Bunga Deposito

Suku Bunga Deposito Bank
Sistem     5 Aug 2020
Suku bunga deposito bank indonesia saat ini menginformasikan berapa imbal hasil yang bisa diperoleh dari investasi deposito Anda, berdasarkan data terbaru di masing-masing bank.
Kalkulator Bunga Deposito
Sistem     5 Aug 2020
Ingin mengetahui secara langsung berapa bunga deposito yang bisa diperoleh dengan jumlah investasi Anda? Kalkulator bunga deposito ini dapat menghitungnya secara otomatis.
Keajaiban Bunga Deposito
Anna     11 Dec 2014
Apakah Anda ingin berinvestasi aman dan minim risiko? Menanamkan dana ke dalam deposito mungkin bisa jadi solusi.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #bunga #deposito

Muhammad Ali Murtadho   25 Apr 2022

apakah gaya trading ada hubungannya dg pengelolaan risk reward ratio?

Rizal Muhammad   8 Apr 2022

Apa yang mempengaruhi besar kecilnya suku bunga?

Aisha   11 Apr 2022

Dalam hal ini, perlu diperjelas suku bunga apa yang dimaksud?

Apakah suku bunga bank sentral? Variasinya bermacam-macam mulai dari laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, laju investasi, dan beragam faktor makroekonomi lain.

Atau suku bunga obligasi? Bisa mencakup hal-hal seperti lembaga/perusahaan penerbit, tingkat risiko, masa jatuh tempo (maturitas), dan lain-lain.

Atau suku bunga deposito dan kredit bank? Bank biasanya menentukan bunga deposito dan kredit berdasarkan bunga acuan bank sentral dengan dikombinasikan formula tertentu yang bersifat internal, serta aturan pemerintah terkait bidang tersebut.

Faktor yang mempengaruhi masing-masing suku bunga itu berbeda. Bahkan, faktor yang mempengaruhi suku bunga kredit usaha rakyat dan bunga kartu kredit saja pasti berbeda.

Reply >Lihat[1]
Ricco   1 Jun 2017
1. Apakah faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan suku bunga? apakah karena mata uang tersebut membaik / karena mata uang tersebut memburuk ?
2. Apa yang terjadi terhadap USD sebelum dan sesudah kenaikan suku bunga?
thanks
m singgih   4 Jun 2017

@ Ricco:

1. Faktor yang menyebabkan bank sentral menaikkan suku bunga adalah tingkat inflasiyang sudah melebihi target yang ditetapkan oleh bank sentral tersebut. Tidak ada hubungannya dengan penguatan atau pelemahan mata uang negara itu.

Tujuan bank sentral suatu negara mengatur suku bunga (menaikkan atau menurunkan) bukan untuk memperkuat atau memperlemah nilai tukar mata uangnya, tetapi untuk mengatur tingkat inflasi. Baca juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Suku Bunga Di AS.

2. Sebelum FOMC meeting (yang bisa menaikkan atau menurunkan suku bunga), maka pergerakan USD akan dipengaruhi oleh:
- Data fundamental ekonomi AS yang bisa menyebabkan kemungkinan suku bunga naik atau turun, yaitu data tenaga kerja, pengangguran dan inflasi.
- Pernyataan pejabat tinggi The Fed yang termasuk dalam anggota FOMC dimana ia mempunyai hak voting dalam menetapkan suku bunga.

Sesudah FOMC meeting, jika memang ada kenaikan suku bunga, maka kemungkinan USD bisa menguat, melemah atau tidak bereaksi:
- USD bisa menguat jika kenaikan suku bunga tidak diantisipasi sebelumnya, atau kemungkinannya dianggap kecil.
- USD tidak bereaksi jika kenaikan suku bunga tersebut sudah di-discount pasar (sudah diperkirakan sebelumnya).
- USD bisa melemah jika kenaikan suku bunga tersebut sudah di-discount pasar, dan statement FOMC dovish, atau ada isu lain yang menyebabkan ketidak-pastian seperti isu politik.

ricco   6 Jun 2017
melalui data perekonomian US bisa menentukan apakah terjadi kenaikan / penurunan suku bunga. Berarti jika data perekenomian US memburuk maka kemungkinan terjadi kenaikan suku bunga? thanks
m singgih   7 Jun 2017

@ Ricco:

- melalui data perekonomian US bisa menentukan apakah terjadi kenaikan / penurunan suku bunga…
Jawaban:
tidak semua data fundamental ekonomi. Yang paling diperhatikan The Fed adalah data tenaga kerja, inflasi dan pertumbuhan (GDP).

- Berarti jika data perekenomian US memburuk maka kemungkinan terjadi kenaikan suku bunga?
Jawaban:
kalau data fundamental ekonomi memburuk, misal pertumbuhan turun, tingkat pengangguran naik dan inflasi turun, maka bank sentral (dalam hal ini The Fed) akan mempertimbangkan untuk menurunkan suku bunga, untuk memacu investasi agar roda perekonomian bisa kembali berjalan.

Fauzi   26 Oct 2018

Bagaimana dengan negara maju yang tingkat suku bunganya rendah?

