Cara Dapat Passive Income di Fitur Staking Triv

Intan 10 Jun 2022
Dibaca Normal 5 Menit
kripto > uang >   #passive-income   #staking   #triv
Banyak cara untuk mendapatkan passive income dari kripto, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur staking. Apa keistimewaan staking di platform Triv?

Mata uang kripto jadi alternatif aset investasi yang diminati oleh kalangan muda saat ini. Berbeda dengan aset investasi konvensional seperti properti dan emas, investasi di kripto bentuknya berbagai macam dan dioperasikan secara virtual.

Kalian mungkin sudah pernah mendengar soal trading kripto, mining Bitcoin, hingga jual beli NFT. Selain melalui ketiga cara tersebut, ada juga lho cara dapat cuan melalui crypto staking.

Salah satu exchanger lokal yang menyediakan fitur crypto staking adalah exchange Triv dari PT Tiga Inti Utama. Seperti apa cara dapat passive income dari fitur staking Triv? Simak penjelasannya di artikel berikut ini. 

staking triv

 

Memahami Cara Kerja Crypto Staking

Bahasan soal crypto staking akan memunculkan banyak istilah teknikal. Sebagai permulaan, kalian harus memahami bagaimana mata uang kripto dihasilkan.

Bitcoin, sebagai mata uang kripto yang paling awal, bisa diperoleh melalui mining. Algoritma yang digunakan oleh Bitcoin menggunakan konsensus Proof-Of-Work (PoW). Itu artinya, setiap aktivitasnya membutuhkan verifikator (miner). Miner tercepat yang berhasil memverifikasi akan mendapat imbalan berupa BTC. Karena itulah, para penambang berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat. Sayangnya, aktivitas ini membutuhkan sumber daya, alat mining, dan biaya yang sangat besar.

Sebagai alternatif, muncul mode konsensus yang disebut Proof-Of Stake (PoS). Jika di mode PoW ada verifikator, maka di PoS dibutuhkan Node Validator. Tugas mereka sama-sama memverifikasi transaksi dan menjadi pengaman pada sistem blockchain, namun cara kerjanya berbeda.

Seorang Node Validator harus memiliki simpanan (stake) kripto dalam jumlah tertentu, bahkan hingga miliaran rupiah, untuk bisa memberikan validasi pada sebuah transaksi. Selain modal dana yang di-stake, Node Validator juga harus membayar Cloud (penyimpanan online) bulanan serta akses internet super cepat.  

Keuntungan jadi seorang Node Validator berasal dari fee transaksi dan koin baru. Salah satu koin kripto dengan metode konsensus PoS adalah Cardano (ADA), blockhain yang menjadi parameter di crypto staking Triv.

Simak Juga: Cara Staking Coin Untuk Pemula

 

Jenis-Jenis Crypto Staking

Sampai di sini, mungkin kalian ada yang bertanya, “Bagaimana cara dapat passive income di fitur staking Triv kalau modal awalnya saja disebut miliaran rupiah?” 

Kalian harus memahami bahwa ada 2 jenis crypto staking, yaitu Solo dan Pool. Ketahui dulu perbedaannya:

Solo Staking

  • Menjadi seorang Node Validator tunggal.
  • Menyediakan seluruh alat dan daya sendiri.
  • Mendapatkan keuntungan dari fee transaksi dan launching coin.

Pool Staking

  • Menghubungkan diri dengan beberapa Node Validator.
  • Menggunakan saldo kripto yang lebih terjangkau.
  • Mendapatkan imbalan dalam hitungan persentase.

Ketika mendaftar di Triv untuk crypto saking, kalian akan masuk ke dalam pelaku pool staking. Jadi tidak perlu khawatir harus mengeluarkan uang miliaran rupiah, karena di sini hanya perlu puluhan ribu. 

 

Keunggulan Crypto Staking Triv

Saat ini, telah banyak exchange yang menyediakan fitur staking. Di Indonesia, Triv menjadi salah satu pelopor dengan keunggulan sebagai berikut:

 

Modal mulai dari 50.000

Standar dana untuk memulai fitur staking Triv adalah 50,000 rupiah. Jadi kalian tinggal memeriksa saldo kripto yang tersedia, lalu mengkonversikannya ke rupiah. Jika sudah memenuhi syarat, kalian bisa jadi staker. 

