Blockchain

7 Game Penghasil Cuan Terbaik yang Berbasis Blockchain
Yuvita     23 Dec 2021
Mendapatkan uang hanya dengan bermain game bukan lagi hal mustahil. 7 game berbasis blockchain ini bisa menghasilkan cuan dengan cepat.
Trade Expo 2022 Tingkatkan Eksposur Blockchain dan Kripto
Crypholic     30 Sep 2022
Dalam acara Trade Expo yang digelar Kementerian Perdagangan RI tahun ini, kripto, teknologi blockchain, Web3, dan Metaverse akan mendapat paparan khusus.
#kripto  
Perbedaan Hard Fork Vs Soft Fork pada Blockchain Kripto
Damar Putra     16 Sep 2022
Untuk meningkatkan performa blockchain, developer bisa melakukan Hard Fork atau pun Soft Fork. Apa perbedaan keduanya?
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #blockchain

Dannel Plur70   27 Apr 2022

bagaimana cara kerja sistem blockchain? dan apakah sistem blockchain itu aman?

Nur Salim   28 Apr 2022

@Dannel Plur70:

Secara simpelnya, Blockchain bekerja dengan cara menghubungkan (Chain) suatu kegiatan yang didasarkan pada satu asset tertentu (Block) seperti perpindahan aset, Mining (membuat Block baru) menjadi satu kesatuan utuh dalam catatan yang lengkap. Kalau bapak pernah menggunakan tools Online seperti mengedit sebuah dokumen di Google Doc, secara simpelnya begitulah cara kerja Blockchain. Dokumen yang ada bisa diedit oleh seluruh orang yang memiliki akses terhadap dokumen tersebut, dan perubahan yang dilakukan dapat langsung diketahui dan tercatat oleh semua orang yang memiliki aksesnya.

Mengenai keamanannya sendiri, jika ditinjau secara keamanan dalam penggunaan, transparansi dan segala kegiatan yang berhubungan dengan aset digital, maka Blockchain tentu saja sifatnya aman. Kalau bapak melihat pencurian-pencurian dari Hacker yang marak terjadi biasanya terjadi bukan karena faktor blockchainnya. Seringnya hal ini terjadi karena Hacker bisa mendapatkan akses dari digital Wallet dari orang yang dicuri. Namun memang ada beberapa kasus dimana Blockchain tersebut sendiri yang terkena serangan Hacker, sehingga Hacker bisa memindahkan aset yang tercatat di dalamnya tanpa terdeteksi dan tercatat.

Bapak bisa mempelajari perihal Blockchain ini lebih lanjut pada artikel kami Apa Saja Jenis Blockchain berikut.

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga bisa membantu.

Whiens Akbar   28 Apr 2022

masta, mohon info digital wallet yang aman dari peretasan hecker? Trims

Cantika Retna   28 Apr 2022

Maraknya dompet digital rawan akan peretasan, bisa di bantu info tips agar digital walet aman dari peretasan kak? Terima kasih

Nur Salim   28 Apr 2022

@Whiens Akbar:

Kalau ditanya mengenai Digital Wallet mana yang benar-benar aman saya juga kurang tahu. Semua pengembang dari Wallet tersebut pasalnya sudah harus secara otomatis mengedepankan keamanan dengan teknologi tertentu yang sudah tersertifikasi. Hanya saja ya itu, kalau memang apes ya, akan ada saja Hacker yang lebih pintar dalam mencari jalan untuk meretas.

Kalau ingin benar-benar aman saran saya sih bisa pakai Cold Storage atau Cold Wallet saja jika benar-benar khawatir atau memiliki simpanan Bitcoin yang mungkin bisa menjadi target peretasan.

Terima kasih, semoga bisa membantu.

Nur Salim   28 Apr 2022

@Cantika Retna:

Ada beberapa cara dan tips yang menurut saya sangat berguna. Berikut beberapa tips tersebut:

1. Jangan simpan semua aset dalam satu wallet. Bagi aset ke dalam beberapa bagian dan tempatkan pada Wallet yang berbeda. Jika memiliki aset dengan nilai besar, bisa coba investasi dengan membeli Cold Wallet.

