Bisnis P2p

Cara Mengajukan Pinjaman di Modalku Agar Cepat Disetujui
Intan     24 Aug 2022
Ingin mengajukan pinjaman di Modalku, tapi khawatir cairnya susah? Artikel berikut akan memberi panduan soal apa saja dokumen yang dibutuhkan agar dana pinjaman cepat cair.
Apakah P2P Kena Pajak?
Intan     5 Aug 2022
Pajak P2P merupakan topik baru yang masih belum banyak diketahui para pelaku bisnis. Apa saja yang perlu diperhatikan dari pengenaan pajak P2P?
#p2p  #pajak  
Diversifikasi Pinjaman: Strategi P2P Minim Risiko
Rida     14 Jun 2022
Diversifikasi adalah resep mujarab di kalangan investor. Bagaimana prakteknya bila ini diterapkan pada P2P lending? Adakah kiat efektif untuk membiakkan dana dengan aman dan berkelanjutan?
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #p2p #bisnis

Karina   14 Apr 2021

Mau coba-coba ikut investasi yang lagi ngetren sekarang, antara investasi reksadana dan P2P Lending, mana yang lebih menguntungkan dan recommended ya kak? Kebetulan saya ingin mengalokasi dana saya ke salah satu investasi tersebut antara Reksadana atau P2P Lending. Budget estimasi 20jt. Mohon sarannya.

M Singgih   14 Apr 2021

@ Tristan:

Dari informasi yang kami dapatkan, investasi di P2P lending, atau sebagai pemberi pinjaman (lender) prospeknya cukup menjanjikan karena saat ini sedang jadi tren. Hanya saja Anda harus menggunakan penyelenggara fintech P2P lending yang sudah terdaftar atau mendapatkan ijin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar dana Anda aman.

- … Dan butuh modal berapa jika ingin investasi di P2P lending?
Dari informasi yang kami dapatkan, dengan modal mulai Rp 100 ribu, Anda sudah bisa terdaftar sebagai pemberi pinjaman (lender).

Mengenai bisnis P2P lending, silahkan baca:

M Singgih   15 Apr 2021

@ Karina:Mengenai P2P lending, saya pribadi belum pernah berinvestasi, dan setahu saya jenis investasi ini masih relatif baru sehingga belum banyak diketahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Untuk produk reksadana sudah dikenal secara luas dan banyak yang mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi di reksadana. Kalau saya pribadi lebih memilih berinvestasi di reksadana.

Mengenai bisnis P2P lending, silahkan baca:

Mengenai reksadana, silahkan baca:

Susilo   16 Apr 2021

Numpang tanya juga, kalo dalam investasi reksadana. Bank kustodian ini siapa ya? Apakah seperti BCA, BRI, BNI, dll gitu?

M Singgih   17 Apr 2021

@ Susilo:

Bank kustodian adalah pihak yang bekerja sama dengan manager investasi perusahaan penerbit reksadana untuk menyimpan modal reksadana para investor. Modal ini berarti seluruh aset yang diinvestasikan oleh investor, termasuk semua jenis saham, obligasi, dll.

Bank kustodian juga harus mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai bank yang bertanggung jawab untuk menyimpan aset investasi reksadana para investor. Bank kustodian juga bertanggung jawab atas administrasi yang berhubungan dengan investor, seperti pengurusan surat konfirmasi jual beli, perhitungan unit, pengalihan, dan pengiriman laporan.

Di Indonesia ada beberapa bank kustodian diantaranya BCA, CIMB Niaga, Citibank, Bank Danamon, Bank DBS Indonesia, dll. Selengkapnya bisa Anda lihat pada daftar bank Kustodian yang terdaftar di OJK berikut.

Subastian   22 Apr 2021

Lama investasi di Reksadana paling ideal berapa tahun pak?

M Singgih   22 Apr 2021

@ Subastian:

Karena reksadana merupakan jenis investasi jangka panjang, menurut kami bisa ditahan minimal setahun.

