Forum  > Stop Loss

Cara Kerja Trailing Stop

  Donny Septian |   21 Dec 2015 |   18346
Bagaimana cara kerja Trailing Stop??

Karena saya seorang mobile trader dan menggunakan MT4 android krna lbh praktis dan efisien dlm menunjang keseharian saya dbanding dgn menggunakan laptop untuk trading. Dan fitur trailing stop ini sangat membantu saya untuk mengamankan profit yg saya dapat. Namun di MT4 platform android tidak trdapat fitur trailing stop!!

Bagaimana cara mengaktifkan fitur trailing stop untuk platform android? Apa ada instalasi khusus? Atau saya harus melakukan trailing stop manual (geser SL manual)?

Trims!
  Rose   |   13 Aug 2014

apakah trailing stop dan fungsinya?...terima kasih

  Basir   |   13 Aug 2014

Trailing Stop adalah fasilitas yang ada di MT4, yangt berfungsi mengunci keuntungan, saat terjadi floating profit.

Thanks.

  Basir   |   22 Dec 2015

Untuk Donny Septian,

Trailing Stop adalah fasilitas/layanan yang diberikan oleh broker kepada nasabahnya.Trailing stop merupakan cara untuk mengunci keuntungan. Benar, anda bisa menggunakan Trailing Stop di android anda dengan geser Stop Loss manual.

Sebetulnya Trailing Stopp adalah Stop Loss positif, dengan maksud merubah stop loss negatif/minus menjadi Stop Loss positif/profit.

Contoh :

Anda Melakukan Order EUR/USD

BUY 1.5000
Stop Loss 1.4950
Take Profit 1.5100

Harga naik ke 1.5075, maka anda bisa merubah Stop Loss. Anda ganti dengan 1.5050

(terserah yang penting diatas harga BUY, setelah terlihat profit, dan perhatikan batas minimal yang ditentukan broker)

Jadi BUY EUR/USD di 1.5000 Stop Loss di 1.5050 dan Take Profit 1.5100.

Dalam hal ini anda telah mengunci keuntungan sebesar 50 point. Harga jatuh kembali, anda tetap profit (+50)

Demikian pun saat anda SELL.

Intinya merubah/ memasang/ mengisi/ menggeser Stop Loss menjadi diatas Harga BUY atau dibawah harga SELL setelah terlihat profit.

Jadi anda tinggal membuka fasilitas modifikasi order di MT4 android. Cara kerja ini sama dengan Trailing stop.

Thanks.

  Zamzami   |   21 Apr 2016
aslm alkm master
saya mau tanya:saya trading menggunakan Trailing Stop untuk mengopptimalkan profit.
pertanyaan:kenapa setiap capai TS mis:20,25 dan stnya.selalu close position ?,bukankah TS akan meng seve profit setiap level profit tsb? think you Master.
  M Singgih   |   25 Apr 2016

@ Zamzami:
- Anda menentukan trailing stop-nya berapa point (pip), 20 atau 25?
- Setelah mencapai trailing point misalnya 20 point, berarti TS Anda sudah bekerja dan Anda sudah pernah profit minimal 20 pip, dimana pada keadaan Anda profit 20 pip maka stop loss Anda sama dengan harga entry (breakeven). Jika kemudian order Anda ter-closed berarti stop loss-nya kena (tereksekusi) karena harga bergerak balik arah. Kalau harga bergerak sesuai dengan posisi Anda maka level stop loss (TS) akan bergerak mendekati harga pasar dan profit yang sudah Anda peroleh sebelumnya akan terkunci (save profit).

- Ada tip untuk penggunaan trailing stop: saat pergerakan pasar tenang atau cenderung sideways jarak trailing stop sebaiknya kecil (10 - 20 pip), tetapi saat pasar trending dengan kuat jarak trailing stop bisa 50 pip atau bahkan lebih.

  Aliya   |   27 Jul 2016
Jadi sebetulnya emang nggak ada trailing stop di MT4 android ya bang?
Emang sih, bisa diakalin dg modifikasi sl, tapi itu berarti musti manual trailing stopnya.
Ndak bisa otomatis spt di MT4 komputer.
  Basir   |   29 Jul 2016

Untuk Aliya,

Di metaratder 4 for android tidak ada trailing stopnya, traling stop hanya bisa di metrader for dekstop.

