Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 7 jam lalu, #Forex Fundamental   |   GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 8 jam lalu, #Forex Teknikal   |   EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 10 jam lalu, #Forex Teknikal   |   Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 10 jam lalu, #Emas Fundamental   |   Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 13 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 13 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 13 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 14 jam lalu, #Saham Indonesia

Bisnis Reksadana

Cara Mudah Menghitung Return Reksadana
Febrian Surya     24 May 2020
Bingung mau hitung return hasil investasi reksadana milikmu? Berikut cara mudah menghitung return agar kamu tahu seperti apa mekanisme imbal hasil dari investasi reksadanamu.
Reksadana Turun? Ini Yang Wajib Dilakukan Investor
Febrian Surya     20 May 2020
Apa yang sebaiknya investor lakukan saat nilai reksadana turun? Daripada sekedar ikut arus pasar untuk panic selling, ada 3 kiat alternatif yang bisa dipertimbangkan. Apa sajakah itu?
Cara Menghitung NAB Reksadana
Wahyudi     12 May 2020
Ketika membeli reksadana, sangat penting untuk memperhatikan NAB-nya. Sudahkah Anda tahu cara menghitung NAB Reksadana? Simak caranya di sini.
#nab  
Kamus

Kamus Trading

Reksadana

Suatu produk keuangan yang mewakili golongan aset pilihan investor. Sebelumnya, dana investor akan dikumpulkan di satu akun Manajer Investasi pada suatu lembaga keuangan, untuk kemudian diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #reksadana #bisnis

Karina   14 Apr 2021

Mau coba-coba ikut investasi yang lagi ngetren sekarang, antara investasi reksadana dan P2P Lending, mana yang lebih menguntungkan dan recommended ya kak? Kebetulan saya ingin mengalokasi dana saya ke salah satu investasi tersebut antara Reksadana atau P2P Lending. Budget estimasi 20jt. Mohon sarannya.

Bilqis   11 May 2021

Apakah saham dengan reksadana saham memiliki cara kerja yang sama? Dan juga ada istilah trading saham, kalau di reksadana saham apakah juga ada trading reksadana saham?

Nur Hadi   15 Jul 2021

Untuk pemula, lebih disarankan investasi di obligasi dan reksadana? Butuh rekomendasi dan alasan mendasarnya min. Soalnya baru masuk di dunia investasi. Makasih

Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #reksadana #bisnis

  Watcher   |   18 Jun 2019   |   Artikel

Ukuran sukses macem2, kl bersi saya spt di olahraga ada medali, ranking.

Bila anda mengklaim udh sukses, boleh kah tunjukan aset anda hasil dari trading ke publik sertakan auditor kredible utk memverifikasinya.

seandainya benar, congratulation anda mendapatkan pengakuan real masyarakat, bila tidak anda semua simpulkan sndr aja.

knp ga mengelola reksadana aja? Itu adl ujian kemampuan sesorang bisa atau tidak

kl cuma tulis buku aja sih banyak yg bisa.

  Nanda Auliyah   |   6 Apr 2022   |   Artikel

Infonya sangat membantu bagi saya yg masih awam. Apakh bs minta pendapat?

Orangtua baru sj pensiun, umur 60 taun, dpt dana sekitar 150jt. Jika mau diinvest ke yg syariah sperti ini... Sbaiknya ke reksadana, saham, atau apa y? Alhamdulillah tdk ada cicilan jd mmg benar2 uang dingin. Mohon masukannya trims.

  Deasy   |   11 Sep 2023

Nanda Auliyah: Pagi kk mhn ijin kasih sdikit saran ya

Mungkin dg dana sejmlah 150 jt kk bs srankan ke ortu utk investasi saham blue chip, knp hrs saham blue chip? krn mnrt pndpt sy shm jenis tsb cukup aman. aplg skrg sudah bnyk sham bluechp syariah.

jd shm blue chip merupakan saham prusahaan yg sudah memiliki kekuatan fundamental dan sngat stabil dlm financialnya dan pnya track record yg tdk diragukan lg. shm ini sngat cocok untk investasi jangka panjang.

nah skrg tinggal ortu kk mau investasi utk jgka panjang atau pendek, atau hnya skdar investasi agar bs memiliki sdikit provit dan modal tdak hilang? krna biasanya orang tua akan lbh memilih uangnya tersimpan dg aman wlpun hnya dg sedikit keuntungan.

mungkin bg orang tua kk juga bs kasih saran utk investasi jenis deposito atau emas (emas batangan), dua opsi tsb mungkin lbh aman bg ortu kk. thanks.

  Hassan Baiq   |   24 May 2022   |   Artikel

Apakah ada IHSG dan reksadana yang versi syariah? Bagaimana cara membelinya?

  Ananta   |   27 May 2022

Untuk yang persis IHSG dalam versi Syariah belum ada, tetapi untuk semacam indeks LQ45 yang berisi saham-saham paling liquid, Anda bisa cek JII (Jakarta Islamic Index) dan ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia), kedua indeks tersebut merangkum pergerakan harga saham-saham syariah paling liquid yang melantai di BEI.