 

Wahyono   29 Apr 2021

Bunga kompetitif yang ideal untuk bisnis P2P Lending itu di kisaran berapa ya pak?

Anna   3 May 2021

Mohon maaf, apakah maksud Anda berapa besar bunga yang cocok untuk diterima pendana atau penerima dana?

Tidak ada acuan tentang bunga kompetitif yang ideal secara umum untuk bisnis P2P Lending. Bagi pendana, yang terpenting bunga lebih tinggi daripada bunga deposito bank terkini. Bagi penerima dana, tergantung bisnisnya mampu menanggung bunga berapa besar. Itu saja.

Tristan   13 Apr 2021

Apakah bisnis atau investasi pada P2P lending bagus untuk jangka panjang? Dan butuh modal berapa jika ingin investasi di P2P lending?

Mumun   27 Nov 2022

Yang dimaksud p2p ini adalah saya meminjamkan dana saya kepada suatu bisnis lewat perantara

Saya akan mendapatkan return dan bunga sesuai dengan jumlah tingkat bunga yang sudah ditentukan ya? Saya baru tau kalau ini isitilahnya p2p karena sering banget saya temui bahkan pernah saya hampir mencobanya.

Tetapi bukankah dana yang sudah disetor tidak akan bisa ditarik dalam waktu dekat kan, kalau seperti ini lebih baik reksadana saja ya meski bunga agak kecil tapi bisa ditarik setiap saat

Aisha   30 Nov 2022

Dana milik investor dalam P2P memang lazimnya tertahan selama beberapa waktu, atau tepatnya hingga peminjam dana membayar cicilan.  

Apakah ini lebih baik atau lebih buruk daripada reksadana? Yah, itu sih pilihan masing-masing.

Prospek keuntungan P2P itu lebih besar daripada reksa dana, bahkan sampai 20% atau 30% per tahun. Itulah sebabnya mengapa banyak orang suka jadi pendana/investor dalam P2P. 

Namun, potensi keuntungan P2P yang tinggi juga disertai dengan risiko yang tinggi. Ada risiko gagal bayar, juga risiko terkait terkuncinya dana sampai peminjam mengembalikan. 

Kalau kamu nggak suka risiko-risiko itu, maka memang lebih baik berinvestasi dalam reksa dana saja. Tapi, yaaa, jangan berharap memperoleh untung fantastis seperti P2P.

Reply > Lihat[11]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #p2p #bisnis

  Lionel Gavriel   |   8 Aug 2015   |   Artikel
saudara saya sedang terlibat bisnis valas ini di sebua gudang di pulau jawa kata nya tersimpan uang valas berupa mata uang uero singapura dan sudah di verifikasi oleh pihak BI tinggal menunggu over boking bank selama 2 dan jika di rupiahkan lumayan banyak sekitar 240 T apakah benar itu atau hanya modus penipuan..mohon pencerahan nya
  Anna   |   16 Nov 2015
Itu jelas modus penipuan. Pertama, uang Uero Singapura itu tidak ada. Kedua, berdasarkan peraturan, BI memantau semua transaksi valas di Indonesia, dan semua transaksi valas dengan nilai diatas 25,000 Dolar memerlukan underlying documents; atas dasar keperluan apa valas sebesar itu mangkrak di sebuah gudang begitu saja? Apabila masih kurang yakin dengan ini, silahkan Anda datang ke kantor BI terdekat, biasanya di ibukota provinsi ada, dan tanyakan tentang itu. Jangan hanya percaya saja pada kata-kata orang yang tidak jelas atau orang yang mengaku-aku sebagai orang BI.
  Ana Rosadi   |   10 Jul 2020   |   Artikel

Apa untungnya bisnis mengelola website?

  Welly   |   17 Jun 2022   |   Artikel

Kalo P2P Lending itu bisa dibilang nabung gak sih?