2. Double cek website yang dikunjungi dalam melakukan transaksi. Salah satu cara yang paling sering digunakan oleh Hacker adalah dengan membuat sebuah Website Dummy yang berisikan halaman situs yang persis sama dengan situs pembayaran tertentu. Dari sini nanti mereka bisa mendapatkan akses penting untuk masuk ke Digital Wallet yang kita miliki. Jadi selalu double cek alamat pada website-website yang dikunjungi.

3. Jika mempunyai keluarga atau teman yang dapat dipercaya, gunakan Multi Signature agar transaksi yang dilakukan harus memerlukan persetujuan dari orang lain terlebih dahulu.

Tips yang lain mungkin bisa dibaca lebih lengkap di artikel Cara Memilih Bitcoin Wallet ini. Selalu ingat, cara-cara ini mungkin tidak akan menghentikan peretasan secara keseluruhan. Tapi dengan memproteksi diri kita sendiri, setidaknya kita dapat menghambat dan mempersulit upaya dari para Hacker.

Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu.

Alexa   23 Aug 2022

Blockchain mana yang terbaik saat ini?

Nur Salim   24 Aug 2022

@Alexa:

Blockchain yang mana dalam konteks apa dulu pak? Untuk konteks kripto sendiri Blockchain jaringan Ethereum, Ripple, Tron yang masih terbaik menurut pendapat ahli. Blockchain sendiri sudah banyak diadopsi untuk keperluan industri bisnis dan banyak sekali Blockchain baru yang justru memiliki kinerja, fungsionalitas, serta tingkat keamanan yang lebih baik daripada yang digunakan pada kripto saat ini. Salah satu Platform Blockchain yang paling baik sendiri saat ini adalah IBM Blockchain.

Trestan   28 Nov 2022

Pak @Nur Salim, saya sering mendengar isitilah blockchain yang terdesentralisasi. Apakah arti dari hal tersebut? Selain itu pak, apakah blockchain antar koin kripto itu sama dalam arti kata dibangun dari sistem yang sama? atau apakah berbeda?

Kemudian satu pertanyaan lagi pak, bapak bilang ada kasus hacker memindahkan aset. Yang saya mau tanya adalah dari aset tersebut misalkan bitcoin dipindahkan ke wallet kita terus, apakah bisa di konversi ke ETH?

Nur Salim   7 Dec 2022

@Trestan:

Blockchain terdesentralisasi berarti tidak ada pusat wewenang dan seluruh anggota memiliki hak serta dapat mengakses data yang sama pada suatu jaringan Blockchain. Karena sifat inilah Blockchain dimanfaatkan sebagai revolusi baru dunia keuangan dalam bentuk kripto.

Mengenai apakah semua koin dibangun pada sistem yang sama, jawabannya tidak pak. Ada banyak jenis dan sistem Blockchain yang bisa digunakan sebagai landasan pembuatan koin kripto. Blockchain yang paling banyak digunakan sendiri saat ini adalah Ethereum, Ripple, dll.

Lalu apakah Bitcoin tersebut bisa dipindahkan ke ETH? Tentu saja bisa pak. Sama seperti aset lainnya, aset yang telah dicuri juga akan tetap bisa ditukarkan ke aset lain sesuai dengan keinginan.

Ananta   17 Jan 2023

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga digital wallet Anda aman dari peretasan:

1. Gunakan password yang kuat: Masukkan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang acak.

2. Gunakan autentikasi dua faktor: selain password, manfaatkan juga pengamanan kode SMS atau aplikasi autentikator.

3. Jangan berbagi informasi pribadi: Data yang paling krusial adalah nomor telepon, alamat email, atau informasi tentang dompet digital.

4. Jangan menyimpan uang yang tidak diperlukan: Hanya simpan uang yang akan digunakan dalam jangka waktu dekat dan simpan sisa uang Anda di tempat yang aman.

5. Gunakan Cold Wallet: Dompet dalam bentuk hardware seperti Ledger dan Trezor memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan menyimpan Private Key hanya di komputer atau perangkat lainnya.

