Bodong

Stop Investasi Bodong! Ikuti 5 Langkah Ini
Febrian Surya     20 Jan 2020
Tidak ada yang ingin terjebak dalam investasi bodong. Karena itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Alasan Investasi Syariah Bodong Banyak Peminatnya
Wahyudi     14 Feb 2020
Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia jadi pasar menggiurkan untuk produk syariah, tak terkecuali investasi syariah baik legal maupun abal-abal.
5 Ciri Fintech Bodong Menurut OJK
Febrian Surya     13 Jul 2020
Sebelum mengajukan pinjaman online di perusahaan fintech, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri fintech bodong menurut OJK.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #bodong

kurniawan   9 Mar 2022

Sekarang ini marak sekali investasi bodong, mohon info dan tips agar terhindar dari investasi bodong min?

Kiki R   10 Mar 2022

@Kurniawan: Berikut ini tips agar terhindar dari investasi bodong.

  • Jangan pernah langsung percaya 100% apapun yang Anda dapatkan di internet ataupun medsos.
  • Jangan pernah tergiur oleh investasi apapun walaupun ada keluarga/artis/influencer atau siapapun. Masuklah karena Anda melihat potensi profit didalamnya secara jelas, bukan karena si A, B, atau C.
  • DYOR (Do Your Own Research), lakukan riset sebelum mengambil keputusan. Pelajari dengan detail investasi apa yang ditawarkan, apa produknya, bagaimana cara menghasilkan keuntungan dan apakah realistis terhadap janji yang diberikan.
  • Hindari grup-grup yang terlalu "vulgar" memberikan janji-janji surga. Sesuatu yang kelihatannya terlalu "bagus" (too good to be true) biasanya tidak bagus.
  • Selalu berfikir logis dan kritis.
Aisha   24 Mar 2022

Skema Ponzi adalah modus penipuan berkedok investasi yang seolah-olah menawarkan profit besar, tetapi sesungguhnya profit yang diberikan kepada investor awal bersumber dari dana setoran investor yang mendaftar belakangan. Di Indonesia, skema ponzi terkenal dengan istilah "money game" dan "member get member". 

Bagaimana cara mengenalinya? Ada beberapa ciri-ciri umum dari skema ponzi, antara lain:

  • Penipu menawarkan profit tetap dalam jumlah fantastis. Hal ini tidak mungkin terjadi pada skema investasi sungguhan, karena selalu ada risiko kerugian yang setara dengan peluang keuntungan. Lembaga regulator sah seperti OJK dan Bappebti juga melarang promosi investasi yang menjanjikan profit tetap.
  • Penipu menawarkan iming-iming "profit tanpa kerja keras" hanya dengan setor dana saja. Padahal, semua skema investasi perlu proses pembelajaran agar investor bisa sukses.
  • Penipu mengharuskan dana setoran pokok "terkunci" atau tidak boleh ditarik selama periode yang panjang. Investor hanya boleh menarik profit saja secara berkala, tetapi tak boleh mengambil dana pokoknya dalam waktu lama. Hal ini karena sebenarnya penipu akan mengoper dana pokok yang tersimpan itu untuk menjadi "profit" bagi investor lain.
  • Penipu biasanya menggunakan istilah-istilah asing yang terkesan elite untuk mendapatkan kepercayaan orang awam, tetapi kesulitan untuk menjelaskan skema investasinya kepada orang yang sudah berpengalaman. Umpamanya penipu punya skema ponzi yang berkedok robot trading, maka para pakar trader dan programmer robot sesungguhnya dapat membongkar kedok tersebut.
nana_banana   24 Mar 2022

mohon info tips nya kak agar terhindar dari skema ponzi?
apakah skema ponzi mencangkup semua jenis investasi atau hanya investasi tertentu saja ya kak? Terima kasih

Aisha   27 Mar 2022

Skema ponzi bisa menggunakan kedok investasi apa saja, mulai dari forex (robot trading), emas, properti, bahkan tambak udang ataupun kebun kurma. Sudah banyak sekali contoh kasusnya di Indonesia.

Tips agar terhindar dari skema ponzi? Ya, mudah saja. Kenali ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, kemudian jangan setor dana ada tawaran semacam itu.

Aisha   25 Apr 2022

Tidak ada satu pun diantara ketiganya yang aman untuk pemula. Pemula sebaiknya mengawali dengan belajar berinvestasi, bukan langsung trading. Jika ingin setor modal tanpa belajar dan mau cari aman, maka berinvestasilah pada reksa dana.

Jika sudah belajar dan mau mulai trading, maka sebaiknya berlatihlah pada saham. Lebih baik lagi, cobalah simulasi trading saham dulu. Apabila sudah mahir dalam dunia saham, barulah menjajal forex atau kripto.

