Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 8 jam lalu, #Forex Fundamental   |   GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 8 jam lalu, #Forex Teknikal   |   EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 11 jam lalu, #Forex Teknikal   |   Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 11 jam lalu, #Emas Fundamental   |   Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 14 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 14 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 14 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 14 jam lalu, #Saham Indonesia

Bisnis Reksadana

Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Mulai Dari Nol
Febrian Surya     16 Dec 2019
Ingin coba berinvestasi tapi bingung mulai dari mana? Ikuti saja panduan cara investasi reksadana berikut sebagai referensi Anda.
Panduan Reksadana Syariah, Investasi Online Mulai 100 Ribu
Febrian Surya     29 Apr 2020
Masih bingung bagaimana cara memulai investasi online hanya dengan modal 100 ribu? Reksadana syariah bisa menjadi pilihan tepat, dan inilah panduannya.
Sebelum Investasi Reksadana, Kenali Biayanya!
Wahyudi     29 Feb 2020
Tak hanya besarnya modal yang dibutuhkan untuk membeli sebuah unit reksadana, biaya-biaya tambahannya juga perlu dipelajari agar tak salah perhitungan.
Kamus

Kamus Trading

Reksadana

Suatu produk keuangan yang mewakili golongan aset pilihan investor. Sebelumnya, dana investor akan dikumpulkan di satu akun Manajer Investasi pada suatu lembaga keuangan, untuk kemudian diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #reksadana #bisnis

Karina   14 Apr 2021

Mau coba-coba ikut investasi yang lagi ngetren sekarang, antara investasi reksadana dan P2P Lending, mana yang lebih menguntungkan dan recommended ya kak? Kebetulan saya ingin mengalokasi dana saya ke salah satu investasi tersebut antara Reksadana atau P2P Lending. Budget estimasi 20jt. Mohon sarannya.

Bilqis   11 May 2021

Apakah saham dengan reksadana saham memiliki cara kerja yang sama? Dan juga ada istilah trading saham, kalau di reksadana saham apakah juga ada trading reksadana saham?

Nur Hadi   15 Jul 2021

Untuk pemula, lebih disarankan investasi di obligasi dan reksadana? Butuh rekomendasi dan alasan mendasarnya min. Soalnya baru masuk di dunia investasi. Makasih

Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #reksadana #bisnis

  Asminarti   |   23 May 2022   |   Artikel

Kalau beli reksadana itu lewat mana ya? Terus standar keamanannya apa saja? Trims

  Ananta   |   27 May 2022

Untuk beli reksadana, bisa melalui marketplace reksadana yang tersedia di Playstore. Contohnya saja Bareksa, Bibit, Tanamduit, Ipotfund atau Ajaib. Marketplace reksadana ini menyediakan berbagai jenis reksadana mulai dari yang syariah maupun konvensional.

Di Indonesia sendiri sudah ada puluhan marketplace reksadana yang terdaftar.

Bisa cek di sini: 5 Marketplace Reksadana Yang Cocok Untuk Investor Milenial

Untuk standar keamanannya, pastikan sudah mendapatkan ijin dari OJK.

  Desi Mumtaz   |   10 Jun 2022   |   Artikel

Apakah bisa beli reksadana yang berbeda-beda? Minimal modal awalnya berapa?

  Samuel Fritz   |   10 Jun 2022

Bisa. Untuk minimal modal tergantung dari aplikasi dan manajer investasinya, tapi paling rendah yang pernah saya temukan itu Rp10,000 di aplikasi OVO Invest

  Intan   |   4 Jul 2022

Rata-rata swalayan reksadana menyediakan berbagai macam produk yang bisa dipilih mulai dari reksadana pasar uang, campuran, pendapatan tetap, dan pasar saham.