6. Jaga perangkat Anda aman: pasang instal anti-virus dan anti-malware yang terbaru

7. Cek reputasi dan legalitas dari perusahaan yang menyediakan layanan digital wallet sebelum membuat akun.

Alexa   20 Jan 2023

Kripto apa pak yang menggunakan blockchain dari IBM tersebut untuk saat ini? Apakah menguntungkan dan baik pergerakannya?

Nur Salim   23 Jan 2023

@Alexa:

Setahu saya untuk saat ini tidak ada. Penggunaan Blockchain dari IBM ini untuk saat ini belum diperuntukkan untuk koin ataupun token kripto dan fokus pada pembangunan sarana transaksi IBM sendiri. Namun, dahulu IBM pernah menginisiasi program Stable Coin bernama USD Anchor di 2019 sebelum IBM memutuskan untuk banting setir ke pengembangan Blockchain. Proyek ini sendiri kurang terdengar kabarnya hingga saat ini.

Sita A   24 Jan 2023

Apakah Blockchain ini juga bisa digunakan dan diaplikasikan pada sistem keuangan konvensional pak? Jika memang memiliki kapasitas sebagus yang disebutkan di atas, kenapa tidak segera digunakan sebagai basis transaksi keuangan konvensional?

Nur Salim   26 Jan 2023

Sita A:

Tentu saja bisa. Hingga saat ini telah banyak bank Sentral negara maju dan berkembang yang telah mulai mengerjakan projek perpindahan ini. Hanya saja kenyataannya memang tidak bisa dikerjakan asal-asalan bahkan kebut-kebutan. Perlu perencanaan dan eksekusi yang baik untuk menghasilkan sebuah sistem yang Flawless nantinya. Indonesia sendiri juga telah merencanakan hal ini sejak tahun lalu. Jadi mari kita tunggu saja dengan sabar bagaimana proses pengembangannya kedepan.

Aisha   27 Jan 2023

Sita A:

Blockchain juga bisa digunakan dalam sistem keuangan konvensional. Butuh riset dan proses yang panjang untuk diterapkan, sehingga tak banyak negara yang mengambil langkah ke sana. Tetapi sebenarnya sudah ada beberapa negara yang mulai memanfaatkan blockchain dalam sistem keuangannya.

Beberapa contoh penerapan blockchain yang berkaitan dengan sistem keuangan konvensional:

  • Inggris - Blockchain-as-a-service (BaaS) untuk membayar subsidi tunai dan uang pensiun, serta membagikan pembiayaan pendidikan.
  • Singapura - Monetary Authority of Singapore (MAS) bekerjasama dengan konsorsium swasta untuk mengadopsi blockchain dalam sektor keuangan Singapura. Proyek masih dalam proses R&D.
  • Venezuela - Venezuela telah mendeklarasikan mata uang berbasis blockchain, Petro Coin, sebagai mata uang utamanya sejak 2018.
  • Dan masih banyak lagi.
Lily   28 Jan 2023

Malam, saya mau bertanya mengenai penggambaran fungsi blockchain itu seperti apa karena yang saya tau hanyalah ada hubungan antara kripto dengan blockchain dimana kripto dibangun diatas blockchain. Tapi fungsi lain dari blockchain itu sendiri apa saja karena bahkan blockchain bisa digunakan untuk keuangan konvensional.

Terus mengapa untuk kripto bisa dikatakan menjaga privasi dan bagaimana caranya menjaga privasi? Sedangkan menurut saya, lembaga keuangan saat ini sepertinya sudah sangat menjaga privasi...

Nur Salim   30 Jan 2023

Lily:

Fungsi utama dari Blockchain sendiri sebenarnya bisa diumpamakan seperti sebuah buku catatan besar yang terotomatisasi dengan segala hal dan tindakan yang terjadi di atas Blockchain tersebut. Semua pencatatan ini tersimpan secara rapi, aman, dan bisa diakses oleh siapapun. Blockchain ini sendiri dianggap dapat menjadi solusi dalam sistem keuangan konvensional karena jauh lebih cepat, murah serta teliti dalam melaksakan tugasnya, selain itu seperti yang telah dijelaskan di atas, transparansi pada sistem keuangan juga akan dapat dilakukan jika menggunakan Blockchain.