Pasar saham lebih mudah diamati dan dipelajari bagi pemula, daripada pasar forex atau kripto yang berskala internasional. Namun, perlu diperhatikan bahwa semuanya sama-sama tidak aman.

Semua aktivitas trading itu mengandung risiko yang sebanding dengan potensi keuntungannya, sehingga kita sendiri yang perlu mengelola risiko (risk management) agar tidak mengalami kerugian di luar batas toleransi kita. Semua calon trader/investor harus memahami ini sebelum mulai trading/berinvestasi apa saja.

nana_banana   22 Mar 2022

Apa yang dimaksud dengan skema ponzi dalam investasi dan bagaimana cara mengenalinya?

hairi Nuh   22 Apr 2022

Antara trading forex, saham dan kripto, manakah yang aman digunakan untuk pemula?

Richard   28 Oct 2022

Berdasarkan pengalaman, saya menyimpulkan beberapa hal terkait ciri-ciri investasi bodong dan bisa dijadikan acuan agar terhindar dari scam ini.

  • Investasi berkedok return besar, jadi bisa dikatakan seperti ini, biasanya penipu akan menyerang kelemahan investor. Apakah kelemahannya? Ya menawarkan keuntungan yang gede dan belakangan ini keuntungan yang ditawarkan agak masuk akal. Intinya berhati-hati bila investasi itu menawarkan return yang besar apalagi dalam waktu singkat.
  • Tidak terdaftar di Bappebti untuk lembaga investasi atau OJK di lembaga keuangan. Kalau udah tidak terdaftar maka kalau terjadi apa-apa maka tidak ada jaminan dari pemerintah dan juga lembaga ini bertugas mengawasi. Jadi lebih aman ya harus terdaftar disitu.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, untuk poin pertama ini sangat mengonfirmasi kalau itu investasi bodong contohnya arisan dan koperasi simpan pinjam yang saudara saya ikutin semuanya hilang. Bahkan 1 kompleks terkena tipu, hal ini karena menjanjikan return yang besar banget..mungkin pada awalnya bakal ada yang untung dan ternyata kenanya skema Ponzi. Dari situ saya belajar kalau return gede dengan waktu yang singkat itu tidak mungkin.

Susan   4 Nov 2022

Iya juga ya kak. arisan dan koperasi simpan pinjam itu kan langsung keliatan gitu tipu-tipu investasi bodongnya. kok masih banyak aja yang kemakan dan langsung percaya. ujung-ujungnya ambyaaarr deh... 

untuk trading kan harus terdaftar di Bappebti, tuh. nah pengen tahu aja kalau misalnya terjadi apa-apa, peran pemerintahnya apa kak dalam hal ini? apakah pemerintah akan mengganti semua kerugian kita atau gimana? 

Richard   8 Nov 2022

Terdapat UU no 32 tahun 1997 yang juga mengatur bahwa uang nasabah dalam hal ini kita sebagai trader disimpan berbeda dari rekening lembaga dalam hal ini broker dan bukan hanya rekening nasabah tetapi juga dana kompensasi serta dana jaminan.

Peran pemerintah khususnya Bappebti adalah memfasilitasi proses pembubaran broker atau pialang berjangka sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan no 32 tahun 1997 dimana mengatur tentang pialang berjangka (broker).

Nah prosesnya berupa menghentikan segala kegiatan broker yang bermasalah, dan meminta broker segera melakukan pembayaran terhadap dana yang bermasalah dalam jangka waktu tertentu. Apabila broker tidak mampu membayar maka izin usaha broker akan dicabut dengan mempertimbangkan segala aspek terkait broker bermasalah. Segala sisa kekayaan yang ada akan dicairkan dan digunakan untuk membayar nasabah. Itu berarti nasabah tidak akan mendapat uangnya 100% full.

Selengkapnya saya kutip isi UU NO 32 TAHUN 1997.

 

Pasal 19

Kegiatan transaksi di Bursa Berjangka dapat dihentikan sementara waktu, baik untuk sebagian maupun seluruh Kontrak Berjangka, apabila terdapat hal-hal atau kejadian yang merugikan kepentingan masyarakat atau keadaan yang tidak memungkinkan diselenggarakannya kegiatan transaksi Kontrak Berjangka secara wajar.


Pasal 20

Penghentian sementara waktu, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19:

1. untuk jangka waktu tidak lebih dari satu hari kerja, dapat dilakukan oleh Bursa Berjangka dengan kewajiban segera melaporkannya kepada Bappebti; dan

2. untuk jangka waktu lebih dari satu hari kerja, hanya dapat dilakukan oleh Bappebti.

