti yang sudah tertulis sebelumnya di atas, tidak ada exchange lokal yang menyediakan metode pembelian kripto menggunakan kartu kredit, hal ini disebabkan juga karena terlalu besar risikonya bagi pihak exchange maupun bank lokal pemberi kredit. Dengan demikian, apabila benar-benar mau beli Bitcoin dengan kartu kredit, maka transaksi Anda tersebut tidak akan terlindungi oleh regulasi yang diawasi dan diatur oleh Bappebti.

 

Kesimpulan

Meskipun sekarang Anda bisa beli Bitcoin dengan kartu kredit, namun metode tersebut bukanlah suatu keputusan finansial yang bijak. Anda harus mengingat bahwa risiko penggunaan kartu kredit untuk pembelian barang biasa saja sudah cukup besar, apalagi kalau dipakai beli Bitcoin yang volatilitas harganya sangat tinggi.

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit

Risiko dan biaya tersebut tidak hanya akan mengurangi potensi keuntungan Anda, tetapi juga dapat memengaruhi skor kredit jika pembelian tersebut dianggap terlalu besar dan berisiko tinggi. Jadi, tetap gunakan uang tunai saja untuk beli Bitcoin dan cari cara lain untuk mendapatkan uang dari kripto.

 

Selain beli kripto dengan krtu kredit, Anda juga bisa memanfaatkan kartu debit, lho. Selain lebih fleksibel biayanya juga terkenal sangat murah. Apa saja jenis kartu debit kripto yang ada di luar sana? Simak penjelasannya di artikel Bagaimana Cara Kerja Kartu Debit Kripto? berikut ini.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Salah satu cara untuk memanfaatkan kartu kredit dalam berbisnis adalah dengan menggunakan limit yang ada sebagai modal usaha tentunya dengan pemilihan bunga 0%, promo ini cukup sering muncul di hampir semua kartu kredit. Ane pernah baca di Inbizia, ada cara pintar memanfaatkan kartu kredit yang bisa dibaca di halaman ini pak...
 Khoirul |  2 Sep 2020
Halaman: Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis Perhatikan Ini
Min gmn sih caranya ngajuin kartu kredit bagi anak yg baru lulus sekolah? efek pengen usaha tp belum ada modal nih wkwkwk
 Citra |  4 Sep 2020
Halaman: Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis Perhatikan Ini
Belum banyak sih, tapi denger denger udah ada broker yang melayani deposit kripto. Sekarang ini setahuku selain kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, paysafecard, check, pake bitcoin juga bisa.
 Aldhee |  17 Feb 2021
Halaman: Memilih Broker Forex Terbaik Dari Kemudahan Cara Deposit
Pagi... Mohon bantu info, jika kakak saya pernah ada / masih ada tanggungan kartu kredit (misal Mandiri / BNI), sudah lama sih infonya, lebih dari 10 thn lalu. Dan saat ini dia baru masuk bekerja dan diwajibkan harus punya rekening bank atas nama dia. Apakah dgn status 5 - Macet (saya sempat mintakan ini ke OJK).. dia bisa buka rekening tabungan di BCA misalnya ? (dia tidak ada problem di rekening tabungan BCA) Terima kasih
 San-san |  6 Apr 2021
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Besaran biaya tahunan pada kartu kredit berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya Semuanya tergantung pada bank penerbit kartu, umumnya semakin lengkap fitur kartu kredit dan semakin premium jenis kartu maka biaya tahunan akan semakin tinggi
 Lala Mc |  18 Oct 2021
Halaman: Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit
umumnya untuk transaksi paypal dengan kartu kredit, namun saat ini sudah bisa transaksi paypal dengan kartu debit, namun hanya kartu debit berlogo MasterCard, VISA, dan American Express saja yang bisa digunakan untuk transaksi di PayPal
 Atta Liem |  25 Feb 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal
Suku Bunga Kredit
BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.00% 8.25% 7.25%
BCA 7.95% 8.20% 7.20%
Mandiri 8.00% 8.25% 7.25%
BTN 8.00% 8.25% 7.25%
OCBC NISP 8.25% 8.50% 8.00%
BTPN 6.17% 9.57% -
Danamon 8.25% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.25%
HSBC Indonesia 6.25% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain

Kirim Komentar Baru