Cara Memanfaatkan Tiktok Untuk Bisnis

Febrian Surya 31 Oct 2020 516
Dibaca Normal 15 Menit

Sebagai media pemasaran masa depan, Tiktok saat ini dijadikan media promosi bagi sejumlah perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka. Berikut adalah cara memaksimalkan dan memanfaatkan Tiktok untuk bisnis agar panen cuan.



Banyak penggiat digital marketing di luar sana yang menganggap bahwa Tiktok akan menjadi saluran distribusi masa depan. Tiktok pertama kali hadir di Indonesia pada September 2017, di mana pihak perusahaan memang menjadikan Indonesia sebagai pasar utamanya.

Lantaran, pengguna internet di Indonesia dari waktu ke waktu kian menunjukkan peningkatan. Belum lagi, generasi anak muda di Indonesia yang dianggap begitu narsis dan kreatif. Salah satunya ditunjukkan dengan semakin banyaknya para anak muda Indonesia yang berprofesi seperti youtuber, vlogger, dan selebgram.

Cara memanfaatkan tiktok untuk bisnis

Ini merupakan faktor utama mengapa aplikasi Tiktok saat ini sangat digilai oleh anak-anak muda Indonesia zaman now. Walaupun menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh generasi muda Indonesia. Tetapi, hadirnya aplikasi Tiktok di tanah air bukan tanpa kontroversial.

Tiktok pernah mendapatkan berbagai laporan negatif karena dianggap seringkali menampilkan konten-konten yang berbau negatif. Sehingga, Kominfo menindaklanjuti laporan tersebut dan memblokir Tiktok dari Indonesia pada 3 Juli 2018.

Setelah pemblokiran Tiktok oleh pemerintah Indonesia. Perusahaan asal Tiongkok ini merekrut sejumlah karyawan untuk mengawasi konten-konten yang dipublikasikan di Tiktok oleh pengguna Indonesia agar tidak menyalahi aturan yang ditetapkan oleh Kominfo. Perbaikan layanan ini, membuat Kominfo kembali membuka akses aplikasi Tiktok di Indonesia pada 10 Juli 2018 atau hanya berselang 7 hari pasca pemblokiran tersebut.

Menurut Sensor Tower per Juli 2020, Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai negara dengan pengguna Tiktok terbanyak mencapai 30,7 juta pengguna. Jumlah pengguna ini masih kalah dibanding dengan negara-negara seperti Amerika Serikat, India, dan Brasil.

 

Trik Memasarkan Bisnis Lewat Tiktok

Dengan banyaknya pengguna aktif Tiktok di Indonesia, pengusaha bisa memanfaatkan Tiktok untuk bisnis yang dapat dijadikan sebagai saluran distribusi pemasaran bagi suatu brand dengan menawarkan exposure yang sangat besar. Agar kampanye pemasaranmu lewat Tiktok bisa berjalan efektif, setidaknya kamu perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara kerja platform serta bagaimana cara memanfaatkan Tiktok untuk bisnis.



Pelajari Cara Kerja Platform Tiktok

Mengetahui bagaimana cara kerja platform Tiktok adalah suatu hal yang wajib kamu ketahui. Lantaran, aplikasi ini termasuk layanan yang cukup baru di Indonesia. Sehingga, kamu butuh waktu untuk mempelajari apa saja fitur dan algoritmanya. Berikut adalah penjelasannya:

Video

Fitur video adalah kekuatan dari aplikasi asal Tiongkok ini. Di mana, bagi kamu yang ingin membuat video lewat Tiktok. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah untuk merekam, menjeda, serta menambahkan efek dan filter.

Selain itu, untuk mempercantik hasil video yang kamu buat, kamu bisa menambahkan tune pada warna, dan filter seperti food, atau vibe. Semua fitur-fitur video tersebut sudah disediakan langsung di aplikasi Tiktok.