  Zena   |   28 Oct 2022   |   Artikel

Artikel ini dibuat tahun 2011 dan sampai tahun 2022 Forex masih tetap menjanjikan! Benar apa yang ditulis, perdagangan Forex itu perdagangan yang aktif 24 jam selama 5 hari kerja dengan volume dagangannya yang gede banget. Aku setuju dengan poin poin yang disampaikan diatas

  • Berbeda dengan bisnis online lain yang perlu stok dan apabila tidak terjual maka akan terjadi kerugian. Sedangkan di Forex apabila di hold terkadang mendatangkan profit gede lho meski ya ada kadang kala rugi tapi tetap bisa ditahan sampai untung, sederhananya seperti itu.
  • Semakin tahun ke tahun broker semakin banyak pilihan dan dimudahkan bagi trader untuk berdagang valuta asing. Memang akan terjadi persaingan antar broker tetapi untuk trader malah menguntungkan lho karena dengan pilihan yang banyak bisa mencocokkan diri dengan broker broker yang ada
  • Poin 3 tidak ada pesaing, memang betul banget untuk trader. Ga ada lho ya ada yang jual mata uang tidak sesuai ketentuan nilai currency yang ada. Semua ada regulasi yang jelas jadi 1 harga berlaku untuk semua dan bila ada perbedaan juga tipis sekali. Berbeda banget dengan dagang online lainnya yang benar-benar harus perang harga apalagi muncul marketplace dimana mana yang penjualnya semua berlomba-lomba banting harga karena harga ditampilkan ke pembeli dan tentu pembeli cari yang termurah dengan barang yang sama.
  • Last ya tentunya betul bahwa memang untung banget kalau forex, jadi bisa take profit sebanyak yang diinginkan

Tapi kembali lagi ini pendapat pribadi yang benar-benar setuju dengan artikel ini meski ya Forex itu perdagangan yang mengandung resiko, kalau salah langkah ya bisa abis uang kita. Jadi tentunya seperti berbisnis, kita mesti belajar terus dan menghindari kerugian yang bisa diperhitungkan. Pasti ada rugi atau untung, namanya juga bisnis.

  Jordi   |   13 Nov 2022

Saya kurang setuju ya kalau disebutkan ini merupakan bisnis online yang menjanjikan apalagi di tahun 2022 ini merupakan tahun yang sulit buat perekonomian di sebuah negara. Udah terhantam badai covid-19, perang rusia-ukraina yang menyebabkan krisis energi di benua eropa dimana ekspor tujuan Indonesia ada disitu, permintaan turun, pasar lesu, dan krisis geopolitik dan pangan dibeberapa negara. Hal ini menyebabkan market forex juga bergejolak. Mungkin buat para trader yang udah lama di dunia Forex masih menjanjikan tetapi bagaimana dengan yang baru saja terjun ke dunia Forex? Selain itu perlu mental dan latihan yang disiplin baru bisa terjun ke dunia Forex, udah ga rugi udah bersyukur.

Menurut saya, Forex hanya dapat dikatakan menjanjikan bagi yang memiliki intuisi pasar yang kuat serta money management yang displin.

  Gemma   |   4 Nov 2022   |   Artikel

Tadinya mau ikutan, tapi melihat artikel di atas kayaknya bakal ada embel-embel kalau penerima beasiswa harus melakukan syarat-syarat tertentu yang berkaitan sama kripto ya?

Pertama, saya baru tahun depan lulus SMA. Terus, buta sama sekali perihal kripto-kripto ini. Kedua, aku masih nggak yakin deh Kripto ini bisnis atau investasi yang seperti apa. Kata papaku sih bisnis tanpa bentuk, sangat diragukan kehalalannya. Ketiga, pengen tahu sejauh apa pihak Triv akan ikut campur tangan sama pilihan mata kuliah yang kita ambil. Keempat, eh baru nyadar ternyata ini dikhususkan untuk mahasiswa yang tertarik untuk literasi keuangan ya? dan penerima beasiswa akan jadi memberi edukasi di lingkup kemahasiswaan. walah, jadi makin curiga beasiswanya ternyata buat dididik jadi agen kripto toh? ujung-ujungnya jangan-jangan disuruh jualan lagi sama triv? oalahhh, kirain benar-benar sumbangsih yang bakti guna demi memajukan pendidikan dan membantu orang-orang yang kesulitan membayar uang kuliah. waduuh, semoga saja aku salah asumsi deh. tapi, aduuh bentar deh aku pikir-pikir dulu dan tanya papaku dulu deh.