Di aplikasi Ajaib, Anda bisa mengakses pergerakan saham-saham syariah ini sesuai dengan time frame yang diinginkan. Ada 470 emiten di ISSI, sementara JII mencakup 30 emiten.

Apa Pengaruh Ihsg PadaApa Pengaruh Ihsg Pada

Untuk membelinya, sama seperti membeli reksadana pada umumnya. Melalui marketplace reksadana, lalu Anda bisa memilih filter "reksadana syariah"

  Anta   |   18 Oct 2022   |   Artikel

Kalo kita mendaftar haji dengan pembiayaan seperti ini, gimana dnegan jadwal tunggunya? misalnya kita mulai berinvestasi berbarengan dengan mendaftar keberangkatan haji, atau gimana? atau sebaiknya kita menunggu setahun atau beberapa waktu dulu setelah invest di reksadana misalnya, lalu mulai mendaftar untuk keberangkatan haji kemudian?

  Inbizia Support   |   12 Dec 2022

Lebih baik investasi dahulu, sebab untuk mendaftar keberangkatan haji, Anda diharuskan membuka tabungan haji dengan setoran awal 25 juta, sedangkan untuk biayanya sendiri antara 30-42 juta dengan dua kali termin pembayaran.

  Pitha   |   18 Jan 2023   |   Artikel

Meskipun mengakomodir kebutuhan orang-orang yang beragama tertentu, deposito syariah juga punya kekurangan menurut saya.

Saya pernah tertarik memindahkan deposito saya dari yang konvensional ke deposito syariah. Tapi ketika mendengarkan penjelasannya. Lalu saya membandingkan deposito konvensional dengan deposito syariah, saya menemukan beberapa kelemahan dari deposito tersebut. Kelemahannya antara lain:

1. Imbal hasilnya paling rendah, bahkan ketika membandingkannya dengan reksadana syariah pun, terhitung lebih rendah. Jadi kalau memang mau berbasis syariah, daripada deposito mending pilih reksadana.

2. Uang dibiarkan mengendap cukup lama. Namun ketika masa pengendapannya selesai atau jatuh tempo, uang yang kita dapatkan juga hanya sedikit. Waktu itu saya simulasinya menanamkan deposito sejumlah dua puluh juta. Ketika sudah selesai dan jatuh tempo, saya hanya mendapatkan dua puluh satu juta lebih, tidak sampai dua puluh dua juta. Jadi tidak worth it. Kita diibaratkan memberikan uang saja sebagai modal bisnis bank, dan bank yang akan mendapatkan untung besar dari uang tersebut.

Karena ada perjanjian waktu, jadi uang tidak bisa diambil semau kita. Udah untungnya dikit banget pas akhir masa jatuh tempo. Tapi nggak bisa diambil ketika kita perlu, buat apa deposito kalau begitu?

Ada yang bisa menambahkan kerugian deposito ini?

  Bunga   |   26 Jan 2023

Pitha: Di dunia ini pandangan hidup, tujuan hidup, atau keinginan orang satu dengan yang lainnya pasti berbeda. Begitu juga dengan pandangan orang tentang deposito, reksadana, atau tabungan.

Ada orang yang lebih suka menggunakan deposito, ada yang memilih reksadana, bahkan ada yang hanya memilih tabungan biasa. Dan pilihan tersebut tergantung dari tujuan yang hendak mereka capai.

Ada beberapa orang (tidak semua) yang menganut agama tertentu, memilih menggunakan deposito baik itu konvensional maupun syariah hanya sekedar untuk menyimpan uang saja, tidak peduli berapa hasil di kemudian hari yang akan mereka dapatkan.

Bahkan beberapa di antara orang-orang tersebut, ketika mengambil uang mereka setelah jatuh tempo hanya mengambil uang pokok sejumlah yang mereka setorkan di awal. Sedangkan imbal hasil atau bunga yang mereka dapatkan dikembalikan lagi ke pihak bank.

Jadi semua pilihan kembali ke diri nasabah masing-masing, sesuai keinginan, kecocokan atau hanya karena kenyamanan. Begitu juga dengan deposito, mau konvensional atau syariah juga terserah pada pilihan masing-masing.

  Logan   |   28 Jul 2023   |   Artikel

Klu gue tertarik dngn SBN, kira2 gue bsa menghubungi pihak mana utk dapatin investasi ini? selain itu, apakah ada persyaratan yg mesti dipenuhi bila ingin dapatin investasi berupa SBN ini? Soalnya gue emang sering dngr tentang SBN dan Reksadana cma bingung aja perbedaannya apa aja, dan terjawab di kolom komentar ini. Dan dari pemaparan singkat mengenai SBN, kliatan banget bahwa SBN ini diterbitkan ama negara, shngga gue bsa ambil kesimpulan bahwa ga ada salahnya kita coba invest di SBN krna selain start dari 1 juta, return masuk akal, mngkn tingkat resikonya malah lbh kecil di bandingkan jenis investasi lain. Mohon jawabnnya yaa, makasih bnyk!