Bahkan yang terbaru ini ada juga yang menyediakan ETF dan reksadana Indeks. Contohnya saja di Bareksa, Anda bisa langsung memilih yang sesuai dengan kebutuhan:

bareksa 1

Minimal modal awalnya beragam, ada yang mulai 10 ribu, 50 ribu, atau 100 ribu. Contohnya saja jika ingin beli reksadana BNI-AM Dana Pasar Uang Kemilau, modal yang dibutuhkan sebesar 100 ribu rupiah

investasi reksadana

Sementara itu, Anda hanya membutuhkan 10 ribu rupiah di Batavia Dana Kas Syariah:

bareksa 2

Agar investasi makin mantap, simak juga: Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Mulai Dari Nol

  Lisa Jamilah   |   26 Oct 2022   |   Artikel

Sebenarnya pengan tahu, misalkan kita buat deposito dengan jumlah minimal yang ditetapkan. Nah, perbulan itu bunganya berapa, dan "bersih"-nya dapat berapa? Lalu, jika sampai jatuh tempo yang tadi, totalnya kita dapat berapa?

Soalnya, saya pernah hitung-hitungan deposito ini, ternyata nilai yang kita dapat nggak seberapa. Nyes ajah kayak hilang begitu saja. Masih mending aset investasi lain, kayak reksadana. Mungkin harus jumlah awal depositonya minimal triliunan kali ya, baru dapat bunga per bulan yang lumayan?

  Aisha   |   1 Nov 2022

Perhitungan bunga per bulan maupun "bersih"-nya itu berbeda-beda pada tiap bank. Tiap bank juga biasanya memberi penawaran bunga berbeda-beda tergantung pada jumlah deposito atau status nasabah. Jadi, jawaban soal "berapa bunga", "berapa bersihnya" dan "berapa totalnya" itu hanya dapat dijawab oleh CS bank dimana Anda membuka deposito itu saja.

Pada faktanya, bunga deposito itu mengikuti naik-turun bunga acuan BI. Ketika bunga acuan BI sangat kecil seperti tahun lalu, maka bunga deposito tentu lebih kecil lagi. Dalam situasi yang sama, suku bunga BI yang kecil itu malah mendorong kenaikan saham dan obligasi, sehingga sudah pasti reksa dana memberikan profit lebih besar.

  Panji   |   6 Mar 2023

Lisa Jamilah: " Mungkin harus jumlah awal depositonya minimal triliunan kali ya, baru dapat bunga per bulan yang lumayan?"

Setuju sihh, klu uang cuma ratusan juta ga bakalan berasa. Contohnya aja di BCA per September 2022, dimana uang kurang dari Rp 2 M bakal mendapatkan bunga 1.9% di semua tenor, bila deposito cuma Rp 100.000.000 misalnya maka per bulan cuma dapat ratusan ribu aja. BTW saya hitungnya di sini ya: Kalkulator Bunga Deposito, klu ada salah saya minta maaf

  Abdul   |   10 Nov 2022   |   Artikel

Sebagai catatan per tanggal 9 November 2022, Sam Bankman-Fried yang dikenal sebagai anak muda yang masuk dalam salah satu orang terkaya, sekaligus pemilik kripto FTX dinyatakan bangkrut. Nilai kriptonya anjlok hingga membuat kerugian mencapai 94% bro. Dalam satu hari mengalami anjlok parah sehingga kriptonya ga bernilai.

Hartanya dari 15 milyar US Dollar tersisa hanya 1 Milyar US Dollar. Ingat bro cuma dalam waktu 1 hari ya, dan untungnya dana investor FTX tidak jadi dibekukan karena berhasil diakusisi sama Binance. Bayangkan apabila ga ada likuidator udah ambruk rugi total. Belakangan ini value dari semua cryptocurrencies lagi ambruk karena ketidakpastian global dan krisis dimana-mana.

Saran saya lebih baik tahan dulu untuk invest di kripto, udah ga menjanjikan lagi untuk sementara waktu dan tidak masuk akal kalau dalam semalam harga yang dari $26 jadi cuma $6 aja per 1 koin FTX. Kalau masih mau invest lebih baik jangan semua modal masuk kesana. Lebih baik invest atau trade di yang rendah resiko seperti saham dan reksadana. Siapin gold dan cash juga.