 

Mendukung 16 Jenis Kripto

Per bulan Juni 2022, fitur staking Triv bisa menggunakan koin Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), 1Inch (1INCH), Cardano (ADA), Tether (USDT), DASH (DASH), Matic Polygon (MATIC), Aave (AAVE), USDCoin (USDC), DAI (DAI), Polkadot (DOT), Tezos (XTZ), TheGraph (GRT), CompoundToken (COMP), Chainlink (LINK), dan Algorand (ALGO). Ke depannya, Triv berpotensi terus menambah koin baru.

 

Imbalan Staking yang Kompetitif

Ketika investasi, yang paling diinginkan tentu imbal hasilnya, bukan? Imbal hasil staking di Triv sangat beragam, tergantung banyaknya pihak yang stake dan un-stake pada koin tersebut.

Pada koin ADA, estimasi imbalan stakingnya sebesar 2.85% per tahun. Sementara itu, staking ETH bisa mencapai 4-6%. Informasi mengenai besar imbal hasil setiap koin TRIV bisa diakses di halaman resminya

Cara Dapat Passive Income di Fitur Staking Triv

 

Panduan Crypto Staking di Triv

Tertarik untuk mencoba fitur staking Triv? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pastikan saldo kripto kalian telah memenuhi minimal 50,000 rupiah
  2. Masuk ke laman Triv Staking. Klik tombol STAKE di sisi paling kanan baris.
  3. Pada kotak dialog yang muncul, masukkan jumlah kripto yang ingin di-stake, lalu klik tombol “STAKE NOW”.
  4. Tunggu sampai muncul notifikasi bahwa proses staking telah berhasil. 

 

Kapan Bisa Dapat Cuan dari Fitur Staking Triv?

Sekilas, fitur staking mirip seperti deposito bank karena ada masa tunggunya (locked). Bedanya, masa tunggu crypto staking bergantung pada masing-masing koin yang dikembangkan.

Jika staking pada ETH, periode locked staking-nya berlangsung selama 12 bulan atau lebih karena menunggu Ethereum 2.0. Sementara itu, Binance Coin (BNB) menerapkan periode lock selama 7 hari.

Beberapa koin menyediakan fitur unlocked, dimana kalian bisa menarik dana kapan saja. Salah satunya adalah ADA.

 

