PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Bursa Kripto

5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu
Wahyudi     31 Dec 2019
Ingin trading kripto tapi tak tahu tempatnya? Simak daftar 5 exchanger kripto terbaik berikut ini sebagai bahan pertimbangan Anda.
Triv Resmi Terdaftar di Bursa Kripto Berjangka Indonesia
Crypholic     5 Sep 2023
Triv telah terdaftar sebagai Pedagang Fisik Aset Kripto di bursa berjangka kripto Indonesia. Hal ini diharapkan memberi kemudahan kepada pengguna Triv.
#triv  
Ini Jadwal Operasi Exchange Kripto Selama Lebaran
Crypholic     18 Apr 2023
Bursa kripto Indodax, Tokocrypto, dan Digitalexchange kompak tetap layani trader di libur lebaran. Namun, ada beberapa ketentuan yang berubah.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #bursa #kripto

Admin   2 Aug 2022

Halo Sobiz,
Mimin pengen tahu nih. Kamu saat ini adalah seorang HODLer atau trader kripto? Apa alasannya? Tulis jawabanmu di bawah ya..

Nia Fitriani   25 Jan 2021

mas, untuk trading dan bisa profit di kripto apakah jg bisa pake indikator seperti di valas? indikator apa yang bagus? thx b4

siti musyarofah   28 Mar 2022

Mata uang kripto bisa digunakan untuk apa saja?

Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #bursa #kripto

  Lisa   |   19 Oct 2022   |   Artikel

Apakah konvergen dan divergen ini ada pada semua bursa?

  Kiki R   |   22 Oct 2022

Ada, bahkan sampai ke crypto. Anda tetap dapat melihat konsep konvergen dan divergen di seluruh instrumen keuangan.

  Cahaya   |   7 Mar 2023   |   Artikel

Halo sedikit bertanya aja utk mastiin klu di trading di JavaFX itu benar benar aman. Jadi dituliskan di artkel klu JavaFX sndiri sbnrnya udah berdiri semenjak tahun 2005 dngn nama perusahaan yg berbeda. Yang jdi pertanyaan ane hanyalah pada nomor izin Bappebti pada JavaFX yakni No. 926/BAPPEBTI/SI/8/2006. Nahh klu ga salah angka terakhir itu kan izin tahunnya yaa. Berarti bisa dikatakan sbnrnya izinnya ga pernah di update dan apakah masih teregistrasi dngn nama perusahaan yg sama dngn tahun 2005 yakni PT Penata Art? Selain itu mengapa terdapat bnyk sekali izin selaiin Bappebti seperti Bursa Berjangka Jakarta, Kliring Berjangka Indonesia, ICDX dan ICH. Sebenarnya keempat izin ini memiliki fungsi apa aja sihh, bukannya izin cuma dari Bappebti aja agar broker JavaFX jadi broker yang legal di Indonesia??

  Cindy   |   7 Mar 2023

Cahaya: Bantu jawab yaa, mengenai nomor izin dari Bappebti bila perusahaan pialang atau broker berganti nama maka ga perlu diubah nomor izinnyaa tetapi dalam keterangan Nama brokernya akan terdaftar atau tertulis semua nama broker sebelum diganti dan sesudah diganti. Nahh di JavaFX sendiri krna sebelumnya bernama PT Penata Art dan HIG Internasional Berjangka, maka keterangan nama broker di Bappebti akan berganti menjadi Pt. Java Global Futures d/h PT HIG Internasional Berjangka d/h PT. Penata Art dengan nomor izin yang sama. Selengkapnya saya tampilkan screenshot izin JavaFX dari website Bappebti :

Review Broker


Mengenai izin dari beberapa pemnberi izin, memang diperlukan oleh broker agar bisa mengakses beberapa instrumen perdagangan seperti komoditi, dan jga izin utk membuka perdagangan Forex jga karena Bappebti hanya bertugas mengawasi dan melegalkan broker. Saya listkan yaa fungsi dari 4 badan izin lainnya :

  • Izin dari Bursa Berjangka Jakarta dibutuhkan jika perusahaan ingin melakukan perdagangan berjangka di bursa ini.
  • Kliring Berjangka Indonesia dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi perdagangan berjangka di Indonesia melalui kliring.
  • Jika perusahaan ingin melakukan perdagangan berjangka komoditi seperti emas, minyak, dan produk-produk agrikultur, maka mereka harus memperoleh izin dari Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX)
  • jika perusahaan ingin menyelesaikan transaksi perdagangan berjangka melalui Indonesia Clearing House (ICH), maka mereka harus memperoleh izin dari lembaga kliring tersebut.

