Cara Cerdas Memanfaatkan Akun Instagram Bisnis

Wahyudi 21 Jul 2020 111

Awalnya, Instagram adalah platform berbagi gambar. Namun dalam perkembangannya, instagram menjadi media alternatif yang cukup menjanjikan untuk pemasaran sebuah produk atau jenis bisnis apapun. Apalagi di tahun 2020 seperti sekarang ini Instagram menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak dan disukai oleh semua usia. Saat ini, bahkan telah tersedia akun Instagram Bisnis yang bisa digunakan untuk memasarkan suatu produk. 

Sayangnya, banyak pengguna yang kurang efektif dalam memanfaatkan akun Instagram Bisnis mereka, sehingga produk yang dijual tidak bisa efektif dalam menembus pasar. Oleh karena itu, simak cara cerdas menggunakan akun Instagram bisnis yang bisa membuat pemasaran lebih efektif.

akun instagram bisnis

 

Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Di Akun Instagram Bisnis

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh orang awam ketika mengelola akun Instagram Bisnis untuk jualan harus bisa diminimalisir. Karena bisa saja akan sia-sia dan tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kesalahan-kesalahan itu adalah sebagai berikut:

Postingan yang terlalu lebay malah akan membuat followers merasa terganggu, yang membuat Anda tidak akan mendapat respon yang baik. Penilaian postingan lebay atau tidak bisa Anda nilai sendiri. Orang pastinya akan lebih menyukai berbagai konten yang memberikan manfaat, inspirasi, kebaikan, dan pemberian.

Setelah memberikan postingan yang menarik, Anda pastinya akan mendapat respon dari para followers. Entah itu dalam bentuk comment, like, atau bisa saja dm. Manfaatkan respon dari para followers tersebut dengan baik. Sehingga terjadi engagement yang baik terhadap Instagram Anda.

Untuk lebih memberikan efektifitas pada Instagram, Anda harus tahu segmentasi pasar. Apakah produk yang Anda miliki untuk pemuda, anak-anak, ibu-ibu, kesehatan, olahraga atau yang lainnya. Postingan yang sesuai dengan segmentasi pasar akan sangat efektif menjaring customer.

bisnis dengan instagram(Baca Juga: Trik Memanfaatkan Instagram Untuk Berbisnis)

 

Buat Konten Instagram Yang Membangun Interaksi

Akun Instagram Bisnis harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan menuntut pengelola yang sangat kreatif. Berikan postingan-postingan yang bisa membangun interaksi dengan para followers. Seperti adanya giveaway, endorse, kuis, dan lain sebagainya.

Konsep menarik interaksi ini juga harus dimanfaatkan untuk respon yang lebih baik dari para followers. Yaitu dengan memberikan permintaan untuk share, like, comments, atau dm. Hal-hal semacam itu akan meningkatkan viewers Anda sehingga membuat Instagram bisa muncul dengan mudah di IG explore atau feed followers.

 

Perhatikan Algoritma Instagram Bisnis

Memperhatikan algoritma akun Instagram Bisnis sangatlah penting guna meningkatkan engagement Instagram. Untuk sekarang ini, algoritma Instagram lebih pada konten-konten yang menarik, orisinil, dan mendapatkan respon yang baik dari para followersnya. Untuk menyesuaikan algoritma tersebut, Anda bisa membuat beberapa strategi. Mulai dari dengan memberikan konten yang lebih kreatif, menarik respon yang besar, dan orisinil.

 

Caption Yang Menarik

Caption sangat berperan penting untuk menarik para viewers. Caption yang baik harus bisa memicu adanya respon berupa comment yang ada dalam postingan tersebut. Untuk itu Anda bisa menggunakan caption yang memberikan pertanyaan, sehingga menggelitik para viewers untuk berkomentar. Seperti dengan memberikan pertanyaan tentang pendapat, alasan, setuju atau tidak setuju, dan lain sebagainya.

