Bisnis Minyak

5 Negara Penghasil Minyak Terbesar Di Asia Pasifik
Melati     20 Nov 2021
Amerika Serikat dikenal sebagai produsen minyak terbesar di dunia, tapi apakah Anda tahu negara penghasil minyak di Asia Pasifik? Indonesia ada di peringkat berapa, ya?
Cara Melindungi Portofolio Trading dari Resesi
Cahyaning     7 Sep 2022
Kekhawatiran akan terjadinya resesi membuat banyak trader mengambil langkah melindungi portofolio trading. Apa saja yang bisa dilakukan?
Cara Mengajukan Pinjaman di Modalku Agar Cepat Disetujui
Intan     24 Aug 2022
Ingin mengajukan pinjaman di Modalku, tapi khawatir cairnya susah? Artikel berikut akan memberi panduan soal apa saja dokumen yang dibutuhkan agar dana pinjaman cepat cair.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #minyak #bisnis

Afwan   21 Jan 2022

Bagaimana cara analisa fundamental untuk trading minyak mentah online?

Aisha   31 Jan 2022

Cara analisis fundamental untuk trading minyak itu kurang lebih sama dengan cara analisis untuk trading komoditas dan forex.

Pertama, kita perlu memahami faktor apa saja yang dapat memengaruhi permintaan dan penawaran minyak mentah dunia.

Perubahan atas proyeksi permintaan dan penawaran itu nantinya dapat menjadi katalis bagi harga minyak. Misalnya: Terjadi peperangan di Timur Tengah, sehingga jalur distribusi minyak kemungkinan akan terganggu. Jika permintaan atas minyak dalam waktu yang sama tidak mengalami penurunan, maka harga minyak akan meningkat karena suplainya berkurang.

Kedua, kita harus tahu negara-negara mana saja yang menjadi produsen dan konsumen terbesar minyak mentah.

Ada organisasi OPEC dan OPEC Plus yang terkenal sebagai kartel produsen minyak. Tapi di luar organisasi itu juga ada negara-negara produsen mayor seperti Amerika Serikat, Kanada, China, dll. Keputusan OPEC dapat memengaruhi harga minyak, demikian pula misalnya jika terjadi badai parah di pusat pengilangan minyak di AS atau negara lain.

Di sisi lain, AS juga merupakan negara konsumen minyak terbesar, sehingga keputusan pemerintahnya dapat memengaruhi harga minyak. Umpamanya jika pemerintah AS memutuskan untuk menambah cadangan minyak strategis federal, maka permintaan minyak akan meningkat dan harga kemungkinan ikut naik.

Ketiga, ketahui berita dan data tentang minyak yang dapat berpengaruhi signifikan dalam tempo singkat

Daftarnya antara lain: Data Jumlah Sumur Minyak Aktif di AS (Baker Hughes Total Rig Count), Data Inventori Minyak Mentah AS (EIA Crude Oil Inventories & API Weekly Crude Oil Stock), dan rapat OPEC.

Ada pula data CFTC Crude Oil Speculative Net Positions yang menunjukkan perubahan posisi trading minyak di AS. Datanya dirilis mingguan, biasanya menampilkan apakah jumlah transaksi beli/jual bertambah atau berkurang secara neto. 

Keempat, kombinasikan pemahaman fundamental dengan analisis teknikal.

Analisis fundamental itu sebenarnya tidak cocok untuk trading (jangka pendek), melainkan lebih cocok untuk investasi (jangka panjang). Karena analisis fundamental tidak dapat membantu kita menentukan titik entry (beli/jual) maupun titik exit (ambil untung/stop loss). Para fundamentalis sekalipun pasti akan mengombinasikan analisis fundamental dan teknikal untuk trading jangka pendek.

Janita   31 Jan 2022

Di berita lagi rame berita konflik Rusia-Ukraina dan disebutkan bikin harga minyak meroket. Mengapa ya kak bisa demikian? 

Aisha   1 Feb 2022

Rusia termasuk salah satu dari tiga produsen minyak terbesar di dunia. Perlu diketahui, lima negara produsen minyak terbesar secara urut saat ini adalah Amerika Serikat, Arab Saudi, Rusia, Kanada, dan China.

Sedangkan Eropa adalah konsumen utama ekspor energi Rusia. Negara-negara Eropa bukan cuma mengimpor minyak, tapi juga gas dari Rusia. Eropa juga merupakan jalur distribusi minyak vital dari Rusia ke berbagai kawasan lain.

Apabila terjadi konflik antara sekutu versus Rusia di Ukraina, maka Rusia dapat memutuskan untuk mengurangi atau bahkan meyetop pasokan energi ke Eropa. Ada kemungkinan juga jalur distribusi ke kawasan-kawasan lain akan terganggu. 

Dengan asumsi permintaan tetap dan suplai mengalami gangguan, maka harga minyak mengalami kenaikan.

Aisha   8 Apr 2022

3 langkah mudah untuk trading komoditas minyak:

Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari fundamental dan teknikal komoditas minyak agar kamu bisa trading dengan percaya diri.

Aisha   22 Apr 2022

Cara pandang sentimen pasar itu sangat tergantung pada kerangka waktu (timeframe) yang dianalisis. Mari coba lihat dari grafik harga minyak Brent pada tiga timeframe berbeda di bawah ini.

Pada timeframe Daily, sentimen pasar untuk harga minyak saat ini cenderung sideways.

Harga Minyak Daily

Pada timeframe Weekly, harga minyak saat ini sideways cenderung bearish.

Harga Minyak Weekly

Pada timeframe Monthly, harga minyak saat ini cenderung bullish.

Harga Minyak Monthly

Jadi, bagaimana posisi trading kita dengan menimbang sentimen harga minyak? Ya, disesuaikan dengan strategi kamu. Apakah kamu mau trading jangka pendek? scalping? day-trading? swing-trading? Kita tidak bisa serta-merta open posisi hanya dengan mengetahui sentimen pasar saja. Kamu juga harus punya strategi yang sesuai dengan tujuan rencana trading/investasi kamu.

jordania   7 Apr 2022

Bagaimana cara trading komoditas minyak?

kevien arditanoyo   20 Apr 2022

bagaimana posisi trading dengan sentimen harga minyak untuk sekarang ini?

Reply > Lihat[7]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #minyak #bisnis

  Handri   |   10 Oct 2015   |   Artikel
Dear admin, mohon ditampilkan harga minyak kelapa dunia juga, trims
  Admin   |   12 Oct 2015
Minyak Kelapa apa yang Anda maksud? Apabila yang Anda maksud adalah minyak kelapa sawit, harganya sudah ada dalam tabel. Sedangkan bila yang Anda maksud adalah minyak kelapa semacam VCO, maka sayang sekali itu bukan komoditas yang ramai diperdagangkan di bursa internasional, sehingga tidak ada datanya.
  Pei   |   16 May 2016   |   Artikel
Minyak naik   belum pengaruh nih. Kalo tahun ini gak ada driling...phk juga hadeeh
  Mikhael   |   16 May 2016   |   Artikel
Semoga harga minyak menjadi yang semestinya
  Fk   |   17 May 2016   |   Artikel
Minyak naik belon pengaruh buat perusahaan... kepercayaan bank belon pulih untuk mengeluarkan pinjaman... tetep aja bakal phk kalo kelamaan gak percaya nya.. duh
  Bro   |   4 Sep 2016   |   Artikel
Jangan khawatir indonesia itu kuncinya koropsi koropsi hilang harga pasti murah lapangan kerja banyak bukan minyak dunia yg menmpengaruhi
  Gadis Desa   |   5 Sep 2016
Nyambungnya dari mana korupsi sama kerjaan di oil company, lha wong itu juga kebanyakan perusahaan luar semua. Perusahaan minyak indonesia pun kalau mau buka lowongan besar-besaran pas harga minyak jelek gini juga pasti mikir-mikir.
  Wisnu   |   19 Sep 2016   |   Artikel
Itu minyak bensin bro apa lagi kalau pakai subsidi, kalau minyak mentah yang anjlok harganya ya uang negara maksudnya pendapatan negara yang nipis dan perusahaan pencari minyak pada mabok gak sanggup bayar gaji pegawai akhirnya phk disana sini. Itu loh...... 
Bunga Kredit

Suku Bunga Kredit

BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.00% 8.25% 7.25%
BCA 7.95% 8.20% 7.20%
Mandiri 8.00% 8.25% 7.25%
BTN 8.00% 8.25% 7.25%
OCBC NISP 8.25% 8.50% 8.00%
BTPN 6.17% 9.57% -
Danamon 8.25% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.25%
HSBC Indonesia 6.25% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain
Kalkulator Pinjaman

Kalkulator Pinjaman





Apakah P2P Kena Pajak?
Intan     5 Aug 2022
Pajak P2P merupakan topik baru yang masih belum banyak diketahui para pelaku bisnis. Apa saja yang perlu diperhatikan dari pengenaan pajak P2P?
#p2p  #pajak  
Liquidity Mining dan Cara Kerjanya untuk Pemula
Abideva     15 Jul 2022
Apa itu liquidity mining? Bagaimana cara kerjanya dan apa saja keuntungan dan risikonya? Mari belajar strategi penanaman modal crypto yang satu ini.
5 Indikator Terbaik untuk Trading Emas
Abideva     13 Jul 2022
Analisa harga perlu dilakukan untuk memperkirakan arah dan mendapatkan peluang keuntungan terbaik. Lantas, apa saja indikator terbaik untuk trading emas?
Akankah CBDC Mengancam Eksistensi Uang Kripto?
Evan     22 Jun 2022
Hancurnya pasar kripto tak membuat bank sentral kehilangan minat untuk tetap melanjutkan pengembangan mata uang digitalnya atau sering disebut CBDC. Seperti apa CBDC itu?
#cbdc  
Indonesia Terancam Inflasi? Inilah 4 Pilihan Investasi Saat Inflasi Tinggi
Evan     22 Jun 2022
Mulai dari logam mulia hingga reksa dana, berikut adalah beberapa pilihan investasi saat inflasi tinggi. Apa saja itu?
Cara Bisnis Print on Demand yang Menguntungkan untuk Pemula
Nandini     19 Jun 2022
Saat ini, ide bisnis semakin beragam. Salah satu aktivitas yang mulai naik daun adalah bisnis Print on Demand. Simak cara mengelola bisnis Print on Demand di artikel di bawah ini.
Trik Jitu Beli Saham dengan Laporan Keuangan Perusahaan
Intan     16 Jun 2022
Laporan keuangan perusahaan bisa mencapai ratusan lembar dan sangat memusingkan. Tapi jangan khawatir, dengan panduan ini kalian bisa beli saham dengan lebih cermat.  
Kirim Komentar Baru