Cara Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah


SAM 28 Nov 2017 11740Dibaca Normal 6 Menit

Dimanakah tempat atau cara paling aman untuk membeli dan menukar Bitcoin ke Rupiah? Artikel ini mengulas semuanya untuk Anda yang ingin investasi Bitcoin.



Lagi-lagi Bitcoin menjadi pembahasan utama kali ini, bahkan seperti tidak ada habisnya jika kita membahas "Bintang" di dalam dunia mata uang kripto saat ini. Kemarin (26/11) Bitcoin baru saja membukukan titik tertinggi sepanjang masa-nya di atas level harga $9,000, atau lebih dari Rp121 juta per BTC.

Padahal di awal tahun 2017, harga Bitcoin hanya berkisar di angka $890 per BTC atau sekitar Rp12 juta-an per BTC. Artinya, Bitcoin sudah membukukan pertumbuhan senilai lebih dari 1,000% atau 10 kali lipat hanya dalam kurun waktu 11 bulan saja. Bahkan, beberapa prediksi para pakar keuangan dunia seperti Ronnie Moas, mengatakan bahwa Bitcoin akan mampu mencapai harga $14,000 per BTC pada pertengahan tahun 2018 nanti.
Pertumbuhan yang fantastis tersebut membuat para penambang, investor, pedagang, bahkan spekulator seakan-akan terhipnotis untuk terus berada dalam dunia Bitcoin, yang selalu menawarkan keuntungan secara cepat tiap harinya. Tidak heran jika sekarang banyak orang dapat menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta perbulan hanya dari bisnis investasi Bitcoin.

Baca Juga: Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Investasi Kripto

Nah, yang jadi masalah sekarang adalah jika pemula ingin ikut di dalam dunia investasi ataupun perdagangan Bitcoin, kadang mereka masih bingung dimanakah tempat atau cara yang paling aman untuk membeli dan menukar Bitcoin ke Rupiah? Karena pada dasarnya, inti dari Investasi Bitcoin adalah membeli Bitcoin pada saat harga murah, kemudian menjualnya kembali ketika harga sudah menjadi lebih mahal.

Membeli Bitcoin - ilustrasi

Pada artikel kali ini, kami akan membahas contoh situs atau tempat penyedia layanan Jual Beli Bitcoin terbesar dan terpercaya di Indonesia serta step-by-step untuk membeli dan menukar Bitcoin ke Rupiah, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir tentang keamanan dana yang Anda miliki. Karena wajar saja jika rasa khawatir datang, mengingat bahwa harga 1 keping Bitcoin saat ini sudah lebih dari 100 juta Rupiah, lebih mahal daripada 1 Ons Emas yang hanya berkisar di harga Rp15 Juta-Rp19 Juta.

Baca Juga: 5 Bursa Kripto Terbaik Yang Harus Anda Tahu

 

Contoh Situs Jual Beli Bitcoin dan Step-by-step Transaksinya

Situs Bitcoin Exchange (Jual Beli Bitcoin) yang akan jadi contoh adalah Bitcoin.co.id. Situs ini merupakan penyedia jasa Jual Beli Bitcoin yang paling tua, terpercaya, dan terbaik di Indonesia sejak tahun 2013 lalu. Jadi, kredibilitas yang dimiliki Bitcoin.co.id tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan sampai saat ini sudah lebih dari 600 ribu pelanggan yang memakai jasa Bitcoin.co.id untuk keperluan transaksi Bitcoinnya.

Beli - Jual Bitcoin

 Step-by-step yang harus dilakukan untuk mendapatkan akses di Bitcoin.co.id adalah dengan mendaftarkan diri sebagai membernya. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi dialog "Alamat Email" dan "Nomor HP" kemudian klik dialog "Register Akun". Ikuti beberapa langkah yang harus dilakukan, sampai pada verifikasi email.



Setelah anda terdaftar, silahkan persiapkan Scan KTP Asli, sebagai sarana untuk verifikasi ID Anda. Karena pada situs Bitcoin.co.id menerapkan keamanan yang terjaga antara kedua belah pihak, jadi verifikasi data diri harus dilakukan.

Verifikasi Akun Bitcoin Co Id

Jadi silahkan login terlebih dahulu, kemudian pilih dialog Verifikasi Akun, isi semua detail data diri dengan benar dan upload Scan ID Anda. Biasanya Verifikasi Akun akan memakan waktu kurang lebih 1-3 hari. Setelah akun terverifikasi, Anda bisa mulai melakukan transaksi membeli maupun menukar Bitcoin ke Rupiah dari Dashboard member Anda.

Untuk melakukan transaksi Beli Bitcoin, Anda bisa masuk pada Form-nya dengan klik "Beli/Jual Bitcoin Instant".

Beli BitcoinIsi berapa Rupiah yang akan di depositkan, kemudian klik "Lanjutkan". Ikuti step-by-step yang ditunjukkan oleh dialog selanjutnya, termasuk kemana transfer bank harus dilakukan.

