Cara Berburu Koin Micin Potensial Untuk Pemula

Intan 30 May 2022
Dibaca Normal 5 Menit
kripto > belajar >   #koin-micin
Bagi kalian yang menyukai tantangan, berburu koin micin bisa menjadi peluang baru untuk meraup cuan. Simak cara investasi koin micin untuk pemula di sini.
DI

Kini banyak istilah “koin micin” bertebaran di forum-forum kripto. Salah satu pesonanya adalah potensi untuk mengeruk keuntungan setinggi-tingginya dalam waktu relatif cepat. Nah, sayangnya masih belum banyak edukasi mengenai koin micin ini. Alih-alih untung, eh malah buntung alias bangkrut gara-gara salah investasi dengan koin bermasalah.

Ingin tahu seluk-beluk, tips serta rekomendasi untuk berinvestasi dengan “koin micin”? Yuk, kita kupas satu-satu di sini.

koin micin

 

Kenapa Koin Micin Banyak Diburu Pemain Kripto?

Penasaran kenapa banyak Influencer kripto yang heboh soal koin micin? Kata kuncinya ada di volatilitas. Koin micin adalah sebutan untuk koin-koin receh dengan nilai kapitalisasi di bawah USD100 juta dan biasanya bernilai di bawah 1 dolar per koin. Bahkan tak jarang pula recehan tersebut ditawarkan tak lebih dari Rp1 per koin.

Meskipun nilainya sangat rendah, tapi beberapa pemain kripto lihai dalam memprediksi trend dari koin-koin micin tersebut. Dengan begitu, mereka berpotensi memanen cuan berlipat-lipat ketika prediksinya benar. 

Pada dasarnya, prediksi tersebut berkaitan erat dengan hasil dari tahap perkembangan (development) koin-koin micin tadi. Semakin cepat koin micin tersebut mengembangkan fitur-fitur terbaru, biasanya semakin cepat pula mendapat perhatian dari kalangan investor.

Banyak juga koin micin yang cepat naik daun (hype) bukan karena dari perkembangan teknologinya, tapi karena keberhasilan pemasarannya. Misalnya saja koin A populer karena sering dibahas oleh kalangan-kalangan artis atau sejenisnya. Karena popularitas itulah beberapa koin micin langsung meroket, meskipun secara fundamental teknologi pendukungnya tak istimewa.

Simak Juga: Kupas Tuntas Trend NFT Artis Indonesia

 

Cara Investasi Koin Micin

Saat ini, makin banyak koin-koin micin bertebaran, tapi hanya beberapa dari mereka yang benar-benar mampu menghasilkan keuntungan. Nah, supaya tak salah pilih, kalian harus lebih berhati-hati. Cek dulu semua portofolio, aset, serta legalitasnya sebelum berkomitmen untuk investasi. Tiga langkah berikut bisa menjadi panduan awal untuk memilih koin micin potensial:

 

1. Gali Informasi Terkini

Langkah pertama dalam berburu koin micin yang menguntungkan adalah mencari informasi selengkap-lengkapnya. Kalian dapat menggali informasi tersebut di beberapa situs seperti CoinMarketCap. Cek info dasar seperti "trending coins" atau koin-koin terbaru yang baru saja dipasarkan. Dari daftar koin-koin tersebut, cari valuasi atau kapitalisasi di bawah USD100 juta dan nilai tukarnya masih di bawah USD1.

koin micin di coinmarketcamp

 

2. Pilih dan Bandingkan Performa Koin di Exchange Populer

Setelah kalian mengumpulkan daftar koin-koin micin, cari akses koin tersebut pada bursa-bursa kripto besar seperti Binance. Anda juga bisa menggunakan bursa lokal seperti Indodax atau Tokocrypto.

Jika koin micin yang kalian cari tersedia di bursa kripto pilihan, cek dulu performanya secara teliti, jangan terburu-buru langsung membeli. Lihat bagaimana pergerakan nilai tukarnya di chart (min. YTD/Yearly). Kalau masih ragu, konsultasikan dengan investor atau komunitasnya.

 

3. Miliki Dompet Kripto

Sebelum membeli aset koin micin, kalian harus terlebih dulu memiliki dompet kripto untuk menyimpannya. Dompet tersebut dapat dengan mudah kalian dapatkan dengan menyelesaikan pendaftaran di bursa kripto tempat Anda trading.