Privasi pada kripto ini sendiri ada pada konfirmasi proses transaksi, kepemilikan serta proses pencatatan data yang dilakukan. Contohnya dalam sebuah pemindahan aset kripto dari satu pihak ke pihak lain, proses ini hanya bisa diketahui dan dilakukan oleh pihak itu sendiri. Setelah transaksi ini selesai, barulah orang lain dapat membaca jejak data dari transaksi ini (hanya alamat wallet serta jumlah transaksi). 

Reply > Lihat[17]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #blockchain

  Luluk Rahayu   |   31 Jul 2019   |   Artikel

Bagaimana cara investasi di blockchain, maaf baru...gk ngerti,,, bantu dong

  Polpot   |   27 Apr 2022   |   Artikel

Wah, ternyata mumet ya belajar blockchain. Belum khatam satu topik, udah muncul topik-topik baru lainnya. Hahaha

  Joni Pulungan   |   7 Jun 2022   |   Artikel

Itu Solana termasuk layer 1 ya? Tapi kok sistemnya lebih bagus daripada BTC dan ETH ya? Btw, Ethereum 2.0 bakal tetep di layer 1 atau di layer lainnya? Kayak Shiba yang katanya mau bikin blockchain sendiri di layer 2.

  Indah Putri   |   23 Jun 2022   |   Artikel

"FUD merupakan pendapat negatif dari seseorang yang mampu mempengaruhi trader atau investor secara emosional, sehingga menjadi ragu atau berubah pikiran untuk menerapkan strategi atau rencana dalam berinvestasi aset kripto."

Tapi kenapa berita China mendukung blockchain dianggap sebagai FUD juga? Kan itu positif? Hmm

  Adiananta   |   28 Jun 2022

Mungkin maksud penulis sifat menakut-nakuti itu yang negatif, bukan efeknya bagi harga kripto.

  Kartika   |   2 Dec 2022

Memang harga kripto naik saat itu, tapi penulis menekankan bahwa harga saat itu lagi turun sehingga banyak trader menaruh posisi short alias berharap nilai kripto akan turun.

Nah kebetulan aja para whales (yang memiliki modal kripto yang gede) itu melakukan short squeeze. Dengan membeli aset kripto sebanyak banyaknya dan memaksa para short seller tadi juga menutup posisi mereka karena harga tiba-tiba naik tajam

Short squeeze sendiri adalah istilah yang digunakan ketika harga aset meningkat tajam karena banyak short seller dipaksa keluar dari posisi mereka.

Short sellers biasanya bertaruh bahwa harga suatu aset akan turun. Apabila harga mengalami kenaikan, posisi short mulai mengumpulkan kerugian. Kemudian saat harga naik, short seller terpaksa menutup posisi mereka.

Jadi penulis disini menekankan bahwa FUD bisa mengubah pikiran trader jadi tidak pasti dalam merencanakan investasi kripto mereka. Bukan hanya disaat harga naik tetapi juga turun sehingga berefek NEGATIF pada portofolio mereka

  Benedict   |   3 Nov 2022   |   Artikel

Nah artikel ini nih mengingatkan kita tentang esensi sebenarnya dari bitcoin. Pada awalnya bitcoin diciptakan memang untuk alat pembayaran online pengganti uang konvensional. Apa yang membedakannya dengan sistem transfer online bank yakni bitcoin bisa langsung digunakan untuk pembayaran dengan sekali klik tanpa konfirmasi pihak ketiga (blockchain). Teknologi ini aman banget digunakan dan memudahkan transaksi aja.

Apa yang artikel ini jelasin memang sepenuhnya benar, trus untuk invest di bitcoin ya sah sah aja. Toh stok bitcoin udah sisa 2 juta keping, kelak pasti bakal langka dan harganya naik. Udah kayak emas lah gitu kedepannya bakal stabil harganya.

  Rahmat   |   4 Nov 2022

Kalo aman banget, kenapa masih bisa ada perentasan Bitcoin ya?

  Benedict   |   9 Nov 2022

Terima kasih atas tanggapannya @Rahmat.

Sebenarnya peretasan bitcoin yang diberitakan lebih kepada peretasan dimana bitcoin itu disimpan Alias dompet digital.

