Breakout

Strategi False Breakout: Peluang Dari Sebuah Kepalsuan
Intan     29 May 2020
Mengapa False Breakout terjadi? Bagaimana caranya bisa mengurangi risiko atau bahkan mengambil manfaat dari False Breakout?
3 Strategi Breakout Mudah Untuk Trader Pemula
Jujun Kurniawan     13 Oct 2021
Banyak trader menganggap Breakout sebagai peluang emas mendulang cuan. Bagaimana cara memanfaatkannya jika Anda masih pemula? Pelajari 3 strategi mudahnya di sini.
Trik Menggunakan Dua Candle Doji untuk Strategi Breakout
Rida     13 Jun 2022
Menggunakan candle doji sudah umum dilakukan banyak trader. Namun bagaimana jika yang digunakan adalah dua candle doji untuk mencari sinyal breakout?
#candle  #doji  
Kamus

Kamus Trading

Breakout

Kondisi harga yang berhasil menembus area konsolidasi suatu aset. Breakout dalam forex pada dasarnya adalah penembusan harga dari level penting, seperti harga tertinggi (High) atau terendah (Low), Support Resistance, Supply atau Demand Area, hingga level psikologis.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #breakout

Mas Sinar   1 May 2018

Selamat sore SF, saya baru belajar tentang trading pada daerah ranging dan breakout. Dan saya menemukan indikator bollinger bands dan donchian channel. masing-masing punya parameter sendiri. Saya ingin bertanya, mana yang lebih baik ya? menggunakan level high/low seperti donchian atau standar deviasi seperti bb? thx

m singgih   3 May 2018

@ Mas Sinar:

Untuk breakout berdasarkan daily range, Donchian channel lebih akurat. Richard Donchian merancang indikator ini berdasarkan level high / low periode 20 hari, jadi akurasinya akan lebih baik kalau digunakan pada time frame daily.

Kalau Bollinger Bands lebih ke volatilitas untuk melihat kekuatan trend. Standard deviasi perhitungannya tetap, tidak berdasarkan level high / low pada periode tertentu. Kalau harga melewati batas atas (upper band) atau batas bawah (lower band) maka harga sedang bergerak uptrend atau downtrend dengan kuat.

Entrynya dilihat dari breakout pada middle band, tetapi untuk kondisi sideways kurang akurat. Ketika harga break diatas middle band diasumsikan sedang bergerak uptrend dan sebaliknya. Jadi untuk deteksi arah trend. Pada kondisi sideways bisa untuk deteksi overbought dan oversold

Kalau Anda ingin trading dengan cara breakout berdasarkan daily range, bisa dibantu juga dengan indikator ADR (Average Daily Range)

Erwin Tembesi   23 Jun 2018

Kalau untuk strategi breakout support dan resistance trendline bagaimana pak?

m singgih   26 Jun 2018

@ erwin tembesi:

Breakout garis trend (trendline) maupun breakout garis horisontal support dan resistance, harus dikonfirmasi oleh price action dan indikator teknikal, baik indikator trend (MACD, parabolic SAR, ADX, Bollinger Bands) maupun indikator momentum (RSI, stochastic, CCI). Minimal ada 2 indikator yang conform.

Kenapa indikator trend, karena kita membicarakan arah trend, apa lagi jika arah trend tampak jelas dari garis trend yang telah di-plot. Konfirmasi indikator momentum juga diperlukan karena kita ingin entry pada saat (momen) yang tepat.

Contoh:

Pada garis trend 1:

Price action: terjadi bullish engulfing candle yang menembus garis trend, berarti kemungkinan akan bullish. Dalam hal ini kita harus menunggu sampai engulfing candle selesai terbentuk, dan kita lihat candle berikutnya (candle A).. Jika dikonfirmasi oleh indikator, maka kita bisa entry buy. Tampak dari indikator MACD, parabolic SAR dan RSI telah conform (RSI di atas level 50), jadi kita bisa entry buy.

Pada garis trend 2, meskipun telah menembus garis trend (candle B), tetapi dari price action tidak jelas, dan ke 3 indikator tidak conform, jadi kita seharusnya tidak entry sell pada candle B.

Gio   6 Jul 2018

kalau dari sisi price action sendiri apakah ada pola candlestick trtentu yg menunjukkan harga akan breakout support/resistance??

m singgih   7 Jul 2018

@ Gio:
Harga akan breakout jika formasi candlestick yang Anda maksudkan terjadi di dekat level support atau resistance.
Akan breakout level support jika formasi candlestick yang terjadi menunjukkan kemungkinan pergerakan bearish, yang sering terjadi adalah: 
- Bentuk pin bar yang terjadi pada kondisi uptrend termasuk doji atau gravestone doji dan shooting star (1 candle)
- Formasi bearish engulfing (2 candle)
- Formasi dark cloud cover (2 candle)
- Formasi atau pola evening star (3 candle)
- Formasi atau pola three black crows (3 down bar yang berurutan)