Sedangkan jika kita ingin menukar Bitcoin ke Rupiah (Jual Bitcoin), kita bisa mengisi Form Jual Bitcoin yang tersedia.

Jual Bitcoin Silahkan isi berapa jumlah Bitcoin yang akan dijual atau ditukarkan ke Rupiah, kemudian klik lanjutkan, dan ikuti step-by-step yang diberikan, termasuk transfer ke Wallet bitcoin.co.id.

Jika Anda ingin menjual Bitcoin dari Wallet yang lain (bukan wallet internal Bitcoin.co.id) misalnya Blockchain.info atau Coinbase.com, maka Anda bisa masuk pada dialog Terima Bitcoin, kemudian buat Address Wallet Bitcoin.co.id.

Buat Address Wallet Bitcoin

Selanjutnya, silahkan transfer jumlah Bitcoin dari Wallet Eksternal ke Wallet Internal Bitcoin.co.id. lalu silahkan lakukan prosedur Jual Bitcoin sebelumnya.

Hampir seluruh Bank telah di-support oleh Bitcoin.co.id, terutama perbankan besar seperti BCA, BNI, BRI, MANDIRI dll. Kelebihan lain yang dimiliki Bitcoin.co.id adalah jam kerja non-stop 24/7, dan proses transaksi hanya dalam hitungan menit.

Selain Bitcoin.co.id, beberapa situs yang dapat digunakan sebagai tempat Jual Beli Bitcoin yang terpercaya dengan proses transaksi serta memiliki kelebihan yang hampir sama adalah: Triv.co.id dan Coins.id. Kemudian ada beberapa situs eksternal murni Exchanger tanpa menyediakan jasa Wallet Bitcoin, seperti Ayoungchanger.com dan xp.sindonesia.net. Meskipun tidak menyediakan Wallet Bitcoin didalam platform website mereka, namun penyedia layanan seperti ini masih sangat terpercaya. Situs seperti ini bisa dijadikan sebagai alternatif jika kita tidak menginginkan verifikasi data diri, sehingga identitas kita diketahui oleh orang lain.

 

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Terkait Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita pada saat ingin melakukan transaksi membeli maupun menukar Bitcoin ke Rupiah, diantaranya :

 

  • Kredibilitas Penyedia Jasa

Hal ini merupakan faktor paling utama yang harus menjadi perhatian pada saat memilih jasa pembelian dan penukaran Bitcoin ke Rupiah. Karena bisa saja setelah kita melakukan transfer Bitcoin kepada wallet penyedia jasa, mereka akan menipu kita dengan berbagai alasan klasik. Apalagi, jika penyedia layanan tidak mencantumkan alamatnya, maka bisa saja terjadi penipuan, karena wallet Bitcoin berbasis blockchain bersifat anonim (tidak terlacak dan tidak terdeteksi). Untuk masalah kredibilitas penyedia jasa layanan jual beli Bitcoin, kita bisa mencari referensinya pada forum-forum bitcoin di Indonesia.

 

  • Nilai Tukar

Anda harus memastikan kembali nilai tukar yang sebenarnya untuk transaksi Anda, karena bisa saja nilai yang Anda dapatkan pada saat membeli maupun menukarkan Bitcoin ke Rupiah akan berbeda jauh. Secara otomatis hal tersebut akan memberikan kerugian bagi Anda. Namun, jangan percaya juga dengan nilai tukar yang terlalu tinggi, karena bisa jadi informasi tersebut digunakan untuk menipu. Sebaiknya di cek dahulu di website-website penyedia pergerakan harga Bitcoin secara live seperti pada Tradingview.com.

Baca Juga: 5 Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia

 

  • Layanan Transaksi

Untuk layanan transaksi, hal yang harus diperhatikan adalah, jam layanan transaksi. Sebagai contoh Bitcoin.co.id memiliki waktu transaksi 24/7 non-stop, artinya tidak ada jam atau hari libur untuk pelayanan transaksinya. Seharusnya situs-situs yang memiliki jam layanan seperti Bitcoin.co.id yang harus dipilih sebagai media transaksi Bitcoin kita. Situs lain yang memiliki jam kerja non-stop adalah: Triv.co.id.

 

  • Kecepatan Proses Transaksi

Semakin cepat transaksi diproses, berarti semakin serius pelayanan yang diberikan. Jika ada delay yang terlalu lama tanpa konfirmasi, Exchanger seperti itu harus diwaspadai karena bisa jadi ke depannya penipuan akan terjadi.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%
Advertisement

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden
Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1    

Syarif
22 AUG 2019

Saya ingin beli diamond ff

Cara Membeli Bitcoin Dengan Bank Lokal
Cara Membeli Bitcoin Dengan Bank Lokal
Linlindua   27 Jul 2021   61  
Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula
Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula
Linlindua   27 Apr 2021   385  
Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Nandini   16 Apr 2021   330  
Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal?
Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal?
SAM   13 Aug 2018   7481  
Tempat Belanja Dengan Bitcoin Di Indonesia
Tempat Belanja Dengan Bitcoin Di Indonesia
SAM   30 Nov 2017   5315