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa mendapat passive income di fitur staking Triv sangat mungkin untuk dilakukan, apalagi fitur ini tidak menuntut kalian untuk terus-terusan memantau pasar. Untuk cara lain mendapatkan pendapatan pasif dari kripto, pelajari Cara Menghasilkan Passive Income dari Crypto Saving Account.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Ada Tokocrypto dan Triv, kaka. Cara Menghasilkan Passive Income dari Staking Koin Tokocrypto Cara Dapat Passive Income di Fitur Staking Triv
 Adee |  14 Jun 2022
Halaman: Cara Staking Coin Untuk Pemula
Kayaknya mining Bitcoin udah mulai ditinggalin sist, selain nggak ramah pemula, ngabisin resources yang nggak sedikit, dapatnya juga udah nggak semudah dulu lagi. Saran sih lebih prospek ikut staking coin, apalagi kan kalo staking gini pilihan koinnya banyak, gak cuma BTC. Modal awalnya juga nggak segede mining BTC yang nyedot tenaga listrik dan komputer ugal-ugalan. Saya sendiri juga ikut staking di Triv ini sih, modal mini2 aja dulu, hehe.
 Ramzi |  29 Jul 2022
Halaman: Cara Dapat Passive Income Di Fitur Staking Triv
Sebaiknya mulai dari dana yang kecil terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak exchanger lokal yang menyediakan fitur staking dimulai dari 50 ribu rupiah, contohnya Tokocrypto dan Triv. Kalau staking di Tokocrypto, koinnya TKO, masa locknya bervariasi antara 30, 60, dan 90 hari. Potensi imbal hasilnya mencapai 30% per tahun. Sementara itu, kalau staking di Triv, opsi koinnya ada 16 jenis dan imbal hasilnya tergantung dari koin yang dipilih. Periode lockingnya juga bervariasi mulai dari 7 hari sampai 12 bulan. Contohnya saja kalau staking ETH, imbal hasilnya sekitar 4-6% dengan masa locking 12 bulan. Tapi perlu diingat ya, semakin tinggi potensi return, semakin tinggi juga risiko penurunannya.
 Norman |  2 Aug 2022
Halaman: Yield Farming Vs Staking Mana Yang Lebih Menguntungkan
Kalau ga mau rugi gara-gara harga BTC sekarang lagi turun, yah jangan dijual dulu, ditahan aja sampe harganya naik ke level yang sekiranya minimal bisa BEP lah. Kalo gakuat nahan koin lama-lama coba aja trading BTC ke koin lain yang lebih potensial gitu, misalnya koin-koin baru yang teknologi blockchainnya jauh lebih canggih dari BTC, contohnya, ETH atau BNB. Bisa juga coba cari koin-koin yang ada fitur staking atau yield gains. Jadi meski ditahan di wallet doang, u bisa dapet duit otomatis, macem nabung deposito gitu lah.
 Mayon |  2 Aug 2022
Halaman: Cara Tukar Bitcoin Yang Wajib Kalian Tahu
Kalo bank lokal biasanya gak nyediain pinjeman kripto sist. Harus lewat aplikasi exchanger khusus. Misalnya Triv Crypto Lending, di Binance juga ada. Sistemnya sama aja sih, semuanya pake kebijakan LTV. Cek di sini: Platform Crypto Lending Terbaik untuk Modal Trading Kalau di bank lokal mah adanya pinjeman dana konvensional, itu prosesnya panjang soalnya bakal dicek dulu Credit History dan administrasinya lebih berbelit.
 Sasha |  2 Aug 2022
Halaman: Pro Kontra Pinjaman Kripto Yang Perlu Anda Tahu
Beda bro, kalau nabung ya caranya kamu sisihkan duit buat beli koin, lalu biarkan harga koin itu naik turun mengikuti pasar. Kalau staking, statusmu adalah validator dan kudu punya simpanan koin dalam jumlah tertentu. Terus perbedaan lainnya adalah waktu penarikannya. Kalau menabung, kamu bisa tukar koin kriptomu ke rupiah kapan aja. Kalau staking, ada masa tunggu tertentu (locking period) sebelum koinnya bisa dicairkan. Perbedaan ketiga, besar imbal hasilnya. Staking cenderung lebih besar returnnya, tapi risikonya juga lebih tinggi. Kalau staking, per tahun bisa mendapatkan 5-15%. Kalau menabung, tergantung koin apa yang kamu simpan. Dua2nya cocok untuk pemula, modalnya juga sama2 terjangkau. Kalau kamu nggak sabar nungguin sampe masa Lockingnya kelar atau butuh dana mendadak, mending nabung. Kalau memang benar-benar uang dingin yang nggak kamu pakai sampai beberapa waktu ke depan, silakan coba staking. Baca Juga: Yield Farming Vs Staking, Mana yang Lebih Menguntungkan?
 Linda |  11 Aug 2022
Halaman: Cara Mudah Nabung Kripto Di Luno

Komentar[14]    
  Hida   |   10 Jun 2022

Selain Triv, exchange apa aja yang menyediakan fitur staking kek gini?

  Gema G.   |   13 Jun 2022
  Wishnu   |   16 Jun 2022

Selain Triv, ada Tokocrypto dan ZipMex.

Jika staking di Tokocrypto, mekanisme stakingnya bisa dibaca di sini.

Untuk Zipmex, fiturnya bernama ZipLock, dengan satuan unit ZMT. Mekanisme ZipLock adalah kalian harus mengunci aset ZMT selama 45 hari, dengan return 12% per tahun.

Cek: Review exchanger Zipmex

Jika di exchanger luar negeri, pilihannya sangat banyak. Ada Kraken, Binance, BitStamp, MyCointainer, Stake.Fish., Coinbase, Crypto.Com., eToro Staking dan lain sebagainya.

Tapi untuk yang lokasi di Indonesia, tentu lebih nyaman pakai exchanger dalam negeri karena hitungannya langsung konversi ke rupiah.