Reply >Lihat[4]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #bunga #deposito

  Hendra Firmansyah   |   21 Mar 2014   |   Reply   |   Artikel
Isi artikel ini sebenernya khusus untuk Amerika, Negara2 maju, atau bisa juga diterapkan untuk Indonesia?

Soalnya kalo untuk pengaruh peningkatan mata uang di pair forex, suku bunga yg naik diartikan positif coz bisa meningkatkan aliran modal, yang artinya banyak investor yg tertarik menanamkan modalnya di negara yg suku bunganya tinggi dan bisa mengambil keuntungan dari situ.

Kalo ada perbedaan antara pengaruh suku bunga di negara maju dan berkembang mungkin konsep artikel di atas masih bener karena disini tidak menyinggung pengaruh suku bunga untuk aktivitas ekonomi di Indonesia.

Tapi kalo pengaruhnya sama aja mungkin yang terkena pengaruh negatif adalah pebisnis lokal yg harus membayar lebih karena kenaikan suku bunga ini, karena usaha mereka dijlnkn dgn pinjaman dari bank.

sementara untuk investor asing yg menanamkan modal di negara tertentu jelas akan mendapat tambahan bunga dalam sistem pengembaliannya ketika suku bunga dinaikkan. Itu kenapa ketika suku bunga naik permintaan terhadap mata uang juga meningkat. Contoh artikelnya ini.
  Anna   |   25 Feb 2015   |   Reply   |   Artikel
Bunga yang ditetapkan setiap bank berbeda-beda. Data sekilas bunga bank dari berbagai bank bisa Anda lihat di halaman berikut. Sedangkan untuk menghitung bunga bank per bulan dapat memanfaatkan kalkulator bunga deposito di link ini.
  Drimz   |   7 Mar 2015   |   Reply   |   Artikel
gan, itu saldo di deposito bisa ditambah gak sih tiap bulannya?
kan syarat deposito itu setau ane harus punya buku tabungan biasa di bank yang sama.
kalo misalnya nih ane punya saldo nganggur di tabungan A. trus sisa saldo itu di transfer ke deposito tabungan A.

  Dian   |   16 Jan 2016
betul seklai
  Nama Anda   |   23 May 2015   |   Reply   |   Artikel
Selamat malam,sya mau tanya saya mendepositkan uang 5jt,jangka 24 thn bunga 6%,brapa uang yg sya terima setiap bulan.terimakasih
  Anna   |   8 Jun 2015
@nama anda: bunga yang akan Anda peroleh kurang lebih 25,000 per bulan jika tidak dipotong pajak. Untuk perhitungan dengan deduksi pajak, Anda dapat memanfaatkan kalkulator bunga deposito di link ini.
  Elmanstart@yahoo.com   |   21 Jun 2015   |   Reply   |   Artikel
Apakah dana kecil atau besar di simpan di deposito sama bunganya. Misalkan 8jt dgn bunga 7% apakah 15jt sma jga bunganya 7%
  Anna   |   22 Jun 2015
Ya, sama saja bunga-nya. Yang kemungkinan membedakan bunga adalah tenor (jangka waktu) deposito, karena bank biasanya menetapkan suku bunga berbeda untuk jangka waktu berbeda. Selain itu, kadang-kadang bagi nasabah yang ingin menyimpan deposito dalam jumlah luar biasa besar, maka dimungkinkan negosiasi dengan bank untuk mendapatkan bunga lebih tinggi.
  Fina   |   21 Dec 2015   |   Reply   |   Artikel
Assalamualikum Mbx seumpama ak medepositokan uang 5 juta tp jangka waktunya dalam setahun ,jadi berapa ya suku bunganya ,tolong dijawab makasih wassalam.
  Anna   |   21 Dec 2015
Waalaikumsalam. Bunga yang diberikan setiap bank berbeda-beda. Jadi, berapa bunga yang mungkin Anda terima akan tergantung di bank mana Anda mendepositokannya. Untuk datanya, Anda bisa lihat di halaman data suku bunga deposito.
Bunga Deposito
BANK12 bulan12 bulan
 RupiahUSD
CIMB NIAGA2.75%0.200%
NEGARA INDONESIA2.25%0.200%
STANDARD CHARTERED BANK3.00%0.100%
CENTRAL ASIA 1.90%0.090%
PANIN2.80%0.100%
DANAMON INDONESIA3.15%0.250%
OCBC NISP3.15%0.250%
MANDIRI2.25%0.200%
MEGA3.00%0.250%
TABUNGAN NEGARA2.75%0.200%
Lihat Bank Lain
Kalkulator Deposito
Awas Jebakan Bunga Deposito Tinggi
Anna     4 Jun 2014
Investasi deposito berjangka tergolong bentuk investasi aman. Namun, situasi tersebut lalu memunculkan berbagai macam penipuan dengan iming-iming bunga deposito tinggi.
Perhitungan dan Pengelolaan Bunga Deposito
Anna     17 Feb 2014
Apakah Anda masih berpikir menghitung bunga deposito susah? Berikut ini seluk beluk perhitungan dan pengelolaan bunga deposito.
Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Kredit Bank
Anna     20 Feb 2014
Jaminan kredit di bank ternyata tidak harus berupa mobil, tanah, atau aset berwujud barang lainnya. Anda bisa juga menggunakan deposito sebagai jaminan kredit.
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip