Blockchain

7 Game Penghasil Cuan Terbaik yang Berbasis Blockchain
Yuvita     23 Dec 2021
Mendapatkan uang hanya dengan bermain game bukan lagi hal mustahil. 7 game berbasis blockchain ini bisa menghasilkan cuan dengan cepat.
Perbedaan Hard Fork Vs Soft Fork pada Blockchain Kripto
Damar Putra     16 Sep 2022
Untuk meningkatkan performa blockchain, developer bisa melakukan Hard Fork atau pun Soft Fork. Apa perbedaan keduanya?
Tokocrypto Dukung Penelitian Kebijakan Blockchain di Indonesia
Crypholic     14 Sep 2022
Tim peneliti dari Telkom University mendapat bantuan dari Tokocrypto untuk melakukan penelitian mengenai kebijakan blockchain di Indonesia.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #blockchain

Dannel Plur70   27 Apr 2022

bagaimana cara kerja sistem blockchain? dan apakah sistem blockchain itu aman?

Nur Salim   28 Apr 2022

@Dannel Plur70:

Secara simpelnya, Blockchain bekerja dengan cara menghubungkan (Chain) suatu kegiatan yang didasarkan pada satu asset tertentu (Block) seperti perpindahan aset, Mining (membuat Block baru) menjadi satu kesatuan utuh dalam catatan yang lengkap. Kalau bapak pernah menggunakan tools Online seperti mengedit sebuah dokumen di Google Doc, secara simpelnya begitulah cara kerja Blockchain. Dokumen yang ada bisa diedit oleh seluruh orang yang memiliki akses terhadap dokumen tersebut, dan perubahan yang dilakukan dapat langsung diketahui dan tercatat oleh semua orang yang memiliki aksesnya.

Mengenai keamanannya sendiri, jika ditinjau secara keamanan dalam penggunaan, transparansi dan segala kegiatan yang berhubungan dengan aset digital, maka Blockchain tentu saja sifatnya aman. Kalau bapak melihat pencurian-pencurian dari Hacker yang marak terjadi biasanya terjadi bukan karena faktor blockchainnya. Seringnya hal ini terjadi karena Hacker bisa mendapatkan akses dari digital Wallet dari orang yang dicuri. Namun memang ada beberapa kasus dimana Blockchain tersebut sendiri yang terkena serangan Hacker, sehingga Hacker bisa memindahkan aset yang tercatat di dalamnya tanpa terdeteksi dan tercatat.

Bapak bisa mempelajari perihal Blockchain ini lebih lanjut pada artikel kami Apa Saja Jenis Blockchain berikut.

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga bisa membantu.

Whiens Akbar   28 Apr 2022

masta, mohon info digital wallet yang aman dari peretasan hecker? Trims

Cantika Retna   28 Apr 2022

maraknya dompet digital rawan akan peretasan, bisa di bantu info tips agar digital walet aman dari peretasan kak? Terima kasih

Nur Salim   28 Apr 2022

@Whiens Akbar:

Kalau ditanya mengenai Digital Wallet mana yang benar-benar aman saya juga kurang tahu. Semua pengembang dari Wallet tersebut pasalnya sudah harus secara otomatis mengedepankan keamanan dengan teknologi tertentu yang sudah tersertifikasi. Hanya saja ya itu, kalau memang apes ya, akan ada saja Hacker yang lebih pintar dalam mencari jalan untuk meretas.

Kalau ingin benar-benar aman saran saya sih bisa pakai Cold Storage atau Cold Wallet saja jika benar-benar khawatir atau memiliki simpanan Bitcoin yang mungkin bisa menjadi target peretasan.

Terima kasih, semoga bisa membantu.

Nur Salim   28 Apr 2022

@Cantika Retna:

Ada beberapa cara dan tips yang menurut saya sangat berguna. Berikut beberapa tips tersebut:

1. Jangan simpan semua aset dalam satu wallet. Bagi aset ke dalam beberapa bagian dan tempatkan pada Wallet yang berbeda. Jika memiliki aset dengan nilai besar, bisa coba investasi dengan membeli Cold Wallet.

2. Double cek website yang dikunjungi dalam melakukan transaksi. Salah satu cara yang paling sering digunakan oleh Hacker adalah dengan membuat sebuah Website Dummy yang berisikan halaman situs yang persis sama dengan situs pembayaran tertentu. Dari sini nanti mereka bisa mendapatkan akses penting untuk masuk ke Digital Wallet yang kita miliki. Jadi selalu double cek alamat pada website-website yang dikunjungi.

3. Jika mempunyai keluarga atau teman yang dapat dipercaya, gunakan Multi Signature agar transaksi yang dilakukan harus memerlukan persetujuan dari orang lain terlebih dahulu.

Tips yang lain mungkin bisa dibaca lebih lengkap di artikel Cara Memilih Bitcoin Wallet ini. Selalu ingat, cara-cara ini mungkin tidak akan menghentikan peretasan secara keseluruhan. Tapi dengan memproteksi diri kita sendiri, setidaknya kita dapat menghambat dan mempersulit upaya dari para Hacker.

Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu.

Alexa   23 Aug 2022

Blockchain mana yang terbaik saat ini?

Nur Salim   24 Aug 2022

@Alexa:

Blockchain yang mana dalam konteks apa dulu pak? Untuk konteks kripto sendiri Blockchain jaringan Ethereum, Ripple, Tron yang masih terbaik menurut pendapat ahli. Blockchain sendiri sudah banyak diadopsi untuk keperluan industri bisnis dan banyak sekali Blockchain baru yang justru memiliki kinerja, fungsionalitas, serta tingkat keamanan yang lebih baik daripada yang digunakan pada kripto saat ini. Salah satu Platform Blockchain yang paling baik sendiri saat ini adalah IBM Blockchain.