Bagi orang awam yang baru menggunakan Tiktok, tidak perlu khawatir hasil video yang dibuat jelek. Karena kamu bisa melakukan pengeditan video langsung di aplikasi dengan berbagai efek, sticker, dan filter yang tersedia. Jika kemasan produkmu tidak menarik, bagaimana customer bisa melirik?

gagal bisnis

(Baca Juga: Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online)

Musik



Fitur dasar yang dimiliki oleh Tiktok bukan hanya video saja. Melainkan, kamu juga bisa memanfaatkan fitur musik yang memiliki library yang langsung bisa terintegrasi ke Apple Music.

Pengguna bisa menyimpan, menambahkan, mencampur, dan menemukan lagu-lagu serta suara melalui daftar putar, video, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan fitur musik di aplikasi Tiktok dengan menggabungkannya dengan video-video lucu atau konyol yang bisa memikat orang lain yang melihatnya.

Interaksi

Seluruh pengguna Tiktok bisa berinteraksi dengan sesama pengguna lainnya dengan memberikan komentar, like dalam bentuk hati, dan membagikan postingan orang lain ke platform lainnya. Kamu juga bisa menambahkan tagar, video, suara, dan efek yang dapat ditambahkan ke bagian Favorit di akun pengguna.

Go Live

Fitur Go Live di aplikasi Tiktok bisa kamu gunakan untuk membangun interaksi dengan audiensmu. Namun, sayangnya fitur ini tidak dapat digunakan oleh seluruh pengguna Tiktok melainkan ada persyaratan yang perlu dipenuhi minimal memiliki 1,000 pengikut.

Bila kamu sudah memiliki 1,000 pengikut di Tiktok, maka fitur Go Live akan aktif dan bisa kamu gunakan. Memanfaatkan Tiktok untuk bisnis lewat fitur Go Live bisa kamu lakukan dengan memberikan caption dan judul yang menarik yang membuat semakin banyak orang yang ingin menonton siaran langsungmu.

Agar berjalannya siaran langsung di Tiktok semakin keren saat ditonton oleh orang lain. Kamu bisa menambahkan efek video saat sedang siaran langsung.



Efek Suara

Fitur ini bisa membuat suaramu berubah menjadi berbagai karakter misalnya hewan hingga raksasa. Kamu bisa merekam atau mengambil dari galeri kemudian pilih voice effect.

Fitur-fitur di atas adalah fitur-fitur dasar yang perlu kamu ketahui. Agar kamu bisa memanfaatkan Tiktok untuk bisnis, baik itu lewat video maupun siaran langsung dengan menambahkan berbagai efek yang semakin membuat videomu kian kece.

konten marketing tiktok

(Baca Juga: Alasan Konten Marketing Untuk Bisnis Sangat Dibutuhkan)

Buat Profil yang Menarik

Profil yang menarik adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan banyak perhatian dari pengguna Tiktok lainnya. Untuk mendapatkan perhatian dari pengguna lainnya, kamu bisa membuat profil yang menarik bukan hanya dari foto profil, video profil, dll. Melainkan, kamu juga perlu membangun profilmu di Tiktok dengan memperhatikan hal-hal ini:

Gunakan Tripod

Tripod adalah suatu peralatan yang bisa digunakan oleh para fotografer ketika mengambil foto dan video. Tripod adalah peralatan wajib yang perlu kamu bawa bila kamu ingin membuat video Tiktok bersama teman-temanmu. Kamu bisa memilih tripod yang ukurannya tidak terlalu besar dan mudah untuk dibawa ke mana pun.



Tripod ini bisa berguna bagi kamu saat melakukan perekaman video agar tidak bergerak-gerak ke mana-mana. Jadi, perekaman video bisa dilakukan lebih fokus untuk mendapatkan hasil video yang lebih bagus.

Speaker

Suara yang tidak jelas bisa menjadi alasan mengapa kamu dan teman-temanmu seringkali harus take ulang saat membuat video untuk Tiktok. Namun, dengan bantuan speaker portable kamu tidak perlu khawatir lagi bahwa suara dari lagu yang kamu putar tidak kedengaran.

