Cara Diversifikasi Kripto Untuk Pemula

RK Perdana 22 Nov 2022
Dibaca Normal 5 Menit
kripto > strategi >   #cara   #diversifikasi   #kripto   #pemula
Kripto merupakan aset dengan volatilitas tinggi. Karena itu, kalian membutuhkan strategi diversifikasi kripto untuk mengurangi risiko trading. Bagi pemula, ada 2 cara mudah untuk menerapkannya.

Menyiapkan antisipasi risiko sangatlah penting, terutama pada investasi aset dengan tingkat fluktuasi dan risiko yang tinggi semacam kripto. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah menerapkan diversifikasi kripto secara tepat.

Diversifikasi merupakan strategi yang dilakukan dengan menyebarkan portofolio investasi ke sejumlah aset yang berbeda-beda. Tujuannya ialah memitigasi risiko dari potensi penurunan suatu aset dengan berinvestasi pada aset-aset lain. Hal itu karena tidak semua aset di pasar finansial selalu bergerak di arah yang sama. Ada yang naik ketika aset lain sedang turun, begitu pula sebaliknya. Nah, dengan memanfaatkan korelasi semacam itu, pengguna strategi diversifikasi bisa meminimalisir risiko kerugian dari aset yang sedang merosot.

Dalam mata uang kripto, diversifikasi berarti membagi risiko investasi yang ada di aset kripto sesuai dengan sentimen dan cara kerja tiap-tiap aset kripto yang ada di pasaran.

cara diversifikasi kripto

 

Pentingnya Diversifikasi Kripto

Alasan penting yang pertama melakukan diversifikasi kripto ialah melindungi nilai portofolio dari pasar yang bergejolak. Ada dua faktir mengapa diversifikasi kripto sebaiknya dilakukan:

  1. Kerugian berinvestasi di satu koin dapat diimbangi dengan keuntungan di koin lain.
  2. Meminimalisir potensi melewatkan keuntungan di koin lain. Misalnya, seorang trader hanya berinvestasi pada BTC dan tidak melakukan diversifikasi. Padahal, di sisi lain, nilai ETH sedang menuju puncak. Dengan kondisi itu, tentu dia akan kehilangan potensi keuntungan di ETH. Kondisi akan berbeda jika trader tersebut melakukan diversifikasi. Selain berinvestasi pada BTC, trader tersebut juga bisa mendapatkan keuntungan pada koin lain yang tengah mengalami keuntungan, dalam hal ini ETH.

Baca Juga: Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Namun demikian, tak mudah untuk mencari koin kripto apa saja yang bisa dimasukkan dalam strategi diversifikasi. Trader pemula biasanya kesulitan menemukan koin-koin apa saja yang berkorelasi negatif dan menilai potensinya dengan analisa yang objektif. Untuk itu, ada 3 pengelompokan koin kripto yang bisa dijadikan acuan untuk diversifikasi. Berikut ini uraiannya.

 

Cara Diversifikasi Kripto Berdasarkan Jenis

Cara termudah dalam diversifikasi kripto untuk pemula adalah dengan memilah jenis koin. Strategi diversifikasi ini menjadi yang paling umum dilakukan di pasar. untuk memastikan profit margin relatif utuh karena portofolio terdiri atas beberapa jenis kripto yang berkinerja baik meskipun harga turun.

Saat melakukan diversifikasi berdasarkan jenisnya, trader perlu mencari tahu lebih dalam terkait sejumlah aspek semisal harga aset, tren masa lalu, dan potensi tren di masa mendatang. Tidak hanya itu, proyek dari setiap kripto biasanya memiliki fondasi serta teknologi pendukung yang berbeda-beda.

Baca Juga: Bitcoin Naik atau Turun? Ketahui Faktor Pendorong Harganya

 

Cara Diversifikasi Kripto Berdasarkan Industri

Cara diversifikasi kripto yang kedua ialah berdasarkan industri. Artinya, trader melakukan diversifikasi aset berdasarkan penggunaan. Contohnya, Bitcoin dirancang untuk membuat sistem keuangan yang terdesentralisasi, lebih aman, dan lebih cepat.

Hal tersebut tentu akan membuat para pemegang Bitcoin merasa nyaman dan bebas dalam melakukan transaksi keuangan. Sementara itu, berbeda dengan Bitcoin, Ethereum memiliki jaringan untuk mengembangkan aplikasi terdesentralisasi dan smart contracts. Dengan fitur smart contracts, Ethereum dapat digunakan untuk sejumlah aplikasi inovatif di bidang keuangan, penelusuran web, permainan, dan periklanan.

Baca juga: 5 Proyek Berbasis Ethereum Terpopuler

 

Cara Diversifikasi Berdasarkan Geografis

Cara diversifikasi ketiga ialah berdasarkan geografis. Karena setiap negara mempunyai aturan masing-masing, akan lebih baik jika modal investasi tidak dialokasikan untuk proyek kripto dari negara yang sama.

Sebagai contoh, komposisi portofolio bisa terdiri atas proyek kripto yang berasal dari Eropa (semisal Aave dan Polkadot), Amerika (seperti Solana), dan Asia, (semisal Polygon).

Akan tetapi, sebelum memilih proyek berdasarkan negara tertentu, trader harus mengetahui kinerja proyek negara yang akan dipilih. Langkah tersebut sekaligus memberi cara lain untuk menyeimbangkan portofolio yang beragam, bahkan jika kondisi pasar sedang bergejolak.

 

Pilih Koin Yang Bagus Untuk Diversifikasi Kripto

Dalam melakukan diversifikasi kripto, setidaknya terdapat empat jenis koin yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Bitcoin
    Aset kripto ini mempunyai nilai kapitalisasi pasar yang besar, sehingga dapat memberikan keuntungan yang signifikan ketika pasar bullish. Dengan suplai koin yang hanya 21 juta keping, Bitcoin sangat cocok sebagai alat penyimpan kekayaan di kancah kripto.

  2. ETH
    ETH ialah koin yang digunakan dalam lalu lintas DeFi. Di masa depan, permintaan koin ini diprediksi akan tinggi karena nilai gunanya yang cukup tinggi.

  3. Stablecoin
    Stablecoin ialah aset kripto yang nilainya dihubungkan dengan uang fiat. Sesuai dengan namanya, koin ini tidak memiliki kondisi yang volatile seperti aset kripto. Stablecoin cocok digunakan sebagai aset diversifikasi di kala pasar kripto sedang gonjang-ganjing.

  4. Koin yang Memberikan Pendapatan Pasif
    Sebagai contoh, trader mencari koin yang akan mengalami hard fork sehingga dapat mempunyai dua token berbeda meski awalnya menaruh dana hanya di satu jenis token.

Dalam melakukan diversifikasi, trader harus memastikan bahwa aset yang diinvestasikan berguna untuk mengatasi masalah di berbagai industri. Jadi, jika terdapat kebijakan di industri tertentu yang kurang menguntungkan, risiko itu dapat dimitigasi dengan baik. Selain itu, trader juga bisa menerapkan teknik investasi kripto yang aman dengan strategi Dollar Cost Averaging

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Asep Wawan |  29 Jul 2012

Salam master! saya baru trading $8 loss. saya pake indicator yang dari custum itu psar 0.02 dan 0.2 dan bolinger band 20 dan 2,dan rsi dan stoc dan ma 14 dan ma100?

apa indicator itu tidak mngdukung dalam setingan m1? apa baik nya buat pemula pake m1 atau h1? trus kalo kita pertama pake m1 terus kedua op h1 , pergerakan setiap menitnya yang ikut bergerak gak

Lihat Reply [12]

indikator adalah hanya alat bantu. pengggunaan TF tidak akan banyak berfungsi jika kita tidak paham bagaimana penggunaannya. jika kita menggunakan M1, berarti 1 candle mewakili  1 menit, jika kita mennggunakan H1, bearti dalam 1 hari ada 24 candle. jika kita menggunakan H4 berarti 1 candle mewakili pergerakan selama 4 jam. Dan dalam 1 hari ada 6 candle. dan seterusnya.Open sebaiknya di sesuaikan dengan TF yang digunakan. kalau awalnya kita menggunakan M1 dan Menjadikan H1 sebagai konfirmasi, maka 1 candle H1 = 1 jam. dan M1 akan menunjukan  1 candle bergerak selama 1 menit, dan akan ada 60 candle selama 1 jam.

60 candle di M1 sama dengan 1 candle di H1. demikian kesimpulannya

Jadi open itu sebaiknya ketika candle baru muncul. kalau M1 kayak nya kita akan sedikit pusing karena tiap 1 menit candle berubah. sebaiknya M15 dan H1 saja.

ketahui juga di pasar mana kita melakukan trade. perhatikan  range harian. Jika kita membuat rumusan sehari GBP/USD 125 pips. dan saat kita melihat MT4 bergerak sudah 75 pips , maka sisanya tinggal 50 pips lagi ( HIGH - LOW ). harga bisa saja 50 lagi menembus HIGH dan Menembus low kebawah.

Thanks.

Basir   29 Jul 2012

@Asep Wawan: Untuk menghindari akun loss lebih banyak lagi sebaiknya berlatih di akun demo terlebih dahulu. Kembali ke akun real ketika hasil trading telah menunjukkan profit yang konsisten minimal 3 bulan.

Untuk indikator, pahami terlebih dahulu jenis dan fungsinya masing-masing. Ada 3 jenis indikator, yaitu indikator trend, oscillator dan volume. Fungsi indikator trend adalah untuk membaca trend, indikator oscillator untuk membaca area oversold dan overbought, sedangkan indikator volume untuk membaca ritme volume di market. 

Jangan menggunakan indikator ini di time frame kecil (di bawah H1) karena time frame tersebut terlalu banyak signal palsu (fake signal). Saya pribadi menyarankan memulai dari time frame Daily karena grafiknya lebih sedikit signal palsu dan trend yang terbentuk lebih jelas.

Terima Kasih

Kiki R   10 Oct 2019

@Asep Wawan indikator mendukung untuk TF 1 menit, banyak para trader dengan teknik scalping gunakan M1, kunci scalping ini adalah kemampuan trader untuk melihat perubahan dari buy ke sell atau sebaliknya dan melakukan entry. Saya juga trading pakai M1, karena awalnya dulu saya pakai teknik scalping dengan M1, walaupun sekarang udah jadi trading jam-jaman tapi karena udah terbiasa dengan TF M1 sampai sekarang pun masih pakai M1.

Pak kuncinya pakailah indikator, teknik dan TF yg sesuai dengan gaya kita, kalau kita nyaman pakai M1 silahkan, mau pakai H4 silahkan, trading forex ini tidak kaku, ada 1000 jalan ke roma, ada 1000 jalan untuk profit, kita para trader punya banyak jalan yg mungkin hanya cocok buat kita saja, orang lain belum tentu cocok. benar kata Master @Rizky kembali ke akun demo, belajar lagi dengan tekun, jangan paksakan kalau loss-loss beruntun. 8 dollar itu jika dirupiahkan 100ribuan cukup buat beli beras 9kg, kalau 9kg itu disumbangkan ke panti asuhan pasti anak-anak yg kurang beruntung itu pasti sangat berterima kasih.

Kita trading bukan untuk loss, kalau kita loss artinya ada yg salah dengan teknik dan sistem trading kita. Perbaiki dulu di akun demo, jika sudah mantap baru masuk ke akun sebenarnya. 

Joni Harianto S   14 Oct 2019

Untuk Deni,

Jika anda ingin Scalping di TF1, anda bisa menggunakan Stochastic Osilator. Langsung bawaan dari Mt4.

Sell jika ada diarea 80. Buy Jika ada di area 20.

Terima kasih.

Basir   16 Oct 2018

Admin mau tanya dong saya deposit 20$ di akun BTC dana beli 0.01 di TRX/USDT naiknya lemot saya gabung akun demo lebih cepat akun demo dari pada yg rill,minta penjelasanya, makasih 

Ahmad   26 Sep 2021

Untuk Liam Tan,

Tidak. Bertrading dengan metode apapaun jika menggunakan timeframe rendah tidak akan menjanjikan akurasi yang maksimal. Bertrading di timeframe rendah beresiko fake sinyal dan noise yang sangat tinggi. Apalagi di timeframe 1 menit, yang mana bentuk dan pola candle yang terbentuk biasanya sangat tidak beraturan dan sulit untuk dibaca. Kesimpulannya, karena banyaknya noise tersebut maka timeframe 1 menit tidak disarankan untuk digunakan bertrading price action.

Argo Gold Spotter   19 Jan 2022

Jika trading pada timeframe 1 menit dan menggunakan analisa price action, apakah candlesticknya bisa menghasilkan sinyal yang akurat?

Liam Tan   12 Jan 2022

Indikator apa yang harus saya gunakan jika trading di time frame 1menit ?

Deni   13 Oct 2018

Bagaimana membuka banyak posisi secara otomatis di level tertentu pada TF M1?

Subandi   22 Aug 2022

@Subandi: Anda bisa menggunakan pending order seperti limit order atau stop order. Jadi ketika harga menyentuh harga yang diinginkan, posisi sell/buy bisa langsung tereksekusi.

Atau Anda bisa menggunakan fitur one-click trading yang sudah tersedia secara default di MT4 Anda.

Apakah Pemula Cocok Dengan Indikator Di M1

Saat harga sudah di level yang Anda inginkan, Anda tinggal klik sell/buy dan posisi langsung masuk ke market.

Kiki R   23 Aug 2022

Di chart trading ga muncul timeframe M1, itu kenapa ya kak?

Barny   10 Oct 2022

Pertama cek kondisi sambungan internet di perangkat Anda, kalau ada sambungan berarti bukan masalah internet.

Selanjutnya, cek akun di MT4 Anda, apakah terhubung atau tidak.

Apabila kedua hal diatas sudah dicek dan terhubung namun grafik tetap tidak muncul, silakan tanyakan ke customer services (CS) broker Anda.

Kiki R   10 Oct 2022
 Arya |  24 Dec 2014

Bagaimana cara trading dengan akun Demo yang benar bagi pemula?

Lihat Reply [22]

Untuk hal ini anda bisa menyimak ulasan-ulasan di situs ini.

Thanks.

Basir   23 Dec 2015

bisa langsung daftar ke brokernya aja gan, pas pilih jenis akun ambil yang demo dulu nanti bisa belajar sendiri dari akun demo yang disediain sama broker itu

Travis   24 Dec 2015

Akun demo adalah jenis akun yg disediakan oleh mayoritas broker forex online, dimana dengan akun tersebut trader (newbie/pemula) bisa melakukan trading forex secara online seperti pada kenyataan yang sesungguhnya, namun tidak beresiko kehilangan uang atau modal. 

Thanks

Basir   29 Dec 2014

Sy mw coba akun demo, trus tertarik sama tawaran platform webtrader dari broker. untuk akun demo apa oke2 saja pakai platform trading online seperti itu? Apa nantinya saya tetep bisa pake metatrader waktu sy buka akun real?

Gan Oliver   3 Feb 2015

Jika broker yang bersangkutan menawarkan platform MT4 dan Webtrader anda bisa menggunakan keduanya. Hanya saja anda tentu harus konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak broker, karena bisa jadi server yang digunakan akan berbeda. Di broker Go Markets antara MT4 dan Web trader bisa diakses secara bersamaan, hanya saja nilai satuan di Web tradenya minimal 0.10 sementara di Mt4 bisa memulai dengan 0.01. Untuk mengetahui lebih lanjut anda bisa menggunakan demo 2 platform dengan account dan pasword yang sama.

Thanks.

Basir   3 Feb 2015

Untuk Rama Setiawan..

Anda loss/MC jika minus melebihi margin, atau free margin anda sudah tidak bisa menahan floating minus.

Sebagai contoh:

1. Jika 1 lot = 100.000
anda memilih leverage 1:100, Maka perhitungannya seperti ini: 100.000 x 8 x 1 : 100 x 1.0870

  • Margin anda sebesar $8.696
  • Free margin $10.000 - 8.696 = $1.304

Anda akan loss / MC jika:

  • SELL, namun harga naik sampai ke 1.0900 - 1.0910
  • BUY, namun harga turun sampai ke 1.0840 - 1.0830


2. Jika 1 lot = 10.000
Maka perhitungannya seperti ini: 10.000 x 8 x 1 : 100 x 1.0870

  • Margin anda sebesar $ 869,6
  • Free margin $10.000 - 869,6 = $9130.4

Anda akan loss / MC jika:

  • SELL, namun harga naik di antara 1.0950 - 1.0970
  • BUY, namun harga turun di antara 1.0760 - 1.0740

Perlu diingat juga bahwa setiap broker memilki peraturan yang berbeda terkait Margin Call.
1. Ada broker yang menentukan MC jika minus seharga margin.
2. Ada broker yang menentukan MC 50, 60 , 70 - 100% dari dana nasabah.

Thanks.

Basir   25 Jan 2016

Untuk Juni..

Anda bisa melakukan demo trading. Jika masih bingung dengan unsur-unsur dan penggunakan MT4, Anda bisa mencari Panduan MT4 dan penggunaanya.

Thanks.

Basir   23 Jun 2016

Bos sy sdh dowload akun demo sdh login,,, muncul grafik2, selanjutnya gimana bos.

JUNI   22 Jun 2016

Kapan saya akan kalah/loss?
saya sudah buat akun demo $10.000 leverage 1:100
saya trade 8 lot di eur/usd pada 1.08700

sudah beberapa hari saya diamkan saja, naik turun drastis beberapa hari ini.
pertanyaan saya, waktu bagaimana saya dinyatakan kalah/rugi/loss oleh system?

terimakasih sebelumnya bagi yang berkenan menjawab
salam newbie trader

Rama Setiawan   20 Jan 2016

Bagaimana cara demo account bagi pemula?

KUSUMA   19 Dec 2015

Saran untuk pembukaan akun demo kriterianya serperti apa? Mulai dari leverage, dan lotnya. Terima kasih

Yenni   14 Jun 2022

@Yenni: Gunakan akun demo dengan leverage 1:500, modal $1,000.

Risiko per transaksi 2% = $20.

Lotnya tinggal disesuaikan dengan jarak stoploss (SL).

Lot = ($risiko / jarak SL) / 10

Cat: (Dibagi 10 lagi karena 1 lot = $10 per pips)

Misal, SL-nya 20 pips maka lotnya ($20/20)/10 = 0.1 lot

Kalau SL-nya 40 pips, maka lotnya ($20/40)/10=0.05 lot

Kiki R   15 Jun 2022

Kapan waktunya trader beralih ke akun rill? Apakah harus bisa menang terus di akun demo dulu?

Shinoda   6 Sep 2022

Trader tidak harus menang terus pada demo untuk beralih ke akun riil.

Trader paling top dunia seperti George Soros saja tidak bisa menang terus, jadi hal itu adalah hal yang mustahil. Soros bisa jadi kaya raya bukan karena "selalu menang", melainkan karena "bisa memperoleh keuntungan jauh lebih besar daripada kerugian".

Ingat, "selalu menang" itu berbeda dengan "untung". Gambarannya begini: Seorang trader A berhasil profit 10x dan loss 20x, tapi total profitnya 1000 dolar dan loss-nya hanya 200 dolar. Jelas sekali, si A itu sukses.

Demikian pula, salah satu ukuran kesuksesan kamu pada akun demo adalah: kamu berhasil meningkatkan saldo akun demo hingga berkali lipat lebih besar tanpa minta topup broker.

Ada pula tiga tanda-tanda lain yang menyatakan seorang trader sudah siap trading riil, yaitu:

  • Kamu sudah punya strategi trading yang teruji dan dapat berkinerja baik.
  • Kamu sudah memahami cara mengelola modal kamu (money management).
  • Kamu dapat mengendalikan psikologis kamu dalam menghadapi naik-turun di pasar.
Aisha   7 Sep 2022

Apakah kondisi atau spesifikasi akun trading demo itu sesuai dengan akun riil pada broker terkait? Misalnya mulai dari besaran leverage, spread, dan komisi. Terima kasih

Dion   3 Nov 2022

Sesuai.

Akun demo pada broker tujuannya adalah menyiapkan Anda (trader) untuk berlatih terlebih dahulu sebelum masuk ke akun riil.

Jadi, kondisinya diatur semirip mungkin dengan keadaaan di akun riil.

Kiki R   3 Nov 2022

Hai bang, izin bertanya kan kalau setiap akun trading/forex ada trial dan demonya, kira-kira kita sebagai pemula ada jangka waktu berapa lama (bulan/tahun) untuk tetap pakai akun demo itu? soalnya kadang mau pakai yang langsung berbayar suka masih ragu bang terlebih belum terbiasa dengan cara mainnya hmm

Salam kenal dan terima kasih

Maulana   3 Nov 2022

Hai all,

mau tanya untuk pemula kan dianjurkan latihan dengan akun demo, nah kalau perbedaan antara akun demo dengan yg pro/berbayar ada gak ya? mohon penjelasannya

terima kasih

Iyus   3 Nov 2022

halo @iyus, maksudnya akun pro/berbayar itu akun yang menggunakan modal sebenarnya untuk trading ya? Kalau memang iya akun pro yang anda maksud seperti itu tentu perbedaan paling besar adalah uang. Untuk akun demo kita memakai uang virtual alias bukan uang yang sebenarnya. Tapi untuk sistem trading, chart, grafik, dan harga mata uang pair tetap sama. Bisa dikatakan 90% sama, cuma ya kembali lagi yang demo tidak usah uang dan yang pro perlu uang untuk masuk ke Forex.

Tujuan dari akun demo untuk melatih analisa kita dan juga mereview strategi trading sebelum melakukannya di akun pro. Selain itu akun demo menghindari kita mengalami kerugian karena memang akun demo dikhususkan untuk yang baru mengenal dunia Forex.

Willy   4 Nov 2022

Hai Maulana, salam kenal juga.

Sebagai trader pemula, jangka waktu penggunaan akun demo ditentukan oleh performa trading.

Tujuan akun demo cuma 1, mempersiapkan diri Anda untuk masuk ke akun riil.

Kalau performa trading Anda tidak bagus di akun demo, jangan paksakan ke akun riil. Masuklah ke akun riil ketika Anda sudah melihat performa trading yang bagus.

Lalu, bagaimana cara menilai performa trading yang bagus?

Anda cukup melihat 3 hal penting, yaitu jangka waktu performa trading, pengendalian risiko dan potensi profit, dan konsisten.  

1. Jangka waktu performa trading tersebut

1 bulan tidaklah cukup untuk menilai performa trading dengan baik. Disarankan minimal 3-6 bulan untuk periode penilaian performa.

Kenapa? Karena yang kita lihat adalah kemampuan si trader beradaptasi pada market.

Dalam waktu 1 bulan, bisa saja market hanya mengalami trending atau sideways. Oleh karena itu, hasil performa dalam sebulan terlalu dini.

Dengan melihat selama 3-6 bulan, maka akan tertampil jelas bagaimana proses recovery dan kemampuan adaptasi si trader di market yang kurang bersahabat.

2. Pengendalian risiko dan potensi profit

Dalam menilai performa, Anda tidak bisa hanya berpatokan pada profit yang didapatkan dalam beberapa bulan. Hal ini disebabkan si trader tidak melihat sisi pengendalian risikonya.

Parameter yang berkaitan dalam hal ini ada 3 yaitu maximum drawdown dan nilai ekspektasi (expectancy value).

Maximum drawdown melihat risiko terburuk yang bisa terjadi pada akun sedangkan nilai ekspektasi menilai apakah performa trading profitable jika dilakukan dalam jangka panjang.

3. Konsistensi

Parameter terakhir adalah konsisten. Dalam menilai konsistensi performa trading, Anda membandingkan tingkat risiko dan profit dari bulan ke bulan.

Perbandingan ini biasanya disebut dengan deviasi. Jika perbedaan antara bulan-bulan ini terlalu besar (nilai deviasi terlalu besar), hal ini berarti trading terlalu berisiko.

3 hal penting di atas akan menjaga pintu masuk ke akun riil dan mencegah Anda berbuat konyol (buang uang di market).

Kiki R   5 Nov 2022

Bagaimana ya cara mengetahui kira-kira kondisi di akun demo dan akun ril nanti benar2 sesuai atau tidak? Apa saja tanda-tanda akun demo palsu yang dibuat oleh broker? Mohon panduannya agar tidak kena tipu. makasih.

Nadya A   22 Nov 2022

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kondisi di akun demo dan akun riil sesuai atau tidak adalah melalui pengujian.

Jika teman Anda atau orang lain sudah pernah melakukan pengujian, Anda tinggal melihat hasil reviewnya. Tapi kalau belum pernah, maka Andalah yang mengujinya.

Pengujian ini dilakukan dengan membuka posisi dengan volume yang sama (pakai lot yang paling kecil 0.01) dan waktu yang sama pada kedua akun (akun demo dan akun riil).

Dari sinilah Anda mempunyai data valid yang menjawab apakah trading di kedua akun tersebut sama atau tidak.

Mengenai tanda-tanda akun demo palsu yang dibuat oleh broker, hal ini susah terlihat tanpa pengujian. Karena secara visual sama persis, kecuali ternyata akun demo yang ditulis akun riil.

Saya pernah menemui akun seperti ini. Trader biasanya menyebut jenis akun ini dengan nama akun dummy (akun demo tapi tertulis real).

Apa tujuan akun dummy?

Tujuannya adalah untuk mengelabuhi trader-trader lain dengan menciptakan kesan bahwa si orang tersebut adalah trader sukses dan profit besar.

Lalu ketika orang sudah terpedaya, dia akan menawarkan untuk mengelola dana atau beragam jenis investasi lainnya yang ujung-ujungnya scam.

Saya pribadi tidak melihat celah untuk dapat mengetahui apakah akun trading riil ini palsu (demo rasa riil) atau akan riil betulan.

Satu-satunya cara yang bisa Anda gunakan untuk menyaring jenis akun ini adalah melihat siapa yang menawarkan kepada Anda. Jika dia menawarkan untuk membuka akun di broker tertentu atau jenis investasi yang tidak jelas, maka kemungkinan besar ini adalah akun dummy.

Trader profesional yang sudah bisa menghasilkan profit konsisten dari trading hampir mustahil menawarkan Anda membuka akun di broker tertentu apalagi jenis investasi yang tidak jelas.

Kiki R   25 Nov 2022
 Jefegad |  29 Jan 2019

Mohon bimbingannya, saya sudah membuat akun demo instaforex dan sudah menginstal metaquotes lalu bagaimana cara tradingnya melalui akun demo saya

Lihat Reply [40]

@ Silvatia:

Pergerakan harga di akun riil dan akun demo sama, bedanya hanya pada kecepatan eksekusinya saja. Pada akun riil kecepatan eksekusi lebih lambat, dan kemungkinan ada re-quote.
Kalau di akun demo terjadi gap, maka di akun riil juga akan terjadi gap.

Server antara akun riil dan akun demo memang berbeda, tetapi pergerakan harganya sama. Kalau ada perbedaan pergerakan harga Anda bisa complain ke broker dengan menyertakan screenshot-nya.
Biasanya broker tidak main curang lewat pergerakan harga di server demo dan server riil, karena gampang ketahuan. Dan kalau broker tsb teregulasi oleh badan regulator yang kredibel, maka bisa terkena sanksi.

M Singgih   18 Sep 2020

Untuk Abdul Rouf,

Perbedaan antara akun demo dengan akun real adalah dari dana. Akun demo dananya adalah virtual, sementara akun real, dana yang di investasikan adalah dana sungguhan.

Terima kasih.

Basir   8 Oct 2020

@ Edwin:

Mungkin maksud pertanyaannya kalau trading di akun demo ada slippage atau tidak?
Baik di akun demo maupun di akun real ada slippage. Perbedaan trading di akun demo dan akun real adalah pada kecepatan eksekusi order. Di akun real eksekusi order lebih lambat, dan kadang bisa terjadi requote (atau penawaran ulang).

Slippage adalah loncatan harga akibat permintaan dan penawaran di pasar tidak seimbang. Biasanya terjadi ketika ada rilis data berdampak tinggi, pidato pejabat bank sentral, atau peristiwa yang tidak terduga. Dalam hal terjadi slippage, pergerakan harga di akun demo dan akun real sama.

Anda bisa coba lihat pergerakan harga di akun demo dan real ketika ada rilis data berdampak tinggi atau konperensi pers bank sentral. Kalau di akun demo ada slippage, di akun real juga akan ada slippage.

M Singgih   13 Nov 2020

@ Irfan:

Kebanyakan broker luar negeri menentukan deposit minimal relatif kecil, ada yang hanya USD 1. Jadi kebanyakan broker luar negeri adalah fleksibel dalam hal besarnya deposit. Untuk broker lokal memang minimal deposit-nya relatif tinggi.

M Singgih   16 Aug 2019

Kapan saya bisa mulai trading dengan akun real?

Man   10 Apr 2019

@ Man:

Sebaiknya jika Anda telah bisa menghasilkan profit yang konsisten di akun demo.

Untuk bisa menghasilkan profit yang konsisten, Anda harus mempunyai sistem trading yang profitable. Sistem trading terdiri atas strategi, rencana, dan jurnal trading.

Sistem trading terdiri dari metode, strategi entry dan exit dan strategi money management. Metode meliputi indikator teknikal yang digunakan, dan biasanya disesuaikan dengan type trading Anda, apakah ingin trading dalam jangka pendek (scalping atau trading harian), jangka menengah atau jangka panjang. Money management meliputi besarnya resiko per trade dan risk/reward ratio. Agar dalam jangka panjang bisa profitable sebaiknya risk/reward ratio lebih besar dari 1:1.

Setelah itu lalukan test terlebih dahulu sistem trading tersebut di akun demo untuk mengetahui persentase profitnya, bisa dengan backtest dan atau forward test. Jika rata-rata profit setelah sekian kali trade lebih besar dari rata-rata loss-nya (dalam hal ini persentase profitnya lebih tinggi dari 50%), maka kemungkinan untuk memperoleh profit yang konsisten besar.