Thanks.

  Tony Sudira   |   9 Aug 2016

Apakah saat trailing stop kena profit kita langsung tereksekusi & posisi otomatis diclose? Cara kerja trailing stop tepatnya bagaimana & mohon pengertiannya juga untuk cara memasangnya?

Terima kasih

  Basir   |   11 Aug 2016

Untuk Tony Sudira..

Saat Anda BUY lalu harga naik jauh, lalu anda melakukan set trailing stop. Maka harga set akan berada di S/L (stop loss) dan berada di bawah harga BUY. Saat harga pasar jatuh / turun kebawah, maka akn menyentuh S/L atau Trailing stop tersebut. Maka order tereksekusi dan anda profit.

Demikianpun saat anda SELL, lalu harga turun jauh, lalu anda melakukan set trailing stop. Maka harga set akan berada di S/L (stop loss) dan berada di atas harga SELL. Saat harga pasar melambung / naik, maka akan menyentuh S/L atau Trailing stop tersebut. Maka order tereksekusi dan anda profit.

Kesimpulannya Trailing Stop merupan Stop Loss Profit yang bisa di set otomatis atau manual.

Contoh dibawah ini SELL, trailing stop diset secara manual

Untuk manual arahkan mouse klik kanan, klik Modify. Lalu isi STOP LOSS di bawah harga sell diatas harga pasar yang sedang berjalan.

  Firman Erlangga   |   12 Aug 2016

TS lebih tepatnya bisa menggeser SL scr otomatis pada setiap pergerakan harga sesuai yang diatur. Jadi misalnya set TS 20 pip untuk order buy, berarti setiap harga naik 20 pip maka SL akan bergerak naik 20 pip. Demikian seterusnya jika harga terus naik. Order terclose secara otomatis kalau harga berubah turun dan menyentuh SL yang sudah bergeser naik tadi, atau ditutup manual sendiri karena sudah mencapai target profit.

  Aji   |   2 Nov 2016

permsisi gan, minta saran indkator yang cocok untuk strategi trailing stop ada gak ya?

makasih.

  Basir   |   3 Nov 2016

Untuk Aji....

Indikator adalah alat bantu untuk menganalisa harga. Sebuah indikator bisa di padukan dengan Trailing Stop. Dengan ketentuan, order yang anda gunakan sudah berada dalam posisi +. anda bisa menggunakan Trailing stop manual, yang mana traing ini adalah merubah SL - menjadi SL +.

Misal anda BUY EUR/USD 1.5000 TP 1.5200 SL 1.4950.

Harga sudah berada di 1.5000 atau diatasnya, maka SL sebelumnya bisa di naikan menjadi 1.4950 keatas.

Ada EA/Robot Trailing stop. Hanya saja trading yang menggunakan EA, komputer harus ON terus. Jika OFF maka EA tidak akan berfungsi.

Thanks.

  M Singgih   |   5 Nov 2016

@ aji:
Untuk mengambil keputusan apakah Anda ingin menggunakan trailing stop atau tidak biasanya didasarkan pada trend dan volatilitas. Jika trend kuat dan atau volatilitas tinggi maka trailing stop bisa digunakan.
Nah, indikator trend yang lazim digunakan adalah moving averages (bisa atau ema) dan ADX, sedang indikator volatilitas yang sesuai dalam hal ini adalah ATR (Average True Range).

  Eka Wulandari   |   24 Feb 2017
Gimana cara pasang trailing stop yang bisa dicustom? apakah trailing stop 5 pips bisa?
  Basir   |   24 Feb 2017

Untuk Eka wulandari..

Hal ini tergantung dari kententuan broker yang anda gunakan. Pada umumnya untuk 5 pips tidak ada. Namun ada anda bisa menggunakan fasilitas Stop Loss.
Pada umumnya Stop Loss adalah untuk membatasi kerugian. Namun anda bisa merubahnya dari SL- menjadi SL+.

Sekedar contoh :

BUY EUR/USD di 1.5050
SL 1.5020 (dibawah Buy)
TP 1.5150 (diatas Buy)

Harga naik ke 1.5130, maka rubah SL menjadi diatas harga BUY.
Misalnya :

BUY EUR/USD di 1.5050
SL 1.5100 ( diatas Buy)
TP 1.5150 ( diatas Buy)

Saat harga jatuh lagi kebawah dan kena SL yang sudah dirubah tadi, maka anda tetap untung +50 pips.

Demikian juga saat anda sell, saat harga jatuh kebawah maka SL diatas Sell dirubah menjadi SL dibawah Sell. Saat harga naiklagi keatas, kena SL tersebut anda tetap profit.

Trailing stop dan SL+ cara kerja hampir sama. Yang membedakan Trailing stop bisa berjalan jika komputer On. kalau SL+, Komputer On / Off tetap berjalan setelah di set terlebih dahulu.

  Diamondhead   |   2 Oct 2018

Dalam pengaturan script mt4 Trailing stop saya mendapatkan setting yang bernama Trailing Step. Perbedaannya apa ya?

terima kasih

  M Singgih   |   3 Oct 2018

@ DiamondHead:

Trailing step adalah fasilitas tambahan untuk settingan pip yang lebih kecil dari yang diset di trailing stop.
Misal trailing stop diset 30 pip dan trailing step diset 5 pip, berarti setiap kenaikan 5 pip, stop loss-nya akan ikut bergeser sebesar 5 pip.

Misal:
Buy EUR/USD di 1.1550, trailing stop diset 30 pip, dan trailing step = 5 pip. Berarti stop loss (SL) di 1.1520.

  • Ketika harga bergerak naik dan mencapai 1.1580, trailing stop mulai aktif dan menggeser SL dari 1.1520 ke 1.1550 (breakeven).
  • Ketika harga lanjut bergerak naik ke 1.1585, maka trailing step aktif, dan SL bergeser ke 1.1555, karena trailing step diset 5 pip increment.
  • Ketika harga mencapai 1.1610 (1.1580 + 30 pip), maka SL akan bergeser ke 1.1580 (dari trailing stop).
  • Ketika harga di 1.1615, maka SL akan naik dan bergeser ke level 1.1585 (1.1580 + 5 pip), akibat trailing step yang 5 pip.

Begitu seterusnya.

  Doki Fujiyama   |   27 Mar 2019

Pasang trailing stops itu idealnya brp poins ya gan? Trailing saya set 50 poins - 100 poins kena terus, hehehe.

  Argo Gold Spotter   |   27 Mar 2019

Untuk Doki Fujiyama,

Fitur trailing stop akan bekerja sangat baik jika market dalam keadaan trending. Oleh karena itu, demi meminimalisir resiko dan memaksimalkan profit ketika mempunyai posisi terbuka pada saat market trending, maka fitur trailing stop adalah solusi yang tepat.

Namun, jika digunakan dalam keadaan sideways atau trend yang melemah, maka fitur ini tidak akan bekerja secara maksimal atau bahkan dapat menutup posisi lebih awal. Karena jika dalam keadaan sideways atau trend yang lemah, penggunaan trailing stop dengan jarak yang kecil akan rentan untuk kena. Sedangkan jika pengaturan jarak trailing stop terlalu besar, maka fitur ini dikhawatirkan tidak akan bekerja dengan baik, mengingat pergerakan yang dihasilkan pada saat sideways tidaklah terlalu besar.

Oleh karena itu, saran dari kami yaitu gunakan fitur ini hanya pada saat market sedang trending. Pada saat market sedang trending, maka Anda dapat mengatur trailing stop dengan jarak yang ketat tanpa rasa khawatir akan cepat kena.

Semoga bisa membantu

  Adit   |   7 Aug 2019

Maaf pak @m singgih, berarti trailing step itu harus lebih kecil dari trailing stopnya ya intinya pak? Terima Kasih

  M Singgih   |   13 Aug 2019

@ Adit:

Ya, benar. Kalau lebih besar dari pip pada trailing stop berarti setting trailing stop-nya saja yang dirubah.

  Scott   |   31 Oct 2019

Aku nggak pernah pakai trailing stop loss. Konsep ini menurutku agak aneh. Saat membuat order SL, aku memutuskan levelnya berdasarkan kerugian yang siap aku terima. Cuma logika ini yang kupakai yang menurutku masuk akal. Bagaimana menurut master?

  M Singgih   |   1 Nov 2019

@ Scott:

- Aku nggak pernah pakai trailing stop loss. Konsep ini menurutku agak aneh.