  Herison   |   30 Jul 2023

Klo elo tertarik invest di Surat Berharga Negara (SBN), kamu bisa nih kontak pihak bank atau perusahaan sekuritas yang jualan SBN. Gampang banget, banyak kok bank atau sekuritas yang bisa bantu kamu buat mulai invest. Biasa bank2 besar jga menyediakan SBN kok.

Sebelum kamu merapat ke investasi SBN, biasanya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, tergantung sama lembaga atau sekuritasnya. Nggak usah khawatir, biasanya cuma hal-hal standar aja, kayak buka rekening investasi, kasih data diri, dan tanda-tangan kontrak.

Nah, bedanya SBN sama Reksadana tuh gini, bro: SBN itu kaya utang negara yang dikeluarin pemerintah buat dana anggaran dan proyek infrastruktur. Makanya SBN dianggap aman, karena negara yang nerbitin, jarang deh gagal bayar.

Sementara Reksadana, itu kaya wadah yang ngumpulin duit dari banyak orang buat diinvestasikan di berbagai macem instrumen keuangan, kayak saham, obligasi, dan pasar uang. Reksadana diurus oleh manajer investasi yang bakal ambil keputusan biar hasil investasi maksimal buat para investor.

Jadi, kalo kamu mau investasi yang relatif aman dan lebih cenderung risiko rendah, SBN bisa jadi pilihan yang oke. Tapi tetep, perlu diinget ya, semua investasi ada risikonya, termasuk SBN. Jadi, sebelum terjun ke investasi, pastiin dulu kamu paham banget dan sesuai sama tujuan keuangan kamu. Kalo perlu, konsultasi sama ahli keuangan buat bantu kamu ambil keputusan yang tepat.

Bunga Kredit

Suku Bunga Kredit

BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.05% 8.30% 7.30%
BCA 7.90% 8.10% 7.20%
Mandiri 8.05% 8.30% 7.30%
BTN 8.05% 8.30% 7.30%
OCBC NISP 8.25% 8.75% 8.00%
BTPN 7.64% 10.36% -
Danamon 8.50% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.30%
HSBC Indonesia 7.00% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain
Kalkulator Pinjaman

Kalkulator Pinjaman





Waspada Jebakan Bodong, Ini Trik Memilih Manajer Investasi
Wahyudi     27 Feb 2020
Salah pilih manajer investasi bisa berbuntut modal tak berbuah cuan atau justru terjebak investasi bodong. Untuk itu, perhatikan baik-baik trik memilih manajer investasi reksadana berikut.
Cara Menabung Umroh Lewat Reksadana
Wahyudi     14 Jan 2020
Umroh menjadi makin populer dalam satu dekade terakhir ini sejak antrian Haji mencapai rata-rata 25 tahun di Indonesia. Hal ini yang membuat biro umroh dan haji makin menjamur, produk umroh juga bervariasi serta dukungan pembiayaan dalam bentuk tabungan, investasi maupun dana talangan juga makin gencar.
Alasan Reksadana Tepat Menjadi Dana Darurat
Wahyudi     10 Jan 2020
Memiliki dana darurat menjadi hal penting. Lantas, produk investasi manakah yang tempat untuk menyimpan dana darurat Anda?
Reksadana Sedang Profit Atau Loss? Begini Cara Menghitungnya
Wahyudi     23 Dec 2019
Tentu Anda ingin tahu bagaimana cara mengukur portofolio reksadana Anda untung atau rugi. Berikut teknis perhitungan untung-rugi reksadana.
#profit  #loss  
Rekomendasi 5 Manajer Investasi Reksadana Unggulan
Wahyudi     18 Dec 2019
Investor reksadana wajib jeli saat memilih manajer investasi sebelum mengalokasikan modalnya. Berikut 5 manajer investasi untuk Anda pertimbangkan.
Jenis-Jenis Risiko yang Dihadapi Investor Reksadana
Wahyudi     26 Nov 2019
Meski terbilang relatif aman, instrumen investasi reksadana juga memiliki risiko. Berikut sumber risiko reksadana yang perlu Anda ketahui.
#risiko  
5 Marketplace Reksadana Yang Cocok Untuk Investor Milenial
Jujun Kurniawan     21 Nov 2019
Banyaknya pilihan marketplace reksadana yang tersedia mungkin membuatmu bingung untuk memilih yang terbaik. Berikut marketplace reksadana terdaftar OJK yang bisa jadi pertimbanganmu:
Kategori Bisnis
Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 7 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 8 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 10 jam lalu, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 10 jam lalu, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 13 jam lalu, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 13 jam lalu, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 13 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 14 jam lalu, #Saham Indonesia


Kirim Komentar Baru