Dari beberapa izin tersebut bisa dikatakan JavaFX bukan hanya teregulasi tetapi dari semua instrument dan proses trading disana sudah diawasi sehingga broker ini sangat aman!

  Tiono   |   7 Mar 2023   |   Artikel

Mau nanya aja mengenai izin dan legalitas di broker Indonesia. Kan biasanya patokan teregulasi atau ga kan ada di BAPPEBTI. Nahh sedangkan diartikel ini keliatannya ditambahkan beberapa izin seperti Bursa Berjangka Jakarta, Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia, Kliring Berjangka Indonesia, dan Indonesia Clearing House.

Apakah sebenanrnya broker ga cukup hanya teregulasi di BAPPEBTI ajaa? Dan apakah peran dari masing masing badan regulator yang terkait diatas?? Terima kasih!

  Justin   |   7 Mar 2023

Tiono: Bgini yaa bang,

Jadi, actually broker forex harus terdaftar dan teregulasi di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) sebagai badan regulator utama di Indonesia. Namun, jika broker ingin memperoleh akses ke pasar berjangka di Indonesia, maka mereka harus terdaftar di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), dan menjadi anggota Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dan Indonesia Clearing House (ICH).

Bursa berjangka dan kliring berjangka di Indonesia memainkan peran penting dalam memfasilitasi perdagangan berjangka komoditi dan derivatif lainnya. Oleh karena itu, broker forex harus terdaftar di bursa dan menjadi anggota KBI dan ICH untuk memenuhi persyaratan regulasi dan memastikan keamanan serta integritas perdagangan.

Meskipun broker forex tidak terlibat secara langsung dalam perdagangan berjangka di bursa, tetapi persyaratan ini membantu memastikan bahwa broker mematuhi aturan dan persyaratan yang ditetapkan oleh badan regulator dan memenuhi standar keamanan dan integritas yang diperlukan dalam perdagangan berjangka di Indonesia.

  Mario   |   25 Mar 2023   |   Artikel

"Maxco juga mengantongi lisensi dari JFX (Jakarta Futures Exchange), Kliring Berjangka Indonesia, serta keanggotaan ASPEBTINDO. di lain sisi, broker Monex adalah anggota BBJ (Bursa Berjangka Jakarta), BKDI (Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia), dan KBI (Kliring Berjangka Indonesia."

Dari uraian diatas nih bisa disimpulkan sepertinya ya dari kedua broker ini ternyata banyak yang meregulasi dan keliatan aman ya. Cuma saya sedikit penasaran aja. Bagaimana misalkan nih ada broker yang teregulasi oleh BAPPEBTI tetapi broekr ini ga ada lisensi dari JFX, KBI, ASPEBTINDO, BBJ, BDKI apakah bisa tetap bisa dibilang legal dan aman untuk trading? Mohon pencerahannya, terima kasih!

  Kenny   |   25 Mar 2023

Pertama harus diketahui bahwa untuk menjadi broker berjangka yang resmi di Indonesia, setiap broker harus terdaftar di BAPPEBTI, yang merupakan badan pengawas yang mengatur industri perdagangan berjangka di Indonesia. Selain itu, setiap broker juga harus menjadi anggota dari lembaga kliring berjangka, yaitu KBI (Kliring Berjangka Indonesia) dan ICH (Indonesia Clearing House). Ini penting untuk memastikan keamanan dan transparansi dalam perdagangan berjangka. Jadi, secara singkat, ya, broker harus terdaftar di ICH dan KBI untuk menjadi resmi dan aman dalam perdagangan berjangka di Indonesia.

Mengenai lisensi dari JFX dan BBJ itu berpengaruh terhadap jenis aset yang bisa ditradingkan. Misalkan trading komoditas, saham, bahkan Forex diatur oleh kedua lembaga ini dan broker harus terlisensi disini agar bisa menawarkan jenis asset yang terdapat pada pasar finansial. Semoga jelas ya!