Akan breakout level resistance jika formasi candlestick yang terjadi menunjukkan kemungkinan pergerakan bullish, yang sering terjadi adalah: 
- Bentuk pin bar yang terjadi pada kondisi downtrend termasuk doji atau dragonfly doji dan hammer (1 candle)
- Formasi bullish engulfing (2 candle)
- Formasi piercing line (2 candle)
- Formasi atau pola morning star (3 candle)
- Formasi atau pola three white soldiers (3 up bar yang berurutan)

Jefri   3 Aug 2018

Halo pak, saya masih pemula jdi saya tidak ngerti apa breakout itu pak. Mohon info nya pak

basir   4 Aug 2018

Untuk Jefri,

Break artinya diam/istirahat, Out artinya keluar. Dalam istilah trading, Break Out diartikan penembusan pada suatu level harga, setelah bergerak diam, istirahat atau sideways pada area yang sempit.


sideways

Anda bisa memilih Mata uang apa saja, dengan menetukan Time Frame terlebih dahulu. Cari level – level sempit dimana harga bergerak. Sebagai contoh pada GBP/USD, di TF 30. 

Cara diatas adalah order pending, pada GBP/USD. Dengan Buy Stop di 1.40867 dan Sell Stop 1.40485. Dengan harapan harga bisa menembus salah satunya.

Terima kasih.

Ihsan   23 Jun 2022

Bagaimana mendeteksi terjadinya breakot tanpa menggunakan indikator trading?

Kiki R   23 Jun 2022

@Ihsan: Mendeteksi breakout tanpa menggunakan indikator artinya kita menggunakan harga itu sendiri atau biasa disebut dengan price action.

Cara paling sederhana mendeteksi breakout adalah dengan melihat 2 variabel: 1) Harga 2) Volume

1) Harga

Ciri-ciri breakout yang bagus ada 2, pertama break harga harus kuat dan ditandai dengan adanya candlestick dengan body panjang pada saat break. 

Kedua, tidak adanya shadow berlawanan yang panjang dengan arah body candle tersebut.

2 hal ini menandakan bahwa breakout tersebut valid dan kemungkinan harga akan melanjutkan arah breakout cukup besar.

2) Volume

Selain dari bentuk candlestick (harga), breakout yang valid biasanya ditandai dengan adanya volume yang membesar. Waspadai apabila breakout yang terjadi mempunyai volume yang rendah.

Ihsan   24 Jun 2022

Kalau breakout tapi volume kecil memang kenapa ya pak?

Kiki R   24 Jun 2022

@Ihsan: Breakout dengan volume kecil menandakan seller/buyer yang menjadi pendorong harga tersebut break tidak kuat.

Akibatnya breakout yang punya volume kecil punya kemungkinan besar berbalik (false breakout).

Oleh karena itu, jika Anda adalah trader yang tipe mengikuti trend dengan menggunakan breakout, perhatikan baik-baik saat harga break termasuk volumenya.

Breakout yang paling bagus terlihat dari candle break yang besar panjang dan shadow yang pendek serta volumenya besar.

Reply > Lihat[11]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #breakout

  Didin Din   |   28 Nov 2013   |   Artikel
to dani: tapi tetep harga masih bisa breakout dari posisi awan sebelumnya, jadi meskipun leading tetep belum bisa secara pasti itu akan bertindak sebagai suport atau resistan
  Hamidan Sr   |   6 Oct 2014   |   Artikel
Tp nampakx kl ambil sinyal a profitx bs lbh bnyk lg tuh. seumpama sl diposisin d bwh hrg trndh dr candle sblmnya pst posisi bkl ttp aman walaupun hrg smpt drop di titik c. Dan lagian kl yg digunain cm ma itu sinyalx dah ckp valid, soalx hrg udh cross dr bawah ke atas ma. seumpama punya tmbhn indi lain dan trnyt nunjukin sinyal yg sama knp nggak langsung ja diambil ksmptn order di titik a? pnguatan uptren jg nggak ada yg tau, gmn kl trnyata breakoutx nggak sekuat itu dan order ditempatin diposisi yg telat?
  M Singgih   |   16 Aug 2015
@Hamidan Sr:
Menurut penulisnya (Sam Seiden) kita diminta untuk menunggu konfirmasi pada titik C. Area A dianggap sebagai area dimana harga sudah dianggap murah sehingga permintaan pada level harga di area ini cenderung meningkat (sentimen buy). Tanpa terjadi breakout pada area A kita tidak bisa menentukan area tersebut sebagai area support dimana sentimen buy pada area ini cenderung tinggi. Jadi entry buy ketika harga kembali ke area ini (C).
  Evolve   |   17 Oct 2014   |   Artikel
edunn... setelah harga merosot sebanyak itu di C darimana kita bisa yakin penurunannya itu tdk akan berlanjut? apa dari price actionnya? sy kalau lihat inside bar paling tidak tunggu sampai candlestick ketiga muncul, dan memang bnar candlestick setelahnya itu ditutup di atas harga tertinggi inside bar. tapi tetap saja, masih akan sulit mengenali A sebagai area asal kalau trader tidak kepikiran untuk trading breakout. kalau ini diperjelas dengan indikator support dan resistance akan bisa lebih membantu tidak ya?
  M Singgih   |   16 Aug 2015
@Evolve:
Kalau dari analisa price action candle pada C itu adalah rejection pin bar oleh kurva sma 20, jadi mengisyaratkan bullish, tetapi mesti dikonfirmasi. Anda benar ada inside bar, dan level tertinggi mother bar belum ditembus, seharusnya sabar menunggu break mother bar-nya.

Tetapi penulis artikel ini (Sam Seiden) bukan penganut analisa price action melainkan penganut teori permintaan dan penawaran (supply and demand), jadi cara analisanya memang agak berbeda dengan price action.

Menurut Seiden area A itu memang area support, dan dari teori supply and demand kemungkinan besar akan terjadi bouncing dimana sentimen buy naik (permintaan meningkat).
  Andra Sang Petualang   |   24 Oct 2014   |   Artikel
bagaimana mw mengonfirmasi breakout ditimeframe lebih tinggi? konfirmasix butuh waktu lama ndak? ini kira2 cocok ndak buat scalping? Tk
  M Singgih   |   16 Aug 2015
@Andra Sang Petualang:
Yang dikonfirmasi adalah level-level harga pada area A (area keseimbangan), apakah level-level tersebut pada time frame yang lebih tinggi juga merupakan level support, jika ya berarti area support A cukup kuat. Untuk scalping: kalau menurut saya kurang cocok. Untuk scalping lebih cocok menggunakan analisa formasi candle stick, price action dengan kombinasi indikator moving average dan oscillator (RSI, stochastic).
  Asep Nugraha   |   16 Nov 2014   |   Artikel
Wah master...
Apa cukup nie trading breakout cuman ama SMA 20 aje?
Yg banyak diperhatiin buat ngonfirmasi breakout ada banyak kan bahkan sampe ke fibonacci pola candel & pola chart juga.
Bahkan yg dicantumin disini cuman satu jenis SMA. Cukup valid ya master kalau caranya cuman lihat posisi SMA sama tunggu harga balik ke area awal?
Ane kok rada sangsi, jangan2 ini sama sekali enggak cocok buat pemula.
  M Singgih   |   16 Aug 2015
@Asep Nugraha:
Kalau mau jujur saya juga kurang mantap kalau hanya menggunakan sma 20 aja. Penulis artikel ini (Sam Seiden) memang menggunakan kurva sma sebagai support dinamis sekaligus indikator arah trend. Ia lebih menekankan pada pengamatan level dan area keseimbangan dan kapan terjadi sentimen buy atau sell (permintaan atau penawaran yang dominan).
  Rena Anggun   |   11 Jun 2020   |   Artikel

sedikit tips cara menghindari false breakout yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah, yaitu jangan langsung masuk posisi seketika setelah breakout terjadi. sebaiknya tunggulah sampai harga ditutup diatas resistance untuk Buy atau dibawah Support untuk Sell

XRP/USD: Antisipasi Breakout dari Pola Segitiga
Kiki R     17 Mar 2022
Harga XRP/USD membentuk pola segitiga sejak Desember tahun lalu. Kita masih wait-and-see karena arah harga belum jelas dan menunggu break pola segitiga tersebut.
#xrp  
Breakout Emas Masih Menanti Kepastian
Kazuki     15 Feb 2022
Logam mulia saat ini tengah bertahan di sekitar garis R1. Jika uptrend kembali berlanjut, maka emas diperkirakan akan mendaki ke R2.
Euro Solid, Amati Peluang Breakout R1
Kazuki     9 Feb 2022
Euro masih melanjutkan bias bullishnya hari ini. Jika tak ada halangan berarti, harga diprediksi dapat mencapai R2.
#euro  
Cara Trading Breakout dengan Trendline dan Awesome Oscillator
Damar Putra     16 Dec 2021
Masih kesulitan mencari sinyal entry? Cara trading breakout dengan teknik kombinasi trendline dan Awesome Oscillator mungkin bisa dicoba. Bagaimana caranya?
Rebound GBP/USD Tunggu Konfirmasi Breakout
Kazuki     26 Aug 2021
Pergerakan Pound terhadap Dolar AS masih dalam perjalanan naik setelah tertekan ke area S2. Bagaimana pergerakan harga selanjutnya?
Siap Breakout R1, Bullish GBP/USD Berlanjut
Kazuki     27 Jul 2021
Pergerakan Pound terhadap Dolar AS tengah membentuk rebound yang saat ini dihadang oleh batas R1. Jika berhasil breakout, uptrend GBP/USD akan terkonfirmasi.
Dolar Kiwi Berpeluang Buy, Amati Breakout R1
Kazuki     29 Jun 2021
Pergerakan Dolar New Zealand terhadap Dolar AS sedang membangun pemulihan. Sinyal konfirmasi di atas R1 bisa menjadi peluang buy yang dimanfaatkan.
#dolar  #buy  
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip