Cara Kerja Tax Amnesty Dan Pro Kontranya

Febrian Surya 28 May 2020 120

Kebijakan Tax Amnesty yang diberlakukan di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan pendapatan negara melalui pembayaran pajak. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat Indonesia menyimpan uang di negara-negara yang membebaskan pajak, misalnya Singapura. Tax Amnesty itu sendiri sudah diatur dalam UU No.11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak. Dalam UU tersebut, wajib pajak hanya perlu mengungkapkan harta yang dimiliki dan membayar tebusan pajak atas pajak selama ini yang belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Tax Amnesty diharapkan menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia untuk menaruh simpanan uangnya di dalam negeri. Bila begitu, pendapatan negara dari wajib pajak akan semakin meningkat dan dana yang didapatkan tersebut bisa digunakan untuk pembangunan ekonomi nasional.

Cara Kerja Tax Amnesty Dan Pro Kontranya

Dalam praktiknya, Tax Amnesty memberikan beberapa kemudahan bagi wajib pajak yang ingin melaporkan harta kekayaannya. Bentuk kemudahan tersebut diantaranya:

  1. Dihapuskannya sanksi administratif.
  2. Penghapusan segala pajak-pajak yang terutang.
  3. Penghentian pemeriksaan pajak bagi wajib pajak yang disinyalir melakukan penimbunan pajak.
  4. Tidak dikenakan Pph Final untuk pengalihan harta berupa bangunan atau tanah, dan saham.
  5. Ditiadakan pemeriksaan pajak untuk penindakan dengan tujuan pidana.

Aset-aset wajib pajak yang disimpan di luar negeri kemudian akan dialihkan ke Indonesia dan wajib diinvestasikan selama 3 tahun ke produk-produk investasi yang memang sudah diatur oleh pemerintah Indonesia, misalnya obligasi BUMN.

Setelah surat-surat tersebut sudah terbit, wajib pajak tidak boleh menginvestasikan kembali harta-hartanya ke luar negeri selama 3 tahun. Oleh karena itu, untuk mempermudah proses Tax Amnesty, wajib pajak harus memberikan keterangan dan laporan penghasilan sejujur-jujurnya. Bila wajib pajak melakukan manipulasi laporan penghasilan, wajib pajak akan dikenakan sanksi sebesar 200% dari temuan harta-harta yang tidak dilampirkan dalam laporan penghasilan setelah Tax Amnesty.

Selain itu, bagi wajib pajak yang tidak melaporkan pajak penghasilan dan tidak mengikuti Tax Amnesty, penemuan harta yang dimiliki akan langsung ditambahkan sebagai penghasilan, serta dikenakan tambahan sanksi tidak mengikuti Tax Amnesty.

 

Pro-Kontra Tax Amnesty

Program Tax Amnesty dinilai oleh sebagian orang hanya menguntungkan para pelaku bisnis kelas kakap saja, sedangkan masyarakat kecil tidak. Bagi pelaku bisnis, adanya Tax Amnesty dengan tarif diskon pajak yang besar merupakan hal menarik, karena ada penurunan hingga 0.5%. Pelaku bisnis hanya tinggal melaporkan keseluruhan harta yang dimiliki, baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Rumus perhitungannya adalah tarif % x harta, untuk tarif pajak mulai dari 2% - 10% tergantung dari kapan waktu pelaporannya.

Pro-Kontra Adanya Tax Amnesty

Untuk menelaah manfaatnya, kita harus melihat Tax Amnesty dari berbagai sudut pandang, terutama dari segi tujuannya sebagai daya tarik untuk meningkatkan penerimaan pajak penghasilan dari wajib pajak yang menyimpan uang di luar negeri. Dari kebijakan Tax Amnesty, Indonesia akan memperoleh pendapatan berupa:

  1. Penarikan dana dari luar negeri.
  2. Deklarasi harta.
  3. Pendapatan negara.

Ketiga hal itulah yang menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam menjalankan kebijakan Tax Amnesty. Sayangnya, masih ada saja kekurangan di sana-sini misalnya banyak wajib pajak yang tidak tertarik dengan Tax Amnesty  karena iklim investasi di Indonesia dinilai kurang baik. Selain itu, tidak ada program menarik yang ditawarkan oleh pemerintah untuk menempatkan dana-dana tersebut. Belum lagi, dana repatriasi sudah boleh dibawa keluar lagi dari Indonesia setelah 3 tahun; hal ini pada akhirnya bisa menjadi sentimen negatif bagi pasar keuangan domestik.

 

Tahukah kamu? Berkontribusi membangun negara dengan cara yang menguntungkan bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain berpartisipasi dalam Tax Amnesty, kamu juga dapat berinvestasi dalam obligasi pemerintah. Menariknya, pemerintah Indonesia telah menerbitkan Pandemic Bond sebagai bentuk obligasi yang dananya akan digunakan secara khusus untuk membantu menanggulangi dampak pandemi Corona. Simak ulasan lengkapnya di Pandemic Bond: Peluang Investasi Jangka Panjang Dari COVID-19.

Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1

Nana .k.t 3 JUN 2020
Ayo jadi warga negara yg baik guys budayakan bayar pajak
reply
Sampai berapakah USD/CAD akan naik?

kira2 USDCAD akan naik sampe berapa? trimakasih

Nur Aziz 9 May 2012

Reply:

Basir (09 May 2012 19:27)

Coba Anda perhatikan chart berikut:

/

Secara teknikal, harga kemungkinan naik untuk menembus area pada garis kuning di atas, yang merupakan batas atas dari channel harga. Sebagai rekomendasi, Anda juga bisa melihat rasio BUY / SELL nya.

Thanks

Kiki R (11 Sep 2019 21:08)

Untuk menjawab arah harganya, pertama kita lihat dulu time frame yang digunakan agar ada batasan apakah harga dilihat dalam jangka panjang, tengah atau pendek. Jangka panjang menggunakan time frame Monthly, menengah Daily dan jangka pendek H1. Harga sekarang berada di sekitar 1.3159 dan didominasi oleh bearish.

Untuk jangka panjang, USDCAD masih didominasi bearish, pelemahan dapat terjadi sampai ke 1.2000.

USD/CAD

Sedangkan jangka menengah (Daily), harga mencoba melanjutkan Downtrend hingga ke support 1.3020.

USD/CAD

Terakhir, untuk jangka pendek (H1), harga masih Downtrend namun sedang koreksi dan bisa ke harga 1.3200 FR 61.8%)

USD/CAD

Febrian Surya 220