Speaker portable sangat berguna sekali bagi kamu untuk membangun profil yang menarik di Tiktok, agar bisa mendapatkan hasil video yang baik gegara kamu dan teman-temanmu sinkron dalam melakukan gerakan secara bersama-sama.

Selfie Ring

Untuk menunjang penampilanmu agar tak kalah keren dibanding profil Tiktok pengguna lainnya. Kamu bisa memanfaatkan selfie ring untuk membantumu dalam sesi pemotretan agar hasil foto tidak terlalu gelap. Lantaran, selfie ring memiliki lampu LED sebagai pencahayaan tambahan.

Cara ini bisa semakin menambah kece profil Tiktok milikmu dengan foto-foto cantik hasil pemotretan dengan selfie ring. Sehingga, foto profilmu tak kalah dengan artis-artis Tiktok lainnya yang ada di luar sana.

Ketiga peralatan di atas bisa kamu manfaatkan untuk menunjang profil Tiktok milikmu agar terlihat lebih menarik dan mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari pengguna lainnya. Sehingga, jumlah pengikutmu kian hari kian banyak saja.

Rekrut Tim yang Solid dan Kreatif dan Gaet Influencer

Saat ini, Tiktok sudah menjadi bagian pemasaran dari berbagai perusahaan misalnya untuk penjualan mobil dan penjualan ponsel pintar. Kedua industri ini selalu menghiasi layar Tiktok di ponsel pintarmu dengan promosi-promosinya yang dianggap menarik dan lucu bagi siapa pun yang melihatnya.

Bahkan, terkadang melibatkan banyak wanita yang memiliki paras cantik sebagai pemikat bagi pengguna lainnya untuk melihat video tersebut.

Bagi pengusaha yang ingin memanfaatkan Tiktok untuk bisnis. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membangun divisi pemasaran yang memang fokus untuk memproduksi video dan gambar-gambar keren untuk Tiktok perusahaan secara konsisten dan rutin.

Di mana, divisi pemasaran tersebut bisa membantu perusahaan dalam hal pemasaran di Tiktok. Dengan membuat ide-ide keren yang kreatif dan tidak biasa bagi media promosi perusahaan.

tiktok dan youtube

(Baca Juga: Cara Mendapat Uang Dari Youtube)

Di era digitalisasi seperti saat ini, tentunya perusahaan tidak akan kesulitan untuk menemukan talenta-talenta terbaik untuk mengeksekusi media konten untuk Tiktok.Yang perlu dilakukan oleh perusahaan hanya membagikan informasi lowongan pekerjaan di platform yang sesuai.

Seperti bergabung di berbagai komunitas kreatif di Facebook. Di mana, di sana kamu bisa menemukan berbagai macam orang-orang kreatif dari berbagai background berbeda misalnya desain, content writer, SEO, dll.

Selain membangun divisi pemasaran untuk membidik konten Tiktok kamu. Kamu perlu menjalin kerjasama bersama micro influencer yang memiliki pengikut yang tidak lebih dari 1.000 followers. Mengapa?

Karena bila kamu menjalin kerjasama dengan mereka yang masih memiliki followers dengan jumlah sedikit. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari sisi interaksi di mana mereka lebih mudah untuk diajak berkomunikasi karena masih memiliki banyak waktu untuk membalas komentar dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, melainkan fee untuk menggunakan jasa mereka juga masih terbilang murah dibanding kamu menggunakan influencer yang memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak seperti artis maupun public figure.

Selipkan Soft Campaign

Dalam konten Tiktok yang kamu buat, kamu bisa menyelipkan soft campaign dalam setiap video yang di-upload. Soft campaign ini adalah sebuah komunikasi antara brand dan audiens yang bisa berbentuk nilai-nilai tersirat dalam video yang kamu buat.

Di mana, kamu bisa membuat video berdasarkan buyer persona. Misalnya target audiens yang kamu bidik adalah produk bayi. Kamu bisa menjalin kerjasama dengan seorang influencer yang memang baru punya anak dan membuat video terkait permasalahan yang sering dialami oleh para ibu muda ketika memiliki seorang bayi.

Nilai-nilai tersirat inilah yang perlu kamu tonjolkan ketika membuat sebuah video, di mana buatlah video produkmu yang bisa menjawab permasalahan dari target audiensmu bila menggunakan produk tersebut.

Cara membuat video yang unik dan menarik

(Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Rumah)

 

Ambil Kesimpulan dari Data Analitik Tiktok

Setiap pengguna Tiktok memiliki dasbor yang terdiri dari ringkasan, yaitu:

  • Insight konten.
  • Insight followers.
  • Ringkasan profil.

Dengan memanfaatkan data analitik dari Tiktok ini, kamu bisa mengetahui berbagai informasi penting terkait kampanye pemasaranmu. Misalnya apa yang orang-orang sukai, kapan waktu terbaik untuk memposting, dan mengetahui apakah konten-konten yang dibagikan oleh kamu relevan atau tidak dengan pengguna lainnya.

Intinya, data analitik dari Tiktok tersebut bisa kamu fokuskan kepada hal-hal mendasar yang bisa meningkatkan kualitas kontenmu misalnya engagement rate, keterlibatan audiens, tagar yang paling banyak digunakan, dll.

Tetapi, sayangnya fitur Analisis ini hanya bisa kamu buka bila kamu sudah meng-upgrade jenis akun Tiktok biasa milikmu menjadi Tiktok Pro. Kamu akan memiliki tombol analisis pengguna untuk dapat melihat insight dalam 7 hingga 28 hari terakhir.

Ketika kamu sudah mengambil kesimpulan terkait konten-konten yang paling disukai oleh audiens, kamu bisa berfokus kepada konten-konten yang mereka sukai saja. Serta, dibantu dengan momen terbaik untuk membagikannya yang bisa kamu dapatkan informasinya berdasarkan insight analisis dari Tiktok.

Amati Trend Terkini

Mengetahui apa yang sedang banyak dibicarakan oleh warganet merupakan hal yang perlu kamu perhatikan. Cara ini berguna untuk kamu dalam mengamati trend terkini. Di mana, setelah kamu mengetahui trend terkini yang sedang banyak dibicarakan oleh warganet. Kamu bisa membuat konten Tiktok dari ide trend tersebut dan diusahakan untuk disambungkan dengan tujuan bisnismu.

Misalnya ada sebuah tarian dan lagu yang sedang menjadi trend. Gerakan tarian dan lagu tersebut bisa kamu gunakan dalam pembuatan video di mana pakaian dari para talent yang terlibat di video tersebut bisa menggunakan kostum yang disesuaikan dangan tema tersebut dengan adanya brand atau logo perusahaan yang dikenakan.

Optimasi dengan Tag dan Hashtag

Penggunaan hashtag yang ditambahkan ke dalam konten Tiktok bisa berdampak besar bagi engagement rate. Agar video yang kamu buat viral, Tiktok perlu melakukan kurasi terlebih dahulu.

optimasi dengan tag dan hashtag

(Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal)

Bila video kamu ingin viral, kamu perlu masuk ke menu halaman For You. Berdasarkan pengalaman pengguna Tiktok, untuk bisa masuk ke halaman For You, pengguna perlu memastikan bahwa konten yang dibuat sudah menggunakan hashtag seperti #FYP, #ForYou, dan #ForYouPage.

 

Cara Membuat Video yang Unik dan Menarik

Agar menarik bagi siapa saja yang melihat kampanye Tiktok milikmu. Kamu perlu memahami fitur-fitur yang terdapat di Tiktok seperti yang sudah dijelaskan pada poin di atas. Jangan lupa, perhatikan beberapa hal di antaranya:

Pencahayaan

Video dengan pencahayaan yang baik terlihat lebih menarik bagi orang lain yang melihat. Sehingga, kamu perlu menambahkan berbagai fitur video ke kontenmu agar terlihat lebih natural dan cerah. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai pencahayaan tambahan misalnya lampu LED sebagai penerangan untuk background video.