M Singgih   11 Apr 2019

Untuk Robert.P,

Hal itu disebabkan karena Anda harus menutupi atau membayar biaya spread terlebih dahulu. Spread adalah selisik jarak antara harga jual (ask) dan harga beli (bid). Misal, spread untuk pair EUR/USD pada broker Anda sebesar 1 pips. Kemudian Anda hendak membeli pair EUR/USD sebanyak 1 lot ketika harga yang biasa ditampilkan pada chart (harga ask) berada di angka 1.1318, maka Anda akan mendapatkan posisi beli pada harga bid-nya yang berada pada 1.1319.

Otomatis Anda akan mengalami kerugian sebesar 1 pips ketika membuka posisi. Hal ini dikarenakan Anda membeli pair EUR/USD di angka 1.1319, sedangkan harga saat ini masih berada diangka 1.1318. Jika dikonversikan, nilai per pips untuk pair EUR/USD per 1 lot-nya adalah $10. Maka dengan demikian, ketika Anda membuka posisi sebesar 1 lot (posisi apapun, sell atau buy), maka Anda tentu akan langsung mengalami floating loss sebesar $10. Hal ini berlaku di semua broker yang menetapkan spread, baik di server demo ataupun server real.

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   4 Mar 2019

Apa beda Money Management dan Risk Reward?

Fulus   15 Apr 2019

Untuk Fulus,

Money management adalah sebuah cara untuk mengelola dana pada akun trading Anda. Pengelolaan dana tersebut berguna untuk mengatur jumlah total resiko (kerugian) yang bisa Anda terima. Sehingga, sebelum memasuki posisi atau membuka posisi trading, Anda sebaiknya menetapkan berapa besar resiko kerugian yang bisa Anda terima jika posisi trading tersebut mengalami kegagalan.

Sementara risk:reward ratio adalah sebuah metode untuk menetapkan target setelah Anda menerapkan prinsip money management. Cara kerjanya, setelah Anda menetapkan besaran resiko, maka Anda harus menentukan besaran target yang diharapkan. Sejatinya, risk:reward ratio yang memadai minimal adalah 1:1.

Yang artinya, jika Anda meresikokan dana sebesar 5% dari modal, maka minimal target keuntungan yang harus Anda capai adalah sebesar 5% juga. Pengaturan risk:reward ratio yang lebih besar tentu akan membuat akun trading Anda berkembang dalam jangka panjang. Intinya bukan profit yang paling diutamakan, tapi pengukuran resiko-lah yang perlu didahulukan! Profit akan mengikuti dengan sendirinya jika menggunakan konsep risk:reward ratio yang memadai.

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   15 Apr 2019

@Aldo

Akun demo forex adalah fasilitas gratis yang sangat bermanfaat bagi trader untuk belajar dan berlatih trading forex online. Karena hanya menggunakan uang virtual (mainan), maka risiko rugi material tidak ada. Pun, karena hanya menggunakan uang mainan, maka dana yang ada di akun demo pun tidak bisa didepositkan ke akun riil.

Semoga membantu.

Admin   9 Sep 2019

Untuk Ardi,

Mungkin yang Anda maksudkan adalah apakah bisa membuka (log in) dua akun trading yang berbeda secara bersamaan pada satu platform trading? Jika Anda menggunakan platform MetaTrader, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan. Karena Anda hanya bisa bertrading dengan log in pada satu akun trading saja.

Namun jangan khawatir, Anda tetap dapat bertrading dengan banyak akun trading meskipun dengan satu aplikasi saja. Hanya saja, untuk dapat bertrading dengan menggunakan akun lainnya, maka Anda harus mengganti akun dengan log in ke akun yang ingin Anda tradingkan (dengan kata lain status koneksi Anda ke akun trading sebelumnya akan terputus / disconnected).

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   4 Nov 2019

@Ardi
Benar kata master @erik t tidak bisa login secara bersamaan akun ril dan akun demo secara bersamaan dalam 1 Meta Trader, kalau gantian bisa.
Tapi di laptop kita bisa copy MT5 jadi banyak caranya buka Local Disk (C:)/program files/Meta Trader, copy folder Meta Trader itu ketempat lain kemudian ganti namanya, setelah itu pindahkan lagi ke tempat semula Local Disk (C:)/program files kemudian buka folder Meta Trader yg diubah namanya tadi cari file terminal64 send to desktop shotcutnya, saya berhasil gandakan sampai 15 Meta Trader dengan akun yg berbeda-beda tetap jalan kok tapi dalam 1 broker, gak tau juga ya kalau beda broker. fungsinya punya banyak meta trader dalam 1 laptop supaya bisa lihat 1 pair dalam banyak time frame, misalnya pair EURUSD bisa dilihat dalam 4 time frame M15, M30, H1, H4 dalam 1 layar.

Uli Amri   5 Nov 2019

Ya memang betul, ketika Anda bertrading dengan menggunakan platform MetaTrader, maka Anda hanya bisa bertrading dengan satu akun saja. Jika Anda memiliki banyak akun trading, maka Anda tetap bisa bertrading pada akun-akun tersebut dengan cara bergantian (gonta-ganti akun).

Argo Gold Spotter   5 Nov 2019

@Wahidin: Akun demo tidak memerlukan deposit pak. Uang dalam akun demo adalah uang virtual/bohongan jadi tidak perlu deposit dan tidak dapat ditarik apabila profit. Akun demo diberikan oleh broker dengan tujuan agar para trader bisa berlatih terlebih dahulu sebelum masuk ke akun real.

Terima Kasih

Kiki R   27 Dec 2019

@ jackie:

Di semua broker, server untuk akun demo dan akun riil addressnya berbeda. Bentuk candle-nya bisa berbeda tetapi tidak terlalu jauh, dan arah pergerakan harganya selalu sama. Jadi kalau di akun demo sedang bullish, maka di akun riil juga bullish, dan sebaliknya kalau di akun demo sedang bearish. Perbedaan utama antara server demo dan server riil adalah kecepatan eksekusinya. Server demo lebih cepat.

- … di akun real, bentuk canddle cenderung kecil. sehingga profit sangat jaran terjadi. sedangkan di akun demo, bentuk candle lebih variatif. sehingga profit sering terjadi.

Profit dan loss, atau kebenaran Anda dalam membuka posisi, tidak dipengaruhi oleh besar kecilnya atau panjang pendeknya candle, tetapi ditentukan oleh kebenaran Anda dalam memprediksi arah pergerakan harga. Hanya ada 2 kemungkinan, kalau prediksi Anda harga akan naik maka open buy dan kalau prediksinya harga akan turun open sell.
Dalam hal ini Anda harus bisa membaca arah sentimen pasar, dengan bantuan analisa price action, teknikal (dengan indikator) dan juga analisa fundamental.

Setahu saya belum pernah ada broker yang mempermainkan Metatrader demo dan riil. Cara itu sangat kasar dan menurut saya tidak akan dilakukan broker. Broker yang melakukan itu tentu nggak akan laku. Yang mungkin dilakukan, jika brokernya memang mau curang, adalah dengan menggunakan software stop loss hunting. 

- … atau mgkin setting metatrader4 rel dan demo saya yang salah?

Tidak ada perbedaan setting antara akun demo dan akun riil. Apa yang telah Anda setting di akun demo langsung gunakan di akun riil, misal template yang berisi kombinasi indikator, dan setting lainnya seperti tampilan chart (misal ask line dsb), penggunaan Expert Advisor (EA) dan lainnya.

M Singgih   22 Jun 2020

sama dengan yg sedang saya alami bang, di pair usdcad di chart demo turun tajam dan di real malah naik..