Perhatikan juga syarat-syarat atau kelengkapan lain yang harus dipenuhi sebelum membeli koin micin. Cek info tersebut pada profil akun kalian.

Simak juga: Cara Memilih Bitcoin Wallet Yang Aman Dan Terpercaya

 

Risiko Bermain Koin Micin

Investasi koin micin memang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan besar dalam waktu relatif cepat, tapi bukan berarti tanpa risiko sama sekali. Bahkan, investasi koin micin relatif lebih "berbahaya" bagi pemula karena volatilitasnya sangat tinggi; jauh lebih tinggi daripada koin-koin high-profile seperti Bitcoin, Ether, BNB, dsb.

Contohnya saja koin LUNA (Terra) yang belakangan ini populer karena mengalami crash hingga minus 99%. Pada saat peluncurannya di tahun 2019, koin Luna ditawarkan di pasar dengan harga sekitar USD1.3 saja. Nilai kapitalisasinya pun baru USD32 juta; sedikit di atas kelas koin micin pada umumnya, tapi juga masih belum bisa dibilang koin mayor.

Menjelang penghujung 2021, koin LUNA melesat tajam hingga tembus USD100/koin lantaran banyak investor percaya dengan terobosan teknologi Blockchain Terra untuk menjaga kestabilan nilai UST (stablecoin Terra/USD). Sistem ini unik karena nilai UST bersinergi langsung dengan nilai koin LUNA. Sedangkan UST sendiri semakin banyak digunakan sebagai alat tukar antar blockchain.

Simak Juga: Mengenal Stablecoin dan Perannya di Pasar Kripto

Sayangnya, nilai LUNA terjerembab pada 13 Mei 2022 mengikuti trend "terjun bebas" mata uang kripto mayor lainnya. Salah satu penyebab dari jatuhnya nilai LUNA adalah kelemahan algoritma dalam ekosistem blockchain Terra yang menyebabkan koin LUNA kehilangan 99% nilainya, diikuti dengan UST yang kehilangan pegging-nya terhadap USD.

Berikutnya tak lupa juga koin ASIX besutan artis lokal kenamaan Anang Hermansyah. Koin micin ini diperdagangkan di Indodax pada 3 Maret 2022 dengan harga penawaran Rp69 per koin. Namun setelah meroket hingga Rp88 per koin (naik 10%), ASIX kini (28/Mei) hanya diperdagangkan di Rp5 per koin.

 

Jadi, Apakah Koin Micin Masih Layak Diburu?

Investasi koin micin berpeluang menghasilkan keuntungan besar dalam waktu relatif singkat, tapi perlu diingat risikonya juga cukup tinggi. Selalu berhati-hati dan periksa dengan teliti performa mata uang kripto sebelum mulai berinvestasi. Lebih bagus lagi jika kalian bisa menganalisa kripto menggunakan indikator teknikal yang ada. 

Kategori Terkait
 

Komentar @inbizia

Berapa nominal ideal untuk invest di koin micin? Apakah bijak kalau kita sebagai pemula main all in di koin-koin ini?
 Fatimah |  18 Jun 2022
Halaman: Cara Berburu Koin Micin Potensial Untuk Pemula
Rekomendasi koin micin yang potensial buat dihold jangka panjang donk, bro? Saya ada dana nganggur, recehan sih. Jadi pengen coba aja gitu invest di koin-koin ini.
 Darla |  15 Jun 2022
Halaman: Cara Berburu Koin Micin Potensial Untuk Pemula
Cek dulu semua portofolio, aset, serta legalitasnya. Gali informasi tersebut di beberapa situs seperti CoinMarketCap. Cek info dasar seperti "trending coins" atau koin-koin terbaru yang baru saja dipasarkan. Dari daftar koin-koin tersebut, cari valuasi atau kapitalisasi di bawah USD100 juta dan nilai tukarnya masih di bawah USD1.