Lagu Harus Sesuai

Selain faktor pencahayaan, pemilihan lagu yang tepat ke dalam video yang kamu buat juga penting. Misalnya konten video yang kamu buat menceritakan tentang tema horor, tentunya tidak nyambung bila kamu memasukkan lagu yang bergenre gembira dan lain sebagainya.

Ambil Ide Kreator Lainnya

Bila kamu merasa sudah mati gaya dan tidak memiliki ide kreatif untuk membuat video Tiktok. Kamu bisa mendapatkan ide baru dengan melihat hasil video dari konten kreator lainnya agar memperoleh wawasan baru.

Bukan hanya konsep saja yang kamu dapatkan, melainkan kamu juga bisa melihat hal-hal apa saja yang mereka tambahkan dalam proses pengeditan video tersebut.

bisnis online

(Baca Juga: Kiat Bisnis Online Saat New Normal)

Menggunakan Bantuan Aplikasi Editor

Jika kamu merasa bahwa fitur-fitur yang tersedia di Tiktok, kamu anggap masih kurang. Kamu bisa menggunakan aplikasi editor lainnya yang bisa membantumu dalam menghasilkan karya video yang ciamik.

Kelima hal ini perlu kamu perhatikan saat ingin membuat video yang menarik di Tiktok yang bisa mengundang komentar dan like. Karena video yang bisa kamu upload di Tiktok hanya maksimal 60 detik saja. Tetapi, bila kamu memiliki lebih dari 1,000 pengikut di Tiktok. Kamu bisa meng-upload video dengan durasi lebih dari 60 detik.

 

Trik Tambahan Untuk Memaksimalkan Tiktok

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hashtag yang sedang tren di masyarakat. Untuk mengetahui topik yang sedang tren, kamu bisa melihatnya di menu Discover di aplikasi Tiktok.

Manfaatkan Challenge, dan Filter

Cara memanfaatkan Tiktok untuk bisnis yang selanjutnya adalah menggunakan challenge dan filter. Kamu bisa mempromosikan bisnismu dengan cara yang berbeda dari biasanya. Kamu bisa mengikuti challenge yang seusai dengan produk yang ingin dipromosikan.

Selain mengikuti challenge yang disediakan oleh Tiktok, kamu juga bisa membuat sendiri challenge yang berkaitan dengan produk yang ingin kamu promosikan. Jadi, semakin banyak orang yang mengikuti challenge yang kamu buat, produk yang kamu promosikan akan menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

Share Lokasi Kamu

Bagaimana ada yang beli? Bila mereka saja tidak tahu di mana lokasi bisnismu berada. Oleh karenanya, penggunaan lokasi bisnismu juga bisa kamu selipkan di hashtag kontenmu.

Kamu bisa membuat video yang merekam seluruh sudut ruangan dari tempat usahamu. Selain itu, kamu juga bisa memilih satu tempat yang dianggap paling keren untuk mengadakan challenge seperti #dancechallenge.

Jadi, orang lain yang melihatnya bukan hanya fokus kepada challenge saja. Melainkan, mereka juga bisa melihat kerennya tempat usahamu tersebut.

Kamu bisa menambahkan lokasi bisnismu tersebut di bagian lokasi untuk mempermudah orang lain untuk datang langsung ke tempat bisnismu. Bila mereka tertarik dengan tempat bisnismu yang dianggap keren untuk berfoto-foto maupun hanya untuk sekedar berkumpul bersama teman-teman di sana.

Manfaat Tiktok Ads

Masih banyak orang di luar sana yang menganggap bahwa Tiktok adalah aplikasi "orang-orang alay". Mengapa? Karena, banyak konten-konten yang disajikan dianggap tidak terlalu jelas dan tidak ada manfaatnya.