Pada umumnya kita harus membuka suatu dompet digital agar bisa menyimpan bitcoin/kripto di tempat tersebut. Apabila kita lalai, atau memberitahu password dompet digital kita maka hacker bisa melakukan transaksi transfer bitcoin.

Parahnya dana yang ditransfer tidak bisa dilacak dan untuk siapa kita juga tidak tahu karena biasa hacker memakai nama samaran serta blockchain sendiri yang sangat privasi sehingga tidak bisa dilacak oleh orang ketiga.

Definisi aman di sini mungkin menurut saya adalah selama kita tidak memberikan data penyimpanan kita maka akan baik2 saja itu karena sistem blockchain memiliki sistem terdesentralisasi yang artinya bila ingin hack, anda harus hack keseluruhan sistem bitcoin yang memiliki entry point yang masif sekali dimana sampai saat ini sangat mustahil dan adanya Nodes di bitcoin yang memastikan bahwa transfer token hanya boleh terjadi sekali saja dan bila terjadi gangguan sedikit saja maka transfer akan gagal.

Dalam hal ini yang @Rahmat biasa dengar tentang peretasan adalah peretasan dompet digital. Kalau disederhanakan seperti uang kita di bank, penipu tidak mungkin mengambil uang secara langsung di bank, tetapi biasa mencuri via sms phising, menipu dengan telepon, atau mencari tau nomor pin ATM anda.

Untuk lebih jelas bisa dibaca Artikel berikut: 5 cara hacker mencuri uang kripto

  Lidia   |   7 Nov 2022   |   Artikel

Kenapa harus merasa terancam hanya karena status atau istilah ITSK (Fintech) yang akan disematkan ke kripto? Lha padahal kalau kripto mau difungsikan sebagai alat pembayaran sah, istilah semacam itu kan wajar. Belum lagi kalau nanti e-Rupiah mau dibikin pakai teknologi blockchain yang sama kayak kripto. Jadi, kenapa harus diributkan?

  Bitcoin Lover   |   12 Dec 2022

Itu bisa bikin tujuan awal pembuatan kripto, terutama Bitcoin ternodai. Yang harusnya terdesentralisasi, malah jadi diatur semua sama pemerintah.

Tokocrypto Dukung Penelitian Kebijakan Blockchain di Indonesia
Crypholic     14 Sep 2022
Tim peneliti dari Telkom University mendapat bantuan dari Tokocrypto untuk melakukan penelitian mengenai kebijakan blockchain di Indonesia.
Bitocto Sponsori Konferensi Blockchain Indonesia 2022
Crypholic     9 Sep 2022
Bitocto menjadi partner resmi Asosiasi Blockchain Indonesia dalam konferensi Blockchain pada 2022 yang akan dihadiri oleh berbagai tokoh terkemuka, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.
Apa Itu Cross Chain pada Jaringan Blockchain Kripto?
Intan     9 Sep 2022
Disadari atau tidak, teknologi cross chain kripto telah banyak diterapkan di sekitar kita. Sudahkah kalian mengenali apa itu cross chain kripto?
Kolaborasi dengan UNS, Tokocrypto Bangun Pusat Belajar Blockchain
Crypholic     23 Aug 2022
Exchange Tokocrypto mmengajak salah satu Universitas negeri di Indonesia, UNS Surakarta, untuk membangun pusat literasi blockchain.
Mengenal BEP2 Dan BEP20, Dua Blockchain dalam Satu Platform
Evan     12 Aug 2022
Dua blockchain berbeda dalam satu platform, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai BEP2 dan BEP20.
Mengenal Sidechain Beserta Perannya dalam Blockchain Kripto
Damar Putra     26 Jun 2022
Selain blockchain, jaringan transaksi kripto ternyata juga memerlukan Sidechain untuk memperbaiki masalah kecepatan dan biaya transaksi. Mengapa bisa demikian?
Wrapped Token, Solusi Transaksi Antar Blockchain
Evan     23 Jun 2022
Salah satu cara mengatasi interoperabilitas blockchain adalah dengan cara wrapped token. Apa maksudnya?
Kirim Komentar Baru