 

Manajemen Administrator Yang Aktif

Pengelolaan Instagram untuk bisnis ini harus benar-benar aktif dan responsif. Mulai dari membuat postingan secara berkala, membalas komentar dan dm, serta selalu bersiap di waktu-waktu yang ramai. Selain keaktifan tersebut, admin harus benar-benar memahami konten dan produk. Sehingga para followers benar-benar mendapatkan respon dan jawaban terbaik.

 

Atur Jumlah Postingan dan Manfaatkan Fitur Lainnya

Jumlah postingan untuk Instagram bisnis tidak boleh terlalu sering atau bahkan terlalu jarang. Pengaturan jumlah postingan paling efektif adalah sekitar 3 kali sehari dengan jeda waktu antara pagi, siang menjelang sore, dan malam. Untuk semakin memberikan daya tarik terhadap postingan, Anda juga harus memanfaatkan beberapa fitur yang telah diberikan oleh Instagram. Seperti instastory, vote, question, countdown, location, dan lain sebagainya.

mengelola akun instagram bisnis(Baca Juga: Ketahui Faktor Yang Menentukan Kelarisan Bisnis Anda)

 

Berikan Variasi Hastag Di Akun Instagram Bisnis

Hastag sangat berpengaruh pada algoritma pencarian di dalam IG. Buatlah variasi hastag yang sesuai dengan jenis dan bentuk postingan Anda. Sehingga siapapun bisa dengan mudah menemukan postingan atau produk yang Anda pasarkan lewat akun Instagram Bisnis tersebut.

Variasi hastag yang diberikan sebisa mungkin spesifik namun dengan kata-kata yang mudah. Jumlah hastag yang bisa Anda berikan tidak terlalu penting. Asalkan variasi dari hastag tersebut sudah dianggap sesuai, akan lebih efektif untuk ditemukan para pengguna Instagram yang membutuhkan produk Anda.

 

Beriklan di IG Ads atau Endorse?

IG Ads sebenarnya lebih efektif dibandingkan dengan endorse. Hal ini dikarenakan IG Ads bisa menjangkau lebih banyak pengguna dan spesifik pada orang-orang yang benar-benar sesuai dengan segmentasi pasar. Instagram memiliki algoritma dan sistem yang canggih untuk menjalankan iklan tersebut. Selain itu biayanya sangat murah, bisa Anda mulai dengan Rp 20 ribu setiap hari.

Namun, jika Anda memilih endorse ke selebgram, ada tahapan yang sebaiknya dilakukan. Tahapan tersebut adalah dengan memberikan endorse ke selebgram yang tidak terlalu jauh followersnya dari jumlah followers Anda. Dengan strategi ini, followers dari artis tersebut akan lebih memberikan atensi terhadap akun Instagram Anda.

 

Itulah cara menggunakan akun Instagram Bisnis untuk pemasaran yang cerdas. Kualitas menjadi kata kunci dalam pengelolaan Instagram tersebut, sehingga pemasaran produk dan bisnis Anda akan lebih mudah berkembang. Apalagi saat ini, potensi bisnis online sangat beragam bentuknya. 

Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1

Nanung 23 JUL 2020
Gimana sih kak cara simpel dan mudah untuk optimasi IG?
reply
Febrian Surya 91
Apakah EUR sedang koreksi?

master EUR sedang koreksi ya?

El Wavi 25 May 2012

Reply:

Basir (25 May 2012 17:29)

Fundamental Zona Eropa masih negatif.  silahkan kunjungi Analisa Forex kami.

Thanks



Kiki R (19 Sep 2019 09:54)

@el wavi: Untuk menjawab pertanyaan di atas, kita perlu melihat di time frame berapa melihat harga. Saya akan menggunakan grafik Daily untuk menjawabnya.

width=1508

Harga EUR/USD di Daily sedang downtrend dan koreksi setelah membentuk bottom di 1.0967.

Febrian Surya 69
Febrian Surya 67
Jujun Kurniawan 127
Fintech  
Febrian Surya 224
Bisnis  
Febrian Surya 160
Bisnis