Lebih lengkapnya bisa baca artikel Cara Berburu Koin Micin Potensial Untuk Pemula
 Gilang L. |  17 Jun 2022
Halaman: Cara Berburu Koin Micin Potensial Untuk Pemula
yang namanya koin micin yah sebetulnya ga disarankan HODL terlalu lama, biasanya koin-koin micin ini cuma dibeli pas lagi trending aja, setelah mencapai titik overbought (puncaknya, harga paling mahal) yah biasanya langsung dijual sama bandar-bandarnya. Singkat kata, koin micin biasanya cuma buat spekulan kebanyakan duit, cuma HODL bentar terus dilepas begitu harganya sudah dianggap terlalu tinggi.

Kalau pingin HODL koin atau staking, disarankan pilih koin-koin mayor yang valuasinya sudah besar (sekitar 1B USD) atau rank 10 besar di coinmarketcap.com Kalau sekedar investasi dana receh, malahan lebih baik investasikan ke reksadana aja, soalnya kalo investasi di kripto, volatilitasnya liar banget, salah prediksi harga dikit aja, udah pasti rugi
 Danank |  30 Jun 2022
Halaman: Cara Berburu Koin Micin Potensial Untuk Pemula
iyah gan, awalnya aja sih itu yang bikin bingung, soalnya emang istilah-istilah baru. Tapi benernya konsep dasarnya sama aja koq kayaq deposito bank.

lagian ntar semua prosesnya dijalankan secara otomatis sama sistem koq, selebihnya nasabah cuma perlu klik-klik aja.

Yang penting itu exchanger-nya kudu bener-bener amanah, jangan cuma ambil untung doang terus rug-pull. Apalagi kalau staking di koin-koin micin gitu, hadeeeh.

Tapi setahu ane sih, Triv ini salah satu exchanger amanah sih, udah hampir setahun trading sama staking di sini, ga ada masalah kritis sih menurut ane
 Darto |  30 Jun 2022
Halaman: Cara Dapat Passive Income Di Fitur Staking Triv
Disitu tertulis kita kudu menghindari koin micin. Tapi kan sekarang masih banyak tuh koin micin yang dibagi2in via airdrop, gimana tuh "hukum"nya? Boleh kita klaim atau lebih baik jangan? Pendapatnya suhuuu
 Jumaidin |  4 Aug 2022
Halaman: Pasar Kripto Bearish Hodl Atau Jual

Komentar[18]    
  Bojonk Sari   |   30 May 2022

Trims infonya, sangat membantu. Sy mw tanya apakah koin micin hasil airdrop bisa dijual kembali?

  Yohana   |   6 Jun 2022

Seharusnya bisa, tapi kelihatanya ada masa waktu kapan baru boleh dijual.

  Ananta   |   6 Jun 2022

Saat ini memang banyak koin hasil airdrop yang dibagi-bagikan oleh developer untuk menarik minat investor. Untuk menjual koin micin, Anda bisa cek ke exchanger terkait, apakah menerima koin yang dimaksud. Biasanya developer-developer koin tersebut juga sudah bekerjasama dengan beberapa exchanger.

Supaya tidak ketinggalan informasi, ada baiknya Anda mengikuti sosmed-sosmed developer (kebanyakan di Twitter dan Telegram), jangan lupa juga kalau ada batas waktu penukarannya untuk airdrop.

Untuk referensi tambahan: Panduan Airdrop Kripto untuk pemula.

  Winata   |   1 Jun 2022

Cara bedain koin micin yang scam sama yg legit seperti apa ya?

  Jejeboy   |   6 Jun 2022

Pertama, lihat whitepapernya dulu, terlihat professional atau tidak. kedua, lihat tim pengembangnya, jelas atau tidak. ketiga, baca roadmap project-nya.

  Ananta   |   6 Jun 2022

Untuk melihat koin yang legit, bisa dilihat terlebih dahulu developernya, whitepaper, serta data dan informasinya di jaringan Blockchain. Pada dasarnya, untuk mengantisipasinya sama dengan cara mewaspadai skema Rug Pull.

Perlu dicatat juga, banyak koin micin yang dibagi-bagikan melalui airdrop. Anda perlu hati-hati dan jangan asal klaim. Jika linknya mencurigakan dan meminta Anda untuk memasukkan data-data kredensial, lebih baik waspada karena peretas bisa mencuri data tersebut. Lebih bahaya lagi jika komputer Anda malah kena hack.