  Barandry   |   12 Jun 2022

Banyak banget ya istilahnya. Yg stake-unstaked, locked-unlocked, dsb. Kira-kira ada saran nggak buat pemula caranya agar ikut staking triv ini ttp aman dan untuk gimana yaa?

  Aji Bramasta   |   28 Jun 2022

Staking itu termasuk strategi investasi kripto yang paling aman sih menurut gw. Soalnya kek nabung biasa aja.

  Darto   |   30 Jun 2022

iyah gan, awalnya aja sih itu yang bikin bingung, soalnya emang istilah-istilah baru. Tapi benernya konsep dasarnya sama aja koq kayaq deposito bank.

lagian ntar semua prosesnya dijalankan secara otomatis sama sistem koq, selebihnya nasabah cuma perlu klik-klik aja.

Yang penting itu exchanger-nya kudu bener-bener amanah, jangan cuma ambil untung doang terus rug-pull. Apalagi kalau staking di koin-koin micin gitu, hadeeeh.

Tapi setahu ane sih, Triv ini salah satu exchanger amanah sih, udah hampir setahun trading sama staking di sini, ga ada masalah kritis sih menurut ane

  Erlina   |   6 Jul 2022

Apakah triv menerima deposit via gopay dan shopeepay? Kayaknya boleh dicoba nih, hasil keuntungan dagang mau saya coba investasikan ke sini

  Vindya Amirah   |   26 Jul 2022

Sesuai dengan informasi di halaman review Triv, Anda bisa melakukan deposit rupiah melalui:

  • Metode transfer bank
  • Virtual account
  • e-wallet (OVO, Gopay, ShopeePay, dan DANA)

Jadi untuk Gopay dan Shopeepay bisa. Selain itu, tersedia juga pilihan 137 bank lainnya, jadi sangat fleksibel. Jangan lupa, untuk bisa melakukan transaksi di Triv, Anda harus melengkapi syarat KYC level 1.

  Jeje Hanum   |   18 Jul 2022

Melihat staking seperti ini makin populer, saya jadi penasaran... Lebih prospek mana yhaa antara mining bitcoin sendiri sama jadi solo staking?

  Ramzi   |   29 Jul 2022

Kayaknya mining Bitcoin udah mulai ditinggalin sist, selain nggak ramah pemula, ngabisin resources yang nggak sedikit, dapatnya juga udah nggak semudah dulu lagi.

Saran sih lebih prospek ikut staking coin, apalagi kan kalo staking gini pilihan koinnya banyak, gak cuma BTC. Modal awalnya juga nggak segede mining BTC yang nyedot tenaga listrik dan komputer ugal-ugalan. Saya sendiri juga ikut staking di Triv ini sih, modal mini2 aja dulu, hehe.

  Mutiara   |   10 Aug 2022

Triv ini sudah terdaftar OJK belum ya? Kalo invest gini dapet ijin dari mana saja sih kudunya?

  James   |   18 Aug 2022

OJK tidak memiliki wewenang untuk mengatur aktivitas perdagangan kripto sist, kalau untuk trading dan invest Bitcoin seperti ini harus dapat ijinnya dari Bappebti, di bawah Kementrian perdagangan (Kemendag). Hal ini juga sejalan dengan prinsip bahwa mata uang kripto masuknya ke aset, bukan alat tukar.

Kalau dilihat dari halaman reviewnya, Triv merupakan exchange lokal yang sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dengan nomor AHU-2451049 di bawah nama perusahaan PT. Tiga Inti Utama.

  Tumini   |   23 Aug 2022

Kalau staking di Triv apakah bisa ditarik sewaktu-waktu? Minimal modalnya berapa?

  Bestawan   |   24 Aug 2022

Definisi dari staking adalah Anda harus memiliki simpanan kripto dalam jumlah dan periode tertentu untuk menjadi Node Validator. Jadi staking tidak bisa ditarik sewaktu-waktu, ya...

Ada istilahnya Locking Period, dan ini masa tunggunya bermacam-macam, tergantung dari koin apa yang Anda stake. Contohnya saja kalau Binance Coin, masa tunggunya 7 hari, kalau ETH bisa sampai 12 bulan.

Untuk staking di Triv, modalnya mulai dari 50,000. Kalau Anda sudah punya simpanan koin kripto, bisa langsung dicek saja apakah nilainya sudah mencapai angka tersebut