Bey   20 Aug 2020

Untuk Rizal,

Server akun demo dan server akun real memang berbeda, oleh karena itu memang terjadi perbedaan harga running. Meskipun begitu, perbedaan harga running antara server demo dan sever real harusnya tidaklah terlalu jauh. Hal yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa dan mencocokkan jam Meta Trader pada kedua server tersebut. Jika harga sebuah pair pada server demo dan server real bergerak di jam yang sama, dan terjadi selisih harga yang tidak wajar, maka Anda dapat melaporkan hal tersebut pada broker yang bersangkutan. Namun setelah Anda mencocokkan jam dari kedua server tersebut, dan terjadi perbedaan waktu yang berjalan, maka bisa dipastikan salah satu server tersebut sedang mengalami gangguan.

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   18 Feb 2019

Saya mau bertanya. jika kita akan deposit saldo olymtrade. kita masih masuk di halaman akun demo, ketika kita mau deposit $100 apakah saldo tersebut juga masuk ke akun demo kita atau masuk ke akun rill kita pak. semoga cepat di balas, terimakasih. salam belajar treader olytrade.

Maulizar Revai   11 Dec 2020

Pertanyaan sebaliknya, bisakan satu akun broker di buka di lebih sari satu platform MT4 secara bersamaan?

Sapto   21 Jan 2021

Untuk Sapto,

Bisa. Pada umumnya, satu akun trading bisa diakses dari beberapa platform trading baik secara bersamaan atau terpisah. Namun terkadang ada beberapa broker yang melarang terjadinya multiple-login (login dari beberapa perangkat secara bersamaan). Sehingga demi keamanan, sebelum Anda melakukan multiple-login, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu ke broker yang Anda gunakan apakah memperbolehkan hal ini atau tidak.

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   22 Jan 2021

Halo Agung Setiawan,

Tidak bisa, saldo yang terdapat pada akun demo TIDAK DAPAT DITARIK ataupun DIUANGKAN. Akun demo disediakan oleh broker bertujuan untuk memfasilitasi trader pemula sebagai media uji coba trading dengan rill market tanpa takut kehilangan modal sungguhan.

Perihal mengenai "saldo akun demo habis, apakah trader disuruh membayarnya?"

Tentu saja tidak. Ketika saldo di akun demo habis, trader sama sekali tidak ada tanggung jawab untuk membayar/ganti rugi. Semoga membantu.

Admin   26 Apr 2021

Akun demo jika uang kita habis kita disuruh ganti rugi.maaaf

Ahmad Febriyanto   2 Aug 2021

Apakah disaat kita trade mengalami minus apakah kemungkinan nilai uang bisa sampai 0?

Toni   17 Sep 2021

Untuk Toni,

Bisa. Jika Anda tidak menentukan level stop loss atau tidak membatasi jumlah kerugian, maka bukan tidak mungkin bahwasanya kerugian akan semakin besar hingga menggerus modal yang Anda miliki.

Argo Gold Spotter   22 Sep 2021

Untuk Yaya,

Tidak perlu, karena beberapa broker biasanya mempunyai fitur top-up akun demo yang mana bisa digunakan untuk mengisi kembali saldo akun demo jika habis. Jika broker yang Anda gunakan tidak memiliki fitur ini, maka Anda bisa menyiasatinya dengan membuat akun demo yang baru.

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   10 Jan 2022

Kalo saldo demo habis apakah harus ganti ?

Yaya   6 Jan 2022

Jika uang diakun demo sudah habis apakah kita disuruh untuk membayarnya?

Suimah   24 Apr 2021

Mas sy mo tanya..?pasang hrg di akun demo dan akun real katanya sm penggerak hrg pasar.tetapi saat stoploss alasan gap.nah kok beda di akun demo g ada gapnya? bknkh broker itu bs main curang y....

Silvatia   16 Sep 2020

Apa bedanya akun demo sama akun real?

Abdul Rouf   5 Oct 2020

Pak/bu maaf saya mau tanya, di accoun real saya harga GBPUSD 1.28503 sedangkan di accoun demo saya harga di GBPUSD 1.28165 apakah ini suatu kecurangan broker ? Atau memang candlestic di accoun real dan accoun demo itu berbeda ? Tolong jawabannya 

Rizal   15 Feb 2019

Slamat siang master, sebagai pemula ni sekitar 1 minggu mulai hari ini belajar di olymp trade ni mau tanya Apa dana akun demo bisa didepositkan untuk ke akun rill?

Aldo   29 Aug 2019

Apakah bisa membuka dua akun antara demo dan ril secara bersamaan ?saya takut nya pas buka akun demo yg ril sedang berjalan akan terputus 

Ardi   2 Nov 2019

Berapa deposit minimal di akun demo?

Wahidin   23 Dec 2019

Pak mau tanya, apakah pada saat kita melakukan FT di akun demo ada slippagenya atau tidak, dibandingkan dengan akun real?

Edwin   10 Nov 2020

saya punya 2 akun, demo dan real.

yang saya herankan, di akun real, bentuk canddle cenderung kecil. sehingga profit sangat jaran terjadi.

sedangkan di akun demo, bentuk candle lebih variatif. sehingga profit sering terjadi.
 
hal ini membuat saya sebagai pemula, merasa frustasi. risk management tidak berlaku. sehingga saya memutuskan utk menarik semua balance yg saya punya utk menghindari kerugian.
apakah ada permainan broker atau mgkin setting metatrader4 rel dan demo saya yang salah?
Jackie   8 Jun 2020

Broker apa ya master yg modalnya bisa diatur sesuai keinginan kita, agar ketika buka akun real sesuai dengan kebiasaan kita di akun demo

Irfan   3 Aug 2019

Master, saya sudah 5 hari menggunakan akun demo, mhn penjelasan kenapa asal Buy selalu langsung minus pada Meta trader. Apakah karena pakai akun demo sehingga demikian. Terimakasih

Robert.P   2 Mar 2019

Saya pernah dengar kalau trader pemula disarankan pakai akun demo dulu sebelum pakai akun real.

Tujuan pakai akun demo sebenarnya apa sih?

Bagas   28 Jun 2022

@Bagas: Bagi pemula yang baru mengenal trading, tujuan akun demo adalah mengenal dan membiasakan diri terhadap platform trading terlebih dahulu.

Sedangkan bagi yang sudah familiar, tujuan menggunakan akun demo adalah menguji sistem trading untuk mengetahui performanya sebelum dipakai di akun real.

Sebelum hasil uji pada akun demo bagus, jangan masuk ke akun real.

Kiki R   30 Jun 2022

Biasanya setelah proses pembuatan akun demo akan muncul alamat server demo. Nah dari metaquotes atau aplikasi trading anda, saat login masukkan user name, password dan isi server demo yang tadi diberikan (copy paste) saja. 

Setelah koneksi selesai, anda sudah bisa trading dengan akun demo.

Joey   6 Nov 2022
 Ine Agustina |  28 Mar 2019

Platform trading apa yang paling cocok digunakan untuk trader pemula?

Lihat Reply [9]

@ Bobi Syah:

Yang paling penting periksa regulasi dari broker tsb. Demi keamanan trading dan dana Anda, kami sarankan untuk memilih broker yang sudah diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.

Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

Setelah regulasi, bandingkan spesifikasi yang ditawarkan seperti minimal deposit, kemudahan deposit dan withdrawal, platform yang digunakan dan spread yang ditawarkan.

M Singgih   10 Dec 2021

@Ine Agustina: Platform metatrader. Bisa gunakan metatrader 4 atau metatrader 5.

Platformnya populer, interfacenya bagus, mudah dioperasikan dan hampir semua broker menyediakan platform ini.

Alternatif lainnya adalah cTrader.

Kiki R   31 Mar 2019

Menjawab pertanyaan cTrader, MIFX tidak menyediakan platform trading cTrader. Informasi lengkap terkait platform trading yang disediakan MIFX dapat dilihat di halaman ini

MIFX Support   9 May 2022

Saya pengguna platform cTrader, dan saya ingin trading di broker Monex. Apakah tersedia?