  Thomas Shelby   |   3 Jun 2022

Kalo situs yang kasih info soal token-token mau rilis atau baru rilis terupdate ada gak ya?

  Arthur Shelby   |   6 Jun 2022

Ada bro, coba cek di listingspy.net. di situ banyak koin micin yang mau dirilis.

  Darla   |   15 Jun 2022

Rekomendasi koin micin yang potensial buat dihold jangka panjang donk, bro? Saya ada dana nganggur, recehan sih. Jadi pengen coba aja gitu invest di koin-koin ini.

  Alfalfa   |   15 Jun 2022

$SHIB bismillah cuan beberapa tahun lagi

  Anand   |   22 Jun 2022

Coba dipantau di sini:

  Danank   |   30 Jun 2022

yang namanya koin micin yah sebetulnya ga disarankan HODL terlalu lama, biasanya koin-koin micin ini cuma dibeli pas lagi trending aja, setelah mencapai titik overbought (puncaknya, harga paling mahal) yah biasanya langsung dijual sama bandar-bandarnya.

Singkat kata, koin micin biasanya cuma buat spekulan kebanyakan duit, cuma HODL bentar terus dilepas begitu harganya sudah dianggap terlalu tinggi.

Kalau pingin HODL koin atau staking, disarankan pilih koin-koin mayor yang valuasinya sudah besar (sekitar 1B USD) atau rank 10 besar di coinmarketcap.com

Kalau sekedar investasi dana receh, malahan lebih baik investasikan ke reksadana aja, soalnya kalo investasi di kripto, volatilitasnya liar banget, salah prediksi harga dikit aja, udah pasti rugi

  Muroatul Hilmi   |   17 Jun 2022

Jadi sekarang kan banyak tuh koin micin yang dibagi2in gan, cara buat tau keamanannya bagaimana?

  Gilang L.   |   17 Jun 2022

Cek dulu semua portofolio, aset, serta legalitasnya. Gali informasi tersebut di beberapa situs seperti CoinMarketCap. Cek info dasar seperti "trending coins" atau koin-koin terbaru yang baru saja dipasarkan. Dari daftar koin-koin tersebut, cari valuasi atau kapitalisasi di bawah USD100 juta dan nilai tukarnya masih di bawah USD1.

Lebih lengkapnya bisa baca artikel Cara Berburu Koin Micin Potensial Untuk Pemula

  Shivanna   |   4 Jul 2022

Kalo pengen invest di koin kripto, cara paling standar yang kudu dilakuin adalah ngecek developernya gan. Bisa lewat coinmarketcamp ato forum-forum di sosmed gitu. Apalagi kalau koinnya dibagiin dengan metode share and buzz, jangan asal klaim atau klik-klik sampai masukkin data pribadi.

  Fatimah   |   18 Jun 2022

Berapa nominal ideal untuk invest di koin micin? Apakah bijak kalau kita sebagai pemula main all in di koin-koin ini?

  Anonim   |   22 Jun 2022

nominal ideal gak ada patokannya. tiap investor beda-beda tergantung kondisi keuangannya. dan untuk main apapun jangan all in, sama aja kayak judi. semuanya harus terukur antara risiko dan profit.

  Danank   |   30 Jun 2022

sebagai pemula harus berhati-hati untuk memulai langkah investasi ke pasar kripto, jangan asal njebur, salah hitung dikit aja bukan untung malah buntung

Sebagai investor, ada baiknya menggunakan strategi diversifikasi portofolio, jadi tak semua alokasi dana berpusat di satu aset saja. Soalnya kalau satu aset tersebut bermasalah (harga tiba2 turun drastis) yah semua dana investasi juga ikut terjun juga

Kalau sekedar pingin coba2 aja, sisihkan saja dana "jajan" yang siap hilang dulu, pilih exchanger yang terpercaya misalnya tokocrypto atau indodax, pilih koin-koin yang harganya masih murah tapi terpercaya (valuasi di atas 100M usd)

pakai juga strategi investasi DCA (dollar cost averaging) untuk membatasi resiko, jadi beli kriptonya itu bertahap tiap bulan, dicicil2 tiap bulan sampai terakumulasi cukup banyak