  Mario   |   25 Mar 2023

Oh gitu ya, berarti kesimpulannya untuk urusan transaksi, dana, dan keamanan itu diawasi oleh ICH dan KBI (kliring kan berurusan dengan uang ya kalao ga salah). And JFX dan BBJ berarti urusan produk yg bisa ditradingkan lah ya dan misalkan ada aset yg ga terdaftar berrti itu ga sah produknya dong. Sedangkan BAPPEBTI itu tugasnya ngesahin izin usaha broker.

Ga nyangka klu ternyata broker Indonesia seperti Maxco dan Monex memiliki regulasi berlapis2 dari pemerintah dengan tujuan agar trader terlindungi. emang beda sih keamanannya klu dibanding dengan broker tidak teregulasi. Okelah klu gitu ngerti gw. Thanks ya buat penjelasannya

  Heru   |   1 May 2023   |   Artikel

Eh baru tau loh klu selain BAPPEBTI, broker bisa dibilang aman klu diakui sebagi member dari Bursa Berjangka Jakarta (JFX) dan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI). Biasanya kan lebih fokus ke BAPPEBTI klu ditanya keamanan dari si broker itu sndiri. Gua agak bingung jadinya. Sbnrnya apa sih yg membuat broker aman dngn bergabung dngn Bursa Berjangka Jakarta (JFX) dan Kliring Berjangka Indonesia (KBI)?

Kemudian dari sisi tugas, BAPPEBTI kan sebagai badan pengawas dan pengesahan broker, nah tugas dari si JFX dan KBI ini apa aja dan apakah wajib bagi broker utk tergabung di JFX dan KBI?

  Dusan   |   3 May 2023

Bntu jawab ya gan! JFX (Bursa Berjangka Jakarta) adalah bursa berjangka resmi yang beroperasi di Indonesia. Tugas utama JFX adalah menyediakan platform untuk perdagangan kontrak berjangka dalam berbagai komoditas seperti logam, energi, dan produk agrikultural. JFX bertanggung jawab untuk memfasilitasi transaksi dan memastikan adanya keadilan dalam perdagangan kontrak berjangka di Indonesia. Selain JFX, broker jga bisa bergabung jadi member IDCX klu emang ga gabung di JFX.

Sementara itu, KBI (Kliring Berjangka Indonesia) adalah perusahaan yang menjamin kelancaran dan keamanan perdagangan kontrak berjangka di bursa berjangka. KBI bertugas untuk menjamin keberlangsungan perdagangan dengan menjamin likuiditas dan melakukan penyelesaian keuangan atas transaksi yang terjadi. KBI juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap transaksi berjalan secara transparan, adil, dan efisien. (baca : Mengapa Kliring Berjangka Penting Untuk Trading)

Nah, bagi broker, bergabung dengan KBI adalah wajib karena KBI memberikan perlindungan dan jaminan atas setiap transaksi yang dilakukan oleh broker di bursa berjangka. Selain itu, penyedia kliring lainnya adlaah ICH dan wajib bagi broker utk terdaftar di perusahaan kliring.

  Herry   |   3 May 2023

Makanya gan! SElain BAPPEBTI, kita hrs memperhatikan izin lainnya seperti JFX dan KBI sblm kita daftar akun di broker. Ingat kita tuh kasih data pribadi dan dana kepada broker. Dan kita harus pastiin ya mereka itu terdaftar bukan hnya di BAPPEBTI saja tetapi di bursa berjangka jga. Klu mengenai KBI dan ICH, udah jadi kewajiban bagi broker utk paling ga terdaftar di salah satu sebagai syarat utk teregulasi di BAPPEBTI. Apalagi KBI dan ICH ini lah yng ngatur dan ngawasi segregate akun kita, serta BAPPEBTI yg menunjukkan bank mana sbagai bank segregate akun. So, pastiin semua itu sblm mendaftar di broker n di artikel saja ketika jelasin cara mendaftar di HFX jga dijelaskan izin2 dari broker HFX jga.

  Setiawan   |   2 Jul 2023   |   Artikel

Mengenai keamanan Maxco itu cukup oke ya. Ditilik dari profil singkat broker Maxco, dikatkaan bahwa broker Maxco telah mendapatkan lisensi dari Bappebti dengan nomor 931/BAPPEBTI/PN/8/2006, serta terdaftar di JFX (Jakarta Futures Exchange), Kliring Berjangka Indonesia, dan merupakan anggota Aspebtindo.