  Chika Alaska   |   28 Nov 2022   |   Artikel

Teman saya punya bisnis printing dan dia bercerita kalau bisnis ini sangat sulit. Cari yang mau ngeprint aja susyaaahnya minta ampun. Terus order besar atau yang dari perusahaan juga tidak terlalu banyak.

Sedangkan sekarang, alat2nya harus segera diperbarui juga. Kalau pake alat lama, hasilnya kurang bagus dan pelanggan jadi nggak mau order lagi.

Bagaimana ya caranya bisa bisnis printing yang kayak jual kerupuk gitu lakunya.

  Inbizia Support   |   12 Dec 2022

Coba Anda lakukan dahulu seperti cara-cara yang sudah dituliskan dalam artikel di atas.

Bunga Kredit

Suku Bunga Kredit

BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.00% 8.25% 7.25%
BCA 7.95% 8.20% 7.20%
Mandiri 8.00% 8.25% 7.25%
BTN 8.00% 8.25% 7.25%
OCBC NISP 8.25% 8.50% 8.00%
BTPN 6.17% 9.57% -
Danamon 8.25% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.25%
HSBC Indonesia 6.25% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain
Kalkulator Pinjaman

Kalkulator Pinjaman





Manfaat Program Kredit Tanpa Agunan Dari Modalku
Intan     6 Jun 2022
Keterbatasan modal adalah hambatan utama bagi banyak orang ketika akan merintis usaha. Karena itu, program Kredit Tanpa Agunan dari Modalku bisa sangat membantu.
Kiat Memanfaatkan Invoice Financing Dari Modalku
Intan     18 Apr 2022
Butuh dana untuk memutar modal usaha? Skema pendanaan Invoice Financing bisa jadi solusi untuk kebingungan kalian. Pelajari mekanisme, keunggulan, serta fitur-fiturnya di sini.
Alasan Milenial Investasi di P2P Lending
Linlindua     25 Oct 2021
Peer to Peer Lending (P2P Lending) jadi salah satu jenis investasi yang lagi hits di kalangan milenial. Apa saja alasan yang mendasarinya?
Inilah Ciri-ciri Penipuan P2P Lending yang Wajib Diwaspadai
Linlindua     29 Jun 2021
Keberadaan P2P Lending memang mampu memudahkan masyarakat ketika ingin mengajukan pinjaman. Namun, beberapa oknum tak bertanggungjawab justru menyalahgunakan kemudahan ini untuk melakukan penipuan berkedok P2P Lending terpercaya.
Aplikasi P2P Lending Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Wahyudi     19 May 2021
Tahukah Anda? Investasi Peer to Peer (P2P) Lending rupanya tengah menjadi primadona masa kini. Namun, seperti apakah P2P Lending terbaik dan bisa dipercaya?
Untung Rugi Bisnis Peer to Peer (P2P) Lending
Wahyudi     30 Apr 2021
Bisnis pinjaman Peer to Peer alias P2P Lending kini mulai marak di Indonesia. Namun, penting bagi Anda mengetahui untung rugi bisnis P2P Lending terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
Belajar Diversifikasi Bisnis P2P Lending Untuk Meminimalisir Risiko
Nandini     30 Apr 2021
Tahukah Anda? Mencoba melakukan diversifikasi bisnis P2P Lending bisa meminimalisir risiko investasi yang mungkin timbul. Asal Anda tahu caranya, tentu investasi P2P Lending ini bisa menawarkan keuntungan yang menjanjikan.
#risiko  
Kirim Komentar Baru