Reply > Lihat[7]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #blockchain

  Prasetyo   |   22 Feb 2019   |   Artikel

Kerja seorang Miner Bitcoin dalam menambang (memecahkan kode SHA/Hash), apakah dengan memecakan kode tersebut maka Miner tadi digaji oleh "BitCoin"?


Sistem reward ditentukan secara otomatis oleh sistem blockchain itu sendiri. Jadi, ketika seorang miner mampu memecahkan kode hash, mereka akan mendapatkan hadiah / gaji / bayaran dari sistem sesuai dengan proporsi yang telah ditentukan.

Trus guna memecahkan kode SHA/Hash oleh miner (yg menggunakan segala sumberdaya/ PC, alat miner, listrik/internet/waktu)? Apakah dengan PROSES memecahkan kode SHA/Hash maka si Miner mempercepat speed internet Global, sehingga dia diGaji dg BitCoin? maaf saya nanya sebagai orang awam di dunia internet/komputer.

Reward diberikan sebagai pengganti dari seluruh biaya yang telah digunakan dalam proses mining tersebut (termasuk listrik, internet, dll).
bukan, miner tidak mempercepat speed internet global karena ini tidak ada hubungannya. Mereka digaji dengan Bitcoin karena sudah mampu menyelesaikan / memvalidasi satu blok baru di blockchain Bitcoin.

  Luluk Rahayu   |   31 Jul 2019   |   Artikel

Bagaimana cara investasi di blockchain, maaf baru...gk ngerti,,, bantu dong

  Polpot   |   27 Apr 2022   |   Artikel

Wah, ternyata mumet ya belajar blockchain. Belum khatam satu topik, udah muncul topik-topik baru lainnya. Hahaha

  Joni Pulungan   |   7 Jun 2022   |   Artikel

Itu Solana termasuk layer 1 ya? Tapi kok sistemnya lebih bagus daripada BTC dan ETH ya? Btw, Ethereum 2.0 bakal tetep di layer 1 atau di layer lainnya? Kayak Shiba yang katanya mau bikin blockchain sendiri di layer 2.

  Yuniar A   |   14 Jun 2022   |   Artikel

"Nantinya, para investor akan mendapatkan koin kripto atau token digital sebagai ganti dari 'modal' yang diberikan mereka. Token yang didapat berisi informasi kepemilikan atas investasi aset di dunia nyata yang direkam dalam blockchain." Ini maksudnya gimana? Yang saya tangkap kok kayak STO ini jualan informasi ya, atau bagaimana?

  Mario   |   26 Jun 2022   |   Artikel

Kok nggak setuju ya kalau dibilang sebagai teknologi yang jadi musuh perbankan. Istilahnya "mendisrupsi", bukan "menjadi musuh". Perbankan sekarang mulai mengadopsi teknologi-teknologi, AI, blockchain, big data, cloud, dan lain lain itu.

Soal cyber security memang jadi tantangan perbankan, tapi itu juga bukan musuh. Faktanya, kita lebih sering dengan berita soal pemerintah yang kebobolan data daripada bank yang kecolongan hacker.

  Ciro   |   28 Jun 2022

Setuju gw. kalo teknologi-teknologi itu jadi musuh bank, mana mungkin bank mau nerapin teknologi itu? apalagi yang gw denger ini bank sentral mau bikin mata uang digital pake blockchain

Bitocto Sponsori Konferensi Blockchain Indonesia 2022
Crypholic     9 Sep 2022
Bitocto menjadi partner resmi Asosiasi Blockchain Indonesia dalam konferensi Blockchain pada 2022 yang akan dihadiri oleh berbagai tokoh terkemuka, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.
Apa Itu Cross Chain pada Jaringan Blockchain Kripto?
Intan     9 Sep 2022
Disadari atau tidak, teknologi cross chain kripto telah banyak diterapkan di sekitar kita. Sudahkah kalian mengenali apa itu cross chain kripto?
Kolaborasi dengan UNS, Tokocrypto Bangun Pusat Belajar Blockchain
Crypholic     23 Aug 2022
Exchange Tokocrypto mmengajak salah satu Universitas negeri di Indonesia, UNS Surakarta, untuk membangun pusat literasi blockchain.
Mengenal BEP2 Dan BEP20, Dua Blockchain Dalam Satu Platform
Evan     12 Aug 2022
Dua blockchain berbeda dalam satu platform, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai BEP2 dan BEP20.
Mengenal Sidechain Beserta Perannya dalam Blockchain Kripto
Damar Putra     26 Jun 2022
Selain blockchain, jaringan transaksi kripto ternyata juga memerlukan Sidechain untuk memperbaiki masalah kecepatan dan biaya transaksi. Mengapa bisa demikian?
Wrapped Token, Solusi Transaksi Antar Blockchain
Evan     23 Jun 2022
Salah satu cara mengatasi interoperabilitas blockchain adalah dengan cara wrapped token. Apa maksudnya?
Indodax Undang Member di Konferensi Blockchain Indonesia
Crypholic     20 Jun 2022
Indodax mensponsori konferensi blockchain bertajuk BlokcJakarta 2022. Dalam acara ini, akan diulik berbagai topik seperti potensi, cara membangun ekosistem kripto, regulasi, hingga game NFT dan Metaverse.
Kirim Komentar Baru