Anehnya dimana?
Trailing stop adalah fasilitas untuk menggeser level Stop Loss (SL) secara otomatis, ketika telah profit sebesar jarak SL tsb (atau ketika risk/reward ratio 1:1 telah tercapai). Ini berguna untuk memaksimalkan profit ketika pergerakan harga sedang trending dengan kuat, searah dengan perkiraan pada saat entry. Anda juga bisa menggeser SL secara manual (tanpa trailing stop), tetapi harus terus memonitor pergerakan harga.

Kalau Anda tidak ingin merubah SL ketika pergerakan harga sedang trending dengan kuat searah dengan perkiraan pada saat entry, maka profit Anda akan terbatas pada level Target Profit (TP) yang Anda tentukan sebelumnya.


- Saat membuat order SL, aku memutuskan levelnya berdasarkan kerugian yang siap aku terima.

Ya, memang seharusnya begitu. Anda tentukan besarnya lot dengan position sizing berdasarkan persentase risiko dari equity. Hanya saja kalau pergerakan harga sedang trending dengan kuat, Anda bisa menggunakan fasilitas trailing stop untuk menggeser level stop loss secara otomatis, guna memaksimalkan profit.

  M Singgih   |   18 Nov 2019

@ rose:

Trailing stop adalah sebuah fasilitas yang disediakan broker untuk memaksimalkan profit, ketika kondisi pasar sedang trending dengan kuat. Dalam hal ini secara otomatis level stop loss (SL) akan digeser sebesar nilai awal yang telah ditentukan, jika target profit (TP) telah mencapai besaran nilai SL awal tsb.


@ Tony Sudira:

- Apakah saat trailing stop kena profit kita langsung tereksekusi & posisi otomatis diclose?

Apa maksud trailing stop kena? Dalam hal ini kalau harga tidak bergerak sebesar nilai stop loss (SL) yang telah ditentukan, dan berbalik arah, maka trailing stop berfungsi sebagai SL biasa. Jadi SL bisa kena, dan posisi Anda ter-close (tereksekusi).

Tetapi jika harga bergerak sesuai arah trend dan mencapai nilai sebesar nilai trailing stop yang telah Anda tentukan, maka posisi Anda tidak akan ter-close karena tidak ada target profit (TP) yang ditentukan. Jadi profit Anda akan terus bertambah sebesar nilai trailing stop yang telah Anda tentukan sebelumnya.


- … Cara kerja trailing stop tepatnya bagaimana & mohon pengertiannya juga untuk cara memasangnya?

Untuk penjelasan yang lebih lengkap silahkan baca: Cara Kerja Trailing Stop Forex Dan Manfaatnya

  Sarwani Senenen   |   26 Feb 2020

master, cara gunakan trailing stop? awalnya OP Buy/Sell kemudian arahkan ke pair yg sedang berjalan klik kanan, pilih trailing stop, pilih jumlah point. Apakah seperti itu caranya master nanti saya santai-santai aman pakai trailing stop rupanya MC hehehe atau saya pasang stop loss manual kemudian pasang trailing stop.


saya binggung master di MT5 tidak ada keterangan trailing stop telah terpasang? tanda cek list aja di pilihan pointnya, apakah laptop mati trailing stop tetap berjalan master? penggunaan pending order Buy/sell stop buy/Sell limit tercatat di laporan harian broker,  apakah penggunaan trailing stop ini juga masuk ke laporan harian broker?


Terima kasih banyak atas jawabannya master.

  M Singgih   |   28 Feb 2020

@ Sarwani Senenen:

Bukan pada pair-nya, tetapi klik kanan pada order di kolom Trade di Terminal pada platform Metatrader:





- … saya bingung master di MT5 tidak ada keterangan trailing stop telah terpasang?

Besarnya trailing stop yang telah di-set akan ditampilkan pada kolom S/L di Trade Terminal Metatrader.


- … apakah laptop mati trailing stop tetap berjalan master?

Jika komputer Anda matikan, maka order trailing stop tidak berjalan. Jadi komputer dan platform Metatrader harus tetap aktif dan online.


- … apakah penggunaan trailing stop ini juga masuk ke laporan harian broker?

Maksudnya masuk ke laporan harian broker?