Sebnrnya cukup jelas sih keamanan yg didapatkan oleh broker Maxco. JFX itu adalah bursa dimana broker mendapatkan aset utk ditradingkan ke trader sedangkan KBI itu adalah lembaga kliring. Dari kedua lembaga ini ditambah dngn legalitas dari BAPPEBTI, bsa dikatakan Maxco udah benar2 aman banget! Nah, yg bikin agak bingung adalah ASPEBTINDO, kira2 nihh, fungsi dari ASPEBTINDO itu apa aja sih dan kegunaannya bagi broker itu ap aja ya?

Koin Untung
Koin Untung
Koin Harga/Change
Uquid Coin $17.44
(339%)
PlayDapp $0.0000549
(212.64%)
Flappy Bird Evolution $0.0000020
(121%)
Gas $6.97
(49.67%)
Kujira $3.16
(42.62%)
Konversi Bitcoin

Konversi Bitcoin

Koin Paling Ramai
Koin Paling Ramai
Koin Volume
Tether $71.1M
Bitcoin $41.9M
Ethereum $17.7M
First Digital USD $10.6M
USDC $8.8M
Solana $4.9M
Floki Inu $3.1M
Dogecoin $2M
XRP $1.8M
Ondo Finance $1.8M
Koin Rugi
Koin Rugi
Koin Harga/Change
Quant  $103.29
(-1.26%)
Event Exchange
Event Exchange

Airdrop LUNA 2.0 Tahap 2

01 Desember 2022 - 01 Desember 2024
Airdrop

Indodax


Promo Exchange
Promo Exchange

Buy & Hold DeFi

27 Maret 2024 - 29 April 2024
5000 USDT

Indodax


Hujan Cashback Edisi April 2024

01 April 2024 - 30 April 2024
USDT senilai Rp400 ribu

Indodax


Indodax Trading Warrior April 2024

16 April 2024 - 31 Mei 2024
Rp100 juta dalam USDT

Indodax


Mendag Targetkan Bursa Kripto Indonesia Rampung Juni 2023
Crypholic     23 Jan 2023
Menteri Perdagangan memberikan instruksi kepada Bappebti untuk segera menyelesaikan pembentukan bursa kripto dalam beberapa bulan ke depan. Mampukah Bappebti memenuhinya?
Festival Film Indodax Kembali Digelar, 100 Juta Rupiah Menanti
Crypholic     29 Jul 2022
Indodax mengadakan Short Film Festival 2022 untuk para sineas muda. Tak tanggung-tanggung, sejumlah tokoh film papan atas didapuk sebagai juri.
Bursa Kripto Indonesia Krisis Gebrakan, Bagaimana Peluangnya?
Intan     27 Jul 2022
Disadari maupun tidak, bursa kripto Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan negara-negara lain. Lalu, bagaimana prospek ke depannya?
Daftar Bursa Kripto Indonesia Terbaik untuk Pemula
Cahyaning     5 Jul 2022
Banyak trader pemula yang kebingungan mencari bursa kripto terbaik. Faktor-faktor berikut ini dapat dijadikan pertimbangan saat memilih.
Pimpinan Bappebti Tersandung Kasus Migor, Nasib Bursa Kripto Dipertanyakan
Crypholic     21 Apr 2022
Pencekalan Pelakasana Tugas Kepala Bappebti dalam skandal minyak goreng membuat banyak pihak meresahkan prospek peluncuran bursa kripto di Indonesia.
Dua Bursa Kripto AS Siap Ekspansi Ke Indonesia
Crypholic     19 Apr 2022
Pasar exchange kripto Indonesia akan diramaikan oleh Coinbase dan Crypto.com yang disinyalir tengah merencanakan langkah ekspansi di Tanah Air.
Mengenal Proof of Reserves dalam Dunia Kripto
Hadi Alexander     31 May 2023
Isitilah Proof of Reverse sedang trending di dunia kripto setelah kasus kolapsnya FTX. Pasalnya, Proof of Reverse bisa menjadi solusi dari isu utama dalam kripto: transparansi.
PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 22 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 22 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 1 hari, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 1 hari, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 1 hari, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 1 hari, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 1 hari, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 1 hari, #Saham Indonesia


Kirim Komentar Baru