  Rian   |   13 Dec 2022

Saya rasa penyebab jatuhnya FTX ini sepertinya sedikit mirip dengan insiden LUNA. Masalahnya kenapa bisa terjadi lagi dan ga belajar dari masa lalu. Untuk perdagangan FTX sendiri di Indonesia udah dibekukan.

Takutnya dengan insiden ini, kripto makin ga dipercaya ama orang-orang dan kenapa bisa kripto sepertinya diciptakan dan dianggap valueable dengan gampangnya. Toh uang kita juga ga bisa lho sembarang cetak dan bikin mata uang sendiri

  Doni   |   16 Nov 2022   |   Artikel

Reksadana memang jadi salah satu cara berinvestasi yang simpel dan murah. Bahkan, semua orang bisa menyisihkan uangnya agar tiap bulan bisa memperbaharui portfolionya. Tapi, tolong diingat ya teman-teman, kalau dalam berinvestasi apapun, jangan menggunakan uang dapur. Istilahnya, pastikan dulu uang yang digunakan itu benar-benar uang yang sudah tidak terpakai dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bukan apa-apa, kayak yang dibilang mimin di artikel di atas, kita harus siap dengan risiko-risiko yang kemungkinan akan timbul. Bukan hanya siap dapat cuan berkali-kali lipatnya. Tapi siap juga untuk teliti, smart, dan tahu bidang apa yang kita masuki tersebut. Jadi, harus mau belajar banyak agar dapat meminimalkan risiko-risiko yang mungkin akan terjadi.

Yang lebih ditekankan lagi; kita juga harus mengenal diri kita sendiri, sebagai tipe investor yang mana. Risk taker, risk averse atau moderat. Kalau kita agresif (risk taker) dalam mengejar cuan tanamkan prinsip: siap kaya dari reksadana, berarti harus siap miskin juga dari ini.

Kalau yang moderat, biasanya memilih reksadana jenis campuran. Biasanya jenis investor ini paham kalau investasi reksadana bisa bergerak naik dan turun. Ini tipe yang berjaga-jaga kalau pasar sedang turun, setidaknya ada jenis lain yang mendapatkan pasar naik. Jadi meskipun keuntungannya nggak drastis banget gitu, tetap ada cuannya bos.

Nah, tapi yang ane bingung nih yang tipe konservatif alias main aman gini, dapat keuntungannya biasanya dalam jangka waktu lama, apa bisa juga dalam jangka dekat dapat keuntungan yang tinggi?

  Pitha   |   18 Jan 2023   |   Artikel

Meskipun mengakomodir kebutuhan orang-orang yang beragama tertentu, deposito syariah juga punya kekurangan menurut saya.

Saya pernah tertarik memindahkan deposito saya dari yang konvensional ke deposito syariah. Tapi ketika mendengarkan penjelasannya. Lalu saya membandingkan deposito konvensional dengan deposito syariah, saya menemukan beberapa kelemahan dari deposito tersebut. Kelemahannya antara lain:

1. Imbal hasilnya paling rendah, bahkan ketika membandingkannya dengan reksadana syariah pun, terhitung lebih rendah. Jadi kalau memang mau berbasis syariah, daripada deposito mending pilih reksadana.

2. Uang dibiarkan mengendap cukup lama. Namun ketika masa pengendapannya selesai atau jatuh tempo, uang yang kita dapatkan juga hanya sedikit. Waktu itu saya simulasinya menanamkan deposito sejumlah dua puluh juta. Ketika sudah selesai dan jatuh tempo, saya hanya mendapatkan dua puluh satu juta lebih, tidak sampai dua puluh dua juta. Jadi tidak worth it. Kita diibaratkan memberikan uang saja sebagai modal bisnis bank, dan bank yang akan mendapatkan untung besar dari uang tersebut.

Karena ada perjanjian waktu, jadi uang tidak bisa diambil semau kita. Udah untungnya dikit banget pas akhir masa jatuh tempo. Tapi nggak bisa diambil ketika kita perlu, buat apa deposito kalau begitu?

Ada yang bisa menambahkan kerugian deposito ini?

  Bunga   |   26 Jan 2023

Pitha: Di dunia ini pandangan hidup, tujuan hidup, atau keinginan orang satu dengan yang lainnya pasti berbeda. Begitu juga dengan pandangan orang tentang deposito, reksadana, atau tabungan.

Ada orang yang lebih suka menggunakan deposito, ada yang memilih reksadana, bahkan ada yang hanya memilih tabungan biasa. Dan pilihan tersebut tergantung dari tujuan yang hendak mereka capai.

Ada beberapa orang (tidak semua) yang menganut agama tertentu, memilih menggunakan deposito baik itu konvensional maupun syariah hanya sekedar untuk menyimpan uang saja, tidak peduli berapa hasil di kemudian hari yang akan mereka dapatkan.

Bahkan beberapa di antara orang-orang tersebut, ketika mengambil uang mereka setelah jatuh tempo hanya mengambil uang pokok sejumlah yang mereka setorkan di awal. Sedangkan imbal hasil atau bunga yang mereka dapatkan dikembalikan lagi ke pihak bank.

Jadi semua pilihan kembali ke diri nasabah masing-masing, sesuai keinginan, kecocokan atau hanya karena kenyamanan. Begitu juga dengan deposito, mau konvensional atau syariah juga terserah pada pilihan masing-masing.

Bunga Kredit

Suku Bunga Kredit

BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.05% 8.30% 7.30%
BCA 7.90% 8.10% 7.20%
Mandiri 8.05% 8.30% 7.30%
BTN 8.05% 8.30% 7.30%
OCBC NISP 8.25% 8.75% 8.00%
BTPN 7.64% 10.36% -
Danamon 8.50% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.30%
HSBC Indonesia 7.00% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain
Kalkulator Pinjaman

Kalkulator Pinjaman





Apa Pengaruh IHSG pada Reksadana?
Intan     20 May 2022
Sebagai investor, banyak faktor yang harus diperhatikan demi keselamatan portofolio kita. Simak di sini untuk mengetahui pengaruh IHSG pada reksadana.
#ihsg  
Investasi Reksadana Terbuka Atau Tertutup, Pilih Mana?
Yuvita     30 Dec 2021
Investasi reksadana terbuka memang jauh lebih populer, namun apakah aset tersebut lebih menguntungkan? Berikut pertimbangan memilih reksadana terbuka atau tertutup yang bisa Anda gunakan.
Belajar Investasi Aman di Reksadana Terproteksi
Nandini     29 Nov 2021
Anda seorang pemula yang sedang mencari investasi aman berpotensi return cukup tinggi? Reksadana terproteksi bisa jadi pilihan. Berikut panduannya untuk pemula.
Daftar Reksa Dana yang Memberikan Dividen
Anna     29 Nov 2021
Dengan berinvestasi pada reksa dana yang memberikan dividen, investor akan memperoleh pendapatan pasif secara berkala selama reksa dana menghasilkan laba.
Deposito Bank VS Reksadana Pendapatan Tetap, Mana yang Lebih Cuan?
Nandini     14 Mar 2021
Saat ini, ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dijajal oleh pemula. Dua di antaranya yang tergolong populer adalah deposito dan Reksadana Pendapatan Tetap. Mana yang lebih menguntungkan?
Jenis-Jenis Reksadana Berdasarkan Tingkat Risikonya
Nandini     22 Jan 2021
Ada banyak sekali jenis reksadana yang bisa dijadikan instrumen investasi. Mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga reksadana saham. Berikut ulasan selengkapnya.
#risiko  
Kapan Waktu Terbaik Investasi Reksadana?
Jujun Kurniawan     20 Jul 2020
Banyak yang menyadari bahwa menabung dan investasi itu penting untuk dilakukan. Pertanyaannya, kapan waktu terbaik untuk mulai investasi?
Kategori Bisnis
Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 8 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 8 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 11 jam lalu, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 11 jam lalu, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 14 jam lalu, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 14 jam lalu, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 14 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 14 jam lalu, #Saham Indonesia


Kirim Komentar Baru