  Amelia A   |   13 Oct 2020

Berarti seandainya laptop tbtba mati krna korsleting listrik, trailing stop auto hilang gtu master? Nanti kalau mau entry lg, brrti set TS lg? Lalu bagaimana nasib entry sy sebelumnya? huhuuu... :(((

  M Singgih   |   13 Oct 2020

@ Amelia A:

Benar, jika komputer mati atau sambungan internet terputus, maka trailing stop tidak bekerja. Ini disebabkan karena fasilitas trailing stop bekerja di client terminal, bukan di server seperti stop loss (SL) dan take profit (TP).

Dalam hal ini sebaiknya Anda juga memasang SL di samping trailing stop untuk berjaga-jaga seandainya ada gangguan di komputer, smartphone atau jaringan. Kalau tidak memasang SL biasa (hanya dengan trailing stop saja), maka ketika komputer mati atau jaringan putus maka posisi Anda tanpa SL.

Jika berniat menggunakan fasilitas trailing stop, memang harus menjaga agar komputer tetap menyala dan internet tetap online. Jika ingin mematikan komputer, maka jangan lupa memasang stop loss biasa.

  Sambodo   |   6 Jul 2021

Waduh bahaya dong, misalnya kalau swing dan posisi sampai terbuka beberapa hari, PC ga boleh mati dong pak, kalau pake SL Trailing ini?

  M Singgih   |   7 Jul 2021

@ Sambodo:

Benar, komputer harus tetap on dan jaringan internet tidak terputus.

  Bambang Sujatmiko   |   24 Apr 2020
@Rose
dari pengalaman saya pakai Trailing Stop jangan gunakan ketika awal entry. tapi gunakan setelah BEP tercapai. misalnya entry Buy di EURUSD 0.01 lot di harga 1,07800 harga naik ke 1,07950 ketika sudah BEP (stop loss digeser ke harga entry 1.07800)maka Trailing stop sudah bisa digunakan. pengalaman saya ketika pakai trailing stop di awal entry malah loss sering terkena, tapi setelah lewat BEP malah jadi profit. ini hanya saran.
  Budi   |   15 Feb 2021

Dear Pak Singgih,

berarti jika sudah pasang TS maka (dengan asumsi laptop terus nyala dan terkoneksi) maka tidak perlu pasang TP ya?

Terima Kasih.

  M Singgih   |   17 Feb 2021

@ Budi:

Benar, selama pergerakan trend masih kuat. Jika menentukan TP maka Anda membatasi besarnya profit.

  Fika Kirana   |   12 May 2022

pak, gimana ya cara menentukan nilai trailing stop yang baik untuk trading saya?

  Nur Salim   |   12 May 2022

@Fika Kirana:

Mengenai nilai Exact tentang berapa nilai Traling Stop yang baik sendiri sebenarnya tidak ada aturannya bu. Namun proses untuk mendapatkan nilai yang baik sendiri ada metodenya. Metode ini adalah trading dengan menyesuaikan kondisi volatilitas market saat itu dengan nilai Trailing Stop yang akan digunakan. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Dalam kondisi market yang volatilitasnya tinggi maka nilai Trailing Stop juga harus ikut tinggi.

b. Dalam kondisi market yang volatilitasnya rendah maka nilai Trailing Stop juga harus ikut rendah.

Penerapannya sendiri bermacam-macam. Cara yang terbukti berhasil dan telah dipublikasikan adalah dengan menggunakan indikator Average True Range. Cara ini digunakan oleh para Turtles, trader didikan dari Richard Dennis. Caranya simple, saat posisi dibuka, catat nilai ATR pada saat itu. Nilai tersebut akan digunakan sebagai nilai Stop Loss pada posisi juga sebagai Trailing Stop dengan ketentuan sebagai berikut:

Stop Loss = 2 x Nilai ATR saat posisi dibuka.

Trailing Stop = 1 x Nilai ATR.

Contoh gambar:

atr-trail

Selain itu ada pula beberapa cara lain yang bisa dilakukan seperti menggunakan indikator-indikator seperti Moving Average, Parabolic Sar sebagai level-level Trailing Stop.

Demikian dari saya, semoga bisa sedikit membantu.

Kategori Forum
  • Terpopuler
  • Banyak Dibaca
  • Reply Terakhir
  • Terbaru
  • Broker Forex
  • Hedging
  • Indikator Bollinger Band
  • Volatilitas
  • Metatrader
  • Emas