Teguh S   15 Nov 2021

Ketika mendaftar ke broker, fitur trading apa yang paling perlu diperhatikan dan paling penting untuk trader forex?

Bobi Syah   9 Dec 2021

Pada saat memilih platform trading, bagaimana spesifikasi akun untuk trader scalping?

Irawan   2 Sep 2022

@Irawan: Spesifikasi akun scalping cukup sederhana. Utamakan spread yang tipis dan minim slippage.

Untuk yang lain-lain seperti leverage cukup gunakan 1:1000. 

Kiki R   3 Sep 2022

Halo kak. Untuk platform cTrader, itu gimana ya cara import indicatornya? Makasih

Zainal Abidin   22 Nov 2022

Untuk memasukkan indikator ke grafik harga, tinggal klik icon "f" pada bagian atas, lalu akan muncul jendela indikator.

Sedangkan jika Anda ingin mengimport indikator custom ke platform cTrader, Anda bisa copy file Algo indikatornya lalu paste (tempel) ke folder (cAlgo >> Sources) dalam folder cTradernya. 

Kiki R   22 Nov 2022
 Samsul Muafi |  9 May 2022

Mana yang lebih bagus antara Luno, Zipmex, dan Bitocto?

Lihat Reply [15]

Soal mana yang lebih bagus antara Luno,Zipmex, dan Bitocto, kembali ke kebutuhan Anda. Apakah ingin menabung? Investasi multi aset? Atau sekalian jualan NFT?

Saya jabarkan sedikit di sini ya...

Luno: dikenal dengan keamanannya yang berlapis, biaya awal trading kripto yang sangat terjangkau (mulai dari 15 ribu), serta fasilitas Luno Savings yang memudahkan Anda untuk menabung.

Zipmex: memiliki fitur investasi sekaligus (saham dan kripto), menyediakan 2 jenis wallet, serta tawaran menarik untuk join di proyek token yang dirilis oleh Zlauch.

Bitocto: Dipercaya bisa membantu penguatan nilai IDR pada USD, dilengkapi sistem Cold Storage Encrypted, menyediakan akses jual NFT di Opensea.

Ananta   17 May 2022

mohon info tentang tokocrypto dan PINTU kak? dari kemudahan pendaftaran dan penggunaannya? Trims

Arief Ansori   23 May 2022

ZIPMEX, Bitocto dll ini merupakan exchange kripto ya kak, exchange kripto yang bagus menurut kakak apa saja ya? mohon infonya. Terima kasih

Yama Kaliki   23 May 2022

kalau untuk tujuan menabung yang bagus apa ya kak?

Gupita Byanis   23 May 2022

Dari segi pendaftaran, baik tokocrypto maupun Pintu Tokocrypto memiliki mekanisme yang sama.Mengisi identitas, nomor handphone, lalu menunggu verifikasi. Selain itu, ada proses KYC yang meminta Anda untuk mengirimkan foto KTP dan selfie.

Dari segi penggunaan, Tokocrypto menawarkan keamanan dan pelayanan yang cukup terpercaya dengan membawa nama besar Binance. Fitur-fitur untuk tradingnya juga lengkap mulai dari chart, Stop Limit, Limit Order, hingga jual beli NFT. Kekurangannya ada pada opsi deposit yang belum bisa memakai kartu kredit dan angka minimal withdrawal cukup tinggi. Untuk info lebih lengkap bisa cek di halaman review TokoCrypto. 

 

Sementara itu, Pintu memiliki keterbatasan dalam hal asetnya masih kurang variatif dibanding exchanger lokal sepantarannya. Tapi yang menarik, transaksi tradingnya tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis. Minimal transaksinya juga dipatok terjangkau, mulai IDR 11,000. Untuk withdrawalnya bisa mulai IDR 50,000. Kalau tidak membutuhkan fitur-fitur terlalu banyak dan masih pemula, Pintu ini newbie friendly. Anda bisa cek juga review Pintu di sini.

Ananta   25 May 2022

Saat ini di Indonesia sudah sangat banyak exchanger kripto lokal. Untuk mencari exchanger kripto yang bagus, pastikan exchangernya memenuhi kualifikasi berikut:
1. Terdaftar di Bappebti 

2. Menerima deposit dan withdrawal dengan rupiah

3. Customer servicenya fast response dan mudah dihubungi (bisa lewat media sosial, live chat, atau hotline whatsapp dan sebagainya)

4. Memiliki keamanan berlapis dan sistemnya transparan

Selanjutnya, Anda bisa cari yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa exchanger yang fitur untuk tradingnya canggih seperti Indodax dan TokoCrypto, ada juga yang lebih nyaman digunakan untuk menabung seperti Luno dan Pintu.

Jika Anda mencari exchanger kripto yang biayanya cukup ramah kantong, bisa cek ke artikel "Exchange Kripto Termurah yang Diregulasi Bappebti" 

Ananta   25 May 2022

Untuk menabung kripto akan lebih bagus jika memilih exchanger-exchanger yang menyediakan fitur crypto savings. Contohnya: Crypto.com, Gemini, Coinbase, YouHodler, Linus
dan BlockFi. Di Indonesia sendiri juga sudah mulai banyak exchanger dengan akun tabungan kripto. Contohnya:

Luno: Dompet tabungan kriptonya (Luno Savings) tersedia dalam Bitcoin, Ethereum, dan USDC. Bunganya hingga 7.6% per tahun.

Pintu: Dengan fitur Nabung Rutin, Anda bisa membuat simulasi menabung mata uang kripto tertentu beserta perkiraan keuntungan yang akan diperoleh dalam jangka waktu tertentu.

Selain menabung dengan cara biasa, Anda juga bisa menabung kripto dengan metode staking yang juga bisa menghasilkan keuntungan ekstra. Selamat mencoba!

 

Ananta   25 May 2022

Platform atau exchange lokal mana yang menyediakan fitur staking? Mohon infonya kak.

Septian Fikri   22 Jun 2022

Untuk exchanger lokal, yang menyediakan fitur Staking antara lain Triv, Tokocrypto, dan Zipmex.

Anda bisa membaca detail mengenai staking pada platform-platform tersebut di sini:

Ketika staking, jangan lupa perhatikan masa penawaran dan masa lockingnya. Exchanger Indodax juga sempat memberikan penawaran DEP Airdrop pada bulan Februari 2022 silam, dengan masa locking 1 bulan.

Jadi, tidak menutup kemungkinan di masa depan bakal ada momen staking lagi di exchanger ini dan exchanger-exchanger lain. 

Ananta   29 Jun 2022

Di Indonesia, aplikasi trading kripto mana yang menyediakan pair trading kripto paling lengkap? 

Marshall   8 Aug 2022

@Marshall:

Untuk saat ini setahu saya hanya Indodax dan Tokocrypto yang memiliki jumlah Supported Crypto terbanyak dari pada Exchange lainnya. Indodax dengan 68 Supported Crypto sedangkan Tokocrypto dengan 53 Supported Crypto. Namun, dalam hal jumlah market dan fitur yang lebih lengkap, Tokocrypto jauh lebih unggul dengan banyaknya pilihan-pilihan mata uang Fiat yang tergabung karena koneksinya dengan Binance. Sementara Indodax lebih unggul dengan BIDR-nya. 

Nur Salim   9 Aug 2022

Aplikasi trading kripto dan metatrader apakah sama?

Yendri   8 Sep 2022

Metatrader adalah platform untuk trading secara CFD (Contract for Difference). Jadi, kalau kamu mau trading kripto secara CFD, maka kamu bisa pakai Metatrader.