Namun, Tiktok sebagai saluran distribusi masa depan mulai berfokus dalam pengembangan bisnis bagi pelaku usaha. Karena, saat ini aplikasi Tiktok bukan hanya digunakan untuk hal-hal yang berbau candaan dan kesenangan semata saja. Melainkan, sudah mulai dilirik oleh berbagai perusahaan yang ingin meningkatkan brand awareness mereka.

tips pemasaran di tiktok

(Baca Juga: Tips Pemasaran Online Paling Ampuh)

Fitur Tiktok Ads yang tersedia saat ini bisa dimanfaatkan oleh bisnis untuk lebih mengenalkan produknya kepada calon pelanggan. Di mana, setiap bisnis bisa memilih sendiri jenis Tiktok Ads yang ingin diiklankan. Kamu bisa memilih jenis Tiktok Ads seperti In-Feed Ads, Branded Effect, Pre-Rolls, hingga Promoted Hastag Challenges.

Misalnya kamu memilih untuk menggunakan jenis Tiktok Ads, Promoted Hastag Challenges. Kampanye iklan yang kamu jalankan di Tiktok berupa video yang mendorong para pengguna untuk menggunakan hashtag khusus.

Untuk memulai kampanye iklan di Tiktok Ads, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu di situs Tiktok Ads. Langkah-langkah pendaftaran akun di Tiktok Ads juga sangat mudah. Karena kamu hanya perlu mengisi informasi yang dibutuhkan yang disesuaikan dengan kebutuhan iklanmu di Tiktok seperti budget, target audiens, dll.

 

Rahasia Video Menjadi Viral di Tiktok

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara memanfaatkan Tiktok untuk bisnis. Kini saatnya kita ungkap rahasia bagaimana cara membuat video yang kamu buat bisa viral di Tiktok. Kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Penggunaan hastag.
  • Jangan gunakan caption yang panjang.
  • Gunakan suara atau lagu yang disukai oleh pengikutmu.
  • Pelajari jam aktivitas pengikutmu lewat fitur Analisis Tiktok.
  • Buat konten dengan penambahan effect dan filter yang menarik.
  • Jangan lupa tag dengan menggunakan nama lokasi bisnismu.
  • Jangan buat video yang terlalu panjang, kamu bisa membuat video minimal 20-30 detik saja.

Memanfaatkan Tiktok untuk bisnis di era digitalisasi seperti saat ini memang menawarkan cara pemasaran yang baru dan lebih fresh bagi konsumen, yang dapat memberikan pengalaman baru bagi mereka dengan konten-konten pemasaran online yang penuh dengan entertainment.

Forum

Octavianus (02 Jul 2012)

Malem Master, gmna ya caranya scalping yang bener? tapi gak ribet, indikatornya tu apa? saya pernah open 2 posisi, tp apkah cara ini efektif? mohon pencerahannya

Selengkapnya...

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Kirim Komentar/Reply Baru


10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta
10 Ide Bisnis Online Terbaik Dengan Modal 1 Juta
Linlindua   28 Apr 2021   133  
Harus Tahu Titik S/R Sebelum Garis Tren?

Apa kita perlu mengetahui titik-titik support & resistan dulu sebelum menarik garis tren ?

Ernawati 4 Nov 2014

Reply:

Basir (04 Nov 2014 12:05)

Hal ini tergantung dari aturannya, jika memang titik S and R sebagai dasar untuk menarik garis trend maka maka titik-titik tersebut sangat dibutuhkan. Anda bisa menyimak ulasan kami tentang hal ini :

Menggunakan garis trend dalam trading 

Garis trendline

Thanks

Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Nandini   31 Jan 2021   284  
10 Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Online
10 Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Online
Febrian Surya   28 Dec 2020   386  
Cara Tingkatkan Self-Branding Menggunakan YouTube
Cara Tingkatkan Self-Branding Menggunakan YouTube
Febrian Surya   26 Nov 2020   431  
Cara Meningkatkan Omset Bisnis dengan Email Marketing
Cara Meningkatkan Omset Bisnis dengan Email Marketing
Linlindua   26 Nov 2020   524  
Alasan Konten Marketing Untuk Bisnis Sangat Diperlukan
Alasan Konten Marketing Untuk Bisnis Sangat Diperlukan
Febrian Surya   30 Oct 2020   448