 

Pasal 21

1. Apabila penyebab penghentian sementara waktu transaksi seluruh Kontrak Berjangka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 tidak dapat diatasi dalam jangka waktu tertentu, Bappebti menghentikan kegiatan Bursa Berjangka secara tetap dan mencabut izin usahanya.

2. Sebelum menetapkan penghentian kegiatan Bursa Berjangka secara tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bappebti wajib mempertimbangkan kepentingan masyarakat umum, Nasabah, Anggota Bursa Berjangka yang bersangkutan, dan lembaga lain yang berkaitan dengan kegiatan dan perizinan Bursa Berjangka.

3. Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dilaporkan oleh Bappebti kepada Menteri dan diumumkan secara luas.

 

Pasal 22

1. Apabila izin usaha Bursa Berjangka dicabut, badan hukum Bursa Berjangka yang bersangkutan dibubarkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. 3Apabila terdapat sisa kekayaan hasil likuidasi Bursa Berjangka yang menjadi hak Pialang Berjangka sebagai pemegang saham, sisa kekayaan tersebut wajib digunakan terlebih dahulu untuk membayar kewajiban Pialang Berjangka yang bersangkutan kepada Nasabah.

Selain itu dalam perundang-undangan juga sudah ditentukan syarat apa saja yang harus dipenuhi agar bisa menjadi broker atau pialang berjangka. Jadi tidak asal-asalan makanya bila terdaftar di Bappebti, suatu lembaga keuangan pasti sudah jelas asal usulnya serta terdapat aturan yang jelas dan tersusun rapi. Sebagai calon pengguna jasa broker kita juga harus mencari tahu informasi detail agar tidak terjerat investasi bodong. Secara umum broker Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan yang kurang lebih sama. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca ulasan Kelebihan Dan Kekurangan Broker Forex Lokal Indonesia.

Aldi   29 Nov 2022

Kalau misalnya kita menggunakan jasa orang ketiga atau konsultan atau broker buat menangani investasi yang kita tanamkan, kita pasti akan terhindar dari scam nggak sih?

Aisha   30 Nov 2022

Dalam hal ini, perlu dipahami dulu bahwa "jasa orang ketiga" itu tidak sama dengan "konsultan" ataupun "broker".

Siapa sih "jasa orang ketiga" itu? Apakah orang yang mempromosikan diri sebagai trader profesional dan menawarkan iming-iming profit gede tanpa perlu kerja? Jelas sekali, dia pasti scam.

Istilah "konsultan" juga sama-sama rawan scam. Kenapa? Karena tidak ada yang menjamin mereka akan melaksanakan tugas mengelola dana klien dengan benar.

Lalu, bagaimana dengan "broker"? Broker adalah perusahaan yang berperan sebagai perantara untuk menghubungkan trader/investor dengan pasar. Ingat poin penting ini: BROKER CUMA PERANTARA. Dengan kata lain, broker tidak boleh mengelola dana klien secara langsung, melainkan menyimpannya agar dapat mengeksekusi order sesuai perintah klien. Ini berlaku untuk broker saham maupun broker forex.

Dalam dunia investasi, kita mengenal istilah lain lagi, yaitu "Manajer Investasi". Para Manajer Investasi ini bekerja mengelola reksa dana, ETF, hedge fund, atau produk investasi serupa. Mereka sudah memperoleh sertifikasi resmi dari otoritas terkait, menjamin kompetensi dan kredibilitas mereka untuk mengelola dana klien. Di Indonesia, sertifikasi dan pengawasan atas Manajer Investasi dilaksanakan oleh OJK dan otoritas bursa.

Nah, kalau kamu sedang mencari orang yang bisa dipercaya untuk mengelola investasi, maka carilah reksa dana atau ETF yang dapat dibeli publik. Nantinya dana kamu akan dikelola oleh Manajer Investasi yang terjamin profesionalitasnya, sekaligus terhindar dari scam.

Reply > Lihat[12]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #bodong

  John   |   16 Jun 2019   |   Artikel

Note from a friend

1. 2004 hary suwanda, abraham lembang, peter sufandri ikut seminar options oleh Kishore (Singapore), abis itu jualan seminar juga. dr 2004 smp 2019 skr dmn ya Prestasinya? Udh 18 tahun lho! ngapain aja? Kok bisa2nya klaim trader sukses ?

2. dia klaim udh $1 million dollar , kok sekarang kena kasus pennipuan investasi bodong Rp 1,3 Milyar sejak tahun 2011, calon klien dia mungkin pikir dia trader sukses jadinya percaya. lucu ya , udh terbitin buku, jual seminar. Ga ada Integritas. Uang haram, ga berkah utk menhidupi keluargamu.

bagi peserta seminar hary suwanda, Abraham lembang, peter sufandri, dll sejak 2004, brp dr kalian yg skr sukses? TUNJUKAN !! I DARE U!

Show me your MONEY, ASSETS, Real track record

3. if it were so easy to trade , everybody would be doing it right ? how come there are so many poor people ? because its damn harder than you guys thought ! this is tough business, the market is heartless, merciless. i guess its only for the brave !! banyak kasus bunuh diri kok

4. The blind leading the blind

banyak seminar yg memberikan testimoni palsu, karangan / abal2. Kata Om Bob Sadino (almarhum) mereka hanya dari kuadran TAU bukan dari kuadran BISA!! dibutuhkan pengorbanan dan perjuangan utk sukses di bidang apapun ! Msh mau ikut seminar mahal yg useless ? do they care about your life ? they only care about taking your hard-earned money!!

5. Give back



Jika anda udah sukses trading , jgn lupa utk berbagi kpd sesamamu yg membutuhkan. Memberi tanda bersyukur lho !!

  Rumbi   |   2 Sep 2020   |   Artikel

eeeyyyy awas lho jgn asal pilih investasi, di jaman setengah edun ini sering ditemui org yg nawar2in investasi bodong maupun haram. Km hrs lebih hati2 dlm milih investasi mengingat uang yg akan km gunakan modal g sedikit. Aku pernah baca ada artikel lainnya ttg investasi semoga bermanfaat: Inilah Investasi Halal Menurut MUI

  Ridha Asriya   |   31 Mar 2022   |   Artikel

maraknya investasi bodong yang membuat was was kalau mau investasi

  Ijjah_ijjah   |   31 Mar 2022

selalu hati2 dan waspada ketika ada rencana untuk investasi
cari info dan rekomendasi sebanyak mungkin sebelum melakukan investasi

  Wartiningsih   |   5 Apr 2022   |   Artikel

dengan info dari mimin, semoga kita semua bisa terhindar dari aplikasi fintech bodong

  Fadil Khan   |   8 Apr 2022   |   Artikel

cek dan ricek sebelum melakukan investasi, sekrang ini banyak investasi bodong

  Joshua   |   23 Oct 2022   |   Artikel

Wah kayaknya trading crypto lebib rumit dari yang saya pikirkan ya. Pengetahuan baru juga nih, selama ini saya cuma kenal 2 analisis ternyata crypto ada 3!

Sepertinya saya harus belajar dengan benar untuk 3 analisis ini dengan baik. Saya rasa dengan baca artikel ini, saya tarik kesimpulan analisis fundamentalnya berbeda dengan forex dan saham. Ternyata harga crypto bisa aja tergantung dari developernya ya.

Oh iya, diakhir artikel ada istilah rug flag dan intinya adalah developer yang bawa kabur uang investornya. Udah kayak investasi bodong lah kalau istilah disini. Harus ekstra hati-hati nih saya.

Terima kasih untuk pengetahuan barunya!

Cara Menghindari Penipuan Developer Berkedok Syariah
Febrian Surya     24 Apr 2020
Ingin membeli perumahan dengan KPR syariah? Sebaiknya terapkan cara-cara berikut agar terhindar dari penipuan developer berkedok syariah.
Waspada Jebakan Bodong, Ini Trik Memilih Manajer Investasi
Wahyudi     27 Feb 2020
Salah pilih manajer investasi bisa berbuntut modal tak berbuah cuan atau justru terjebak investasi bodong. Untuk itu, perhatikan baik-baik trik memilih manajer investasi reksadana berikut.
Penipuan Forex Menjamur, Bagaimana Cara Menghindarinya?
Anna     15 Apr 2019
Empat ciri-ciri penipuan forex ini perlu diwaspadai agar Anda terhindar dari kerugian fatal.
Hati-Hati, Tiga Penipuan Valas Paling Populer Di Dunia Menghantui
Anna     10 Feb 2015
Banyak orang kelewat percaya diri meski tidak paham seluk-beluk ekonomi; menyepelekan dengan anggapan bahwa bisnis valas cukup jual dan beli lalu untung. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian.
#valas  
Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Anna     17 Sep 2014
Seringkali orang salah mengartikan istilah Blacklist atau daftar hitam dari bank di Indonesia karena mereka masih belum paham dengan makna sesungguhnya.
#bank  
Hati-Hati Dengan Logam Mulia Emas Sepuhan (Imitasi)
SAM     1 Apr 2013
Waspadai kemunculan emas sepuhan atau emas imitasi dengan memeriksa keaslian logam mulia emas Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini.
Hati-Hati Investasi Emas Bodong, Sorotan Atas Kasus GTIS
SAM     14 Mar 2013
Dana nasabah investasi emas di perusahaan GTIS dibawa kabur oleh mantan Direkturnya yang bernama Michael Ong. Pengembalian dana nasabah menjadi semakin tidak jelas.
Kirim Komentar Baru