CFD yang dimaksud di sini adalah transaksi buy/sell pada platform dengan leverage (margin) yang tidak melibatkan aset fisik. Pembeli dan penjual hanya memperdagangkan kontrak yang tercatat secara elektronik untuk memperoleh keuntungan dari naik-turun harga.

Tapi kalau kamu ingin jual-beli kripto secara fisik atau kontrak non-CFD lain, maka kamu harus pakai platform trading yang disediakan oleh bursa kripto kamu (crypto exchange). Metatrader tidak memfasilitasi jual beli kripto secara fisik atau non-CFD. Berikut ini artikel tentang beberapa platform trading kripto yang sah di Indonesia.

Aisha   9 Sep 2022

Apakah di Indonesia ini ada aplikasi trading kripto yang tanpa persyaratan KYC? Saya khawatir dengan keamanan data pribadi kalau harus kirim id card dan selfie seperti itu. Mohon infonya. 

Syahrul C   30 Sep 2022

Semua penyedia layanan jasa keuangan dan perdagangan berjangka di Indonesia harus melaksanakan prosedur KYC. Oleh karena itu, semua aplikasi berizin di Indonesia tentu memberlakukan ketentuan tersebut.

Kalau kamu tidak mau memenuhi syarat KYC, kamu dapat bergabung dengan aplikasi mancanegara atau aplikasi lokal yang tidak teregulasi.

Aisha   1 Oct 2022
 

Komentar @inbizia

Saya tidak bisa bilang aman atau tidak, sebab sesuai artikel di atas, bahwa "...keputusan melakukan investasi Bitcoin yang tanpa disertai diversifikasi aset dan pemilihan momentum terbaik selama masa resesi hanya akan meningkatkan risiko penjualan seluruh aset investasi nantinya. Selain Bitcoin, Anda bisa memilih aset lain yang terbukti menguntungkan di saat krisis, seperti logam mulia, obligasi, dan beberapa saham perusahaan dengan kondisi fundamental mumpuni sebagai alternatif diversifikasi aset."
 Inbizia Support |  14 Nov 2022
Halaman: Bagaimana Peluang Investasi Bitcoin Saat Resesi
Belum tentu juga, Anda tetap harus memperhatikan kondisi geopolitik secara global. Seperti kondisi perekonomian China sebagai negara konsumen emas terbesar di dunia. Saat ini, China sedang menerapkan kebijakan ketat terkait penanganan Covid, ini menyebabkan harga emas melemah. Dan apapun yang terjadi pada China, akan selalu berdampak pada perubahan harga emas dunia.

Itu baru China, belum lagi bila ada kebijakan The Fed yang menguatkan dolar, bisa jadi harga emas akan melemah seperti kripto juga. Tapi, memang perlu diakui bahwa harga emas lebih stabil dan mudah diprediksi ketimbang kripto. Saran, tidak perlu memindahkan semua aset ke emas, bagaimana pun tidak ada yang tahu market akan bergerak seperti apa, jadi diversifikasi aset itu penting.
 Inbizia Support |  29 Nov 2022
Halaman: Market Pagi Ini Euro Tetap Optimis Emas Terus Melaju
Wah terima kasih buat yang tanya dan yang udah jawab. Saya baru saja mau menanyakan perihal tidak diakuinya kripto di Indonesia tapi lembaga exchange kripto yang legal banyak di Indonesia. Ternyata gitu toh, kripto di Indonesia cuma sebagai alat investasi aja dan ga bolehin kripto sebagai alat pembayaran. Dan perihak halal ga halal back to diri masing-masing. Menarik sih. Misalkan ketahuan pakai kripto bayar berarti bisa kena hukuman lah ya, sama seperti ada kasus penjual memberikan uang kembalian 100 200 perak diganti dengan permen. Itu berarti salah dan bisa kena hukuman karena bukan alat pembayaran sah. CMIIW
 Lisa |  1 Dec 2022
Halaman: Ini Dia Exchange Kripto Terdaftar Bappebti Yang Terpercaya
Kalau dari daftar-daftar indeks saham yang ada, yang mana saingan terbesar Nasdaq. Terus apa yang membedakan antara Nasdaq dan saingannya itu? Bagi trader pemula, lebih baik memilih yang mana; yang saingan Nasdaq itu apa Nasdaq sendiri yang lebih menguntungkan?
 Vita Laron |  1 Dec 2022
Halaman: Apa Itu Indeks Saham Nasdaq
Mungkin dari sisi fleksibilitas pengambilan profit gan. Kalau saham, pengambilan profit hanya dilakukan ketika saham lagi bullish sedangkan forex dan kripto bisa dilakukan saat pasar lagi bearish juga. Dan kenapa lebih pada pilih kripto dibanding forex adalah kegunaan kripto lainnya adalah sebagai mata uang digital. Jadi bisa sebagai alat pembayaran secara online. Membeli barang dari Internet juga lebih mudah dan yang tak kalah pentingnya tokoh dunia saat ini juga udah mulai memakai kripto contoh Elon Musk. Sehingga anak muda tentu lebih memilih kripto.
 Ailen |  2 Dec 2022
Halaman: Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial
Memang harga kripto naik saat itu, tapi penulis menekankan bahwa harga saat itu lagi turun sehingga banyak trader menaruh posisi short alias berharap nilai kripto akan turun. Nah kebetulan aja para whales (yang memiliki modal kripto yang gede) itu melakukan short squeeze. Dengan membeli aset kripto sebanyak banyaknya dan memaksa para short seller tadi juga menutup posisi mereka karena harga tiba-tiba naik tajam Short squeeze sendiri adalah istilah yang digunakan ketika harga aset meningkat tajam karena banyak short seller dipaksa keluar dari posisi mereka. Short sellers biasanya bertaruh bahwa harga suatu aset akan turun. Apabila harga mengalami kenaikan, posisi short mulai mengumpulkan kerugian. Kemudian saat harga naik, short seller terpaksa menutup posisi mereka. Jadi penulis disini menekankan bahwa FUD bisa mengubah pikiran trader jadi tidak pasti dalam merencanakan investasi kripto mereka. Bukan hanya disaat harga naik tetapi juga turun sehingga berefek NEGATIF pada portofolio mereka
 Kartika |  2 Dec 2022
Halaman: Apa Itu Fud Di Pasar Kripto Dan Contoh Kasusnya

Komentar[2]    
  Anna   |   22 Nov 2022

Dulu sih nggak kepikiran mau diversifikasi diversifikasi segala. Terus, di jaman serba syuliiit ini baru kepikiran, oh iya perlu juga menyebarkan aset atau investasi yang kita miliki di berbagai bidang, tidak cuma ke satu hal saja. Saya mau tanya ke agan-agan sekalian. Di atas kan ada disebutkan kalau salah satu jenis pilihan koin adalah koin yang memberikan pendapatan pasif. Itu contohnya apa aja ya? Saya masih belum jelas nih.

  Sven   |   25 Nov 2022

Pendapatan pasif kalau menurut aku berdasarkan link yang disiapkan oleh penulis adalah koin yang sering diupgrade softwarenya. Jadi isitilahnya hard fork (mungkin saya salah karena saya juga lagi belajar), contohnya Ethereum yang sering mengupdate softwarenya agar meningkatkan kinerja ETH secara aman dan efisien. Nah dengan adanya peningkatan ini, dalam arti update software besar-besaran maka koin yang dihasilkan akan berbeda dari sebelum upgrade. Contohnya misalkan kita beli ETH v.1 dan kemudian terjadi upgrade, maka koin kita akan pecah jadi ETH v.2. Sehingga koin yang dimiliki ada 2 jenis. Sehingga secara pasif pun kita dapat koin yang dipecah. Apa seperti itu ya?

Tapi memang saya juga sendiri masih kurang jelas pendapatan pasif seperti apa, apa karena nilai kripto naik sehingga ada profit?